Cara Menjaga Kesehatan Mata Bersama Eyevi


Masa pandemi dan kesehatan mata, dua hal yang sangat berhubungan erat. Bagaimana tidak, di masa pandemi Covid-19 saat ini kita "terpaksa" harus lebih sering berinteraksi melalui gawai agar tetap terhubung dengan dunia luar. Dan, tentu saja mata merupakan bagian tubuh yang vital untuk menggunakan gawai.

   

cara-menjaga-kesehatan-mata


Masalah Kesehatan Mata di Masa Pandemi

Di masa normal saja (sebelum pandemi), masalah terkait dengan kesehatan mata selalu ada. Ada yang disebabkan oleh kebiasaan membaca yang salah, ada yang karena terlalu sering melihat televisi dari jarak dekat, terlalu sering berhadapan dengan layar komputer dan gawai yang lain, hingga karena pertambahan usia.

Lalu di masa pandemi, hampir semua orang lebih banyak melakukan aktivitas dari dalam rumah. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, kita lebih sering menggunakan gawai. Entah untuk urusan pekerjaan, belajar, mencari informasi, hingga untuk urusan hiburan seperti shopping dan lain-lain kita lakukan dari dalam rumah. Gawai dan jaringan internet sangat berperan besar dalam hal ini. Dan mata, merupakan indera penglihatan yang juga berperan paling besar di depan layar gawai.

Saya sendiri juga tiada hari tanpa berhadapan dengan layar gawai, baik layar pada smartphone maupun layar komputer/laptop. Sebagai bloger dan pekerja digital, mau enggak mau saya harus selalu terhubung dengan internet dalam gawai. Begitu juga dengan anak-anak saya yang selama pandemi lebih banyak melakukan pembelajaran dari rumah alias belajar online. Mereka juga punya aktivitas dan intensitas yang tinggi di depan layar gawai.

Sudah tentu, interaksi di depan layar gawai tersebut punya dampak pada kesehatan mata. Saya kadang merasakan kelelahan pada mata. Rasanya mata jadi berat jika sudah terlalu lama di depan smartphone atau laptop/komputer. Kemudian yang paling parah, rasanya penglihatan menjadi kabur dan kepala menjadi pusing. Kalau sudah begitu, otomatis saya istirahat dulu, lepas dari gawai barang satu-dua jam.

Anak-anak saya yang belajar daring selama pandemi pun kadang merasakan hal yang sama. Kadang malah terlihat jelas mata mereka tampak lebih merah. Kadang mereka keasyikan juga belajar di depan layar gawai, dan bilang belum capai. Tapi mata mereka enggak bisa bohong. Terlihat sekali jika mereka mengalami kelelahan mata.

Baca juga: Dilema PTM, Momen Saat Pandemi yang Tak Terlupakan.


Kelelahan mata seperti yang kami alami di atas belakangan saya ketahui punya istilah tersendiri yaitu Astenopia. Astenopia merupakan gangguan fungsi penglihatan dengan penyebab dan gejala-gejala yang sangat majemuk yang melibatkan faktor fisik, yaitu ketika kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk fokus pada sesuatu tanpa istirahat. Seperti ketika kita membaca, menggunakan komputer, dan lain-lain dalam waktu yang terlalu lama tanpa jeda.

Gejala astenopia diantaranya adalah mata lelah/kemeng/berat (mengantuk), pusing, sakit kepala, mata merah, dan penglihatan menjadi kabur/dobel. Jika gejala astenopia sudah muncul, kita perlu relaksasi mata, atau perlu suplemen air mata, atau bisa juga perlu keadaan ergonomis dalam aktivitas mata kita.

Misalnya dengan menjaga jarak mata kita ke komputer, yaitu setidaknya 50 cm, dan 10-20 cm di bawah mata. Cahaya pada layar gawai juga perlu kita atur agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup. Kemudian perlu kita atur juga filter anti radiasi yang lebih baik.


Cara Menjaga Kesehatan Mata

Saya yakin bukan hanya saya dan keluarga saya yang pernah mengalami kelelahan mata. Di masa pandemi ini sepertinya sudah lumrah jika kelelahan mata kadang melanda kita semua. Nah, selain sedikit tips menjaga mata saat di depan layar gawai di atas, cara menjaga kesehatan mata antara lain dapat saya sebutkan seperti berikut ini:
  • Melakukan pemeriksaan mata secara rutin (setiap 1 tahun sekali). Pemeriksaan mata secara berkala dapat berguna untuk mencegah terjadinya gangguan mata atau kerusakan pada mata.
  • Saat musim panas, sebaiknya kita memakai pelindung mata (kacamata) saat beraktivitas di luar rumah  Gunakan kaca mata penangkal sinar matahari.
  • Atur pencahayaan yang baik dan tepat saat membaca atau bekerja di depan layar komputer/laptop atau smartphone.

belajar-daring
Belajar daring, berlama-lama di depan layar laptop.

  • Jangan lupa kedipkan mata secara normal yaitu minimal 12x per menit (kadang lupa karena terlalu fokus di depan komputer atau saat membaca), dan istirahatkan mata jika sudah terasa lelah saat beraktivitas.
  • Jika kita menggunakan lensa kontak, pakailah yang berkualitas baik, kemudian rawat dengan baik, dan dengan jadwal yang tepat.
  • Rawat kesehatan tubuh. Seperti dengan melakukan olahraga secara rutin agar terhindar dari penyakit degenaratif seperti diabetes melitus dan tekanan darah tinggi.
  • Tidak merokok. Seseorang yang merokok memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami katarak dan gangguan mata lainnya.
  • Jaga agar tangan senantiasa bersih dengan rajin mencuci tangan. 
  • Jangan sembarangan menggunakan obat jika mata sedang terkena gangguan/sakit.
  • Mengkonsumsi makanan sehat. Makanan yang mengandung antioksidan bagus bagi kesehatan mata karena dapat membantu menurunkan risiko terjadinya katarak.
  • Mengonsumsi nutrisi yang baik untuk mata, misalnya EYEVI.
  • Segera berkonsultasi dengan dokter jika terjadi perubahan atau gangguan pada penglihatan.

Oh ya, mengenai makanan untuk kesehatan mata, adalah makanan yang antara lain mengandung Vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, astaxanthin, juga antioksidan untuk melawan radikal bebas dari sinar UV.


Eyevi Bantu Jaga Kesehatan Mata dan Mencerdaskan Otak

Di atas saya sebutkan mengenai nutrisi yang baik untuk mata misalnya adalah EYEVI. Mungkin teman-teman belum familiar dengan nama itu, ya? Apa itu Eyevi?


eyevi-nutrisi-kesehatan-mata


Eyevi merupakan nutrisi khusus untuk menjaga kesehatan mata produksi dari PT. KCI (Komunitas Cerdas Indonesia). Produk ini terbuat dari perpaduan Lutein dan Zeaxanthin dengan memiliki keistimewaan menjaga kesehatan makula dan retina pada mata. Dikombinasikan dengan Billberry dan Red Beet yang dikenal dengan sebutan "Superfood" sebagai nutrisi untuk kesehatan mata. 

Eyevi sebagai nutrisi khusus kesehatan mata diklaim sangat membantu mencegah kerusakan mata dan mencegah timbulnya penyakit mata, seperti degenerasi makula, katarak, retinopati diabetik, dan uveitis (radang mata).

Eyevi tahu bahwa saat mata sudah mulai lelah, pandangan mata akan menjadi buram, dan sulit untuk fokus kembali. Maka untuk membantu meringankan 'beban' pada mata seperti itu, serta membantu menjaga kesehatannya kita perlu mengonsumsi nutrisi khusus untuk mata, salah satunya dengan Eyevi.


komposisi-eyevi

Bahan-bahan Eyevi yaitu Vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, astaxanthin, akan melindungi makula dan lensa pada mata. Antioksidan di dalamnya akan dapat melawan radikal bebas dari sinar UV (untraviolet).

Mengenai kualitas produk, insyaa Allah Eyevi sudah melalui berbagai proses dan uji coba hingga kualitasnya terjamin. Produk ini sudah berlabel Halal MUI dan izin BPOM dengan nomor BPOM RI MD 867009504575.

Oh ya, Eyevi ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak, ya. 


Manfaat Eyevi untuk Kecerdasan Otak

Bagaimana Eyevi juga dapat bermanfaat untuk kecerdasan otak? Hal ini karena Eyevi mengandung Lutein dan Zeaxanthin.

Kedua bahan ini akan menutrisi otak agar menjadi cerdas. Keduanya merupakan karotenoid atau pigmen tanaman dengan sifat antioksidan yang kuat. Dalam beberapa penelitian lutein dan zeaxanthin terbukti dapat mendukung memori, meningkatkan kecepatan pemrosesan dan efisiensi otak, terutama ketika dikonsumsi bersaman.


Kemasan dan Isi Eyevi

Eyevi ini berbentuk serbuk rasa anggur yang dikemas dalam sachet per 15 gram. Dalam satu kardus terdapat 10 sachet Eyevi yang berwarna biru.


eyevi-kemasan-sachet
Kemasan sachet Eyevi.

eyevi-kemasan-dan-isi
Serbuk Eyevi rasa anggur, dan bagian belakang kardus.

Mengenai isi, Eyevi ini berbentuk serbuk berwarna ungu dengan rasa anggur (sesuai warnanya 😊). Rasanya manis dan segar. Enggak heran anak-anak saya suka semua sama rasa Eyevi ini. Hehe.

Harga Eyevi

Untuk satu kardus Eyevi (yang berisi 10 sachet @15 gram) harganya adalah Rp.455.000,-


Cara mengonsumsi

Eyevi dapat dikonsumsi setiap hari 1 sachet. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sachet Eyevi ke dalam 150 ml air kemudian aduk rata dan siap untuk dinikmati.


Dapat dibeli di mana?

Eyevi dapat dibeli secara online di website Viplus atau bisa juga order melalui saya di:

Email: d3kusumastuti@gmail.com

WA: 081235404586.


minum-eyevi

Mata adalah jendela dunia. Ia harta yang sangat berharga yang dititipkan Allah yang Maha Pencipta pada tubuh kita. Maka kita harus menjaganya sebaik mungkin, dengan cara menjaga kesehatannya seperti yang telah saya tuliskan di atas. Semoga artikel mengenai cara menjaga kesehatan mata dari saya ini bermanfaat, ya. Salam sehat 😊



19 comments

  1. Keseringan berhadapan dengan gawai bikin mata lelah dan capek, apalagi sekarang serba daring. Nah solusinya bisa konsumsi eyevi, salah satu nutrisi yg menjaga kesehatan mata berbentuk serbuk rasa anggur. Anak2 pasti suka ini sih.

    ReplyDelete
  2. Penting banget nih, di masa serba online kayak sekarang, anak-anak jadi liat gadget mulu, dari yang awalnya cuman pelajaran yang dipelototin, sampai hal lainnya.
    Memang mata juga jadi lebih lelah, jangankan anak-anak ya, saya aja sampai migren saking lelah mata di depan layar.
    Pas banget nih kalau cobain Eyevi :)

    ReplyDelete
  3. aku pun udah cobain eyevi, mbaa..
    enak rasanya asyem-asyem segar. aku paling seneng minum dalam kondisi dingin, tambahin es batu, diminum siang2. duh, seger banget! :D

    ReplyDelete
  4. Wah iya nih..aku sering rasa pegal di mata setelah beberapa jam mantengin layar lappy.. Sepertinya akj butuh eyevi nih.. Trmksh sharingnya mba..

    ReplyDelete
  5. Anak saya sepertinya perlu minum Eyevi ini mba, karena selama pandemi memang sebagian besar waktunya ada di depan komputer. Mata jadi lelah, harus ada tambahan nutrisi yg pas untuk mata dan juga otak.
    Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  6. Harganya lumayan ya ini, tapi kesehatan itu memang mahal sih apalagi urusan mata. Aku juga suka khawatir nih sama kesehatan mataku yg sering diajak begadang

    ReplyDelete
  7. Aku malah baru tau kak, kalo merokok itu bisa menyebabkan katarak dan penyakit mata lainnya. Trs kalo perokok pasif, pengaruh juga nggak ya?

    ReplyDelete
  8. Permasalahan mata bisa jadi semakin banyak di masa pandemi akibat durasi screen time yang tinggi. Tipsnya bisa banget dipraktekin. Supaya mata terus sehat.

    ReplyDelete
  9. Kelamaan liat layar laptop beneran bikin capek mata mba. Makasih sudah berbagi tipsnya mba. Aku harus konsumsi vitamin juga nih

    ReplyDelete
  10. Iya nih mbak di masa pandemi kita gak bisa menghindari dari gawai, soalnya aktivitasnya kebanyakan dari sini baik yg bekerja maupun sekolah. Harus ada istirahatnya juga mata ya, untuk tambah suplemen bisa pakai Eyevi yg kasih nutrisi untuk mata

    ReplyDelete
  11. Bagus ya selain untuk mata juga jadi bisa menambah kecerdasan anak nih. Sering dilupakan tuh periksa mata setahun sekali...huhu..

    ReplyDelete
  12. Wah bentuknya serbuk minuman ya, wah aku mau coba ah kasih ke anakku yang sudah suka main gadget berjam-jam nih, rasanya juga enak kayanya anakku pasti suka

    ReplyDelete
  13. Iya nih anak2 zaman now sering terpapar gadget ya buat sekolah atau pas main gtu makanya butuh jg nih pemeriksaan rutin pd mata dan minum vitamin utk kesehatan mata.
    Wah kyknya mau beliin juga buat anakku ah. Usia SD udah bisa konsumsi ya mbak? Ternyata gak cuma bagus buat mata tapi juga untuk otak ya.

    ReplyDelete
  14. Wah eyevi bisa jadi solusi banget nih buat saya yang hampir setiap hari ada di depan laptop dan Smartphone. Baru tahu lho saya mba soal produk Eyevi ini. Cusss mau langsung cari produknya

    ReplyDelete
  15. Bagus banget yaa..ada Eyevi.
    Ada minimal usia buat konsumsi Eyevi gak nih, kak DK?
    Anakku yang kedua baru 8 tahun. Pingin banget kasih vitamin untuk mata. Kerasa aku minus gini, gak enak banget kalo kehilangan kacamata.

    ReplyDelete
  16. Menjaga kesehatan mata di zaman sekarang jadi keharusan ya, karena banyak aktivitas yang dihabiskan di depan layar laptop maupun smartphone. Eyevi bisa jadi solusi nih. Tapi bisa untuk anak-anak juga tidak ya?

    ReplyDelete
  17. Harganya mantap juga ya mba, tapi worth to buy jika mengingat manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata. Terutama bagi kita yang hampir setiap hari mantengin laptop dan smartphone gini.

    ReplyDelete
  18. ah penting nih menjaga kesehatan mata, apalagi saat ini kita sering sekali bermain smartphone atau menonton tv cable kan ^^ aku baru dengar sih tentang eyevi ini, terimakasih infonya ya..

    ReplyDelete
  19. memang di masa pandemi seperti saat ini kesehatan mata seringkali berisiko karwna anak anak banyak belajar daring jadi butuh perlindungan dan jutrisi lebih dari eyevit

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.