Tips Merawat Rambut Berhijab Agar Anti Lepek dan Mudah Diatur


Sebagai perempuan berhijab, merawat rambut agar tetap sehat dan indah kadang enggak mudah. Penginnya sih rambut anti lepek dan mudah diatur, enggak gampang rontok, hitam berkilau, dan seterusnya 😊. Tetapi biasanya rambut mudah lepek karena kepala lebih sering tertutup kerudung. Gimana, dong?


tips merawat rambut berhijab


Apalagi seperti sekarang, meskipun jarang keluar rumah, tapi di rumah kami sedang ada renovasi rumah bagian belakang. Jadi tiap hari ada pak tukang, yang otomatis bikin saya harus selalu mengenakan kerudung. Hemm.. rambut jadi kurang leluasa juga buat bernapas. Hehe.


Tips Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab

Sudah menjadi rahasia umum, kan, bahwa hijab atau kerudung memang melindungi rambut dari sinar matahari dan polusi udara. Namun justru karena lebih sering tertutup kerudung itulah, sirkulasi udara untuk rambut jadi terbatas. Akibatnya rambut rentan bau tak sedap, jadi mudah lepek, juga kulit kepala berminyak.

Belum lagi kalau kita sering menggunakan pengikat rambut yang terlalu kencang, rambut akan lekas kusut, rapuh, mudah rontok dan patah.

Makanya sebagai perempuan berhijab, penting banget merawat rambut secara khusus untuk menghindari dan mengatasi masalah-masalah rambut seperti itu. Dan tentu saja agar rambut jadi lebih sehat terawat sekaligus indah. Nah, berikut ini beberapa tips merawat rambut untuk perempuan berhijab dari beberapa artikel yang saya baca juga pengalaman teman-teman saya.

  • Lepas kerudung saat di rumah (saat tidak bepergian). Hal ini untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih banyak bagi rambut.
  • Pilih shampo dan kondisioner khusus untuk rambut berhijab, dan sesuaikan dengan jenis rambut.
  • Sisir rambut sebelum keramas untuk menghindari rambut rontok.
  • Keringkan rambut setelah keramas, sebelum memakai kerudung.
  • Jangan memakai kerudung saat rambut masih basah.
  • Geraikan rambut saat tidak memakai kerudung.
  • Rutin memotong rambut untuk mengatasi ujung rambut bercabang dan kering.

Baca juga: Dengan Scarlett Body Care Series, Perawatan Tubuh di Rumah Saja Jadi Spesial.

Merawat Rambut Berhijab dengan Yordanian Sea Salt Shampoo and Conditioner

Saya sendiri, masalah rambut yang sering saya alami adalah rambut mudah lepek dan susah diatur. Entahlah, seringkali rambut saya tuh ruwet dan kusut, gitu. Jadi susah disisir. Apalagi kalau setelah keramas. Meskipun sudah agak kering nyisirnya, tapi tetep aja susah disisir. Akibatnya rambut sering rontok ketika disisir. Lalu kalau lagi sering keluar rumah, rambut jadi mudah lepek karena terkena sinar matahari dan tertutup kerudung.

Jadilah sejak sekitar dua minggu yang lalu saya mencoba produk hair care dari Scarlett. Ya, namanya usaha, biar rambut lebih bagus dan enak diatur, gitu. Siapa tahu saya cocok dengan produk ini. Nama produknya adalah Yordanian Sea Salt Shampoo untuk shamponya, dan Yordanian Sea Salt Conditioner untuk kondisionernya. Jadi ada dua produk yang saya coba gunakan. Gimana hasilnya untuk rambut saya? Berikut review-nya.. 😊

yordanian sea salt shampoo and conditioner

Packaging

Kemasan kedua produk berbentuk sama, yaitu berupa botol plastik bening berbentuk semi balok (bagian atas melengkung). Untuk tutupnya model fliptop. Bagian luar kemasan terdapat beberapa keterangan seperti nama produk, netto, ingredients, cara pakai, nama perusahaan distributor, nomor BPOM, juga barcode dan QR Code.

Kemasan Yordanian Sea Salt Shampoo diberi label berwarna biru, sedangkan Yordanian Sea Salt Conditioner berwarna pink/merah muda.

Baca juga: Menikmati Kesegaran Scarlett Body Care Series Varian Pomegrante dan Charming.


Warna, Tekstur, dan Aroma

Karena kemasan kedua produk ini adalah botol bening, jadi warna produknya sudah bisa dilihat dari luar. Berikut mengenai warna, tekstur, dan aroma keduanya:

Yordanian Sea Salt Shampoo: berwarna biru bening, teksturnya kental, dan aromanya wangi Magnolia.

Yordanian Sea Salt Conditioner: berwarna pink pekat, teksturnya kental (lebih kental dari Yordanian Sea Salt Shampoo), dan beraroma wangi Evening Primrose (bunga Sedap Malam).

scarlett yodanian sea salt shampoo
scarlett yordanian sea salt conditioner


Kandungan Bahan dan Manfaatnya

Kandungan utama dari kedua produk ini adalah Sea Salt. Sea salt berfungsi antara lain untuk:

  • Menyerap minyak berlebih pada kulit kepala.
  • Membantu mengatasi penumpukan kotoran yang melekat di kulit kepala.
  • Membantu membuka kutikel rambut, sehingga perawatan selanjutnya akan terserap dengan baik.


Lebih rinci, manfaatnya adalah sebagai berikut:
  • Mengontrol kadar minyak pada kulit kepala.
  • Membersihkan kulit kepala.
  • Menguatkan akar rambut.
  • Memberikan volume pada rambut.
  • Mencegah rambut rontok dan bercabang.
  • Menyehatkan folikel rambut dan kulit kepala.
  • Membuat rambut lebih berkilau.
Baca juga: Pengalaman Mengatasi Jerawat Menggunakan Produk Face Care dari Scarlett Whitening.

Adapun ingredients dari kedua produk adalah sebagai berikut:

Yordanian Sea Salt Shampoo:
Aqua Demineralisata, Sodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, PEG-12 Dimethicone, Lauryl Betaine, Fragrance (Parfum) Components and Finished Fragrances, Cocamidopropyl Betaine, Triisopropanolamine, Sodium Sulfate, Sea Salt, Sodium Chloride, DMDM Hydantoin, Tetrasodium EDTA, CI 74180.

Yordanian Sea Salt Conditioner:
Aqua Demineralisata, Catearyl Alcohol, Fragrance (Parfum) Components and Finished Fragrances, Cetrimonium Chloride, Amodimethicone, Propanediol, Sea Salt, Guarhydroxypropyltrimonium Chloride, Polyquaternium-10, DMDM Hydantoin, CI 60725.

ingredients yordanian sea salt shampoo and conditioner

Cara Pakai

Cara pemakaian kedua produk ini agak berbeda, seperti cara pakai shampo dan kondisioner pada umumnya. Berikut selengkapnya:


Cara pakai Yordanian Sea Salt Shampoo:

  1. Tuangkan Yordanian Sea Salt Shampoo secukupnya ke kulit kepala atau akar rambut.
  2. Pijat kulit kepala secara lembut dan perlahan.
  3. Bilas hingga bersih.
  4. Lanjutkan pemakaian Yordanian Sea Salt Conditioner untuk hasil lebih maksimal.

Cara pakai Yordanian Sea Salt Conditioner:

  1. Setelah mencuci rambut dengan Yordanian Sea Salt Shampoo, tuangkan Yordanian Sea Salt Conditioner secukupnya ke batang rambut.
  2. Ratakan dari tengah rambut hingga ujung rambut (hindari pemakaian di akar rambut/kulit).
  3. Diamkan selama beberapa menit.
  4. Bilas hingga bersih.

Baca juga: Scarlett Acne Essence Toner Lengkapi Kebutuhan Perawatan untuk Wajah Berjerawat.

Pengalaman Menggunakan Yordanian Sea Salt Shampoo and Conditioner

Saya sudah memakai Yordanian Sea Salt Shampoo dan Yordanian Sea Salt Conditioner selama kurang lebih dua minggu, tepatnya sudah empat kali pemakaian. Namun, sejak pemakaian pertama saya sudah terpesona dengan kedua produk ini. Hah?

Iya, setelah memakai keduanya, dan setelah rambut agak kering, saya mencoba menyisir rambut saya. Dan… tara… rambut saya jadi lebih mudah diatur! Enak dan ringan gitu disisirnya. Masya Allah, senangnya 😍

Kemudian setelah beberapa jam dan beberapa hari sesudahnya, ternyata rambut saya juga memang lebih mudah diatur, dan enggak mudah lepek! Eh, beneran lo ini. Hihi.

Soal aroma, wangi keduanya memang agak kuat, tapi saya suka saja, sih. Cuma kalau kata si sulung saya, wanginya lumayan menyengat. Apakah saya terlalu banyak menuangkan shamponya? Hehe.. entahlah. Saya sih suka aja.. 😁

Memang, pemakaian shampo saja mungkin kurang maksimal ya untuk membersihkan dan memperindah rambut. Namun jika dilengkapi dengan conditioner, pemakaian conditioner ini akan melengkapi perawatan rambut.

Karena conditioner bisa membantu menutrisi rambut; melembabkan dan menghaluskan batang rambut, membantu meningkatkan volume rambut, akar rambut lebih kuat, membantu mengatasi kerontokan, mencegah rambut agar tidak bercabang dan membantu rambut lebih berkilau.

Dan seperti pengalaman saya, kedua produk hair care dari Scarlett ini cocok untuk jenis rambut yang mudah lepek. Rambut pun jadi wangi, anti lepek, lembut, sehat berkilau, meskipun sering memakai hijab 😊


****

Nah, demikianlah temans pengalaman saya menggunakan produk hair care dari Scarlett, yaitu Yordanian Sea Salt Shampoo dan Yordanian Sea Salt Conditioner. FYI, kedua produk ini sudah launching dan sudah bisa diorder melalu Whatsapp dan Shopee.

Berapa harganya? Seluruh harga produk satuannya adalah Rp75,000,- (kalau ada harga bundling akan segera diinfo). Kalau mau order silakan meluncur ke akun Instagram @scarlett_whitening yaa.. di sana ada info nomor WA dan akun resmi Scarlett di Shopee 😊

Oh ya, sebagai info juga, nih, kedua produk ini sudah teregistrasi oleh BPOM, ya. Kemudian keduanya not tested on animals dalam proses pembuatannya. Disarankan digunakan untuk usia di atas 13 tahun, dan aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. 

Yap, semoga tulisan saya mengenai tips merawat rambut berhijab agar anti lepek dan mudah diatur, juga pengalaman menggunakan Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Yordanian Sea Salt Conditioner ini bermanfaat, yaa 🤗




7 comments

  1. Kok pas banget aku lagi cari produk haircare yg ciamiiik, ehhh baca ripiu di blog mba Diah
    Baiklahh abis gini mau aku coba jugaaa

    ReplyDelete
  2. Cocok banget sih bagi orang Indonesia didaerah teopis yang gampang berkeringat dan lepek. Rambut jadi semakin sehat dan mudah diatur.
    Pemakai hijab juga bisa merasakan manfaatnya.
    Btw diriku juga pake kak. Dan cowo juga pas banget sih menurutku hehee

    ReplyDelete
  3. tips yg bermanfaat karena walaupun berhijab tetap d rumah kan ngga ya. Jadi ngga lepek bau dan kusam selain ga enak ke orang lain (suami) juga ke diri sendiri.

    ReplyDelete
  4. Aku juga mauu...merawat rambut agar sehat dan gak lepek juga ga mudah rontok dengan perawatan terbaik dari produk Yordanian Sea Salt Shampoo and Conditioner.
    Memang idealnya kalau merawat rambut tuh kudu sepenuh hati yaa.. Jangan hanya shampoo, tapi conditioner juga..

    ReplyDelete
  5. Waah Scarlett punya shampoo, jd pengen nyobain apakah wanginya seenak body carenya hehehe
    Ternyata bisa utk mengatasi masalah rambut rontok dan bercabang juga ya, jd pengen makai jg

    ReplyDelete
  6. Baru kali ini aku lihat conditioner warna pink gitu. Soalnya rata-rata warna putih.
    Dipakai di badan aja wangi, apalagi dipakai di rambut.
    Kebetulan cocok sama permasalahan rambut rontokku nih!.
    Jadi pengen nyobain.

    ReplyDelete
  7. Saya pakai shampoo dan conditioner ini. Seger dan baunya enaaaaak......
    Yang jelas, rambut saya jadi lembut dan kalau dikuncir bisa rapi. Ini sesuatuu yang baru bagi saya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.