Scarlett Acne Essence Toner Lengkapi Kebutuhan Perawatan untuk Wajah Berjerawat


Sebagai pengguna produk-produk skincare Scarlett sejak beberapa bulan yang lalu, akhirnya saya merasa lega setelah brand ini mengeluarkan produk barunya berupa essence toner. Dulu saya merasa kurang lengkap karena setelah menggunakan facial wash langsung lanjut memakai serum. Padahal penting banget, kan, mengaplikasikan toner dulu ke wajah sebelum menggunakan serum?


review scarlett acne essence toner


Mengikuti dua kategori yang telah ada sebelumnya, essence toner dari Scarlett juga ada dua macam, yaitu Brightly Essence Toner dan Acne Essence Toner. Brightly untuk kulit wajah normal dan berfungsi untuk mencerahkan, sedangkan Acne untuk kulit wajah berminyak atau rentan berjerawat yang tentunya berfungsi untuk mengatasi masalah wajah tersebut.

Saya, karena tipe kulit wajahnya berminyak dan sering muncul jerawat, jadi memilih Acne Essence Toner sebagai pelengkap rangkaian face care dari Scarlett yang telah saya punyai sebelumnya. Ya, sebelumnya saya sudah punya rangkaian face care dari Scarlett yaitu facial wash, acne serum, glowtening serumacne cream day, dan acne cream night.

Baca juga: Dengan Scarlett Body Care Series, Perawatan Tubuh di Rumah Saja Jadi Spesial. 


Manfaat Toner dalam Perawatan Kulit Wajah

Oke, sebelum saya menuliskan tentang apa dan bagaimana Scarlett Acne Essence Toner, mungkin diantara teman-teman ada yang belum begitu paham mengapa toner sangat penting dalam rangkaian perawatan kulit wajah alias skincare? Tidak lain karena toner dikenal sebagai produk perawatan kulit yang fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah.

Jadi setelah kita mencuci muka dengan sabun muka atau facial wash, sebenarnya enggak cukup sampai di situ langkah dalam membersihkan muka. Karena biasanya masih ada (bahkan mungkin banyak) sisa kotoran yang masih menempel di wajah. Maka diperlukan toner untuk membantu membersihkannya. Pemakaian toner yang bertekstur encer ini biasanya dengan menggunakan kapas yang ditekan dan diusap lembut pada wajah.

Nah, manfaat toner untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah sebagai berikut:
  • Mengangkat sisa kotoran. Toner dapat membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan make up yang tidak terangkat saat menggunakan facial wash atau susu pembersih.
  • Melembapkan kulit. Fungsi toner untuk melembapkan kulit bisa didapatkan dari toner yang mengandung asam amino, mineral oil, atau hyaluronic acid.
  • Mencegah kulit kering. Toner juga dapat mencegah hilangnya air dan kelembapan pada permukaan kulit. 
  • Mengatasi jerawat. Toner dapat mengatasi jerawat jika penggunaannya bersamaan dengan produk untuk mengatasi jerawat.
  • Menghilangkan bekas jerawat. Toner yang mengandung asam glikolat dapat membantu memudarkan noda hitam ringan bekas jerawat. 
  • Menghilangkan minyak di kulit. Jenis toner yang tergolong astringent dapat mengurangi minyak atau sebum pada permukaan kulit wajah.
  • Menyeimbangkan pH kulit. Tingkat keasaman kulit (pH) dapat berubah akibat pengaruh produksi minyak, polusi, make up, atau produk kecantikan yang mengandung alkohol. Jenis toner tertentu dapat menyeimbangkan pH kulit, sesuai pH alami kulit.

Pada jenis kulit berminyak seperti saya, toner sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan sebum pada wajah. FYI, sebum merupakan minyak alami kulit, yaitu zat berminyak berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit. Zat ini memiliki beragam fungsi penting untuk menjaga kulit tetap sehat, seperti menjaga kelembapan kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri di kulit.

Namun kulit yang terlalu banyak mengandung sebum akan mudah berkomedo dan berjerawat. Sebaliknya jika kekurangan sebum dapat menyebabkan kulit kering, gatal, kemerahan, dan bahkan bersisik atau mengelupas. Nah, penggunaan toner sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan minyak di kulit wajah kita.


scarlett acne essence toner


Scarlett Acne Essence Toner untuk Melengkapi Perawatan Wajah Berjerawat

Pada review soal rangkaian face care Scarlett sebelumnya saya sudah sedikit menyinggung kalau Scarlett waktu itu belum punya produk toner. Sehingga saya yang punya kulit wajah berminyak ini hanya menggunakan facial wash - acne serum - glowtening serum - face cream (day and night) untuk perawatan wajah sehari-hari.

Dengan hadirnya essence toner ini saya jadi happy, karena merasa punya paket yang lebih lengkap untuk merawat wajah 😊. Ya, Acne Essence Toner adalah toner khusus untuk wajah dengan tipe kulit berminyak, rentan berjerawat, dan sensitif. Jadi buat kita yang punya masalah kulit berjerawat, produk ini bisa dicoba. Nah, seperti apa Acne Essence Toner dari Scarlett ini? Yuk, simak ulasan saya mengenai produk ini.


Packaging

Essence toner ini packaging luarnya berupa box berbentuk balok. Warna kardusnya dominan warna putih dan pink keunguan (atau magenta, ya?). Ya pokoknya seperti di foto di bawah ini, deh 😁, dan ada sedikit gambar bunga sebagai pemanis. Di kardusnya ini juga ada keterangan lengkap mengenai ingredients, netto, produsen, cara pakai, nomor BPOM, hingga barcode dan QR-code

packaging acne essence toner


Kemudian botolnya berbentuk silinder dengan bahan plastik bening, dengan tutup berbentuk pump berwarna putih. Dengan tutup botol model pompa seperti ini, saya rasa produk lebih aman karena isinya tidak mudah tumpah. Kalau mau dibawa ke mana-mana juga enggak bikin was-was jadinya.. Oh ya, netto atau berat bersih dari essence toner ini adalah 100 ml. Tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, sih, menurut saya.

tutup acne essence toner


Warna, Tekstur, dan Aroma

Seperti toner pada umumnya, warna Acne Essence Toner dari Scarlett ini juga tidak berwarna alias bening. Teksturnya encer, seperti air biasa namun sedikit lebih pekat. Untuk aromanya ada sedikit aroma wangi yang lembut dan tentu saja tidak menyengat. Saya suka aroma yang seperti ini 😊.

Oh ya, ada yang unik dari essence toner ini. Jadi di dalam cairan itu ada beberapa bubble kecil berwarna pink keunguan. Namun ketika diaplikasikan ke kulit, bubble-bubble itu langsung luruh bareng cairannya. 

bubble acne essence toner


Ingredients

Ingredients atau bahan-bahan yang tertera di kardusnya adalah sebagai berikut:

Aqua, Polysorbate 20, Camellia Sinensis Leaf Water, Gluconolac-tone, Aminomethyl Propanol, Melaleuca Alternifolia Leaf Water, Sodium Chloride, Propanediol Succinic acid, Ginkgo Biloba Leaf Extract, 1.2-Hexanediol, Artemisia Capillaris Leaf Water, Glycerin, Dmdm Hydantoin, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Pentylene Glycol, Opuntia Coccinellifera Fruit Extract, Oryza Sativa (Rice) Extract, Methyi Diisopropyl Propionamide, Butylene Glycol, Disodium EDTA, Gellan Gum, Caprylhydroxamic Acid, Hydrolyzed Wheat Protein, Ascorbyl Glucoside Phenoxyethanol, Chondrus Crispus Powder, Zinc Chloride, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, Cinnamomum zeylanicum Bark Extract, Thymus Vulgaris Extract, 2-Aminobutanol, Agar, PVM/MA Copolymer, Lecithin, Salix Alba Bark Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Trometh amine, Hamamelis Virginiana Leaf Extract, Malva Sylvestris Flower/Leaf/Stem Extract, Echinacea Purpurea Extract, Setaria Italica Seed Extract, Benzyl Alcohol, Ethylhexylglycerin, Bakuchiol, Magnolia Grandiflora Leaf Extract, Dehydroacetic Acid, Tocopherol, Squalane, CI 77891, CI 77007. CI 73360.


Kandungan Serta Manfaat

Sedangkan kandungan utama serta manfaat dari Scarlett Acne Essence Toner adalah sebagai berikut:

  • Zinc Sebum berfungsi untuk meminimalkan kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat.
  • Green Tea Water dan Tea Tree Water dengan sifat antimikrobanya dapat membantu menenangkan dan merawat kulit berjerawat.
  • Phyto Squalene sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan.
  • Mugwort Hydrosol bermanfaat untuk melindungi, menutrisi, dan menghidrasi kulit.
  • Natural Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.
  • Ginkgo Extract membantu meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit.
  • Succinic Acid untuk mengontrol dan menyeimbangkan produksi sebum.
  • Gluconolactone dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit dengan lembut, membuat kulit jadi lebih halus dan membantu meratakan warna kulit.


Cara Pakai

Cara pemakaian Acne Essence Toner ini hampir sama seperti pemakaian toner lain. Seperti yang sudah saya singgung di atas, essence toner ini dipakai setelah kita mencuci muka dengan facial wash, ya.

Kemudian langkah penggunaan essence toner-nya sebagai berikut:

  1. Sebelum mengaplikasikan essence toner ke wajah, pastikan tangan dalam kondisi bersih, ya.
  2. Aplikasikan (semprotkan) essence toner secukupnya pada kapas bersih, kemudian usapkan perlahan ke seluruh wajah untuk mengangkat sisa kotoran setelah menggunakan facial wash.
  3. Setelah wajah bersih, aplikasikan kembali essence toner di telapak tangan, kemudian usapkan pada wajah dan tepuk-tepuk perlahan agar essence toner tersebut meresap.

Nah, setelah kita memakai essence toner, bisa lanjut menggunakan serum, lalu face cream (day cream saat pagi hari atau night cream saat malam hari). Kalau saya karena wajahnya berminyak, jadi urutan pemakaian rangkaian face care dari Scarlett adalah sebagai berikut:

  1. Scarlett Whitening Facial Wash 
  2. Scarlett Acne Essence Toner 
  3. Scarlett Acne Serum 
  4. Scarlett Glowtening Serum 
  5. Scarlett Acne Cream Day atau Acne Cream Night

Untuk teman-teman yang punya tipe wajah normal, bisa menggunakan rangkaian face care Scarlett yang brightly, ya 😊

Baca juga: Pengalaman Menggunakan Scarlett Glowtening Serum.


scarlett acne face care
Rangkaian acne face care dari Scarlett yang saya pakai.


Keterangan Lain

Scarlett Acne Essence Toner ini sudah registered by BPOM, ya, dengan nomor BPOM RI NA 18210104716. Dan FYI, produk ini not tested on animals, registered non-mercury, juga registered non-Hydroquinone. Jadi insyaa Allah aman untuk kulit wajah kita. 

Produk ini juga diklaim aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Namun sesuai anjuran dari Scarlett juga, sebaiknya tetap dikonsultasikan dulu pada dokter sebelum pemakaian. Karena ibu hamil dan menyusui kadang ada yang kulitnya sangat sensitif, ya. Atau kondisi janin/bayi yang perlu perawatan ekstra. Jadi memang harus ekstra hati-hati dalam penggunaan skincare


Pengalaman Menggunakan Scarlett Acne Essence Toner

Merawat tubuh termasuk merawat wajah itu merupakan bagian dari self love ya setahu saya. Jadi memang penting bagi kita untuk merawat tubuh yang merupakan titipan dari Allah Sang Maha Pencipta. Mencintai diri sendiri dengan merawat kesehatan lahir dan batin, termasuk berusaha membersihkan wajah dari noda-noda jerawat. Hehe. Dan alhamdulillah sekarang saya sudah punya rangkaian lengkap produk face care dari Scarlett.

Saya mulai menggunakan Acne Essence Toner sejak kira-kira sebulan yang lalu. Tapi sayangnya saya lagi kumat malesnya. Jadi enggak rutin memakainya, alias sering bolongnya entah saat pagi atau malamnya. Nah, baru mulai semingguan ini saya berusaha rutin memakainya baik di pagi dan malam hari. 

Terus gimana hasilnya?

Jadi toner ini tuh terasa dingin tapi ada rasa agak panas ketika diaplikasikan ke wajah, temans. Entah ya, kandungan apa yang membuat terasa agak panas itu. Kemudian penyerapan ke kulit tidak begitu cepat. Mungkin butuh 2-3 menit, baru meresap sempurna ke kulit.

Setelah memakai essence toner ini rutin selama semingguan bersama rangkaian face care Scarlett, rasanya kulit lebih kesat, sih. Minyak di wajah agak berkurang. Kemudian beberapa jerawat mengempes dan mengelupas. Tapi, lagi-lagi noda-noda hitam bekas jerawat belum bisa hilang, sama seperti sebelumnya saat memakai acne serum dan acne cream. Tapi ini secara keseluruhan cukup sesuai sih dengan klaimnya. Memang enggak ada disebutkan bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat, sih. Hehe.


Nah, demikianlah ulasan dan pengalaman saya menggunakan Scarlett Acne Essence Tonner, temans. Buat teman-teman yang ingin mencoba produk ini juga, harganya sama seperti semua produk Scarlett, ya. Yaitu Rp.75.000,00 (tujuh puluh lima ribu rupiah) per produk dan bisa di order melalui:
  • Line (@scarlett_whitening),
  • Shopee: Scarlett_Whitening dan
  • Shopee Mall: Scarlett Whitening Official Shop, juga
  • WhatsApp (0877-0035-3000).

Oke, semoga artikel ini bermanfaat, ya 😊


Referensi:

https://www.alodokter.com/fungsi-dan-cara-menggunakan-toner-wajah.html



23 comments

  1. wah, scarlett sekarng punya toner ya mba, cocok nih untuk melengkapi skincare ku. nunggu sale 2.2 dulu ah, siapa tahu ada promo menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan...saya juga jd tertarik dg scarlett ini. apalagi rangkaian lengkap banget dah dg banyak varian aroma yg bs dipilih. mana harga jg terjangkau

      Delete
  2. Lhoo, lhooo, ketinggalan info aku mbaaa
    Ternyata Scarlett punya toner juga yaaa?
    Wah, sip markosip ini mah
    mau banget buat purchase demi kulit wajah yg glowing paripurna!

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu ada Scarlett acne essence, pas banget lagi ad jerawat di wajah, semoga cocok dengan kulit nih

    ReplyDelete
  4. Produk scarlet memang juara selalu menghadirkan produk produk baru yang berkualitas dan disuka custumersnya.

    ReplyDelete
  5. Duh saya masih banyak yang kelewat nih urusan merawat kulit wajah. Biasanya cuci muka aja pakai facial foam terus pakai day cream. Belum kenal serum dan juga toner.

    ReplyDelete
  6. Aku juga pakai essence toner dari Scarlett. Tapi yang brightly. Suka sensasi sejuknya di kulit, kadang pas pengaplikasian gitu aku tungguin lamaan sebelum pakai serum dan krim. Selain sejuk, kulit juga terasa lebih lembut.

    ReplyDelete
  7. Lengkap ya mba Scarlett ini. Rangkaiannya bikin kulit sehat. Aku belum pernah nyoba untuk wajah, cuma yg body care aja nih pernahnya. Essence udah mulai pakai jg nih aku mbaa.. booster kulit lebih sehat lagi ya diaa fungsinya. Nunggu meresap dulu sambil puk2 wajah hihi me time banget

    ReplyDelete
  8. Warna produk Scarlett selalu lucu, ya. Makanya selalu tertarik untuk pakai produk ini. Kualitasnya juga bagus, nih. Banyak yang cocok.

    ReplyDelete
  9. Produk scarlett kini merambah ke skincare, ya. Sekarang ngeluarin tonernya yang bisa nyehatin kulit wajah. Fix, scarlett ini memang idaman banget. 😍

    ReplyDelete
  10. Menggunakan produk toner ini menurutku emang membantu banget buat kulit aku yang memang cenderung kering. Dan apalagi toner bermanfaat banget untuk menyeimbangkan ph kulit wajah. JAdi mau coba juga

    ReplyDelete
  11. Wah makin lengkap ya jenis skincarenya Scarlett. Jadi pengen beli essence tonernya juga. Di desaku udah booming banget nih mbak scarlet, banyak juga yang jadi reseller

    ReplyDelete
  12. Aku suka sama produknya Scarlett tuh beda sama yang lain..Ini tonernay ada kayak boba nya hehe dan yang penting ke kulit terasa efeknya memang bagus ya..Harganya pun terjangkau..

    ReplyDelete
  13. saya juga pake produk ini mba, rajinnya buat pagi hari, kalo buat malam suka lupa, mungkin karena udah capek yah seharian kerja, jadi malam kadang suka lupa, hehehe

    ReplyDelete
  14. Jadi essence toner Scarlett ini ada 2 jenis ternyata. Kirain sama lho buat semua kulit. Untuk acne beda lagi. Emang baiknya menggunakan perawatan sesuai jenis kulit biar hasil maksimal

    ReplyDelete
  15. Aku masih maju mundur cantik nih mbak untuk pakai serangkaian proses face care dari Scarlett, takut nggak cocok karena kulitku tipe kulit sensitif. Kalau serangkaian bodycarenya aku pakai siy

    ReplyDelete
  16. waaah ini baru yaaa. tonernya wangi ga mak? biasanya scarlett macem2 produk aku ingat wangi pastinya. in itoner penting buat yang skincarean tanpa bahan yang serem2 karena scarlet aman

    ReplyDelete
  17. Tosss Mbak Diah! Aku juga pakai essence Scarlett tapi yang brightly. Rasanya adem Seger gitu di wajah. Bikin semangat merutinkan pakai skincare supaya glowing dan kulit wajah Sehat

    ReplyDelete
  18. wah boleh juga nih toner nya, aku kemarin cobain scarlett acne serum dan facial wash nya, belum cobain toner nya xD thank you ya

    ReplyDelete
  19. aku belum pernah coba nih mba yang rangkaian perawatan acne. I don't really have problems with it tapi anakku mulai jerawatan

    ReplyDelete
  20. Langkah yang gak boleh dilewat sama sekali ini..
    Penggunaan toner setelah membersihkan wajah. Rasanya seger yaa..menggunakan toner Scarlett.
    Wajah jadi relax, bersih dan cerah.

    ReplyDelete
  21. Face care Scarlett nya lengkap banget, aku pakai yang toner essence ini yang brightly. Ini di wajah bikin seger gitu menurut aku. Aku suka bgt, cukup satu produk tp bisa buat toner dan essence.

    ReplyDelete
  22. dulu aku nyari toner susah gampang, karena banyak juga yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Scarlett ini banyak juga ya produk skincarenya mbak, belum dicobain semuanya juga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.