Resep Makanan Sehat dengan Morinaga Chil*Go! : Puding Labu Kuning dan Bomboloni Kentang


Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, bahwa serat pangan inulin sangat penting bagi kesehatan manusia. Serat ini bermanfaat pada saluran pencernaan, termasuk pada saluran cerna anak-anak. Serat ini akan membantu kerja saluran pencernaan dalam menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh manusia.

resep-makanan-sehat-chilgo

Serat pangan inulin biasanya banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Beberapa jenis buah dan sayur memiliki kandungan serat yang tinggi, seperti wortel, brokoli, ubi jalar, buah naga, buah pepaya, mangga, pisang, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini saya ingin berbagi resep camilan sehat untuk anak-anak yang mengandung serat. Selain menggunakan bahan makanan yang mengandung serat, saya juga mengurangi takaran gula dari referensi resep-resep yang saya baca maupun dari kebiasaan memasak yang pernah saya lakukan sebelumnya. Karena sekarang saya mulai menerapkan ilmu yang didapat dari berbagai seminar, buku, dan lainnya tentang batasan konsumsi gula dan garam khususnya pada anak-anak.

Saya menggunakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! varian rasa Original yang dibuat dengan kandungan gula yang lebih rendah. Dalam salah satu resep yang saya bagi ini, susu Morinaga Chil*Go! menggantikan posisi kental manis yang biasanya maniissss banget, ya. Hehe.

morinaga-chilgo-rasa-original


Sekilas Mengenai Susu Morinaga Chil*Go!

Morinaga Chil*Go! adalah susu cair anak produk inovasi dari KALBE Nutritionals (Indonesia) dan Morinaga (Jepang) dalam bentuk susu cair siap minum untuk anak usia 1-12 tahun. Susu anak ini saat ini mempunyai 5 (lima) varian rasa, yaitu rasa Cokelat, Vanilla, Stroberi, Melon, dan yang baru diluncurkan pada Januari 2021 kemarin adalah varian rasa Original.

Morinaga Chil*Go! varian rasa Original hadir melengkapi varian-varian rasa yang sebelumnya hadir. Nah, apa saja sih keunggulan produk baru yang kemasannya dominan dengan warna putih ini? Berikut keunggulan-keunggulannya:

keunggulan-morinaga-chilgo-rasa-original

  • Mengandung Serat Pangan Inulin. Serat pangan inulin dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus sehingga pertahanan tubuh menjadi lebih kuat terhadap infeksi bakteri dan virus. Serat pangan inulin yang terkandung dalam Morinaga Chil*Go berasal dari tumbuhan Chicory yang berfungsi sebagai sumber serat alami, dan makanan bakteri baik di usus sehingga saluran cerna terjaga dan daya tahan fisik lebih kuat. Dengan mengonsumsi susu ini diharapkan si kecil tidak akan gampang sakit.
  • Mengandung 9 Vitamin (yaitu Vitamin A, D, E, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12) dan 5 Mineral (Kalium, Kalsium, Zat Besi, Megnesium, Iodium), yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga termasuk si kecil.
  • Menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan. Botol Chil*Go! sudah menggunakan kemasan yang 100% recycleable yaitu bahan plastik HDPE (High Density Polyethylene) sehingga ramah lingkungan. Setelah kemasan dicuci bersih, dapat dijadikan bahan prakarya (craft) bagi anak-anak (menjadi vas bunga, tempat pensil, dan berbagai mainan anak). Selain itu Morinaga Chil*Go! telah bermitra dengan pabrik daur ulang plastik untuk mengolah botol bekas menjadi barang lain yang berdaya guna.
  • Melalui uji kualitas di laboratorium PT. Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang. Uji kualitas antara lain dilakukan pada tahun 2019, yaitu Morinaga Chil*Go! berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jawa TImur dan Nusa Tenggara Timur (NTT) serta Pemerintah Daerah NTT melakukan riset secara independen terhadap dampak suplementasi nutrisi terhadap anak pra-sekolah usia 3-6 tahun selama 6 bulan di Kupang. Hasilnya, anak yang mengonsumsi Morinaga Chil*Go! 2 kali sehari disertai stimulasi memiliki daya tahan fisik yang lebih baik.
  • LEBIH RENDAH GULA. Nah, ini keunggulan varian rasa original dibanding varian yang lain. Kandungan gulanya lebih rendah, sehingga dapat mendukung gaya hidup yang lebih sehat pada anak-anak. Maka hadirnya varian ini diharapkan dapat menghindarkan anak-anak dari risiko obesitas, sakit gigi, dan lain-lain. 
  • Dapat dikreasikan menjadi menu makanan tambahan untuk anak setiap hari, dengan diolah bersama bahan-bahan makanan yang lain sehingga menu harian anak menjadi lebih bervariasi dan anak tidak bosan.
  • Harganya terjangkau, yaitu sekitar Rp.5.000,00 (lima ribu rupiah) per botol (130 ml).


Varian rasa original ini karena rasanya plain atau hampir tanpa rasa, jadi lebih bisa dikreasikan menjadi berbagai menu makanan tambahan untuk anak. Kita bisa membuat kreasi makanan dari buah-buahan atau sayur-sayuran tanpa menghilangkan rasa asli dari buah dan sayur yang dibuat. 

Oke, berikut ini dua resep camilan sehat yang saya buat beberapa hari yang lalu :) 


Resep Puding Labu Kuning dengan Chil*Go!

Labu kuning termasuk jenis buah yang mengandung serat yang tinggi. Ada beberapa manfaat dari buah ini untuk kesehatan manusia. Seperti untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, memelihara kesehatan jantung, hingga melancarkan pencernaan. Dengan sering mengonsumsi buah ini, maka masalah pencernaan seperti sembelit insyaa Allah jarang menghampiri.

Labu kuning dapat dimakan langsung (dikukus) ataupun dimasak menjadi berbagai macam menu. Belakangan ini saya suka mengolahnya menjadi Puding Labu Kuning. Karena ternyata kami sekeluarga suka sekali dengan camilan yang satu ini :)

Puding labu kuning ini saya padukan dengan jelly warna cokelat, karena untuk menambah variasi rasa dan juga warnanya. Agar lebih menarik, daripada warnanya kuning semua. Hehe.
Nah, berikut ini bahan-bahan dan cara membuat Puding Labu Kuning:

Bahan-bahan:

  • Buah labu kuning 300 gram
  • Nutrijell plain (tanpa rasa) 1 sachet
  • Nutrijell rasa cokelat 1 sachet
  • Agar-agar plain (tanpa rasa/bening) 1 sachet
  • Chil*Go! rasa Original 2 botol
  • Santan kental 1 sachet
  • Gula pasir 180 gram (100 gram untuk adonan pertama, 80 gram untuk adonan kedua)
  • Air putih 1300 ml (600 ml untuk adonan pertama, 700 ml untuk adonan kedua)
  • Garam atau vanili setengah sendok teh

bahan-puding-labu-kuning-chilgo
Bahan-bahan Puding Labu Kuning dengan Chil*Go!

Cara Membuat:

Adonan Pertama:

  1. Kukus labu kuning hingga empuk, lalu haluskan (Boleh diblender atau pakai sendok. Saya pakai sendok saja). Sisihkan.
  2. Campurkan Nutrijell plain, Agar-agar, 100 gram gula pasir, santan, Morinaga Chil*Go! dan 600 ml air ke dalam panci. Aduk-aduk hingga tercampur semua bahan.
  3. Masukkan buah labu yang sudah halus ke dalam panci. Tambahkan garam atau vanili. Aduk kembali hingga rata.
  4. Masak di atas api sedang. Aduk terus agar semua bahan tercampur rata, santan tidak pecah dan tidak ada gumpalan-gumpalan.
  5. Setelah mendidih, matikan api.
  6. Tuang ke dalam cetakan puding.
  7. Setelah agak dingin, masukkan ke lemari es agar lebih cepat membeku.

Adonan Kedua:

  1. Campurkan Nutrijell cokelat, 80 gram gula pasir, dan 700 ml air ke dalam panci.
  2. Masak di atas api sedang.
  3. Aduk-aduk terus hingga mendidih.
  4. Tuang ke atas adonan pertama.
  5. Setelah agak dingin, masukkan lagi ke dalam lemari es. Tunggu hingga membeku dan dingin.
Puding Labu Kuning dengan tambahan susu Morinaga Chil*Go! siap dinikmati 😋

puding-labu-kuning
Puding Labu Kuning dengan tambahan Chil*Go!

puding-labu-kuning-chilgo

Biasanya saya menggunakan kental manis untuk adonan pertama, namun kali ini saya menggantinya dengan susu Morinaga Chil*Go! rasa Original untuk mengurangi penggunaan gula pada camilan anak-anak.



Resep Bomboloni Kentang dengan Chil*Go!

Kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Enggak heran jika manfaat kentang bagi kesehatan manusia juga banyak. Seperti misalnya menyehatkan pencernaan. Karena kandungan serat dan pati yang terdapat pada kentang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus, sehingga saluran cerna jadi lebih sehat dan terhindar dari sembelit.

Ada berbagai macam olahan yang berbahan kentang. Mulai dari masakan hingga camilan. Nah, kali ini saya ingin berbagi resep Bomboloni Kentang. Bomboloni adalah jenis donat ala Italia yang memiliki filling atau isian di dalamnya. Jadi enggak bolong di tengah, ya. Hehe. Bomboloni biasanya disajikan dengan taburan gula halus di seluruh sisinya.

Nah, berikut ini bahan-bahan dan cara memasak Bomboloni Kentang dengan tambahan Morinaga Chil*Go!

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu protein tinggi 150 gram
  • Tepung terigu biasa 100 gram
  • Kentang kukus 300 gram (kupas kulitnya dan haluskan)
  • Gula pasir 40 gram
  • Telur 1 butir
  • Susu bubuk 1 sendok makan
  • Mentega 40 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Ragi 1 sendok teh
  • Morinaga Chil*Go! rasa Original 1/2 botol (hangatkan)
  • Selai sesuai selera (saya menggunakan selai stroberi dan selai cokelat)
  • Gula halus

bahan-bomboloni-kentang-chilgo

Cara Membuat:

  • Ambil 1 sendok teh gula, campurkan dengan ragi dan Morinaga Chil*Go! (ini namanya air biang). Diamkan kurang lebih 10 menit atau sampai timbul gelembung-gelembung.
  • Campur tepung, kentang, sisa gula pasir, susu bubuk, dan telur. Aduk rata.
  • Masukkan air biang sedikit demi sedikit sampai rata. Uleni sampai setengah kalis.
  • Masukkan mentega dan garam. Uleni sampai kalis.
  • Diamkan dengan cara ditutup lap kain selama satu jam.
  • Kempiskan adonan. Bagi-bagi sesuai selera untuk dibentuk bulat agak pipih.
  • Diamkan kembali 15 menit.
  • Goreng di atas api kecil.
  • Setelah agak dingin, tusuk salah satu sisinya dengan sumpit.
  • Isi dengan selai. Lakukan satu per satu hingga selesai.
  • Bomboloni siap disajikan dengan taburan gula halus.

bomboloni-kentang
Bomboloni Kentang dengan tambahan Chil*Go!
.

Demikianlah dua resep makanan sehat yang bisa saya bagikan kali ini. Kreasi sederhana tersebut memang sebelumnya telah disukai anak-anak. Hanya saja kali ini saya menggunakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! varian rasa Original yang mengandung serat pangan inulin dan RENDAH GULA untuk dukung daya tahan tubuh anak.

Oh ya, karena saat ini adalah bulan Ramadan, kedua resep camilan anak di atas bisa banget lho untuk dijadikan menu takjil buat anak-anak juga untuk sekeluarga. Insyaa Allah anak-anak suka, karena rasa manisnya tetap ada meski dikurangi porsinya. Hehe.



Nah, temans, jika ingin membuat camilan untuk anak-anaknya juga, bisa menggunakan susu Morinaga Chil*Go! juga, lho. Karena selain bisa diminum langsung sebagai nutrisi tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh anak terutama di masa pandemi, susu ini juga dapat dikreasikan menjadi menu makanan yang menarik untuk anak.

Teman-teman tentunya punya resep makanan sehat andalan juga, ya, di rumah? Namun jika bingung mau memasak apa, boleh banget nyontek resep yang saya tulis di atas. Hehehe. Atau, bisa juga meluncur ke website Morinaga. Di sana ada banyak resep sehat yang dibagikan. Meluncur ke sini, ya:
  • Website: https://morinagaplatinum.com/id
  • IG: @morinagaplatinum

Oke, selamat memasak dan Salam Sehat! :)




26 comments

  1. wah aku baru tahu klo susu cair morinaga ini bisa buat campuran resep masakan, pasti bombolininya makin enak dan sehat ya mbak

    ReplyDelete
  2. Ahaaa, aku tertarik sama Pudung Labu Kuningnyaa, duh enak banget ini buat takjil berbuka puasa, nyesss ke peruut.
    Beneran cemilan yang menyehatkan ini tuu, mauuuu kiriim, Maak!!

    ReplyDelete
  3. Senangnya, susu cair anak Morinaga Chil*Go! varian rasa Original ini enggak hanya mengandung serat pangan inulin dan RENDAH GULA untuk dukung daya tahan tubuh anak tapi juga bisa dibikin variasi menu favorit keluarga. Pas bener belum ada ide takjil lagi, bisa nih besok bebikinan bombolini dan puding labu...enak ini!

    ReplyDelete
  4. puddingnya menggoda banget ini mbaa dan aku yakin pasti semua anggota keluarga senang yaa dengan cemilan yang satu iniii

    ReplyDelete
  5. Puding labu kuningnya bikin ngiler banget dijamin anak2 pasti doyan untuk takjil buka puasa, apa lagi pake campuran susu cair morinaga chilgo yang banyak manfaatnya nih

    ReplyDelete
  6. Oh, serat pangan inulin itu menambah jenis bakteri baik dalam tubuh ya. Baru tahu hehe..Kemasan praktis ya ini. Bisa diminum langsung dan bisa juga ditambahkan dalam makanan..

    ReplyDelete
  7. Kalau lihat resepnyam, tanpa Morinaga sudah enak nah .. dengan ChilGo pasti lezatnya nambah berkali lipat nih, apalagi bergizi.

    ReplyDelete
  8. aku pengen nyoba bikin puding labu kuningnya mbak.
    kayaknya cocok buat dijadikan takjil saat Ramadhan ini , apalagi tadi barusan beli susu cair anak morinaga, pas kan

    ReplyDelete
  9. Ternyata semudah itu bikin puding labu ya. Ditambah susu Chilgo tambah lezat rasanya. Saya tiba-tiba bayangkan bikin puding ketela ungu dengan resep ini. Unlimited jenis puding ya kalau udah tahu dasarnya

    ReplyDelete
  10. pas banget tadi pas ke pasar beli labu kuning, niatnya mau di kolak sama pisang. Eh nemu resep puding labu kuning di sini, bisa diadopsi nih resepnya

    ReplyDelete
  11. Masakan ini kayaknya enak banget dan pas banget dengan anak apalagi dilengkapi dengan gizi seperti ini jadi makin praktis buat cemilan anak

    ReplyDelete
  12. Selama ini kalau beli atau dikasih labu kuning, saya masih sebatas saya kukus atau dibuta kolak saja. Sipp ini, dengan bahan utama Labu Kuning bisa disulap jadi puding labu kuning yang kaya gizi dengan mixed susu Chilgo

    ReplyDelete
  13. Pas banget, kak.Aku lagi punya kentang banyaaak..
    Bisa ikutan bikin Bomboloni dari resepdi atas dan agar tambah nikmat diberi Morinaga Chil Go.

    ReplyDelete
  14. Aku juga pernah nih bikin masakan mpasi pakai Chil Go! emang bisa dibikin jadi masakan ya susunya, gurih :)

    ReplyDelete
  15. bomboloni kentang pakai morinaga chil*go kayanya enak banget ya, Mbak. Bisa dicoba nih karena anak-anak suka bomboloni.

    ReplyDelete
  16. Duu itu puding bikin ngiler, ijin save resepnya ya, penasaran ingin coba

    ReplyDelete
  17. Tergoda nih sama puding dan bomboloninya... Pasti enak dan bergizi karena pake bahan berkualitas termasuk ChilGo yang emang udah jelas banget rasanya enaakk.

    ReplyDelete
  18. Puding sama bonboloninya bikin ngiler. Mau dong dibikinin. Kalau buat anak aman,buat dewasa juga dong ya. Secara faktor usia jadi badan lebih alert kasih sinyal

    ReplyDelete
  19. Kukira buat bomboloni itu susah loh, ternyata ga sesusah itu yaa. Mau ah buat, supaya anak2 punya camilan besok siang:)

    ReplyDelete
  20. Labu kuning itu dibuat macem2 selalu enak ya mak. Aku itu dah nyobain macem2 dari labu, kebanyakan emng puding jadi warnanya alami. Olahan dasar susu emang enyak2 yaaaaa, gizinya cukup buat ank-anak

    ReplyDelete
  21. Nyaamm bombolini kentangnya kyke enak mbak, apalgi buat takjil buka puasa. Begitu pula pudingnyam enak dimakan dingin2 ya
    Pakai Chil Go camilannya jadi makin sehat buat anak2 ya mbak

    ReplyDelete
  22. Puddingnya ini lho Mba, keliatan enaaaaak banget ya. Mana enak, bikinan sendiri jadi pasti higienis, ditambah susu lagi. Mantap mba, bergizi!

    ReplyDelete
  23. waaaa bomboloninya mupengiinn, pengen cobain jadinya, makasih ya mak resepnya cocok buat dapurku jg nih.. simple, enak..

    ReplyDelete
  24. resep-resep yang dibagi termasuk kesukaan semua anakku mbak dan memang susu Chil*Go ini memang enak, gak terlalu manis rasanya. hrganya memang lumayan daripada susu lainnya.

    ReplyDelete
  25. aku dari kemaren mau bebikinan kok lupa lupa muluuuuu
    beklah, moga2 ntar sore beneran eksekusi dan bukan sekedar wacana belaka hahaha

    ReplyDelete
  26. Resepnya mudah dan praktis. Wajib dicoba bagi perempuan malas masak ribet kayak aku. Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.