Bersama BARDI Smart Home, Ciptakan Rumah yang Aman dan Nyaman

 

Siapa, sih, yang enggak ingin punya rumah yang aman dan nyaman? Saya pikir semua orang menginginkannya, meski enggak harus berwujud rumah megah dan komplit dengan segala fasilitas. Cukup aman dan nyaman, yang membuat kita bisa betah dan cinta banget dengan tempat tinggal itu. Home sweet home, begitulah istilahnya 😊.


bardi smart home


Saya dan suami beserta anak-anak pun menginginkannya. Alhamdulillah kami sudah punya rumah meski belum sepenuhnya milik kami (baca: masih proses nyicil 😁). Dan, rumah kami masih jauh dari frasa aman dan nyaman jika dilihat dari kacamata umum. Karena rumah kami posisinya gabung dengan tempat kerja suami, bangunannya apa adanya, dinding-dindingnya penuh coretan "kreatif" karya anak-anak kami yang masih kecil-kecil sehingga enggak ada spot bagus buat foto-foto, dan seterusnya. Haha.

Tapi, enggak elok namanya dan enggak pantas sekali jika kami enggak mau bersyukur. Toh, rumah kami lumayan luas, anak-anak bisa kejar-kejaran di dalam maupun di halaman, ada tiga kamar tidur, punya ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Setidaknya, rumah kami memenuhi unsur fungsionalis alias bisa dipakai! Hahaha. Jadi, meski rumah kami jauh dari kata bagus, apalagi estetis, kami tetap mensyukurinya. 

Tentu saja kami ingat akan banyaknya orang di luar sana yang enggak punya rumah, atau tinggal di kost yang sempit, mengontrak di pemukiman padat, dan sebagainya. So, urusan rumah yang aman dan nyaman, kami masih dalam tahap proses menciptakannya, seiring dengan biaya cicilan rumah yang terus mengalir 😁.

 

Memantaskan Diri untuk Memiliki Rumah Aman dan Nyaman

Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan tempat tinggal yang aman dan nyaman. Mungkin kami akan sedikit demi sedikit merenovasi bentuk bangunan, lalu mengecatnya dengan warna-warna yang cantik, memberikan beberapa ornamen di dalam rumah, menghias bagian depan rumah, dan masih banyak lagi. Kata orang, membangun rumah itu memang enggak ada habisnya.

Nah, dalam usaha memantaskan diri untuk menempati rumah impian (aman dan nyaman), saya mencoba menambahkan beberapa fasilitas ke dalam rumah. Saya ingin mencoba merasakan tinggal di rumah yang keamanannya terjaga, dan di luar maupun di dalamnya penuh keindahan, sehingga rumah menjadi sangat nyaman untuk ditempati. Oh ya, juga untuk mewujudkan semua itu dapat dilakukan dengan mudah dan simpel. Hehe. Bisa enggak, sih? *ngimpi dulu

Alhamdulillah aktivitas sehari-hari saya yang enggak jauh dari dunia digital membuat saya sedikit banyak tahu tentang perkembangan teknologi, termasuk yang berkaitan dengan rumah. Saya pun kemudian berkenalan dengan produk-produk smart home yang keberadaannya memanfaatkan kecanggihan teknologi.


Berkenalan dengan BARDI Smart Home

Adalah BARDI Smart Home yang mempunyai produk-produk smart home tersebut. Home automation company ini berinvestasi dalam produk smart home yang ready stock dan bersertifikasi Indonesia. Ada banyak produk yang telah dihadirkan BARDI, seperti lampu pintar, kamera pintar, saklar pintar, remote pintar, dan masih banyak lagi. Bahkan alat pintar untuk memberi makan binatang peliharaan juga ada, lho.

Dari membaca beberapa spesifikasi produk dan cara pemasangan produk-produk BARDI di website-nya, saya jadi tahu bahwa untuk menggunakan produk-produk pintar tersebut, setidaknya ada dua hal yang harus kita persiapkan (miliki), yaitu:

  • Koneksi internet yang stabil dengan menggunakan wifi atau hotspot.
  • Aplikasi BARDI Smart Home di smartphone. Apps tersebut dapat kita unduh di Google Play bagi pengguna Android, dan di App Store bagi pengguna iOS.

aplikasi bardi
BARDI apps.

 Alhamdulillah di rumah sudah ada wifi. Soal aplikasi BARDI, tinggal unduh di handphone enggak sampai lima menit. Hehe. Nah, agar kita bisa menggunakan produk-produk BARDI maka kita harus membuat akun di aplikasi ini. Cara registrasi akunnya mirip seperti registrasi di aplikasi-aplikasi yang lain. Tinggal kita masukkan alamat email, lalu kita akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email. Selanjutnya masukkan kode tersebut di apps, maka akun kita pun sudah jadi. Dan kita siap menggunakan produk-produk BARDI.

Nah, setelah punya aplikasi BARDI, maka saya pun kemudian mencoba memasang beberapa produk BARDI di rumah. Ada smart camera khusus untuk di dalam rumah, juga lampu-lampu yang smart. Wah, kok SMART semua, ya? Seperti apakah itu? Simak tulisan ini sampai habis, yaa 😁.

Baca juga: Pengalaman Menggunakan OPPO F9.


Kontrol Rumah dengan BARDI Smart Indoor Static IP Camera

Rasa aman adalah salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Dengan rasa aman, akan muncul rasa tenang dalam melakukan segala aktivitas. Selanjutnya dengan ketenangan yang tercipta kita akan lebih fokus dan akhirnya produktivitas dan kualitas yang dihasilkan.

Rasa aman di dalam rumah maupun saat kita meninggalkan rumah juga sangat diperlukan. Dan, BARDI menghadirkan produk-produk untuk kebutuhan itu. Ada smart camera untuk membantu menjaga rumah kita. Sebenarnya ada smart indoor camera dan smart outdoor camera dari BARDI yang berfungsi untuk menjaga rumah. Namun saya baru mencoba smart indoor camera saja.

bardi smart indoor static ip camera
BARDI Smart Indoor Static IP Camera.


Nama produknya adalah Bardi Smart Indoor Static IP Camera. Bentuknya seperti pada foto di atas, mungil menggemaskan. Hihi. Alat ini adalah kamera pintar yang dapat menyalurkan video dan juga suara kepada smartphone dan suara dari smartphone. Namanya saja IP Camera yaitu Internet Protocol Camera, tentu saja bekerjanya alat ini dengan mengandalkan koneksi internet. Dan karena namanya kamera indoor, alat ini cocok ditempatkan di ruangan-ruangan di dalam rumah.

Kita dapat mengontrol keadaan rumah dengan menempatkan IP Camera ini di ruangan-ruangan yang kita inginkan. Kita dapat melakukan pengontrolan itu dari mana saja melalui smartphone kita. Dengan IP Camera ini, kita dapat mengecek keadaan rumah saat kita sedang berada di luar rumah, secara langsung dan real.

Bagaimana mengenai penempatannya? Cara meletakkan smart camera ini bisa dengan didirikan/didudukkan saja di atas meja, atau bisa juga diposisikan menggantung di plafon atau di manapun. Di dalam boksnya disertakan perekat untuk keperluan menggantungkan IP Camera tersebut. Kamera ini memiliki orientasi video dalam aplikasi yang bisa diputar 180° sesuai penempatan.

paket bardi smart indoor static ip camera
Paket lengkap BARDI Smart Indoor Static IP Camera.


Lalu, bagaimana cara menggunakan BARDI Smart Indoor Static IP Camera ini? Berikut tahap-tahap mulai dari memasang hingga menggunakannya:

  1. Unduh aplikasi BARDI dan lakukan registrasi.
  2. Tambah perangkat. Pilih Indoor Static IP Camera.
  3. Pasang perangkat. Alurnya begini: Nyalakan IP Camera (colokkan ke stop kontak) >> lampu pada kamera awalnya berwarna merah, kemudian berubah menjadi biru >> hubungkan dengan wifi >> muncul QR Code >> scan QR Code tersebut dengan IP kamera >> kamera akan mengeluarkan suara "dong dong dong" >> klik tombol "Saya mendengar tanda" >> tunggu konfigurasi kira-kira 30 detik.
  4. Perangkat berhasil terpasang, dan siap dikontrol.

pemasangan bardi smart indoor static ip camera
Note: nomor tidak disesuaikan dengan deskripsi di atas.

scanning bardi smart indoor static ip camera
Jarak scanning BARDI Smart Indoor Static IP Camera; 15-20 cm.


Cara memasang Smart Indoor Static IP Camera dapat juga dilihat dalam video saya di YouTube ini:


Setelah terpasang, kita dapat mengontrol IP Camera tersebut dari manapun melalui smartphone kita. Asal ada jaringan internet pada smartphone dan di rumah wifi/hotspot-nya lancar, maka alat ini dapat bekerja dan kita kontrol dengan baik. Kita dapat mengawasi apa saja yang terjadi di dalam rumah dari jarak jauh. Jadi merasa aman, kan?

Ada beberapa fitur yang dapat kita manfaatkan, yaitu Screenshot, Speak, Record, Playback, Cloud Storage, Alarm, dan Photo Album. Kita dapat mengambil gambar, berbicara melalui smartphone, merekam video kejadian yang tertangkap kamera, menyetel alarm, dan lain-lain.


hasil foto bardi smart indoor static ip camera
Hasil foto pada BARDI Smart Indoor Static IP Camera.


Kamera pintar ini seperti CCTV (Closed Circuit Television) yang lebih dulu ada, namun cara kerja dan kualitasnya lebih bagus. Ada banyak perbedaan antara keduanya, antara lain sebagai berikut:

  • Cara kerja CCTV mengandalkan sinyal analog, sedangkan IP camera mengandalkan koneksi internet. Sinyal analog hanya bisa ditampilkan ke monitor yang berbasis sinyal analog pula, sedangkan IP camera bisa diakses melalui perangkat yang tersambung ke internet seperti smartphone dan laptop.
  • CCTV membutuhkan banyak kabel, sedangkan IP camera hanya butuh sedikit kabel untuk menghubungkan kamera ke colokan listrik.
  • Kualitas gambar yang dihasilkan CCTV rendah (resolusinya hanya sekitar 720x575p) sehingga gambar terlihat buram atau blur. Sedangkan kualitas gambar dari IP camera jauh lebih tinggi, bisa Full HD (1080p) atau bahkan 4K sehingga gambar lebih jelas.
  • Gambar atau video di CCTV tidak bisa di-zoom, sedangkan pada IP camera bisa di-zoom.
  • Sudut pandang CCTV terbatas, sedangkan IP camera jangkauannya lebih luas sehingga bisa ditempatkan pada ruangan yang luas.
  • Video dalam CCTV tidak bisa dienkripsi, sedangkan IP camera dilindungi oleh enkripsi sehingga lebih aman dari penyadapan pihak lain.

Dari melihat perbedaan-perbedaan tersebut, IP camera memang lebih banyak keunggulannya sehingga bisa disimpulkan kamera ini memang lebih pintar.

Oh ya, hal yang paling kami sukai dari IP camera ini adalah dapat menyalurkan video dan juga suara kepada smartphone dan suara dari smartphone. Jadi misalnya gini. Kita pasang IP Camera ini di ruang tamu. Lalu saat kita di luar rumah dan ingin berkomunikasi dengan anak-anak yang sedang bermain di ruang tamu tersebut, kita tinggal klik "Speak" maka suara kita dapat didengar si anak. Kalau kamera CCTV enggak bisa melakukan hal seperti itu, bukan? Hehe.

BARDI Smart Indoor Static IP Camera memiliki slot SD Card max 128 GB (tidak termasuk) dan dapat memberi notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi. Pada posisi gelap akan otomatis switch ke night vision.

Baca juga: Aplikasi yang Digunakan Selama Ramadhan.


Ciptakan Warna-warni Indah di Rumah dengan BARDI Smart Light

Rumah yang indah pasti lebih disukai penghuninya dan membuat kita betah tinggal di dalamnya. Salah satu yang bisa menciptakan keindahan di rumah adalah dengan adanya lampu yang indah di ruangan-ruangan di dalam rumah. BARDI menghadirkan lampu-lampu yang indah tersebut untuk rumah kita.  Ada BARDI Smart Light Bulb dan Smart Led Strip yang telah saya coba di rumah. Berikut reviewnya.


BARDI Smart Light Bulb 9W - RGBWW

Anak-anak saya tak sabar ingin menyalakan lampu yang bisa berubah-ubah warna ini. Lampu pintar yang kami miliki ada BARDI Smart Light Bulb 9W - RGBWW. Bohlam pintar ini bisa dimati nyalakan, diubah warna dan diatur kecerahan melalui aplikasi BARDI selama ada wifi/hotspot. Dengan daya sebesar 9 Watt, lampu ini tampaknya cocok sekali ditempatkan di kamar tidur.

bardi smart light bulb 9w rgbww
BARDI Smart Light Bulb 9W - RGBWW


Lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 900 lumens dan bisa diredupkan hingga 90 lumens. Ada banyak sekali kombinasi warnanya, yaitu RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Bohlam ini sangat mudah dipasang, tinggal diputar kepada ulir E27, fitting lampu paling umum di Indonesia.

Untuk cara pemasangan agar bisa dikontrol dari smartphone, sama seperti IP Camera di atas, pemasangan Bardi Smart Light Bulb 9W RGBWW juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Unduh BARDI apps dan lakukan registrasi akun.
  2. Tambah perangkat. Pilih Smart Light Bulb 9W.
  3. Pasang perangkat. Saat perangkat menyala, tekan sakelar lampu on dan off sebanyak 5x hingga bola lampu pintar berkedip cepat.
  4. Perangkat berhasil terpasang, dan siap dikontrol.

pemasangan bardi smart light bulb 9w

Cara memasang Bardi Smart Light Bulb selengkapnya dapat dilihat di video saya di YouTube ini:



Setelah lampu pintar ini terpasang, kita akan dengan mudah mengontrol perubahan lampu yang kita kehendaki. Kita dapat mengatur warna, kecerahan, speed, jumlah warna yang diinginkan saat berkedip, dan lain-lain.

Bisa ditebak, anak-anak excited banget dengan adanya lampu pintar ini. Mereka mengutak-atik warna lampu sampai lamaaa... dan berebut. Hehe. Dan memang benar, lampu ini cocok sekali ditempatkan di kamar tidur. Untuk anak-anak, pengaturan warna-warna yang redup saat hendak tidur, melatih anak untuk tidak takut gelap. Saat mereka membaca buku atau sedang belajar juga bisa diatur warnanya. Untuk orang tua (saya dan suami), lampu yang redup dan berubah-ubah dalam tempo yang lambat membuat suasana saat pillow talk semakin syahdu 😍.


warna bardi smart light bulb
Contoh warna-warna Bardi Smart Light Bulb 9W - RGBWW.

Bardi Smart Light Bulb saat bekerja (setting: colour).


BARDI Led Strip RGBWW dan Adaptor for Led Strip 1A

Hampir sama dengan Smart Light Bulb, Smart Led Strip ini juga lampu yang kaya warna. Namun pemasangan lampu pintar ini harus disertai dengan adaptor. 

bardi let strip rgbww dan adaptor for led strip 1a
BARDI Led Strip RGBWW dan Adaptor for Led Strip 1A.


BARDI Led Strip RGBWW

Lampu Led strip biasa kita lihat dipasang di depan pintu masuk rumah, di palfon ruang tengah, di ruang kerja, di kamar tidur, dan sebagainya. Lampu ini berbentuk seperti selang, kecil panjang, dan bisa menyala berkedip-kedip berganti warna. Nah, kalau Bardi Smart LED Strip adalah selang LED pintar yang bisa dimati nyalakan, diubah warna dan diatur kecerahan melalui adaptor for LED strip. Tentu saja pengoperasian dan pengontrolannya menggunakan koneksi internet dan melalui smartphone.

Lampu Led strip yang saya miliki ini panjangnya 2 meter, dan dapat dipotong dan disambung dengan mudah ke adaptor maupun ke LED strip lagi.


bardi led strip rgbww
BARDI Led Strip RGBWW 2M.


Lampu pintar ini menggunakan daya max 2.5w per meter dan memiliki kecerahan maksimal di 350 lumens per meter. Lampu ini bisa diredupkan hingga 50 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Sama seperti Smart Light Bulb 9W - RGBWW di atas.

Nah, untuk memasang Led Strip RGBWW 2M ini, kita memerlukan Adaptor for Led Strip 1A. Berikut keterangannya.


BARDI Adaptor for Led Strip 1A

Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa adaptor adalah sebuah rangkaian yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC (bolak-balik) yang tinggi mejadi tegangan DC (searah) yang rendah. Tegangan DC ini dibutuhkan oleh berbagai macam rangakaian elektronika untuk dapat dioperasikan, seperti pada penggunaan lampu Led strip.

Bardi Smart Adaptor for LED Strip adalah adaptor pintar yang bisa me-mati-nyalakan, mengubah warna dan mengatur kecerahan LED strip melalui aplikasi BARDI.

bardi adaptor for led strip 1a
BARDI Adaptor for Led Strip 1A.


Adaptor Bardi ada 2 varian yaitu 1A dan 4A, dimana 1A bisa mengendalikan LED strip hingga 4 meter dan 4A bisa mengendalikan LED strip hingga 10 meter. Karena Led Strip yang saya miliki panjangnya 2 meter, maka saya menggunakan adaptor 1A.

Adaptor ini dapat mengubah arus 220v dengan stop kontak Eropa yang paling sering digunakan di Indonesia menjadi 12V yang di butuhkan LED strip BARDI.

Nah, karena sudah ada adaptor untuk memasang lampu Led Strip, maka berikut cara pemasangan BARDI Smart LED Strip:

  1. Unduh BARDI apps dan lakukan registrasi akun.
  2. Tambah perangkat. Pilih Adaptor for Led Strip 1A.
  3. Pasang perangkat. Sambungkan Led Strip kepada adaptor menggunakan konektor, lalu tekan tombol adaptor selama 5/6 detik. Lampu akan berkedip cepat. Ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  4. Perangkat sudah terpasang dan siap kita kontrol.

warna bardi led strip rgbww
Contoh warna pada Bardi Led Strip RGBWW.


Pengaturan warna pada Led Strip ini sama dengan pengaturan warna pada Light Bulb. Seperti ini penampakannya:

pengaturan-warna-bardi-smart-light

Kita bisa pilih warna putih saja, atau warna-warna lain yang kita inginkan. Bisa kita atur kecepatan berkedipnya, tingkat kecerahannya, jumlah warna yang diinginkan dalam sekali putaran berkedip, dan lain-lain.

Saya mencoba memasang Bardi Led Strip ini di kamar tidur anak. Dan, sudah pasti dia senang sekali dengan adanya lampu pintar ini. Lampu ini dapat digunakan untuk belajar, saat tidur, atau untuk bermain-main. Hehe.


Keunggulan BARDI Smart Home

Yap, demikianlah pengalaman kami menggunakan beberapa produk BARDI. Dari pengalaman tersebut dapat kami simpulkan bawa keunggulan dari produk-produk BARDI adalah sebagai berikut:

Smart dan simpel banget

Produk-produk BARDI smart banget, bisa melakukan banyak hal yang kita mau hanya dengan mengusap-usap layar smartphone. Selain itu simpel banget, enggak perlu banyak kabel dan pemasangan yang rumit.


Pemasangan gampang

Saya yang emak-emak saja bisa memasang sendiri produk-produk BARDI. Enggak perlu takut dengan kabel-kabel beserta listriknya. Ikuti saja petunjuk di buku panduan, maka semua beres enggak pakai rumit.


Mudah dikontrol

Setelah perangkat terpasang, semuanya mudah kita kontrol hanya dari genggaman tangan. Asal wifi atau hotspot lancar, maka semua perangkat juga bisa bekerja dengan maksimal.


nyenyaknya tidur dengan lampu bardi smart light
Nyenyaknya tidur dengan BARDI Smart Light 🤗


Nah, itulah produk-produk BARDI yang telah ada di rumah kami dan telah kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Masih ada banyak produk lain dari BARDI. Silakan teman-teman kunjungi websitenya untuk mengetahui bermacam produk BARDI. Di sana juga ada BARDI Virtual Showroom, yaitu ruang untuk berkenalan dengan beragam produk BARDI, mulai dari BARDI LED Bulb 9W RGBWW, BARDI IR Remote, BARDI Door Lock dan masih banyak lainnya.

Di ruang ini kita bisa bertanya banyak hal terkait fitur yang ada pada produk BARDI, spesifikasi lengkap produk, atau mau bertanya-tanya apapun sebelum membeli produk BARDI. Kita juga berkesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan tim BARDI secara one on one session.

Kemudin, jika ingin membeli produk-produk BARDI kita dapat membelinya secara online di JD.ID, Tokopedia, Blibli, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan dinomarket.com. Produk-produk BARDI dijamin dengan garansi 1 tahun, dapat diklaim di kota-kota besar di Indonesia.


Harga Produk BARDI (yang kami miliki):

Smart Indoor Static IP Camera: IDR 330.000
Smart Light Bulb 9W - RGBWW: IDR 115.000
Smart LED Strip 2M RGBWW: IDR 125.000
Smart Adaptor for LED Strip: IDR 130.000


Alamat:

PT. Bardi Solusi Otomasi
Jl. Tanjung Duren Timur 6 No.2A
Tj. Duren Selatan, Grogol Petamburan
Kota Jakarta Barat 11470
Tech Support : 0817 66666 82
Claim Warranty : 08111 7979 11
Project Spec : 0817 66666 52 

Website: https://bardi.co.id/
Instagram: https://www.instagram.com/bardismarthome/
Facebook Page: https://business.facebook.com/bardismarthome/
YouTube: https://www.youtube.com/c/bardismarthome


Demikianlah temans pengalaman kami mencoba produk-produk BARDI. Alhamdulillah, dengan mencoba menggunakan produk-produk dari BARDI, kami memantaskan diri untuk memiliki rumah yang aman dan nyaman. Semoga kami sekeluarga dapat segera mewujudkan rumah impian kami, ya. Mohon doanya 😊🙏  



26 comments

  1. Mbaaa, aku juga terpukauu banget dgn segala kecanggihan yg dipersembahkan BARDI ini.
    Keren khanmaeennn!
    Dan aku berasa lagi ada di penthouse mevvah milik Han Ji Pyeong (drakor START UP) wkwkwk
    Karena dese kan punya perangkat Artificial Intelegence yg cihuyyy
    BARDI juga AI yg tsakepp buangettt!

    ReplyDelete
  2. Semua peralatan ini emang sudah terkoneksi dengan smart sistem ya kang. jadi beneran smart living banget kalau dipasang dirumah. aku masih kengen punya mesin pembersih rumahnya hehehe

    ReplyDelete
  3. Naksir banget ini sama Bardi Smart Light Bulb, kok aku pas awal pandemi ini kepikirannya pakai lampu tumbler padahal bisa sepraktis ini karena warna bisa ganti sesuai keinginan yah. Aku mau masukin ini ke wishlist aku sih ah, biar kamar makin yahud haha. IP Cameranya juga oke untuk dimiliki, mendukung menuju smart home bgt ini mah yak produk-produk Bardi

    ReplyDelete
  4. Impian banget punya rumah yang sudah terkoneksi smart system seperti ini. Apa apa bisa dikendalikan lewat smartphone. kalau bepergian terasa lebih aman tanpa was was

    ReplyDelete
  5. Aku tau merk bardi pas lagi nyari2 cctv wKtu itu. Reviewnya di youtube bagus bagus. Tp ga jd krn ga jadi beli cctv. Next mungkin produk lainnya kupertimbangkan

    ReplyDelete
  6. Wah beneran canggih nih peralatannya. Semuanya bisa diatur melalui smartphone. Bingung mau pilih yang mana. Semuanya produknya menarik, jadi ingin memiliki semuanya.

    ReplyDelete
  7. Pasti menyenangkan sekali punya teknologi Bardi ini di rumah, semua bisa dikontrol lewat teknologi. apalagi harganya juga bersahabat banget.

    ReplyDelete
  8. Teknologi terbaru, keren banget. Pengen juga nanti kalau sudah punya rumah sendiri untuk pasang sistem smart-home kayak gini. Bakal berguna banget untuk mengontrol rumah nantinya.

    ReplyDelete
  9. Saya juga pakai bardi... Asyik ya bikin rumah jadi lebih keren dan canggih... Setelah nyoba beberapa jadi pengen nambah lagi...

    ReplyDelete
  10. Samma nih. Aku juga baru setting-setting perangkat nih. Gampang ya ternyata. Dan mantul banget. Semuanya bisa lewat ponsel

    ReplyDelete
  11. Bardi oh Bardi....

    Produk-produk nya itu loh, lagi hype banget. Dan bener, smart produk untuk rumah aman dan nyaman. Mantab pokoknya Bardi ini 😍

    ReplyDelete
  12. Ini kalau ada bayi atau anaknya baru nyoba bobok sendiri, bisa banget pakai Bardi. Senangnya bisa punya smart home. Orangnya kudu smart juga

    ReplyDelete
  13. semuanya bikin mupeng euyyy... tapi kalo disuruh pilih aku pengen ip cameranya hehe.. bentuknya unik, harganya jgua lumayan ga mahal tu ya

    ReplyDelete
  14. Aku suka lampunya itu mbak, bener2 bikin rumah jadi kelihatan kyk smart home hehe. Bisa diatur mulai pencahayaan sampai warnanya. Harganya juga cukup terjangkau ya

    ReplyDelete
  15. Waah cocok banget nih mbak. Aku juga menerapkan smart home di rumah. Ada total 4 cctv di dalam dan luar rumah dan satu indoor camera di dapur. Tapi aku belum punya yang merk BARDI nih

    ReplyDelete
  16. Keren banget si bardi ya mbak, aku pun sepertinya perlu deh sewaktu waktu buat kebutuhan jaga anak2

    ReplyDelete
  17. Pengen cobain lampunya, cctv-nya bardi juga, eh remote controlnya juga hahaha kok pengen cobain semuanya, biar smart rumahnya hehe

    ReplyDelete
  18. Bardi ini emang cangih teknologinya dan help full untuk kehidupan kita, selain itu juga pemasangannya mudah. Mantabs deh Bardi, senang dan bangaa memakai produk-produknya.

    ReplyDelete
  19. Kebayang happynya penduduk rumah yaa...ada Bardi Smart Light Bulb.
    HIhii...aku juga ikutan happy loo...kalau punya Smart Home.
    Cakepnyaa...

    ReplyDelete
  20. Saya pikir harga Static IP Cameranya mahal, ternyata cukup terjangkau ya. Hanya 300 ribuan. Jadi kepengen pasang IP Cam juga nih di rumah.

    ReplyDelete
  21. ih lucu juga nih Bardi LED stripnyaaa, buat mempercantik kamar bisa banget niiihhh.. keren banget nih emang bardi, kujuga mau beliiii

    ReplyDelete
  22. Baru di artikel Mbak Diah saya tahu perbedaan CCTV dan IP camera. Teryata lebih rekomended pakai IP camera ya, Mbak. Selain kualitas gambarnya bagus IP camera juga dilindungi oleh enkripsi sehingga lebih aman dari penyadapan pihak lain, ya ...

    ReplyDelete
  23. Seru banget ya Mbak Diah, ini di rumah sekarang kalau ninggalin ci Ello, kucingnya anak-anak jadi nggak ribut di jalan coz bisa dipantau pakai IP Camera Bardi

    ReplyDelete
  24. waahh enak banget nih alatnya..
    seru banget ini, jadi tetep bisa mantau keadaan rumah walau ditinggal tinggal.

    ReplyDelete
  25. Saya kayaknya kalau rumah, masih jauh dari mimpi.
    Tapi ada keinginan untuk memiliki rumah sendiri seh, semoga bisa terwujud
    Wah review-nya keren banget
    Saya sampai geregetan pengen membelinya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Wah Bardi Smart Home bikin homey ya.. walau WFH, bikin nyaman dan ga bosen :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.