Pilih PC atau Laptop? Sebelum Beli, Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Berikut


Dulu, saya sudah cukup nyaman mengetik dengan PC (Personal Computer) dan ditemani smartphone. Jika malam hari, saat anak sudah tidur, saya bisa nyaman mengetik dengan PC. Sedangkan siangnya saya mengetik dengan smartphone. Tapi ketika anak bertambah jadi dua, tiga, hingga empat, PC mulai jarang saya sentuh, karena kondisi yang tak memungkinkan. Lalu saya mulai punya keinginan untuk punya laptop. Saya butuh kenyamanan mengetik secara mobile sekaligus dengan layar yang leluasa.

pilih pc atau laptop


Dan akhirnya saat ini saya memang lebih sering mengetik menggunakan laptop, meskipun laptop tersebut milik suami saya. Hehe. Ya, sebagai bloger yang pekerjaannya membuat konten di blog dan sesekali juga di media sosial, baik PC maupun laptop sebenarnya sama saja kebutuhan spesifikasinya. Saya cukup mempunyai PC atau laptop dengan spesifikasi yang standar. Tak perlu layar yang lebar sekali, misalnya. Atau spesifikasi yang sangat powerfull untuk bermain game. Karena saya bukan gamers. Hehe.

Pilih PC atau Laptop?

Ngomong-ngomong soal pilih PC atau laptop, salah satunya memang tergantung apa kebutuhannya, sih. Kita mau pakai PC atau laptop tersebut buat apa saja nantinya? Nah, sebelum beli PC atau laptop, sebaiknya pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini.

👉 Kelebihan dan Kekurangan PC

Dulu memang saya lebih memilih PC karena memang saya hampir selalu di rumah saja dan anak baru satu. Jadi saya pikir bisa lah mengetik di depan PC dengan nyaman di rumah, kapan saja saya mau. Tak perlu bawa perangkat komputer ke mana-mana. Cukup diletakkan di kamar, dan saya bisa menggunakannya kapan saja.

Ya, memang PC ini cocok untuk pekerjaan yang tidak berpindah-pindah, misal di kantor. Dan karena enggak sering dipindah-pindah tersebut salah satu hal yang menjadikan PC biasanya lebih awet dibanding laptop. Disamping memang desain PC lebih besar dan longgar, sehingga dia tidak mudah panas. CPU PC didesain dengan rongga ruangan yang lebih luas, sehingga temperatur udara lebih stabil dan terjaga yang membuat PC lebih awet.

Kemudian upgrade hardware atau mengganti perangkat keras dengan yang baru agar memperoleh spesifikasi lebih tinggi lebih mudah dilakukan pada PC. Di dalam CPU ada banyak komponen yang mudah diganti, misalnya Power Supply, Random Acces Memory, Hard Disk dan Processor. Keempat hardware tersebut sangat mudah didapatkan di service center. Hal itu karena CPU ini masih menggunakan teknologi manual, sehingga dapat dengan mudah dirakit atau dimodifikasi sendiri dengan mengikuti buku panduan yang tersedia.

Dan satu lagi kelebihan PC, yaitu harganya jauh lebih murah daripada laptop dengan spesifikasi sejenis. Jika teman-teman pintar merakit PC, dengan dana yang pas-pasan pun kita bisa mendapatkan PC yang powerfull.

Tapi seperti yang saya ceritakan di awal tulisan ini, setelah saya punya empat anak dan kerempongan semakin menjadi (duh, drramaaaa... kayak apa aja 😂 ), menggunakan PC ternyata kurang cocok untuk saya saat ini. Saya butuh perangkat itu bisa dibawa ke mana-mana. Nah, inilah salah satu kekurangan PC, dia cukup sulit untuk dipindah-pindah tempat apalagi dibawa ke mana-mana. Jelas sangat merepotkan. Haha. 

Kemudian daya listrik yang dibutuhkan oleh sebuah PC cukup besar. Dia harus menggunakan daya listrik, enggak cukup dengan baterai seperti laptop. Karena daya yang dibutuhkan untuk konsumsi CPU berkisar minimal 480 watt sampai dengan 1000 watt, tergantung jenis CPU yang kita miliki. Nah, karena menggunakan daya listrik, PC juga akan mati jika listrik mati.

Kekurangan selanjutnya adalah di dalam PC biasanya tidak ada perangkat tambahan seperti kamera, speaker, atau wireless sehingga jika kita membutuhkannya harus menambahkannya sendiri.  

👉 Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Kalau saya pribadi, lebih memilih laptop untuk saat ini karena saya ingin lebih bebas mengetik secara mobile dan dengan layar yang leluasa. Yah, bukan mobile yang ke mana-mana gitu, sih. Maksudnya saya bisa mengetik sambil mengawasi anak-anak yang main di halaman belakang, di ruang tengah, atau di manapun di area rumah. Haha. Karena kalau pakai PC yang letaknya di kamar, saya enggak bisa melakukan hal-hal seperti itu. Kalau pakai smartphone, meski bisa mobile tapi layarnya kecil, jadi kurang leluasa.

Ya, memang itulah salah satu kelebihan laptop. Dia bisa untuk mobile alias bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah. Kita bisa membawanya dan menggunakannya di rumah, di kafe, di hotel, dibawa saat pulang kampung, traveling, dan sebagainya. 

Lalu, daya listrik yang dibutuhkan laptop lebih kecil dibandingkan PC. Cukup dengan daya dari baterai saja laptop sudah bisa dinyalakan/digunakan. Kemudian laptop biasanya sudah dilengkapi dengan perangkat tambahan seperti speaker, kamera, dan wireless. Jadi kita tak perlu menggunakan modem USB untuk berinternet-ria. 

Namun laptop juga mempunyai beberapa kekurangan. Diantaranya adalah lebih cepat terasa panas, karena biasanya desain laptop terbatas sehingga kinerjanya juga terbatas. Ya, meskipun ada laptop yang enggak cepat panas, tapi biasanya harganya cukup mahal.

Nah, kekurangan berikutnya ya itu tadi, jika spesifikasinya tinggi, harga laptop jauh lebih mahal dibandingkan PC dengan spesifikasi sama atau mirip. Karena body laptop yang terbatas dengan komponen-komponen yang lebih kecil sehingga perlu biaya yang mahal dalam pembuatannya.

Kekurangan selanjutnya adalah kemungkinan untuk mengganti hardware laptop sangat kecil, karena ada beberapa komponen yang tidak bisa diganti sembarangan. Jadi kalau ada kerusakan harus dibawa ke service center.

💙 Jadi pilih PC atau laptop?

PC memang didesain khusus untuk keperluan kerja yang berat. Seperti misalnya desain grafis, videografis, gaming, dan lain-lain. Memang bisa saja kita menggunakan laptop untuk pekerjaan-pekerjaan itu, namun tentunya biaya yang akan dikeluarkan jauh lebih tinggi dibadingkan jika kita memilih PC. 

Sebaliknya, untuk pekerjaan-pekerjaan multimedia yang tak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi, laptop bisa menjadi pilihan. Misalnya untuk pekerjaan yang cukup mengandalkan Microsoft Office, browsing, edit foto Photoshop, dan mobilitasnya sangat tinggi yaitu harus kerja di mana saja kapan saja.
Nah, semua memang tergantung kebutuhan dan juga budget yang ada, ya 😊

Rekomendasi PC dan Laptop yang Bisa Menjadi Pilihan Tepat

Setelah bisa memutuskan pilih PC atau laptop, selanjutnya kita pasti akan memikirkan jenis PC atau laptop yang seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Di sini saya coba merekomendasikan PC dan laptop yang membutuhkan budget yang sedang saja, namun tetap berkualitas. Apakah PC dan laptop berikut ini sesuai dengan kebutuhan teman-teman? Yuk, kita lihat!

💻 PC HP PRO 280 G6 MT - 1X6Q5PA

pc hp pro 280 cg mt
Sumber: https://meoraprimasolusindo.com/product-detail/hp-pro-280-g6-mt-1x6q5pa

Spesifikasi:

i3-10100 (3.6 GHz, 6MB, 4C), 1x4GB DDR4-2666 DIMM, HDD 1 TB, WIN 10 HOME 64Bit, Intel® UHD Graphics 630, LAN, WLAN+BT, DVDRW, Card Reader, Pararel & Serial Port, USB Wired Keyboard & Otical Wired Mouse, TPM Security, 180Watt, 3Yrs Onsite Warranty
HP P204v 19.5"" LED.

Keterangan:

  • 10th Generation Intel® Core™ i3 processor
  • Windows 10 Home Single Language 64 – HP recommends Windows 10 Pro for business
  • 4 GB DDR4-2666 SDRAM (1 x 4 GB)
  • 1 TB 7200 rpm SATA HDD
  • Intel® UHD Graphics 630
  • 4.7 kg
  • 3 year (3-3-3) limited warranty and service offering includes 3 years of parts, labor and on-site repair.
  • Terms and conditions vary by country. Certain restrictions and exclusions apply.

PC ini dibanderol dengan harga Rp10.100.000. Dengan harga ini, PC ini sudah memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni seperti di atas.  


💻 HP Laptop 14s-fq0011AU


hp laptop 14s
Sumber: https://www.hp.com/id-en/shop/hp-laptop-14s-fq0011au-1x9m8pa.html

Spesifikasi:

  • AMD Ryzen™ 5 processor
  • Windows 10 Home Single Language 64
  • 14" diagonal, FHD (1920 x 1080), IPS, micro-edge, BrightView, 250 nits, 45% NTSC
  • 8 GB DDR4-2666 SDRAM (2 x 4 GB)
  • 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
  • Power through from anywhere
  • AMD Radeon™ Graphics
  • 1 SuperSpeed USB Type-C® 5Gbps signaling rate; 2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate; 1 HDMI 1.4b; 1 AC smart pin; 1 headphone/microphone combo
  • 2 years limited parts and labour Warranty

Konfigurasi:

  • AMD Ryzen™ 5 processor
  • Windows 10 Home 64
  • 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
  • 14"
  • AMD Radeon

Termasuk:
  • HP Pavilion Gaming Mouse 200(5JS07AA)
  • HP 15.6 in Value Topload Case

Harga laptop ini adalah Rp8.795.000. Laptop ini punya layar yang cukup luas yaitu 14 inch namun bobotnya ringan (1,47 kg) dan desainnya tipis. Dengan prosesor AMD dan grafis AMD Radeon™ terintegrasi, kinerjanya lebih andal. Laptop ini nyaman untuk bekerja dan menonton hiburan dengan daya baterai lebih lama. 
Laptop ini cocok untuk bloger dan content creator pada umumnya.

Kedua jenis PC dan laptop di atas hanya sebagai contoh saja. Saya merekomendasikannya karena brand HP sudah terkenal kualitasnya, ya. Masih banyak seri PC dan laptop HP yang bisa menjadi pilihan. Sekali lagi, semua tergantung kebutuhan kita masing-masing, ya. Sebelum beli, lihat dulu secara detail spesifikasi produknya.

Pilih PC atau Laptop di Meora Prima Solusindo Saja!

Nah, jika teman-teman sedang membutuhkan PC atau laptop, bisa banget lo memilih dan membelinya di Meora Prima Solusindo. Ada yang sudah pernah dengar nama ini? Buat yang belum pernah dengar atau pernah dengar namun belum tahu detailnya, yuk, simak ulasan singkat saya berikut ini 😊


meora prima solusindo
Halaman depan website Meora Prima Solusindo.


Jadi Meora Prima Solusindo adalah sebuah perusahaan IT yang beralamat di Jakarta Barat, Indonesia. Perusahaan ini menawarkan solusi dan produk-produk IT yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Perusahaan ini sudah memiliki pengalaman 20 tahun lebih dalam memberikan dukungan dan kebutuhan pelanggan perusahaan dan 90% klien-nya yang merupakan Bisnis atau Enterprise.

Dan, FYI, Meora Prima Solusindo ini sudah selama 20 tahun lebih pula sebagai Partner resmi HP atau HP Official Partner, lo. Teman-teman tahu, kan, HP? Ya, HP Inc. merupakan brand produk dan layanan teknologi berupa PC, printer, dan solusi pencetakan 3D yang berkualitas. Jadi di Meora Prima Solusindo tersedia produk-produk HP yang cukup lengkap, termasuk PC dan laptop. 

Klien dan Mitra Resmi

Klien dari Meora Prima Solusindo sudah banyak sekali, diantaranya perusahaan-perusahaan besar seperti Optik Melawai, Kompas Gramedia, Binus University, IKPT, UPS, APL Logistics, Trakindo CAT, dan lain-lain. Sedangkan mitra resminya adalah HP sebagai mitra utama, dan juga Epson, Canon, DELL, dan Fuji Xerox.

Produk

Nah, produk-produk yang dijual di Meora Prima Solusindo cukup lengkap, yaitu ada Printer, Pita, Laptop, PC, Tinta, Toner, dan Aksesoris. Kesemuanya tersedia dalam berbagai macam tipe/jenis.

Baca juga: Pengalaman Menggunakan OPPO F9.

Layanan

Mengenai layanan, Meora Prima Solusindo menyediakan beberapa layanan yang memudahkan pelanggan, yaitu:

Layanan Penjemputan

Layanan penjemputan atau pick up service merupakan layanan khusus yang memberikan kemudahan-kemudahan bagi pelanggan yang memiliki kesibukan tersendiri. Kemudahan yang dimaksud adalah kita tidak perlu mendatangi service center untuk mengatasi kerusakan. Pelanggan hanya perlu mendaftarkan diri dan menyampaikan alamat tujuan penjemputan perangkat.

Baca juga: Bersama BARDI Smart Home, Ciptakan Rumah yang Aman dan Nyaman.

Layanan Jarak Jauh

Layanan jarak jauh atau remote service merupakan layanan interaktif yang disediakan untuk melakukan pemeriksaan kerusakan unit secara remote (jarak jauh, tanpa batasan jarak), termasuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan teknis yang dihadapi pelanggan melalui customer service. Jadi pelanggan tak perlu membawa unitnya ke service center.

On-Site Service

On-site service adalah layanan di tempat. Dengan layanan ini, pelanggan bebas memilih waktu yang nyaman untuk dikunjungi sehingga tidak perlu repot datang ke service center. Jadi misalnya pelanggan memiliki masalah dengan laptopnya, seperti ketumpahan cairan, jatuh dan pecah, tegangan tidak stabil, atau yang lain, maka pelanggan hanya perlu menelepon ke costumer service Meora Prima Solusindo, lalu teknisi akan segera datang membantu memperbaikinya.

Layanan Hari yang Sama

Layanan hari yang sama atau same day service merupakan layanan khusus bagi pelanggan yang sangat menginginkan atau membutuhkan produk sesegera mungkin. Layanan ini berupa pengiriman door-to-door yang akan memberikan pengantaran super cepat tanpa harus menunggu hingga keesokan harinya. Produk yang diinginkan pelanggan akan diantarkan di hari yang sama dengan hari pemesanan.

Alamat

Meora Prima Solusindo beralamat di:

Jl. Keselamatan Raya No. 11, Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, 11140.

Kontak

Jika kita membutuhkan produk atau jasa dari Meora Prima Solusindo, bisa menghubungi:
 
WA: +62 811-8117-939
Email: info@prima-solusindo.com atau info@ptmps.com
Instagram: @meoraprimasolusindo


*****

Nah, demikianlah temans sekelumit tulisan mengenai cara memilih PC atau laptop. Sebelum memutuskan untuk membelinya, kita memang sebaiknya mempertimbangkan dulu hal-hal seperti yang telah saya sebutkan di atas, ya. Dan jika temans membutuhkan PC atau laptop berkualitas dengan layanan yang baik, bisa banget menghubungi Meora Prima Solusindo. Oh ya, saat ini sedang ada promo spesial seperti yang terlihat dalam screenshot website-nya di atas itu, lo 😊



Referensi:
https://www.arbamedia.com/2017/08/pilih-laptop-atau-komputer-pc-ini.html




18 comments

  1. Kalau untuk pekerjaan saya dan suami, lebih pilih laptop, Mbak. Tapi setelah anak-anak PJJ dan banyak kegiatan mereka yang online, termasuk les, jadi mempertimbangkan untuk punya PC juga. Terima kasih untuk rekomendasi PC dan laptopnya. Bisa jadi pertimbangan untuk beli PC nanti.

    ReplyDelete
  2. Aku gak bisa milih nih, kepake keduanya. Laptop memang fleksibel, tapi dia mudah lemot. PC gak bisa dibawa kemana2, tapi dia "wuzzz" 🤭 paling bener ya konsul dulu sebelum beli ke toko yg terpercaya ya....

    ReplyDelete
  3. Pilih HP haeyah melenceng ya makk😀
    Karena kami suka pergi-pergi otomatis paling simpel laptop dan Hp.

    Sebetulnya pengen sih punya PC dirumah tapi kembali lagi kebutuhan urgent atau hanya keinginan, skala prioritas yang berbicara kalau ini 😀

    ReplyDelete
  4. kalau sesuai dengan kebutuhan dan mobilitas aku, laptop memang pilihan paling utama karena praktis. Tapi aku prefer kerja di PC kalau di rumah or kantor

    ReplyDelete
  5. Dengan memantapkan hati pilihan kita jatuh ke mana, mau laptop atau PC kalau sesuai kebutuhan dan harga sesuai insyaallah kelak tidak akan ada penyesalan ya setelah mendapatkannya
    Terimakasih informasinya Mbak 🙏

    ReplyDelete
  6. Sementara di rumah saya, adanya laptop, punya suami, saya dan si sulung. Enaknya ya itu tadi mobile, jadi bisa dibawa kemana-mana. Maka kalau pergi bisa deh dibawa deh tuh laptopnya. Tapi rencana, mau beli PC sih buat kebutuhan anak-anak, dipakai bersama sih nanti. Untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak yang makin ke sini bersinggungan dengan aktivitas multimedia.
    Noted, bisa nih jadi pilihan PC dari HP:)

    ReplyDelete
  7. tergantung sama kebutuhan dan mobilitas aja sih sebenarnya karna kan setiap orang punya kebutuhan dan mobilitas berbeda-beda. jadi bisa dijadiin alasan juga tujuan untuk milih antara laptop atau pc. kalau aku sih lebih pilih laptop yaa karna fleksibel bisa dibawa kemana-mana.

    ReplyDelete
  8. Aku punya PC dan laptop, mba, karena PC butuh kalau di rumah lebih enak aja kerja depan PC, apalagi layarnya yang lebar. Kalau pergi aku suka bawa laptop ya karena memang itu yang bisa dibawa, sesuai kebutuhan ya

    ReplyDelete
  9. So far aku paling nyaman menggunakan laptop dan belum pernah beli PC. Tapi kalau misalnya nanti ada kebutuhan perangkat komputer yang spesifikasinya cukup tinggi, biasanya untuk desain dan media editing kemungkinanan perlu beli PC.

    Aku sangat mendambakan Laptop yang ringan dan baterainya awet. Sepertinya HP Laptop 14s-fq0011AU ini enak banget ya buat kerja sambil mobile, karena nggak berat dan baterainya tahan lama.

    ReplyDelete
  10. Baik pc ataupun laptop punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya, mbak. Bagusnya sih punya dua duanya aja biar bisa disesuaikan kondisi saat akan menggunakannya. Hehe

    ReplyDelete
  11. Aku pilih dua-duanya, hihi... Maruk, yaa..

    Laptop memang lebih fleksibel, udah gitu kalau mati listrik, selama batreinya masih ada, insya Allah pekerjaan tetep aman. Masih bisa diselesaikan dan disimpan dulu.

    Meski sekarang saya lebih sering pakai laptop untuk kerja, tapi kadang-kadang saya masih pakai PC-nya suami juga. Lebih nyaman aja sih, mungkin karena layarnya lebih lebar juga, yaa... Cumaaa, kalau pas listrik mati suka bikin sedih, huhu... Memang ada autosave-nya, tapi kadang ngga kesimpan semuanya.

    ReplyDelete
  12. Pengennya sih punya PC dan laptop
    Sebab keduanya sama sama butuh dan punya kelebihannya masing-masing
    Enakan KLO di rumah pakai PC, KLO keluar rumah baru bawa laptop
    Semoga nanti ada rezeki beli PC

    ReplyDelete
  13. Saya masih punya harapan ada PC di rumah, Mba. Kapasitasnya bisa utk keperluan editing video dan lebih cepet pas rendering dibanding laptop.

    ReplyDelete
  14. Saya kalau cuma buat ngetik, sebatas aplikasi office sama internetan pilih pakai laptop mbak. Tapi kalau sudah mulai kerja dengan aplikasi multimedia buat mengolah gambar maupun video, pilih pakai PC.

    Laptop HP 14s-fq0011AU ini spesifikasinya lumayan tinggi juga ya, hardisknya sudah SSD, harganya juga terjangkau, cuma 8 jutaan

    ReplyDelete
  15. Idaman banget punya PC.
    kemarin ditawarin suami, mau PC, laptop atau tablet.
    Akhirnya jadi bahan tulisan, hahaha...blogger mah anti yaa..dapet tawaran, pasti jadi konten.

    Pemenangnya adalah laptop dan tablet.
    Impian punya PC dipupuk kembali. Siapa tau someday ada rejeki bisa beli PC idaman yang layarnya melengkung-lengkung kaya punya gamers, tus aku pake nonton.
    Hahhaa...tujuan tydack mulia sekali.

    ReplyDelete
  16. Makin banyak anak, makin banyak pertimbangan untuk masalah gawai ya, Maak. Btw, mantap bangettt layanannya bisa antar jauh juga, yaa.

    ReplyDelete
  17. Setelah punya anak, kendala memegang laptop memang terasa banget ya Mbam.Lebih simple ngetik via ponsel. Belum lagi kalo anaknya aktif. Emak kudu berhati-hati banget, biar gak bolak balik servis.

    ReplyDelete
  18. sering membuat galau pc atau laptop, heehehe. Akhirnya ngumpulin uang dulu aja deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.