Rawat Kulit Bayi dengan Tepat untuk Dukung Kebaikan Tumbuh Kembangnya


Setiap memiliki bayi, saya belajar lagi dan lagi. Ya, meski bayi saya yang sekarang adalah anak kelima, tapi saya tetap masih terus belajar. Karena setiap bayi tidaklah sama, bukan? Belajar bagaimana menanganinya saat menangis, bagaimana kebiasaan tidurnya, dan lain-lain termasuk juga bagaimana merawat kulitnya.


cara merawat kulit bayi


Memperhatikan bagaimana merawat kulit bayi adalah hal yang sangat penting. Karena kalau enggak tepat perawatannya, selain kulitnya jadi enggak bagus, bayi juga enggak akan nyaman dan efeknya sering rewel. Nah, kalau sering rewel, bisa-bisa tumbuh kembangnya jadi terpengaruh dalam arti terhambat.

Misalnya pada saatnya tummy time enggak jadi karena badan gatal-gatal, waktunya main-main untuk menstimulasi motorik dan sensoriknya gagal karena rewel, dan seterusnya.

Sebagai ibu tentunya akan merasa sedih jika anaknya mengalami hal-hal demikian, ya.

By the way, setiap bayi punya tipe kulit yang berbeda, ya. Kalau si nomor lima Fathur ini (saat ini usia 4 bulan), tampaknya kulitnya lebih sensitif dibanding kakak-kakaknya. Saya mengetahui hal ini saat memandikannya. Tiba-tiba dia nangis kenceng saat saya mengusapkan sabun mandi ke kulitnya yang kena ruam di bagian leher.

fathur 4 usia bulan
Hai.. namaku Fathur 😊


Mungkin bintil-bintil merah pada kulit itu rasanya sangat perih, ya, kalau terkena sabun mandi. Ya, bisa dibayangkan, sih, misalnya kulit kita luka kemudian terkena sabun yang kandungannya “keras” seperti sabun cuci, pasti rasanya perih sekali.

Apalagi kulit bayi masih sangat tipis. Jika ada ruam sedikit saja, terkena sabun mandi orang dewasa bisa jadi akan perih. Belum lagi kalau tipe kulit bayinya tipe yang sangat sensitif, harus ekstra hati-hati dalam penggunaan sabun mandi dan rangkaian pembersih bayi lainnya.

Baca juga: Bahasa Cinta Anak-anakku, Semua Tak Sama.


Merawat Kulit Bayi, Pilih Produk Perawatan yang Tepat, ya!

Karena kulit bayi masih sangat lembut dan tipis, itulah mengapa bayi harus menggunakan sabun mandi khusus bayi. Kulit bayi pada umumnya juga sensitif sehingga mudah mengalami iritasi atau masalah kulit lainnya, seperti terlihat kering, bersisik, dan mengelupas. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara merawat kulit bayi sensitif agar kesehatan kulitnya selalu terjaga.

Oh ya, bukan hanya sabun mandi saja yang harus menggunakan sabun mandi khusus bayi. Karena perawatan kulit bayi, kan, enggak hanya menggunakan sabun mandi, ya.

Mulai dari rambut, badan, hingga ujung kaki, ada beberapa produk khusus bayi yang sebaiknya digunakan. Seperti sampo, sabun mandi, losion, hingga diaper cream. Nah, saat ini Fathur menggunakan rangkaian produk perawatan kulit khusus bayi dari Cetaphil.

Teman-teman tentunya sudah tahu, ya, merek Cetaphil ini? Dulu, saya mengenal merek ini sebagai merek produk skincare untuk orang dewasa. Mulai dari pembersih wajah, pembersih tubuh, juga pelembab wajah dan tubuh hingga tabir surya. Produk-produk Cetaphil sudah terkenal untuk kulit sensitif.

Beberapa waktu kemudian saya tahu bahwa Cetaphil juga punya produk perawatan bayi, dong. Produk perawatannya lengkap mulai dari perawatan untuk rambut hingga ujung kaki bayi. Untuk saat ini, Fathur menggunakan rangkaian produk Cetaphil Baby sebagai berikut:

  • Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo,
  • Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream,
  • Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream.

cetaphil baby
Rangkaian produk Cetaphil Baby (dokpri).


Rangkaian produk perawatan bayi dari Cetaphil Baby ini konon dapat memberikan 5 perlindungan yang layak untuk kulit bayi, yaitu lembut, hipoalergenik, menenangkan, menjaga kelembapan, dan menjaga lapisan kulit.

Dua diantara tiga produk tersebut adalah Cetaphil Baby dengan kandungan organic calendula, yang terkenal banyak khasiatnya untuk kesehatan kulit. Manfaat calendula didapat dari beragam senyawa bioaktif yang dikandungnya. Tanaman berbunga kuning ini konon dapat membantu proses penyembuhan luka, mengurangi kerusakan kulit, dan lain-lain hingga dapat juga mengobati ruam popok.

Nah, bagaimana efek penggunaan Cetaphil Baby pada kulit Fathur? Apakah kulitnya cocok dengan produk-produk dari Cetaphil Baby ini? Simak, ya, tulisan ini sampai selesai 😊


Momen Mandi Menyenangkan Bersama Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Dulu, saat memandikan anak pertama pada waktu masih bayi saya suka deg-degan. Takut kalau nangis! Kalau sudah nangis, saya jadi panik dan segera menyudahi acara mandi. Hehehe. Tetapi untuk anak kedua, ketiga, keempat, hingga kelima ini, saya jadi lebih santai karena sudah terbiasa. Kalau mereka nangis, ya sudah ditahan saja paniknya, dan terus saja mandikan 😁

Namun seiring waktu saya juga ingin, dong, memandikan bayi tanpa banyak drama. Kalau nangis ya sebentar saja, deh. Hehe. Soalnya saat memandikan bayi tuh adalah momen di mana orang tua secara fisik dan emosional terlibat dengan si Kecil, kan.. Jadi penginnya bayi mandi dengan ceria, dan saya bisa membersihkan badannya sambil mengajaknya ngobrol serta mengelus-elus kulitnya 😍

Saya pun mencoba menggunakan Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo, yang merupakan sabun mandi plus sampo dalam satu botol. Jadi dengan produk ini saya bisa memandikan badan sekaligus membersihkan rambut Fathur.

cetaphil baby wash & shampoo
Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo.

FYI, Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini mengandung glycerin dan panthenol yang dapat membersihkan dan membantu menjaga kehalusan rambut dan kelembapan kulit lembut bayi. Kedua bahan ini juga sangat penting untuk membangun emollient sehingga lapisan pelindung kulit bisa lebih diperkuat. 

Kemudian formula dalam gentle wash and shampoo ini hipoalergenik, tanpa busa berlebih, dan no more tears! sehingga mata bayi enggak akan perih jika terkena cairannya.

Selain itu, keunggulan lain dari Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan sekaligus meninggalkan aroma yang segar.
  • Formula lembutnya teruji secara klinis cocok untuk kulit bayi yang sensitif sejak baru lahir.
  • Lembut membersihkan, menutrisi sekaligus membantu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala.
  • Didesain khusus untuk digunakan setiap hari dari kepala hingga ujung kaki.
  • Lembut dan tidak perih di mata.

tekstur cetaphil wash & shampoo
Tekstur Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo (Fathur terlihat ceria sekaliii 😘).

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini enggak berwarna alias bening seperti air murni, tetapi teksturnya agak kental dan licin seperti sabun cair pada umumnya. Aromanya hampir enggak ada, hanya sedikit wangi dan segar.

Cara penggunaan produk ini adalah dengan cukup menuangkannya ke tangan atau lap mandi, lalu usapkan dengan lembut pada rambut dan tubuh bayi hingga berbusa, kemudian bilas dan bersihkan dengan handuk kering.

Nah, saat pertama kali menggunakan Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini, rupanya Fathur nangis saat cairan sabun mengenai ruam di bagian lehernya. Tetapi saat mengenai matanya enggak nangis.

Namun pada penggunaan selanjutnya dia enggak nangis lagi karena ruamnya sudah hilang berkat rajin saya oles Cetaphil Baby Calendula Diaper Cream (ulasan produknya ada di bagian bawah tulisan ini).

Saya excited karena dia bisa ceria tanpa tangis saat saya mandikan. Momen memandikannya jadi lebih seru karena bisa lebih lama dan kami bisa ngobrol, bermain serta saling tertawa bersama 😍

Mengenai hasil pada kulit bayi, dalam penggunaan selama kurang lebih dua minggu, tampaknya kulit Fathur jadi lebih lembut dan sehat. 

Jadi kesimpulan saya, Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo bagus untuk membersihkan tubuh dan rambut bayi, membuat kulit bayi lebih lembut dan sehat.

Baca juga: Aqiqah Keluarga Indonesia yang Sesuai Syariat, Seperti Apa?

rangkaian produk cetaphil baby
Habis mandi mulai ngantuk 😄

Jaga Kelembapan Kulit Bayi dengan Cetaphil Baby Advanced Protection Cream with Organic Calendula

Kulit bayi tuh memang sangat lembut, ya. Namun ternyata kalau enggak dirawat secara tepat, bayi rentan mengalami berbagai masalah kulit, seperti kulit yang kering, bersisik dan jadi lebih sensitif.

Hal ini karena kulit bayi kehilangan kelembapannya lebih cepat dibandingkan dengan kulit dewasa, karena lapisan epidermis (lapisan atas) tidak menempel pada lapisan dermis (lapisan bawah). Kulit bayi juga lebih tipis, yang membuatnya lebih sensitif. Kulitnya yang tipis ini seringkali bereaksi dengan stresor lingkungan sekecil apapun.

Itulah sebabnya kenapa para ahli merekomendasikan untuk melembapkan kulit bayi setiap hari. Jika kulit bayi sangat kering, dianjurkan untuk melembapkannya dua kali sehari, terutama setelah mengganti popok.

Saya pun mencoba menggunakan Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream untuk Fathur. Klaim produk ini adalah krim multi fungsi yang melembapkan dan menenangkan sekaligus memberikan perlindungan ekstra untuk kulit bayi yang kering dan sensitif terutama pada bayi yang baru lahir. Krim dengan kandungan calendula organik ini akan menjaga kelembapan kulit bayi sepanjang waktu terutama di area lipatan kulit dan area yang sensitif.

cetaphil baby advanced protection cream
Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream.

Keunggulan produk ini adalah sebagai berikut:

  • Dengan calendula organik, shea butter, dan glycerin dapat membantu menenangkan kulit yang sangat kering.
  • Membantu mengurangi kekeringan pada kulit bayi.
  • Membantu memberikan perlindungan pada kulit bayi dengan menghidrasinya sepanjang hari (berdasarkan uji klinis dengan pemakaian dua kali sehari).
  • Membantu menutrisi kulit bayi hingga 8 jam (berdasarkan uji klinis dengan pemakaian dua kali sehari).
  • Memberikan 5 perlindungan kulit yang layak bagi kulit bayi: lembut, hipoalergenik, menenangkan, menjaga kelembapan, dan menjaga lapisan kulit.
  • Formulanya hipoalergenik.
  • Cocok untuk kulit bayi yang baru lahir.
  • Teruji secara dermatologi.

tekstur cetaphil baby advanced protection cream
Tekstur Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream.

Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream ini berwarna putih seperti putih susu, namun teksturnya kental yang tidak terlalu kental. Aromanya juga hampir enggak ada, hanya sedikit wangi dan segar.

Setelah mandi, saya oles-oleskan krim itu ke bagian tubuh Fathur seperti pada tangan dan kaki, pada lipatan-lipatan tubuh termasuk juga pada lehernya. Selama pemakaian kurang lebih dua minggu (bersamaan dengan pemakaian Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo), kulit Fathur tampaknya tidak mengalami kulit kering, dan kulitnya jadi lembut dan terlihat sehat.


Jangan Khawatir Soal Ruam, Ada Cetaphil Baby Diaper Cream with Organic Calendula!

Nah, seperti yang sudah saya singgung di atas, Fathur nangis saat pertama kali saya mandikan dengan Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo. Itu karena bagian tubuhnya (saat itu lehernya) ada ruam. Sehingga dia merasakan perih saat sabun mandi mengenai ruam tersebut.

Untungnya saya sedia Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream juga di rumah. Sehingga saya segera mengoleskan krim itu ke bagian lehernya.

cetaphil baby diaper cream
Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream.


Klaimnya, Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream ini dapat membantu melawan tanda-tanda ruam popok dalam semalam serta menenangkan rasa tidak nyaman akibat ruam popok sejak penggunaan pertama. Krim ini juga bekerja melembapkan dan melembutkan kulit untuk membantu menghindari munculnya ruam popok. Formulanya menciptakan lapisan pelindung pada kulit dan melindungi si kecil dari faktor penyebab ruam popok.

Keunggulan Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream adalah sebagai berikut:

  • Untuk semua jenis kulit bayi.
  • Dengan calendula organik, sunflower seed oil, glycerin dan almond oil untuk bantu menenangkan kulit bayi bahkan kulit yang sangat kering.
  • Membantu mengurangi kekeringan pada kulit bayi.
  • Membantu memberikan perlindungan pada kulit bayi dengan menghidrasinya sepanjang hari.
  • Formulanya hipoalergenik.
  • Cocok untuk kulit bayi yang baru lahir.
  • Teruji secara dermatologi.
  • 9 dari 10 Home Tester setuju Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream membantu mengurangi ruam/iritasi/kemerahan (hasil survei Home Tester Indonesia kepada 279 anggotanya, Agustus 2022).

tekstur cetaphil baby diaper cream
Tekstur Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream.


Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream ini warnanya putih lebih pekat daripada Cetaphil Baby Advanced Protection Cream. Teksturnya juga lebih kental. Aromanya sedikit wangi dan segar namun agak kuat seperti obat. 

Setelah saya mengoleskan Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream pada leher Fathur selama 1-2 hari, ruam di lehernya tersebut kemudian menghilang. Sehingga dia enggak merasa perih lagi saat dimandikan. Senangnya 😍

Nah, ternyata produk ini bukan hanya untuk membantu melawan ruam popok, ya, tetapi juga dapat mengatasi ruam di bagian tubuh yang lain. Saya juga mengoleskan krim ini pada bagian tubuh Fathur yang terkena popok dan agak kemerahan, untuk mencegah adanya ruam di bagian itu.


Cetaphil Baby Bantu Merawat Kulit Bayi dan Mendukung Tumbuh Kembangnya

Kulit si kecil berhak untuk mendapatkan yang terbaik. Cetaphil Baby yang memiliki rangkaian pembersih, sampo, dan losion yang dapat memberikan 5 perlindungan yang layak untuk kulit bayi, yaitu lembut, hipoalergenik, menenangkan, menjaga kelembapan, dan menjaga lapisan kulit, dapat saya rekomendasikan kepada teman-teman untuk perawatan kulit bayi.

Seperti pengalaman saya menggunakan tiga produk Cetaphil Baby yang saya tulis di atas, manfaat produk-produk tersebut sesuai dengan klaimnya. Sebenarnya untuk produk sabun mandi dan sampo ada yang menggunakan organic calendula juga, tapi saya belum mencobanya. Nama produknya Cetaphil Baby with Organic Calendula Wash & Shampoo.

Cetaphil Baby with Organic Calendula Wash & Shampoo dengan kandungan bahan yang lembut dan nyaman di kulit, seperti calendula, sabun mandi bayi ini pasti juga sama bagusnya dengan Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo atau mungkin lebih bagus lagi karena merupakan produk baru. Ah, kapan-kapan insyaa Allah saya juga akan mencobanya untuk Fathur 😊

fathur dan cetaphil

Nah, demikianlah temans pengalaman saya menggunakan rangkaian produk perawatan kulit khusus bayi dari Cetaphil Baby. Ketiga produknya yaitu Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo, Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream, dan Cetaphil Baby with Organic Calendula Diaper Cream membantu merawat kulit bayi saya. Sehingga kebersihan dan kesehatan kulit si kecil mulai dari rambut hingga ujung kaki dapat terjaga.

Dengan rangkaian produk perawatan bayi dari Cetaphil Baby, kulit bayi bisa lebih bersih dan sehat, dan ia bisa ceria setiap hari. Sehingga proses tumbuh kembangnya pun dapat berjalan dengan lebih baik. Insyaa Allah.


*****


Referensi:

  • https://www.cetaphil.co.id/tips-skincare/haruskah-melembapkan-kulit-bayi-anda.html
  • https://www.alodokter.com/6-manfaat-calendula-untuk-kesehatan-kulit



13 comments

  1. Ya setuju banget kalau Cetaphil ini membantu orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Apalagi bayi yang jelas kulitnya sangat sensitif terhadap produk-produk, udah pasti nyaman ya kalau pakai Cetaphil

    ReplyDelete
  2. Pada dasarnya kulit bayio lebih sensitif sih yaa daripada kulit orang dewasa jadi memang pemilihan sabun mandi dan samponya khusus. Apalagi pada bayi yang kulitnya lebih sensitif dibandingkan bayi2 pada umumnya. Daan, Cetaphil pilihan yang tepat ya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Momen paling menyenangkan yaa.. mandiin bayi.
    Pas baru jadi new mom sih kaya yang kagok, tapi lama-lama belajar dan jadi bahagia. Wangi bayi itu bener-bener menenangkan!
    Dan ditambah lagi perawatannya menggunakan Rangkaian produk perawatan bayi dari Cetaphil Baby. Ini beneran ampuh atasi masalah kulit bayi yang super sensitif.

    ReplyDelete
  4. Hai Fathur, seger banget ya kalau udah mandi. Apalagi pakai sabun bayi Cetaphils yang aman dan tidak pedih di mata, setelahnya masih pakai pelembabnya yang cocok juga untuk segala kulit sensitif. Duh auto kepengen beli juga nih buat Devina, secara Cetaphil dewasanya aja jadi idola apalagi Cetaphil baby nya yang pasti sudah terbukti kualitasnya ya

    ReplyDelete
  5. Wah, senangnya kalau sudah menemukan produk yang cocok untuk bayi
    Kulit bayi memang sensitif, jadi harus pilih produk yang tepat ya mbak
    Seperti cetaphils ini

    ReplyDelete
  6. Kita sebagai Ibu seringnya merasa ikut sedih dan panik kalau anak2 punya kulit sensitif ya, mak. Apalagi kalau sampai bruntusan karena ruam popok. Hiks. Produk Cetaphil lengkap nih. Fathur itu mandinya jadi semangat bangett, yaa. Hahaha

    ReplyDelete
  7. Salah satu favorit aku juga nih kak,.
    Cetaphil Baby selain formulanya aman buat baby bisa dipake juga buat kita dn aku cocok

    ReplyDelete
  8. Saya pernah pakai merk ini, memang Cetaphil ternama sebagai merek produk skincare untuk orang dewasa ya..Kini ada yang untuk merawat kulit bayi sensitif juga, wah senangnya

    ReplyDelete
  9. Chetapil sih emang cakep banget buat kulit bayi. Slaah satu merk premium yang wajib dimiliki orang tua yang punya newborn.

    ReplyDelete
  10. Sayang dulu zaman anakku kecil nggak ngerti cetaphil. Padahal anakku juga suka alergi kulit dan juga ruam popok, kalau nangis kejer banget. Asyik deh ada cetaphil jadinya gampang ngatasi masalah kulit bayi

    ReplyDelete
  11. Anakku alergi udara, pakai produk Cetapil ini cocok banget. Kalau merawat kulit bayi yang sensitif memang kudu hati-hati cari produk yang tepat ya mba.

    ReplyDelete
  12. Buat yg dewasa tipe sensitif saja Cetaphil bagus banget Mba, apalagi versi baby nya pasti lebih gentle lagi. Mungkin lebih bagus disertakan ingredient tiap produk Mba, jadi yg pengen baca review sebelum beli dan fokus ke ingre bisa terbantu

    ReplyDelete
  13. Masya Allah gantengnya adik Fathur, sehat selalu ya kulitnya, karena mamanya sudah pakaikan rangkaian perawatan kulit bayi dari Cetaphil. Dulu anakku juga sempat mengalami kulit kering, sepulang liburan gitu kok punggungnya banyak terkelupas. Huhu. Memang kondisi kulit bayi ada aja sensitifnya, ya, Mak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.