Smart Big Book Series, Buku Aktivitas Anak yang Seru!

 

Halo, apa kabar temans? Bagaimana kabar anak-anak selama belajar dari rumah di masa pandemi ini? Sudah 10 bulan hampir selalu di rumah saja, tentu sebagian besar anak merasa bosan, ya. Saya sendiri, telah memberikan banyak alternatif kegiatan bermain dan belajar kepada anak-anak, termasuk dengan menyajikan beberapa buku aktivitas anak. Salah satunya adalah buku Smart Big Book Series. Ada yang sudah tahu tentang buku-buku berseri dari penerbit Cikal Aksara ini?

 
smart big book series

Sebelum membahas bukunya, saya mau kilas balik sedikit. Dulu, saat si sulung usia 3 tahun dia sudah saya masukkan PAUD. Karena baru pengalaman pertama memasukkan anak ke sekolah formal, saya enggak tenang ketika ada beberapa teman si sulung sudah bisa mewarnai dan menulis huruf dan angka. Saya pun kemudian berusaha mengajari anak melakukan hal itu di rumah.

Misalnya, saya buatkan gambar huruf dan angka berukuran agak besar, lalu saya sediakan guntingan kertas kecil-kecil berwarna-warni. Si sulung saya suruh menempelkan kertas-kertas kecil itu pada gambar huruf dan angka. Harapan saya, si sulung akan mengenal huruf dan angka dengan menyenangkan, lalu pelan-pelan bisa menulis huruf dan angka tersebut.

Hasilnya? Si sulung bosan, mengeluh capek, dan akhirnya hanya bisa menyelesaikan dua gambar (huruf dan angka). Itupun dengan bantuan saya. Kemudian saya pun mengadu ke gurunya. Kata gurunya, enggak apa-apa, itu masih proses. Saya pun hanya bisa diam dan berusaha memaklumi. Meskipun, dalam hati tetap menginginkan anak saya bisa seperti beberapa temannya yang lebih "pintar".

Seiring berjalannya waktu, ketika si sulung sudah TK, ternyata enggak perlu disuruh-suruh dia sudah mau belajar membaca dan menulis, juga berhitung. Ternyata akhirnya dia bisa juga! Di titik itu saya baru sadar, memang anak punya waktunya sendiri, kapan mau belajar, kapan bisa membaca, menulis, berhitung (calistung).

Dari pengalaman tersebut saya menjadi lebih selow dan enjoy ketika mendampingi proses belajar si nomor dua. Begitu pula pada si nomor tiga. Tapi oh tapi, ketika si nomor tiga saya rasakan perkembangannya agak lambat dibanding si nomor dua (dan teman-temannya), saya agak khawatir juga. Hahaha. Apakah semua ibu juga demikian? Sudah berusaha tenang tapi jauh di dalam hati ada sedikit kekhawatiran juga 🤭

Maka saya agak rajin juga mendampingi belajar si nomor tiga yang kini berusia 4,5 tahun dan duduk di bangku Play Group tersebut. Saya sering mengajaknya belajar mewarnai, membelikan kartu-kartu huruf dan angka, membacakan beberapa buku bacaan, dan juga menyediakan buku-buku aktivitas. Sebelum ada buku Smart Big Book Series di rumah, sudah ada Majalah Anak Cilukba yang isinya berupa bacaan dan aktivitas belajar.

Saya inginnya mengajak anak-anak belajar dengan fun. Saya enggak memaksa harus belajar terus ketika dia bilang capek, enggak memaksa harus bisa mewarnai rapi tak boleh keluar garis, dan lain-lain. Pokoknya dia harus merasa enjoy saat sedang belajar. Kalau diajak mewarnai tapi maunya dibacakan cerita, ya ayuk aja (kalau saya sedang luang, sih, hehehe...).


Belajar Menyenangkan Bersama Smart Big Book Series

Nah, bulan November kemarin hadirlah dua buku Smart Big Book Series di rumah. Seperti biasa, anak-anak selalu excited tiap kali ada buku-buku untuk mereka. Ada dua buku Smart Big Book yang datang, yaitu seri 365 Aktivitas Anak Pintar dan 365 Aktivitas Anak Muslim. Buku-buku aktivitas itu tebal sekali untuk ukuran anak balita. Masing-masing tebalnya sekitar 200 halaman. Ya, sesuai dengan judulnya, ada 365 aktivitas! Alias sejumlah hari dalam setahun 😁.

Jadi sebenarnya seri buku Smart Big Book ini ada beberapa buku. Setahu saya, sih, ada delapan buku. Yaitu seri Membaca Menulis Berhitung Mewarnai, Aktivitas Anak Cerdas, Aktivitas Anak Pintar, Pintar Membaca Menulis Berhitung Mewarnai, Aktivitas PAUD, Aktivitas TK, Aktivitas Anak Muslim, dan Dongeng Pengantar Tidur. 

Semua bukunya tampilannya eksklusif jika dilihat dari sampulnya. Sampulnya tebal dan mengkilap, dengan ilustrasi yang menarik. Semua anak tampaknya akan senang jika disodori buku-buku itu. Seperti anak-anak saya, terutama si nomor dua (usia 6,5 tahun) dan nomor tiga (4,5 tahun). Mereka rebutan! Dan akhirnya mereka memilih masing-masing satu buku. Trus bilang, "Ini bukuku! Ini bukuku!" Hihi.

Lalu, bagaimana isinya? Kita lihat, yuk!


Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Pintar

smart big book 365 aktivitas anak pintar

Buku berukuran 21 x 27 cm ini sampulnya menarik sekali. Cerah ceria. Mengapa diberi judul "Aktivitas Anak Pintar"? Karena kontennya memang materi-materi untuk anak belajar membaca, menulis, dan berhitung. Buku ini memiliki 365 soal dan aktivitas yang lengkap untuk menstimulasi anak belajar calistung. Seluruh materi itu dibalut dalam ragam permainan seperti maze games, puzzles, cut and stick, drawing and colouring, dan spot the differences. Harapannya tentu saja agar anak dapat belajar dengan asyik.

Ini buku yang dipilih si nomor dua yang kini duduk di kelas 1 SD. Dia suka banget bermain tebak kata, mencari kata di kotak (puzzle), bermain gunting dan tempel, dan bermain maze games. Oh iya, spot the differences (mencari perbedaan gambar) dia juga suka. Buku ini memang cocok banget buat dia. Hampir semua isi materinya bisa dia kerjakan. Hanya beberapa yang belum dikuasainya, misal tentang membaca jam/waktu. Dia hepiii 😍.

Buku aktivitas anak PAUD hingga kelas 1 SD atau usia 4-7 tahun ini dibagi dalam bab-bab khusus seperti Mengenal Diri Sendiri, Mengenal Garis, Mengenal Bentuk, Mengenal Jam dan Waktu, dan sebagainya. Berikut beberapa cuplikan isi bukunya:


spot the differences
Spot the differences.

belajar mewarnai burung
Mewarnai.

belajar gunting dan tempel
Menggunting dan menempel.

tebak kata
Menemukan kata.

maze games
Maze games.

Buku anak ini juga dilengkapi dengan QR Code yang ada di sampul depan dan belakang. Kita dapat men-scan QR Code itu dan menemukan video tutorial menggambar dan mewarnai di YouTube, serta free download lembar aktivitas anak yang ada di website Cikal Aksara.

 

Tentang Buku:

Penulis: Yurinda Dini

Editor: Nofiandi Riawan

Penerbit: Cikal Aksara, Jakarta

Ukuran: 21 x 27 cm.

Tebal: iv + 204 halaman

ISBN: 978-602-1267-69-1

Harga: Rp.121.000,00.


Baca juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Anak Balita.


Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Muslim

smart big book 365 aktivitas anak muslim

Buku aktivitas untuk anak muslim ini penyusunannya hampir sama dengan buku aktivitas anak pintar. Ada beragam aktivitas yang disuguhkan di dalamnya yang berhubungan dengan aktivitas calistung. Bedanya kontennya adalah materi-materi keislaman untuk anak usia 4-7 tahun. Mulai dari mengenal huruf Hijaiyah, mengenal Rukun Iman dan Rukun Islam, belajar doa-doa harian, fun games dan aktivitas motorik halus, dan masih banyak lagi.

Kesemua aktivitas itu juga dibalut dalam permainan yang menyenangkan yaitu disajikan dalam maze games, puzzles, cut and stick, drawing and colouring, dan spot the differences

Nah, kalau buku aktivitas anak muslim ini dipegang erat oleh si nomor tiga sejak buku ini datang. Hihi. Dia suka sekali dengan ilustrasi sampulnya, juga gambar-gambar di dalamnya. Saat belajar bersama buku ini, dia paling suka mewarnai dan bermain maze games. Selain itu paling coret-coret (maksudnya berusaha melingkari dan membuat garis (menjodohkan gambar)). Ya maklum, dia masih Play Group, jadi materi yang lain-lainnya banyak yang dia belum ngerti 😂.

Beberapa contoh isi bukunya adalah sebagai berikut:


menggambar dengan angka arab
Menggambar dengan angka Arab.

belajar kaligrafi
Menggambar kaligrafi.

anak belajar doa
Doa-doa harian.

cut and stick
Cut and stick.

Oh ya, buku aktivitas anak muslim ini bagian kedua ujung bukunya dibuat melengkung alias enggak lancip, lho. Jadi enggak mudah terlipat 😊.

Tentang Buku:

Penulis: Fitri Nurul Aulia

Editor: Nofiandi Riawan

Penerbit: Cikal Aksara, Jakarta

Ukuran: 21 x 27 cm.

Tebal: iv + 204 halaman

ISBN: (13) 978-623-7794-03-5

Harga: Rp.121.000,00.


Baca juga: [REVIEW] 40 Kisah Pengantar Tidur Islami


Smart Big Book Series ini isinya sebagian berwarna dan sebagian tidak. Tapi di semua halaman saya lihat ilustrasinya menarik.

Untuk menggunakan buku ini, sebaiknya anak didampingi orang tua. Karena orang tua dapat memilihkan aktivitas-aktivitas mana saja yang cocok untuk anak, sesuai usianya atau kemampuannya. Karena memang buku ini enggak ada pengelompokan bab sekian untuk anak usia 4 tahun, bab sekian untuk anak usia 6 tahun, dan sebagainya. Enggak ada. Saya memahami hal itu, karena memang meski sama-sama anak usia 4 tahun misalnya, kemampuan calistungnya berbeda. Kemampuan mewarnainya juga enggak semua sama.

Jadi, ya, menurut saya enggak masalah enggak ada pengelompokan umur atau kelas di buku ini. Cukup orang tua saja yang memilihkan materi-materi untuk dipelajari atau dimainkan anaknya.

Nah, tampaknya cukup sekian review singkat dari saya. Saya juga ada video review kedua buku aktivitas anak ini, lho, di channel YouTube saya. Berikut videonya.


Video mengenai Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Pintar:


Video mengenai Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Pintar:


Yap, demikianlah temans sedikit review saya mengenai dua buku seri Smart Big Book terbitan Cikal Aksara. Buku-buku yang recommended untuk mendampingi anak-anak belajar sambil bermain dengan seru! Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, di mana anak-anak dan kita semua lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Buku-buku aktivitas semacam itu sangat bagus untuk menemani anak-anak di rumah. Oke, semoga tulisan ini bermanfaat, ya. Selamat bermain dan belajar! 😊


No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.