Storytel, Platform Audiobook Indonesia yang Praktis dan Menyenangkan

 

Sejak punya anak, aktivitas baca buku saya perlahan-lahan menurun. Alasannya klasik, saya merasa tak punya banyak waktu untuk membaca dikarenakan semakin rempong mengurus anak. Hemm.. Padahal kalau ada niat kuat untuk membaca, ya, bisa saja menyisihkan waktu untuk aktivitas memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan itu. Tapi begitulah, mulai dari punya anak satu hingga sekarang anak saya empat, kualitas dan kuantitas baca buku saya semakin buruk.


storytel platform audiobook indonesia


Beruntung, teknologi semakin berkembang. Tak hanya ada buku cetak yang bisa jadi bahan bacaan, tapi kemudian muncul e-book yang bikin aktivitas baca buku jadi lebih praktis. Kemudian, tak berhenti sampai di situ, teknologi berkembang lebih maju lagi. Lalu muncullah inovasi dalam dunia perbukuan saat ini. Tahu enggak temans, inovasi yang terbaru dalam aktivitas membaca saat ini adalah munculnya audiobook

Melalui audiobook, buku tak hanya bisa dinikmati dengan cara dibaca, tetapi juga bisa didengarkan. Yes, kita cukup mendengarkan buku dibacakan oleh orang lain layaknya didongengin, tanpa perlu memfokuskan mata pada lembaran-lembaran buku atau layar gawai.

Wuah... bagi saya ini surga banget! Karena sebagai emak rempong saya bisa tetap baca buku sambil melakukan aktivitas ini dan itu. Bisa multitasking! Hehe. Saya bisa membaca buku sambil memasak, mencuci pakaian dan alat-alat dapur, menemani anak bermain, atau bahkan sambil menulis dan atau membuat konten blog serta media sosial. Oh, terima kasih teknologi dan orang-orang hebat di luar sana! 

Tapi, seperti apa audiobook itu? Dan di mana kita bisa menikmati baca buku online dengan cara mendengarkan ini?

Adalah STORYTEL, yang membantu saya menikmati baca buku dengan cara baru yang menyenangkan itu. Apa dan bagaimana Storytel? Yuk, simak tulisan ini sampai habis 😊


Apa Itu Storytel?

Storytel adalah salah satu layanan streaming audiobook (buku audio) dan e-book berlangganan terbesar di dunia. Platform yang berupa website dan aplikasi ini menawarkan mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul buku dalam skala global. Ya, bukan hanya buku-buku lokal (dari Indonesia) saja yang disuguhkan oleh Storytel, melainkan buku-buku dari seluruh dunia (internasional).

mendengarkan audiobook di aplikasi storytel


Enggak mengherankan, sih, karena Storytel adalah bisnis streaming yang dilakukan di bawah merek Storytel dan Mofibo yang berkantor pusat di Stockholm, Swedia. Bisnis penerbitan Storytel dilakukan melalui penerbit buku audio StorySide dan penerbit Nordik yang terkenal seperti Norstedts, People's Press, dan Gummerus. Platform ini kini telah beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia.

Meski platform audiobook ini berupa website dan aplikasi, namun saya lebih memilih mendengarkan buku-buku melalui aplikasi. Tentu saja, karena aplikasi Storytel yang telah diunduh di smartphone lebih praktis digunakan. Saya bisa menikmati bacaan di mana saja dan kapan saja melalui benda kecil bernama smartphone itu 😊

Baca juga: Toko Buku, Sarana Membangun Kebiasaan Baik untuk Anak.


Keunggulan Storytel

Kalau dulu kita sering mendengarkan drama di radio, sekarang kita mendengarkan buku di aplikasi audiobook. Saat podcast semakin berkembang saat ini, buku audio pun tak ketinggalan. Saat ini, baca buku tak harus punya buku fisik yang berjejer di rak-rak. Kita bisa memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan melalui buku digital, yang tak berwujud (fisik). Begitulah dunia berkembang. Tren mendengarkan buku pun ternyata semakin populer saat ini.

Dan, Storytel telah menjadi bagian dari kemajuan zaman itu. Platform buku audio ini telah memulainya dengan bagus. Ratusan ribu buku dengan berbagai macam genre, fiksi dan non fiksi, dari berbagai bidang ilmu, tersaji di sana. Lalu apa saja sih keunggulan baca buku online di Storytel ini? Berikut beberapa keunggulannya:

💗 Memiliki ratusan ribu koleksi audiobook

Seperti yang saya tulis di atas, ratusan ribu buku digital tersedia di Storytel, baik berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Ribuan buku best seller baik lokal maupun internasional dapat kita pilih dan dengarkan.

💗 Tersedia beragam kategori buku baca online

Kita dengan mudah dapat menemukan buku pilihan melalui kategori yang tersedia. Mulai dari buku romance, personal development, young adult, classics, kids, crime & thriller, biography, fiction, non fiction, dan masih banyak lagi.

💗 Dibacakan oleh para narator yang berpengalaman. 

Kita bisa mendengarkan buku-buku yang dibaca dengan enak oleh para narator berpengalaman. Misalnya ada Dian Sastro, Dee Lestari, Chicco Jerikho, Anes Wibowo, dan lain-lain. Cara mereka membacakan buku sepertinya sangat menjiwai isi buku, sehingga kita serasa ikut masuk ke dalam alur cerita buku (jika itu buku fiksi).

💗 Praktis, dapat dinikmati di mana saja dan kapan saja. 

Hal ini tentu memberikan kemudahan pada manusia zaman now yang kebanyakan memiliki kesibukan tinggi. Dengan cukup mendengarkan, aktivitas baca buku bisa tetap jalan kapan saja dan di mana saja.

💗 Mengurangi waktu melihat layar (screen time) maupun membaca buku fisik. 

Hal ini tentu bagus untuk kesehatan mata. Mata bisa beristirahat dari menatap layar gawai ataupun menatap lembaran-lembaran kertas pada buku. Mata enggak capek.

💗 Tersedia dalam bentuk website maupun aplikasi. 

Terserah mau dinikmati melalui media yang mana, kita bebas memilih. Jika sedang tidak mobile, mendengarkan buku melalui website Storytel dengan laptop juga tak kalah asyik.

💗 Ada audiobook dan juga e-book

Storytel selain menyuguhkan buku audio juga ada beberapa buku yang bisa dibaca (berbentuk e-book). Jadi kita bisa memilih, mendengarkan dibacakan oleh narator atau membaca sendiri buku-buku pilihan kita.

💗 Mudah menggunakannya. 

Tinggal daftar, dan kita siap menikmati buku-buku di dalamnya. Aplikasinya juga user friendly, sederhana dan mudah digunakan. 


Fitur-fitur yang Terdapat pada Aplikasi Storytel

Di sini saya lebih membahas mengenai aplikasi Storytel, ya (karena ada sedikit perbedaan tampilan dan fitur antara di website dan aplikasi). Karena selama ini saya biasa mendengarkan buku di aplikasinya. Nah, aplikasi Storytel ini tampilannya sederhana. Warnanya didominasi warna putih, hitam, dan oranye. Tampilannya yang sederhana memudahkan pengguna untuk memanfaatkan fitur-fiitur yang ada di dalamnya. Berikut ini fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Storytel:

fitur pada aplikasi audiobook storytel

👉 Fitur Pencarian

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari buku-buku yang ingin didengarkan/dibaca. Pencarian bisa berdasarkan buku-buku yang sedang top (banyak dibaca saat ini), berdasarkan judul buku, nama penulis, nama narator, seri, atau tag.

👉 Kategori Buku

Fitur ini juga memudahkan pengguna untuk memilih buku berdasarkan kategorinya. Misal mau mencari referensi buku-buku fiksi Indonesia, tinggal klik kategori Fiksi.

👉 Rak Buku

Ini adalah fitur untuk menyimpan buku-buku yang ingin kita baca ataupun sudah dibaca, atau buku favorit kita. Misal kita sudah "ngiler" ingin baca buku A, B, C, D, E, dan seterusnya, tapi belum ada waktu untuk mendengarkannya, bisa simpan di Rak Buku dengan klik tanda hati ( 💖 ) di bagian bawah gambar buku. Jadi next kalau ingin baca, tak perlu mencarinya lagi.

👉 Bookmark

Fitur ini memungkinkan kita menandai bagian-bagian buku yang ingin kita simpan. Misal di menit ke sekian ada quote yang menarik, bisa kita bookmark dan menuliskan catatan di sana. Atau bisa juga untuk menyimpan posisi terakhir dari buku yang sedang kita dengarkan.

👉 Download Buku

Kita bisa mengunduh buku-buku yang kita inginkan untuk nantinya didengarkan secara offline.

👉 Statistik

Fitur ini terdapat pada profil kita, yang menampilkan laporan aktivitas membaca atau mendengarkan buku dalam rentang waktu tertentu (seminggu dan sebulan).


👉 👉 Dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

Baca juga: Smart Big Book Series, Buku Aktivitas Anak yang Seru!


Pengalaman Mendengarkan Aplikasi Audiobook Storytel

Seperti yang sudah saya tulis di atas, menemukan Storytel bagi saya bagai surga! Hehe. Menyenangkan sekali. Karena dengan keunggulan-keunggulan seperti di atas, saya dapat memilih ratusan ribu judul buku dengan kualitas bagus baik lokal maupun internasional. Ribuan buku best seller yang selama ini belum sempat/mampu saya beli, bisa dengan mudah didengarkan di Storytel.

Saya telah mendengarkan beberapa buku pilihan, yang sebelumnya hanya saya dengar judul ataupun ceritanya dari orang lain, atau sekadar membaca review-nya dari internet. Berikut ini pengalaman saya medengarkan buku-buku pilihan, dan bisa menjadi rekomendasi buku bagi teman-teman untuk didengarkan juga 😊


Mendengarkan Novel Fiksi Lokal (berbahasa Indonesia)

Saya memang suka membaca buku fiksi lokal, karena dengan membaca cerita-cerita fiksi itu bisa menjadi sarana refreshing. Dan mengapa buku fiksi lokal? Karena kalau berbahasa Inggris saya kurang paham isinya, hehehe.. Wawasan bahkan ilmu pengetahuan juga seringkali bertambah dari bacaan-bacaan fiktif itu. Dan di Storytel, ada banyakkkk deretan buku fiksi lokal yang bagus-bagus. Duh, rasanya ingin saya dengarkan semua, deh. Haha.

📗 Negeri Lima Menara

Buku berjudul Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini salah satu buku best seller Indonesia yang belum sempat saya baca sebelumnya, tapi hanya mendengarkan ceritanya dari teman-teman saya. Keterlaluan? Huhu, iya memang. Buku ini dibacakan dengan sangat bagus oleh narator Anes Wibowo. Dialek-dialek dari beberapa daerah di Indonesia, juga bahasa Arab, dibaca dengan sangat apik oleh Anes.

Ya, buku ini bercerita tentang Alif dan lima teman lainnya yang menuntut ilmu di sebuah pondok pesantren di pelosok desa bernama Pondok Madani (PM). Keenam santri dari beberapa daerah di Indonesia ini pernah punya cita-cita yang dilontarkan saat mereka memandang langit di atas menara masjid pondok. Ada yang melihat gumpalan awan di langit sana menyerupai benua Asia, namun yang lainnya melihat awan yang sama sebagai bentuk benua Eropa, Amerika, Afrika, juga ada yang melihatnya seperti peta negara kesatuan Indonesia.

Dan, Tuhan Maha Mendengar. Impian anak-anak santri itu, dengan ikhtiar dan doa, juga kalimat penguat "man jadda wa jadda" kelak mewujud nyata. Inspiratif sekali buku Negeri Lima Menara ini.

mendengarkan audiobook negeri lima menara

📗 Selamat Tinggal

Buku berjudul Selamat Tinggal karya Tere Liye ini juga tak kalah bagus. Buku fiksi yang bercerita tentang perjalanan seorang mahasiswa dalam menempuh pendidikan di bangku kuliah, yang punya kecerdasan dalam menulis, tapi sempat redup "hanya" karena nelangsa ditinggal sang pujaan hati. Haha. Hingga dia menjadi "mahasiswa abadi" akibat skripsinya yang terlantar beberapa tahun tersebab hal yang sama.

Kemudian inspirasi datang dari penulis besar Indonesia, Sutan Pane. Penulis sekaligus tokoh pergerakan nasional di era Orde Lama ini karya-karyanya dijadikan bahan skripsi yang baru oleh sang mahasiswa. Dari sinilah semangat berkaryanya kembali menyala, dan mengubah spirit hidupnya. Penelitian demi penelitian tentang karya-karya Sutan Pane membuka matanya bahwa menyuarakan kebenaran secara jujur dan obyektif itu harus diperjuangkan.

Sementara itu kepalsuan-kepalsuan hidup sangat dekat dengan kehidupannya saat itu, hal yang bertentangan dengan nuraninya. Dia suka menuliskan soal kejujuran, namun masih bergelimang dengan kepalsuan-kepalsuan. Dia ingin mengubah dan mengucapkan selamat tinggal pada itu semua. Dibacakan oleh narator Ajeng Atmakusumah, buku ini juga sangat inspiratif.

📗 Divortiare

Buku dengan judul yang awalnya saya enggak paham sama sekali apa artinya, Divortiare. Ternyata buku ini juga cukup bagus untuk disimak. Buku fiksi karya Ika Natassa ini bercerita tentang kehidupan rumah tangga seorang Alexandra dengan Beno yang kandas di tengah jalan. Alexandra seorang banker yang workaholic, sedangkan Beno seorang dokter. Keduanya jarang menemukan waktu yang pas untuk bersama, yang akhirnya menjadi sebab berakhirnya bangunan rumah tangga mereka. 

Kemudian melalui sahabatnya, setelah dua tahun menjanda, Alexandra dikenalkan dengan seorang lelaki bernama Denny. Lelaki yang nyaris sempurna, dengan banyak kelebihan yang tak dimiliki Beno, yang mau menerima Alexandra apa adanya. Tapi ternyata Alexandra tak bisa begitu saja melupakan Beno. Berbagai peristiwa yang terjadi dengan Denny yang tak pernah menyakitinya, ternyata tak serta merta diterima Alexandra untuk menggantikan Beno sebagai suaminya. 

Buku yang dibacakan oleh narator Nadia Almira Sagitta ini cukup mengaduk-aduk perasaan. Yang belum baca, silakan dengarkan sampai akhir di Storytel, dan temukan plot twist-nya 😉

📗 Dilan

Siapa yang tak tahu novel fiksi remaja best seller karya Pidi Baiq ini? Buku ini menceritakan kisah cinta anak SMA yang bernama Dilan. Dia digambarkan sebagai anak geng motor yang terkesan nakal, tapi di satu sisi juga punya sifat positif. Dilan jatuh cinta dengan anak baru di sekolahnya yang bernama Milea.

Kisah-kisah anak SMA tertuang renyah di novel ini. Dibacakan oleh narator Sissy Prescillia, kita dapat terbawa ke suasana pergaulan anak remaja tahun 90-an. Novel Dilan ini isinya ringan, enak dibaca untuk refreshing pikiran.

📗 Mariposa

Novel yang diangkat dari platform Wattpad bersegmen remaja ini adalah karya Luluk HF. Mariposa bercerita tentang Acha, seorang gadis cantik bagai bidadari dan Iqbal, lelaki berhati dingin dengan hidup monotonnya. Diceritakan Acha jatuh cinta pada Iqbal, namun Iqbal bersikap dingin dan berkali-kali menolak cinta Acha.

Acha tak menyerah, dia tak berhenti berjuang untuk mendapatkan hati Iqbal. Buku audio yang dibacakan oleh narator Jane Leisilla Zahara ini enak didengarkan sebagai buku romantis-komedi yang menghibur. 

Baca juga: Laskar Pelangi, Buku Penyuntik Semangat Hidupku.


Rekomendasi Buku Fiksi Internasional (berbahasa Inggris)

Selain buku-buku fiksi berbahasa Indonesia, di Storytel juga ada ribuan buku fiksi berbahasa Inggris. Beberapa buku best seller yang sudah tak asing di telinga kita adalah sebagai berikut:

📙 Harry Potter Audiobook

Yap! Pertama kali buka Storytel, yang saya cari adalah buku-buku seri Harry Potter karya J.K. Rowling. Buku-buku fiksi fantasi ini sangat menarik, bukan? Hehe. Tapi ternyata di Storytel buku-buku ini semuanya berbahasa Inggris. Yah, tak apalah. Buku-buku ini ada yang tersedia dalam Harry Potter audiobook dan e-book, ada yang audiobook saja, ada pula yang hanya tersedia dalam bentuk e-book. Bagi penggemar Harry Potter, tentunya senang sekali menjelajahi buku-bukunya di Storytel. 

📙 Game of Thrones

Selanjutnya ada buku-buku fiksi seri Game of Thrones beserta buku-buku non fiksi yang menyertainya. Buku novel Game of Thrones adalah buku fiksi bergenre fantasi epik dan fiksi sains karya George R.R. Martin. Seri buku ini sangat terkenal di dunia internasional.

📙 Sapiens

Buku Sapiens adalah buku sejarah internasional karya Yuval Noah Harari dan merupakan buku terlaris versi New York Times. Buku ini menuliskan pemikiran dari seorang sejarawan terkenal, yang memunculkan narasi terobosan tentang penciptaan dan evolusi umat manusia, yang mengeksplorasi cara biologi dan sejarah telah mendefinisikan kita dan meningkatkan pemahaman kita tentang apa artinya menjadi "manusia".

📙 Hunger Games

Hunger Games adalah novel fiksi ilmiah tahun 2008 karya penulis Amerika Serikat, Suzanne Collins. Novel ini menceritakan tentang sebuah reruntuhan tempat yang dulu dikenal sebagai Amerika Utara terletak bangsa Panem, Capitol yang bersinar dikelilingi oleh dua belas distrik terpencil. Capitol menjaga distrik tetap sejalan dengan memaksa mereka semua untuk mengirim satu anak laki-laki dan satu perempuan antara usia 12-18 tahun untuk berpartisipasi dalam Hunger Games tahunan, yaitu pertarungan sampai mati yang disiarkan secara langsung di televisi.


Penutup

Nah, temans, itulah pengalaman saya membaca buku-buku audio pada aplikasi Storytel. Banyak sekali ilmu pengetahuan dan wawasan yang bisa kita dapatkan dari buku. Dan Storytel, memudahkan kita mendapatkan hal itu.

Jadi, sudah tertarik belum sama Storytel? 😊 Kalau saya sejak pertama melihat-lihat Storytel sudah langsung jatuh cinta sama aplikasi audiobook Indonesia ini. Dan setelah menjelajah semakin jauh atas buku-buku yang tersedia di sana, saya semakin betah berlama-lama menikmati buku dengan segala isi dan ceritanya. Menyenangkan!

FYI, jika teman-teman ingin menikmati petualangan baca buku online di Storytel, bisa banget mengunduh aplikasinya di sini:

Temans bisa langsung daftar untuk mendengarkan buku-buku yang diinginkan. Ada uji coba gratis selama 7 hari. Lalu setelah itu jika ingin terus menggunakan Storytel, bisa berlangganan. Nah, jika temans ingin berlangganan (terdaftar di akun premium), saat ini ada harga promo yaitu Rp39.000,00 per bulannya. 

Yap, demikianlah temans tulisan mengenai Storytel, platform audiobook Indonesia yang praktis dan menyenangkan. Zaman now, baca buku bisa di mana saja dan kapan saja dan bisa pula sambil multitasking. Yuk, biar enggak ketinggalan dan makin seru aktivitas membaca buku, segera unduh Storytel di gawai kalian 💕



41 comments

  1. Selama ini sering lihat soal Storytel sliweran di linimasa twitter tapi belum sekalipun ngulik lebih dalam. Setelah membaca artikel ini saya jadi penasaran dan ingin lekas download. Berhubung saat kecil suka denger sandiwara radio, apakah nuansanya bakalan sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ya Allah, ingatan saya langsung menuju masa kecil dulu, saat hampir tiap hari mendengarkan Mak Lampir, Misteri Gunung Cermai, dll :D
      Nuansanya agak beda sih, Mbak. Soalnya kalau di audiobook ini gak pake backsound, musik, dkk :)

      Delete
  2. Hadudu, kbayang aku tuh didongengin,apalagi sama narator yang berpengalaman dan menjadi favorit.
    Aplikasi audionook ini keknya menjadi favorit teman baca buku jaman now, dengan fitur2 yang ada pun menarik buat di explore, tersedia banyak pilihan buku yaa. Btw aku udah pernah baca yang selamat tinggal Tere Liye, huhuu...

    ReplyDelete
  3. Waaahhh penasaran banget buat ikutan gabung dengerin storytel, berhubung saya pun minat bacanya terjun bebas dan kalau baca buku digital sayang mata tambah gede minusnya, kayaknya ini solutip bangeeettt deh ehehehe

    ReplyDelete
  4. Inovasinya storytel ini keren banget. Ngertiin para ibu yang tak sempat lagi membaca seiring dengan kesibukan mengurus anak dan rumah. Asyik ya mbak, serasa di dongengi gini, bisa sambil rebahan atau mengerjakan pekerjaan di rumah.

    ReplyDelete
  5. Ini nih asyiknya, karena gak hanya lewat aplikasi, tapi juga bisa via website. Biasanya kalau via aplikasi gitu kan terkendala dari kapasitas memori hp. Tapi keunggulannya ya lebih mobile, lagi kemana dan di mana saja, mudah dengerinnya. Buat saya pribadi yang hpnya mepet kapasitas memori, kayaknya bakal lebih sering dengerin via website aja deh.

    ReplyDelete
  6. Storytel ini surgaa bangettt bagi yang mager. Betul salah satu solusi membacakan cerita ke anak lewat storytel , dengerin cerita tiduran bareng.

    ReplyDelete
  7. Saya coba gratis lanjut langganan, sudah satu buku kelar didengar ini ke buku kedua hampir selesai juga. Happy, kalau dengar Storytel begini bisa seperti saat ((muda)) dulu seminggu bisa 1-3 buku saya baca . Semogaaa:)

    ReplyDelete
  8. audio book itu salah satu cara menyenangkan untuk me time dan menikmati aneka buku bacaan berkualitas ya mba.. have fun with it!

    ReplyDelete
  9. wahh ini menarik bangett mba
    enak bisa baca buku sambil rebahan, merem-merem, berasa didongengin.
    aku dah pernah baca "negeri 5 menara" dan emang buaguuus bgt tuh novel.
    pengin juga coba app audiobook ini ahhh

    ReplyDelete
  10. Menarik banget nih storytel, baca buku bisa sambil ngapain aja, karena dibacakan oleh narator yang kompeten ya. Jadi pengen download, kira2 di sini ada novel Dilan yang terbaru ga ya? yang nyeritain tentang Ancika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang terbaru belum ada sih, Mbak. Setauku baru ada yg Dilan 1990 :)

      Delete
  11. Mau Juga nih terobosan baru ya Storytel, platform audiobook yang praktis dan menyenangkan. Bisa, baca buku bisa di mana saja dan kapan saja...

    ReplyDelete
  12. Senang sekali bisa ikutan mencoba aplikasi audiobook Indonesia, Storytel.
    Dan hiyaa...ketagihaaan.
    Langsung langganan agar dapat mengakses semua buku dan mendengarkan bersama anak-anak. Paling nyaman didengarkan saat mau bobok.

    ReplyDelete
  13. Iya, setuju banget KLO Storytel ini emang aplikasi andalan untuk mendengarkan audiobook ya mbak
    Banyak pula koleksi buku best seller di sini

    ReplyDelete
  14. Aah keren ini.. Mendengar buku dibacain tuh jadi ingat saat tidur dibacain dongeng sama ortu dulu. Mantap nih storytel

    ReplyDelete
  15. Sekarang makin mudah ya menikmati buku mbak, bisa mendengarkan lewat audiobook storytel, makasih infonya mbak, cus ah mau instal dan langganan

    ReplyDelete
  16. aku juga sudah download dan coba dengerin buku di story tell
    ternyata memang menyenangkan dan membantu banget untuk orang2 yang punya waktu terbatas untuk baca buku

    ReplyDelete
  17. Seneng ya sekarang ada storytel, platform audiobook yang akan memudahkan semua orang untuk "membaca" buku lebih banyak lagi. Buat emak bisa dimana aja seperti di dapur haha

    ReplyDelete
  18. Yang bikin hepi nih, ketika mengerjakan banyak tugas rumah tangga bisa sambil mendengarkan Storytel ini. Jadi hobi membaca kita enggak ketinggalan dan tak harus meluangkan waktu khusus untuk menikmati cerita favorit kita, yeaayyy...

    ReplyDelete
  19. Enaknya fitur pencarian ini bikin kita lebih mudah cari buku yang kita inginkan ya Mbak. Praktis...

    ReplyDelete
  20. Saya suka baca buku tapi waktunya ga banyak. Paling beberapa jam per hari, tapi itu buku spesifik. Habis ini beneran mau install aplikasi ini di hpnya anak. Pengen manfaatin untuk biasakan mereka membaca bersama meski dalam bentuk mendengarkan.

    ReplyDelete
  21. Aku udah download aplikasi ini juga. Seru banget, bukunya bagus-bagus. Buku best seller semua. Jadi pengen dengerin semuanya.

    ReplyDelete
  22. Dulu, waktu belum menikah aku suka banget baca buku. Sejak menikah apalagi punya anak jadi jarang baca, sekalinya baca ya bacain buku buat anak. Kangen juga baca novel, tapi berbulan-bulan enggak selesai. Kayaknya mending pakai audiobook Storytel ya bisa sambil beraktivitas juga.

    ReplyDelete
  23. Fix aku pengen download tapi menunggu selesai beberes digital clutter dulu soalnya memori penuh. Bisa sambil ngelatih listening juga ya Mbak kalau yang didengarkan buku berbahasa inggris.

    ReplyDelete
  24. Cuss!
    Aku juga pengin menikmati sensasi "dibacain buku"
    pastinya bakal enjoyyy banget ya mba
    makasi mbaa

    ReplyDelete
  25. iya...nih inovatif banget..aku udah download n nyobain..bisa dengerin buku sambil ngerjain yang lain

    ReplyDelete
  26. Banyak buku dan novel bagus yang disediakan, tanpa harus lelah membaca, tinggal mendengarkan dan kita bisa mengetahui jalan cerita dari awal sampai akhir. Sungguh memudahkan sekali sih ini

    ReplyDelete
  27. Dengan stok cerita berjumlah ratusan ini, kayanya pas banget buat para ibu yg anaknya suka bosenan kalo baca buku cerita ya, jadi wawasan tentang cerita pun makin banyak

    ReplyDelete
  28. Seru kali ya misalkan mau baca novel Tere Liye serial bumi pakai Audiobook gini. Jadi tinggal ngehaluin aja gimana alur ceritanya. wkwk

    ReplyDelete
  29. Wah keren ini Storytel, Mbak DK. Bisa jadi solusi buat orang sibuk zaman sekarang. Nyalain lewat gawai tapi ga perlu menatap layar jadi bisa sekalian ngerjain kesibukan lain dan menjaga kesehatan mata. Koleksinya lengkap banget sampe 500 ribu kuduy, uwow. Mupeng nih karena bisa diunduh dan didengarkan secara offline. Penasaran daku....

    ReplyDelete
  30. Aku suka baca buku fisik, tapi sesekali baca e-book juga. Nah yang audiobook ini belum pernah. Kayanya kudu install Storytel juga biar tahu rasanya mendengarkan buku

    ReplyDelete
  31. Audiobook ini tengah ngetrend saat ini ya mbak? Wah enak kalau tersedia dalam bentuk website jg, kdng bisa bawa laptop gitu kan sambil ndengerin bukunya. Fitur2nya lumayan banyak yaa. Pilihan bukunya juga beragam. Bermanfaat banget buat yang sering gak ada waktu buat membaca buku TFS

    ReplyDelete
  32. Bener banget mba, kemajuan teknologi membuat kita memiliki semakin banyak pilihan...Klo format audiobook gini enaknya bisa multitasking...misal sambil masak, sambil nyetrika, dll

    ReplyDelete
  33. Lengkap banget ulasannya. Thank you, Kak. Jadi ikutan nyoba nih pakai Storytel. Asyik juga ternyata bisa dengerin isi buku. Jadi aktivitas baca buku tetap jalan, dan bisa disambi mengerjakan hal lain.

    ReplyDelete
  34. Storytel saya juga suka pakai aplikasi ini, pilihan bukunya banyak dan Bagus-bagus

    ReplyDelete
  35. Aku juga udh pake nih aplikasinya kak, suka banget bisa baca buku sambil multitasking, jadi membantu banget...

    ReplyDelete
  36. Sampai sekarang masih rajin nih aku dengerin storytel. Apalagi saat nemenin ibu opname kek gini, malah ibuku yang minta disetelin storytel, jadinya ibu berasa didongengin

    ReplyDelete
  37. Suka banget pakai aplikasi ini, mendengarkan buku bisa dimana dan kapan saja yah, bisa sambil nyuci piring juga hehe

    ReplyDelete
  38. Penasaran sama yang game of thrones sih aku

    ReplyDelete
  39. ih seru ya kita bisa sambil rehat sambi lmerem bisa dengar ceritanya di aplikasi ini, solusi juga nih di jaman orang selalu screen time ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.