IndiHome Bantu Majukan Bisnis Zaman Now


"Gimana cara pemasaran produk dan jasa di bengkelmu?"

"Biasanya, awalnya mereka datang ke bengkel, lihat-lihat produk dan jasa yang aku punya dan tawarkan. Setelah itu lanjut deh lewat WA dan email."


IndiHome bantu majukan bisnis zaman now


Secuil percakapan itu saya dengar saat kami mudik Idulfitri beberapa waktu yang lalu. Percakapan antara suami dan sepupunya yang punya basic keahlian yang sama: perbengkelan. Rupanya sepupu suami ingin tahu lebih dalam tentang usaha bengkel bubut suami. Dan sepertinya, dia juga ingin membuka usaha seperti itu.


Cerita Usaha Bengkel Bubut Suami dari Awal

Suami memulai usahanya benar-benar dari nol, setelah dia memutuskan untuk resign dari bengkel tempatnya bekerja. Awalnya dia hanya mengerjakan pesanan kecil-kecilan dari tetangga, teman, dan saudara, dengan peralatan bengkel seadanya. Maklum, kami belum punya modal untuk membuka bengkel dengan peralatan lengkap.

Kurang lebih dua tahun setelah resign (tahun 2013), alhamdulillah kami mendapat pinjaman modal dari saudara. Dengan dukungan penuh dari kakak sepupu saya tersebut, suami membuka bengkel bubut.

Bengkel tersebut dilengkapi dengan mesin bubut dan peralatan bengkel lainnya, pasang daya listrik yang cukup besar (10000 watt), dan juga dipasang jaringan telepon dan internet.

Awal buka bengkel, kami belum punya pelanggan. Peralatan bengkel bubut masih banyak nganggurnya. Lalu dengan modal proposal sederhana yang kami buat sendiri, suami memasuki pabrik demi pabrik untuk menawarkan proposal kerja sama tersebut.

Pabrik-pabrik yang didatangi suami tidak serta merta menerima proposal kerja sama tersebut, karena bengkel suami belum punya portofolio atau pengalaman kerja sama yang berarti dengan pihak lain. Produk dan jasa yang kami tawarkan pun masih sedikit.

Namun benar ungkapan yang menyatakan bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Upaya yang sungguh-sungguh dan tak kenal kata menyerah dari suami akhirnya membuahkan hasil. Satu per satu pelanggan berdatangan, baik dari perseorangan hingga pabrik-pabrik yang pernah dihubungi suami. Alhamdulillah.

Oh ya, bagi yang belum tahu apa itu bengkel bubut, bengkel seperti usaha suami saya tersebut merupakan usaha dagang dan jasa. Bengkel kami merupakan bengkel mesin, sparepart dan supplier. Produk dan jasa yang dijual/ditawarkan di bengkel bubut antara lain sparepart (komponen) mesin. Berbagai macam pekerjaan yang dilakukan di bengkel ini antara lain bubut, frais, skrap, las, konstruksi mesin, dan lain-lain.

Baca juga: Bersama BARDI Smart Home, Ciptakan Rumah yang Aman dan Nyaman.

mesin bubut di bengkel bubut
Bengkel bubut milik suami saya (dokpri).


Makin Berkembang dengan Dukungan Internet

Seperti yang sudah saya tulis di atas, kami juga memasang jaringan telepon dan internet di bengkel kami. Nah, mengenai internet, awalnya kami tak merencanakannya. Saat itu sebenarnya kami hanya butuh sambungan telepon kantor dan faximile (fax) untuk komunikasi dan korespondensi dengan (calon) klien. Namun ternyata, kebijakan dari Telkom Indonesia adalah untuk pemasangan telepon sudah sepaket dengan pemasangan internet.

Mengapa kami tak berencana memasang jaringan internet sejak awal? Karena saat itu belum banyak orang yang menggunakan internet rumah. Di sekitar rumah kami juga belum ada yang memasangnya. Sehingga rumah kami lah yang paling awal memasang jatingan internet.  

Begitulah, akhirnya di rumah kami pun terpasang wifi (wireless fidelity) dari Telkom Indonesia, yang saat itu (tahun 2013) namanya masih Speedy (lalu mulai awal tahun 2015 berubah menjadi IndiHome).

Di awal operasional bengkel, kami masih menggunakan mesin fax dan telepon untuk berkomunikasi dan berkorespondensi dengan pelanggan. Internet lebih banyak saya gunakan untuk aktivitas blogging (menulis di blog ini). Suami hanya memanfaatkan internet ala kadarnya, seperti untuk chat WhatsApp (WA) dan browsing informasi di internet.

Namun seiring berjalannya waktu, pemanfaatan teknologi internet ternyata makin meluas. Pabrik-pabrik yang merupakan klien suami lebih memilih berkorespondensi melalui email dan WA daripada melalui fax. Mulai dari share gambar rencana produk, penawaran harga, pemesanan barang, hingga pengiriman invoice, semuanya dilakukan melalui WA dan email. Fax mulai ditinggalkan. Telepon kantor hanya kadang-kadang digunakan.

Tentu saja, penggunaan email dan WA lebih praktis daripada fax. Administrasi bengkel juga jadi lebih cepat dan ringkas. 

Di sinilah peran penting atau manfaat internet sangat nyata bagi usaha bengkel suami. Wifi IndiHome sebagai internet cepat sangat bermanfaat. Karena biasanya, klien maunya juga serba cepat. Mulai dari rencana produk, penawaran harga, pengerjaan produk, pengiriman produk, hingga penyerahan invoice semuanya harus cepat. Karena biasanya produk akan segera digunakan untuk operasional pabrik.

Jika mengandalkan paket data internet harian, misalnya, biasanya kecepatan akses internetnya lambat. Berbeda jika menggunakan wifi cepat IndiHome, kecepatan aksesnya sudah terbukti cepat dan lancar. 

Baca juga: Dengan Wifi Cepat, Belanja Online Jadi Bebas Hambatan.

sparepart mesin
Contoh produk mesin bubut (dokpri).

sparepart mesin grinding
Contoh gambar sparepart mesin grinding pesanan pelanggan (dokpri).


Foto-foto produk dan gambar rencana produk seperti di atas lebih cepat diunduh maupun dikirim via WA atau email jika menggunakan akses internet cepat. Dengan wifi cepat IndiHome, semua itu bisa dilakukan. Sehingga kerja sama dengan para klien berjalan lancar. Ya, dengan dukungan IndiHome, bengkel kami berkembang dan menjadi lebih maju. 


Manfaat Tak Terbatas IndiHome sebagai Internetnya Indonesia

Dari tadi saya menulis IndiHome, barangkali ada teman-teman yang belum mengenal lebih jauh tentang layanan internet yang satu itu? Oke, mari kita simak yang berikut ini 😊

IndiHome adalah layanan digital dari Telkom Group yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif. Layanan ini menawarkan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita. 

Jaringan IndiHome ini sudah tersebar di seluruh Indonesia dan sudah menggunakan fiber optik. Nama IndiHome mulai digunakan oleh Telkom sejak Januari 2015 setelah sebelumnya bernama Speedy (seperti yang sudah saya singgung di atas).

Keunggulan IndiHome

IndiHome punya banyak keunggulan dibandingkan layanan internet lainnya. Berikut ini beberapa keunggulan layanan internet dari IndiHome.

keunggulan IndiHome


1. Akses Internet Cepat dan Stabil

Layanan internet dari IndiHome ini cepat dan sangat stabil. Kita bisa melakukan banyak aktivitas online dengan cepat dan lancar, seperti mengunduh foto, file, atau video.

2. Unlimited

Kuota internet IndiHome ini unlimited, yaitu tanpa ada batasan kuota. Jadi ita enggak perlu takut kehabisan kuota meski beraktivitas online tanpa batas.

3. Tersedia Hingga Pelosok Negeri

Layanan internet dari IndiHome ini bisa diakses ke seluruh Indonesia, bahkan ke daerah pelosok. Saudara-saudara saya yang di pelosok desa pun sekarang sudah memasang wifi IndiHome lo di rumahnya 😊.

4. Tersedia Beragam Pilihan Paket

IndiHome menyediakan beragam pilihan paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada paket Single Play, Dual Play dan Triple Play. Selain itu juga ada pilihan paket gamer, study, music, dan entertainment. Selain itu banyak juga paket promo yang ditawarkan.

5. Tersedia Pilihan Layanan Add-on

IndiHome menyediakan layanan Add-on sesuai keinginan dan kebutuhan kita, seperti:
  • Wifi.id Seamless. Dengan layanan ini, jaringan internet IndiHome bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Wifi.id Seamless bisa membuat kita menikmati koneksi otomatis jaringan luas Wifi.id dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps.
  • Speed on Demand. Melalui layanan ini, kita bisa tambah kecepatan internet sesuai kebutuhan secara temporer sesuai keinginan kita.
  • Upgrade Speed. Layanan ini memungkinkan kita untuk menambah kecepatan internet secara permanen. Kita bisa menambah kecepatan mulai dari 20 Mbps sampai 100 Mbps.
  • Minipack IndiHome TV. Kita bisa menambah beragam channel-channel favorit sesuai dengan keinginan kita.

6. Mudahnya Bayar Tagihan

Pembayaran tagihan IndiHome sangat mudah dilakukan. Teman-teman bisa bayar ke kantor IndiHome, melalui ATM, melalui mobile banking, bayar ke Indomaret dan Alfamart, lewat e-commerce, atau melalui dompet digital (GoPay, LinkAja, dll). Atau bisa juga lewat aplikasi MyIndiHome. 

7. Adanya MyIndiHome

MyIndiHome adalah layanan yang disediakan oleh IndiHome untuk memberikan berbagai kemudahan kepada pelanggan IndiHome. Di MyIndiHome ini kita bisa bayar tagihan, melakukan aktivasi OTT Video Streaming, berlangganan fitur Add-on, lapor gangguan, cek tagihan, cek Poin myIndiHome, hingga info pemakaian.

wifi cepat IndiHome
Petugas IndiHome sedang memperbaiki jaringan internet di depan rumah kami (dokpri).


Cukup banyak, ya, keunggulan IndiHome. Internetnya Indonesia ini manfaatnya tak terbatas hingga ke pelosok negeri. Dan yang penting, setiap kali ada pengaduan akan dilayani dengan baik. Gangguan akan segera ditangani, meskipun cuaca sedang buruk. Seperti dulu pernah saat hujan deras, petugas IndiHome tetap datang ke rumah untuk menangani gangguan internet di rumah kami.


Internet Membantu Bisnis Zaman Now Makin Maju

Bengkel kami memang masih terbilang kecil. Namun lihatlah, ternyata internet juga menyentuh bisnis kecil ini dan membantunya menjadi berkembang dan lebih maju. Karena di zaman now, hampir semua hal membutuhkan akses internet, termasuk bisnis kecil-kecilan seperti bengkel bubut milik kami.

Bisa dikatakan bengkel bubut suami semakin maju, karena semakin banyak pihak yang mengenal bengkel kami, dan melakukan kerja sama dengan bengkel kami. Selain itu, sampai saat ini sudah berkali-kali bengkel kami menjadi tempat magang anak-anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Pemesinan. Sekolah-sekolah itu mempercayakan murid-muridnya untuk belajar mempraktikkan ilmu yang mereka dapatkan di sekolah ke bengkel kami. Alhamdulillah.


anak smk magang di bengkel bubut
Anak-anak SMK magang di bengkel bubut kami (dokpri).


Bisnis zaman now membutuhkan akses internet yang cepat, agar pekerjaan berjalan cepat dan lancar. Termasuk bisnis dalam bidang perbengkelan. Dengan bantuan wifi cepat IndiHome dari Telkom Indonesia, bisnis-bisnis zaman now bisa semakin maju. Bagaimana dengan bisnis teman-teman? Sudah merasakan manfaat dari internetnya Indonesia ini? Share, yuk, di kolom komentar 😊

(Btw, akhirnya sepupu suami belum jadi buka usaha bengkel juga. Karena katanya belum cukup modal 😌. Semoga ke depannya dimudahkan Allah SWT. Aamiin.)


*****

Sumber:

https://indihome.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/IndiHome


24 comments

  1. Wah keren menerima anak SMK magang juga ya mbak?
    Internet ini emang banyak manfaatnya ya mbak khususnya untuk mempermudah pekerjaan, apalagi utk wiraswasta, makin gampang misalnya kek ngiklanin, trus juga kalau mau berhubungan ma pelanggan jg jadi lebih gampang.
    Emang enakan pakai wifi kyk Indihome ketimbang paketan kuota malah lbh boros yaa

    ReplyDelete
  2. Dengan adanya internet benar-benar membantu kita di segal abidang ya termasuk bisnis. Senangnya membaca tentang usaha bubutnya mbak yang penuh perjuangan mulai dari mengajukan prpopsal hingga sekarang sudah dikenal ya. Dengan internet juga bisa berbagi cerita seperti ini jadi banyak prang yang tahu dan bisa dijadikan penyemangat buat yang sedang merintis usahanya

    ReplyDelete
  3. Mantap banget nih IndiHome, bisnis bisa terbantu dong ga. Jadi bisnis pun bisa jalan baik offline maupun online.

    ReplyDelete
  4. Semoga maju terus ya mba usahanya.. aku ikut senang dan tetangga aku jg persis ceritanya kayak gini. Lama2 berkembang dan punya karyawan ya. Masya Allah internet yg mendukung jg diperlukan biar semakin luas menjangkau customer

    ReplyDelete
  5. alhamdhulilah kita hidup di zaman udah ada internet ya mbak jadi semua aktivitas kita terasa mudah. Indihome juga andalan aku banget mbak. selama pandemi jadi bisa kerja dan ngajar di rumah dengan lancar

    ReplyDelete
  6. Bengkel yang dibutuhkan banyak usaha ya, kak Dian.
    Keren banget.
    Dan kini dunia digital semakin berkembang sehingga bisa semakin melebarkan sayap melalui digital marketing menggunakan jaringan internet lancar, Indihome.

    Sukses selalu, kak DK.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah, senang membaca perkembangan usaha suami Mbak Diah. Memang zaman now usaha sudah tidak bisa dipisahkan dengan internet ya, Mbak. Alhamdulillah bisa semakin berkembang karena klien bisa pesan dari tempat mereka.

    ReplyDelete
  8. Keberadaan internet memang memudahkan segala urusan ya. Termasuk dalam urusan bisnis. Untung ada IndiHome yang koneksinya lancar jaya..

    ReplyDelete
  9. Promosi via internet cara mudah dan murah, tambah pasang google map orng jd ga perlu pusing cari tempat usaha kita. IndiHome paling tahu kebutuhan jaman now

    ReplyDelete
  10. Masha Allah, selalu kagum sama orang yang berani keluar dari zona nyaman dan membangun usahanya sendiri. Pasti jatuh bangunnya luarbiasa, tapi Alhamdulillah semua terbayar dengan kepuasan ya mba

    ReplyDelete
  11. Iya sih mba zaman sekarang udah jarang ya pakai fax karena pakai internet via email dan WA saja udah bisa kirim foto ataupun dokumen penting

    ReplyDelete
  12. Alhamdulilah banget ya Mak, bisa usaha sendiri bengkelnya makin sukses. Ga lepas dari peranan internet juga nih, untuk mempromosikan bisnisnya .
    Bener2 juara deh IH apalagi dengan layanannya dan terpercaya menjadi andalan buat mereka yang hendak berbisnis go online

    ReplyDelete
  13. Internet memberikan banyak peluang untuk bisnis zaman now ya mbak
    Apalagi sekarang emang eranya digital marketing
    Kalau bagi saya, Internet memberikan kemudahan untuk menjadi creative worker

    ReplyDelete
  14. Jaman serba digital seperti sekarang ini kecakapan digital sangat diperlukan. Internet bukan hanya sebagai kebutuhan penunjang tapi sudah jadi kebutuhan utama ya... Semoga par pelaku usaha bisa terus bertahan dan melejitkan bisnis secara online

    ReplyDelete
  15. Internet sangat membantu sekali dalam bidang marketing scr online, internet saat ini sudah menjadi candu buat kita.

    Banyak orang yg menghasilkan cuan dari internet, gara2 internet penginapan atau resto tersembunyi tempatnya di kunjungi banyak orang.

    ReplyDelete
  16. Saya dan suami pun pekerjaannya ya gak bisa tanpa akses internet ini mbak. Sekarang tuh kayaknya semua terbantu dengan kemudahan hadirnya internet, entah bisnis skala kecil maupun yang besar. Semua terbantu dengan adanya internet.

    ReplyDelete
  17. Kalau internet lancar apapun aktivitasnya jadi lancar juga y mba... Apalg kayak indihome tanpa baffering ya mba..

    Semoga sukses terus ya mba

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah ya mbak, banyak banget manfaat internet untuk bisnis yaa, apalagi dengan layanan indihome yang tanpa batas ini membuat bisnis makin berkembang.

    ReplyDelete
  19. Asik, samaan kita pakai IndiHome Mbaa. Enak gak mikir kuota lagi, jadi aku juga bisa memberdayakan diri lewat fasilitas ini. Sukses buat bisnis suaminya ya Mba

    ReplyDelete
  20. Masya Allah.. sukses ya Mbak Deka untuk bisnis bengkel bubutnya. Kalau sudah sampe menerima anak SMK untuk magang, berarti sudah terkenal ini bengkelnya// keren sekali <3

    ReplyDelete
  21. Kalau pakai IndiHOme, lebih stabil ya Mbak.
    Memang bener sih, kalau internet bisa membantu memajukan usaha. Dan senangnya banyak yang terbantu karena keberadaan internet ini

    ReplyDelete
  22. Waw salut mbak Diah dan suami dengan usahanya bengkel bubut!
    usaha yang dimulai dari nol, lewat jaringan offline yaa kini makin kencang larinya dengan adanya internet. Pasang IndiHome di rumah makin OK deh untuk bisnis maupun blogging.

    ReplyDelete
  23. Sukses buat bisnisnya mbak. Teknologi memang membantu perkembangan bisnis jaman sekarang, jadi ga heran kalau butuh jaringan internet yang oke seperti Indihome ini.

    ReplyDelete
  24. kehadiran internet emang benar-benar membantu ya Mak, meski pandemi bisnis juga tetap jalan dengan memanfaatkan internet. bahkan ada yang bisnisnya makin berkembang juga karena internet. sungguh manfaat internet banyak banget.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.