Live Streaming di IDN Live, Kesempatan Kembangkan Passion Plus Dapat Cuan


Saat ini untuk mendapatkan berita terkini sangat mudah dilakukan oleh siapapun dan di manapun. Karena kemajuan teknologi yang tak terbendung telah melahirkan banyak inovasi. Berita tak hanya bisa didapatkan dari televisi, radio, atau majalah. Wah, sudah kuno sekali itu. Hehe. Kini, berita dan hiburan dapat kita nikmati dari genggaman tangan. Bahkan tak perlu membuka sebuah website, melainkan bisa dengan sekali klik dari sebuah aplikasi mobile.


live streaming di idn live


Ya, aplikasi mobile (mobile application) kini sudah digunakan oleh berbagai brand dalam berbagai layanan produk/jasa, termasuk oleh media penyedia berita dan hiburan. Adalah IDN Media, yang telah memberikan kemudahan akses informasi tersebut melalui IDN App. Aplikasi mobile ini dilengkapi berbagai fitur yang semakin memudahkan pengguna.


Keunggulan IDN App

IDN App merupakan platform baca berita dan hiburan yang ditujukan bagi generasi milenial dan Gen Z khususnya di Indonesia. Visi yang diangkat yaitu mendemokratisasi informasi (democratize information), yang menjadi dasar IDN App untuk menyajikan berita terbaik setiap harinya.

IDN App berusaha menyajikan berita-berita terlengkap, menarik, dengan gaya khas milenial dan Gen Z. Di aplikasi ini ada banyak kategori yang tersedia, mulai dari news update terlengkap, berita regional Indonesia, berita bola, bisnis ekonomi, parenting, anime, manga, otomotif, sport, travel, tech/teknologi, life, health, food, science, grooming men, quiz, dan lainnya. Mulai tips berkomunikasi bersama anak, hingga quiz-quiz menarik seperti misalnya untuk mencari tahu karakter diri.

Di IDN App juga menyediakan fitur sharing ke media sosial agar kita bisa membagikan artikel favorit kita kepada orang lain. Selain itu di sini juga ada halaman tanya jawab apabila ingin berbagi opini kepada para netizen mengenai suatu topik.

Oiya, berita-berita atau berbagai artikel di IDN tidak mengenal hoax, ya. Karena sumber berita IDN kini berasal dari IDN Media network yaitu IDN Times, Popbela, Popmama, Duniaku, melalui akurasi kualitas berita yang baik.

Yap, IDN App mengedepankan akurasi, berita terkini, terpercaya, tercepat tentang semua kejadian di sekitar kita.


fitur utama idn app
Fitur utama IDN App: News, IDN Live, Quiz.

Nah, saat ini, di IDN App ada fitur baru, lo, namanya IDN Live. Dengan adanya IDN Live ini, kita bisa baca berita sambil nonton live streaming di IDN App! Asyik, kan.. Selengkapnya mengenai review fitur IDN Live di IDN App versi terbaru, simak tulisan ini sampai selesai, ya 😊

Baca juga: Strategi Influencer Marketing dari IDN Creator Network, Ini 5 Idenya!


Apa Itu IDN Live

IDN Live adalah salah satu fitur IDN App (mobile apps based) yang menyediakan layanan live streaming berkualitas oleh kreator konten. Hal ini ditujukan untuk membantu milenial dan Gen Z untuk mendapatkan tayangan yang bermanfaat dan berkualitas. 

Di IDN Live ada dua macam user (pengguna platform yang melakukan registrasi di platform dan memiliki akun di platform), yaitu Audience dan Streamer. Audience adalah user yang menonton konten yang dibuat oleh kreator dan dapat memberikan apresiasi berupa Virtual Gift. Sedangkan Streamer adalah user yang membuat konten live streaming yang akan ditonton oleh Audience.

Live streaming sendiri adalah aktivitas yang dilakukan oleh Streamer dengan menampilkan kegiatan yang direkam secara langsung melalui kamera sehingga Audience dapat melihat semua kegiatan Streamer melalui IDN App. Dari aktivitas ini, Streamer bisa mendapatkan apresiasi dari Audience berupa Virtual Gift yang dapat ditukarkan ke dalam rupiah.

Mengenai istilah-istilah di IDN Live seperti Virtual Gift dan lain-lain dapat dibaca di sini, ya:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/productidn/panduan-live-idn-app/

Cara Mengakses IDN Live

Lalu bagaimana cara mengakses fitur IDN Live, untuk kemudian menjadi Streamer atau sekadar Audience?

Untuk mengakses fitur IDN Live, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengunduh IDN App di Android atau iOS. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Unduh Aplikasi. Bagi pengguna Android silakan download IDN App di Google Play, sedangkan pengguna iOS melalui App Store.
  2. Log in atau daftar akun. Setelah aplikasi terinstal, lakukan pendaftaran akun jika belum memiliki akun IDN atau bisa log in secara otomatis menggunakan akun Google, Yahoo atau Facebook.
  3. Akun siap digunakan.
Nah, jika proses pendaftaran dan log in telah berhasil, kita bisa langsung berselancar di IDN App  dan sekaligus mengakses IDN Live. Kita bisa melakukan live streaming atau sekadar menontonnya.

Cara Menjadi Streamer IDN Live

Selanjutnya, bagaimana cara bergabung menjadi Streamer di IDN Live?
  1. Kita harus mendaftarkan diri sebagai member IDN terlebih dahulu. Caranya seperti yang sudah saya tuliskan di atas.
  2. Submit data diri kita melalui link Google Form "Pendaftaran IDN Live New Streamer" (silakan copas link ini: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSduMXMvDGwCz8VdQetdaKpYmNx2QwLRfXXnrvHv7vfO5U-NnA/viewform ).
  3. Tim IDN Live akan memverifikasi data yang sudah kita submit dan mengaktifkan akun Streamer kita. Untuk saat ini, hanya kandidat yang cocok atau memenuhi kriteria yang akan dihubungi oleh pihak IDN Media.
  4. Setelah akun kita aktif, pihak IDN akan menginformasikan melalui email, kemudian kita bisa mencoba cara nomor 6--9.
  5. Calon Streamer akan diminta untuk logout dari aplikasi IDN App versi terbaru, kemudian login kembali.
  6. Klik tombol menu [Live] di bagian atas layar pada halaman Home.
  7. Klik tombol [+] yang ada di bagian bawah layar halaman Home.
  8. Apabila muncul pilihan ‘Live Streaming’, itu menandakan bahwa akun kita sudah berhasil diperbaharui dan kita sudah menjadi Streamer.
  9. Apabila belum muncul, kita bisa mengirim informasinya pada tim IDN Live ke email support@idn.media.

Untuk cara melakukan live streaming adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Streamer yang telah tervalidasi, kita dapat membuat live stream melalui halaman home dengan pilih ikon [+] kemudian pilih [Live Streaming]
  2. Sebelum memulai Live Streaming, kita harus membuat deskripsi live stream yang akan dilakukan, kemudian klik tombol [Buat Live Streaming]
  3. Ketika sudah berada di ruangan Live Streaming, Audience juga akan masuk ke Live Streaming room dan kita dapat memulai Live Streaming.

Oh ya, siapa sajakah yang bisa menjadi Streamer di IDN Live? Seperti yang sudah disinggung pada poin-poin di atas, bahwa siapa saja yang sudah terdaftar di IDN bisa menjadi Streamer. Namun, untuk saat ini hanya kandidat yang cocok atau memenuhi kriteria yang akan dihubungi oleh pihak IDN Media.

Satu hal yang penting diingat, jika kita ingin menjadi Streamer di IDN, kita harus memperhatikan konten-konten yang dibuat untuk live streaming. Yaitu kita boleh menayangkan aktivitas menarik sesuai minat kita dan para Audiens dengan syarat tidak mengundang provokasi, mengandung unsur SARA, pornografi, maupun ujaran kebencian. 

Catet, ya! Bikin konten yang baik-baik saja. Jika kita bisa menjadi Streamer di IDN Live, ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan passion plus bisa dapat cuan, lo!😊

Cara Menjadi Audience 

Kalau kita memilih ingin menjadi Audience saja, cara menonton live streaming adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke fitur IDN Live. Di sana akan ditampilkan pilihan Live Streaming yang sedang berlangsung.
  • Pilih salah satu Live Streaming yang sedang berlangsung sesuai minat kita.
  • Kemudian kita akan langsung masuk ke ruangan Live Streaming yang sudah dipilih, dan siap menonton.

Keunggulan IDN Live

Saat ini sudah banyak media untuk kita melakukan live streaming. Lalu, apa sih keunggulan dari IDN Live yang menyediakan fasilitas untuk live streaming pagi penggunanya ini? Berikut ini beberapa keunggulannya.


keunggulan idn live

👉 Minim Proses Editing

Setiap konten untuk live streaming yang diproduksi melalui IDN Live tidak melalui tahapan editing karena disajikan secara langsung sehingga konten yang muncul akan apa adanya. Jadi enggak ada rekayasa atau apalah. Dengan begitu akan menciptakan kepercayaan antar Streamer dan Audience.

👉 Kualitas Video dan Audio Terbaik

IDN Media sangat memerhatikan kualitas video dan audio di IDN Live. Dan saya sudah menontonnya sendiri, kualitas video dan audio live streaming di IDN Live memang bagus. Hal ini tentu menjadi harapan dari setiap user.

👉 Interaksi Antar Pengguna

Di IDN Live baik itu Streamer maupun Audience dapat saling berinteraksi melalui fitur chat. Selain itu di IDN Live Audience dapat mengirimkan Virtual Gift.

👉 Bisa Menghasilkan Uang

Virtual Gift yang didapat dari Audience dapat ditukarkan dengan sejumlah uang sesuai gift yang diterima.

👉 Adanya Fitur Minimize Screen

Di IDN Live ada fitur minimize screen, yang berguna untuk memudahkan kita sebagai Audience membaca berita/hiburan bersamaan dengan kita menonton live streaming. Jadi kita bisa multitasking, hehe.. bisa sambil membaca berita, atau memainkan quiz yang tersedia di aplikasi. Asyik, kan..

Baca juga: IDN Media Umumkan 5 Pahlawan IDN 2021, Najelaa Shihab Salah Satu Jurinya.

nonton live streaming sambil baca berita


Program IDN Live Streamer Fund 50 Miliar 

Satu lagi nih yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini, terkait dengan fitur IDN Live di IDN App. Yap, saat ini ada Program IDN Live Streamer Fund Rp. 50 Miliar, lo!

Apa, tuh?

Jadi, IDN Live Streamer Fund 50 Miliar adalah dana Rp. 50 Miliar yang disediakan untuk memberi penghargaan kepada Streamer atas dedikasi mereka untuk membuat live streaming yang kreatif dan otentik. Wihh.. menarik banget, ya?

Ya, IDN ingin menunjukkan apresiasi kepada komunitas Streamer yang luar biasa dengan memberi penghargaan kepada mereka atas kreativitas dan keaslian mereka dalam membuat live streaming. IDN ingin semua Streamer memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan atas passion mereka.

Dana yang dapat diperoleh oleh setiap Streamer dihitung melalui beberapa faktor; seperti jumlah jam streaming dan pemirsa, tingkat keterlibatan obrolan dan Virtual Gift, dan banyak faktor lainnya.

Kemudian mengenai batasan jumlah Streamer yang dapat bergabung, ternyata enggak ada batasan jumlah Streamer yang dapat bergabung. IDN ingin sebanyak mungkin Streamer yang memenuhi syarat untuk mendapatkan penghasilan dengan melakukan apa yang mereka sukai di IDN Live.


idn live streamer fund


Selanjutnya, siapa saja yang berhak mendapatkan dana streamer? Semua orang dipersilakan untuk mendaftar dengan panduan di bawah ini:

  • Berbasis di Indonesia. 
  • Usia 18 tahun ke atas.
  • Memiliki setidaknya 100 pengikut di Aplikasi IDN.
  • Konsisten dalam streaming harian di IDN Live.
  • Mempromosikan hal-hal positif dan inklusivitas.
  • Kreatif, otentik, dan asli.
  • Patuhi pedoman komunitas IDN Live.

Manfaat tambahan untuk streamer

Selain dapat menghasilkan cuan, dengan menjadi Streamer di IDN Live dan mengikuti program IDN Live Streamer Fund 50 Miliar para Streamer akan mendapatkan manfaat tambahan sebagai berikut:

💗 Liputan dan Paparan Media

Streamer akan mendapatkan liputan media, strategi promosi, dan iklan berbayar di seluruh ekosistem IDN Media (IDN, IDNTimes.com, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, Fortune Indonesia, dan Duniaku.com).

💗 Akses ke studio IDN Media

Streamer dapat menggunakan studio profesional IDN Media yang berlokasi di kantornya di Jakarta dan Surabaya. Selain itu, Streamer yang memenuhi syarat akan mendapatkan perangkat keras untuk mendukung sesi live streaming seperti kamera, mikrofon, mixer, tripod, pencahayaan, layar hijau, dan banyak lagi.

💗 Pelatihan dan Bimbingan

Streamer akan mendapatkan program pelatihan dan bimbingan ekstensif dari tim IDN Media.

💗 Sponsor Merek

Streamer berkesempatan untuk mendapatkan sponsor merek.

Wuahh.. menarik banget, ya? Dan coba lihat list bonus di bawah ini, kita bisa mendapatkannya jika mau berusaha, lo 😊


streamer performance bonus idn live


Nah, demikianlah temans tulisan saya kali ini tentang IDN App dan fitur barunya yaitu IDN Live.

Sebagai aplikasi baca berita dan hiburan, IDN App telah menyediakan banyak kemudahan bagi penggunanya, termasuk peluang untuk mendapatkan cuan melalui IDN Live. Nah, bagaimana dengan teman-teman? Akankah memanfaatkan kesempatan ini? Semoga tulisan tentang Live Streaming di IDN Live, Kesempatan Kembangkan Passion Plus Dapat Cuan ini bermanfaat, ya. Dan dapat menginspirasi teman-teman untuk berkarya! 😊

***


Sumber:
  • https://www.idntimes.com/life/inspiration/productidn/panduan-live-idn-app/
  • https://streamerfund.idn.app/



17 comments

  1. Untuk jadi audiens di IDNLive gampang banget ya ternyata. Nah, buat yang jago ngomong sebaiknya jadi streamer deh, siapa tahu dapat cuan.

    ReplyDelete
  2. Tertarik sama kalimat :

    "Setiap konten untuk live streaming yang diproduksi melalui IDN Live tidak melalui tahapan editing karena disajikan secara langsung sehingga konten yang muncul akan apa adanya. Jadi enggak ada rekayasa atau apalah. Dengan begitu akan menciptakan kepercayaan antar Streamer dan Audience."

    Memangnya kalau live streaming di platform lain akan ada editing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. saya gak membandingkan dengan platform lain sih, Mak.. jadi maksudnya ya nyebutin keunggulannya aja, bahwa live streaming di IDN Live ini ditayangkan apa adanya, gitu.. :)

      Delete
  3. Menjadi streamer di IDN live bisa dapetin cuan kalau orang bisa kreatif dan inovatif. Ga nyangka juga ya pendanaannya bisa mencapai 50 miliar wooow buanyaak banget! Ini namanya hobi, hiburan, trus dapat penghasilan, muanteb pisan!

    ReplyDelete
  4. IDN Live membawa arus informasi masa kini yang serba praktis dan cepat sangat cocok untuk anak gen Z. Dengan live streaming dan konten kekinian yang disediakan maka sebagai streamer bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

    ReplyDelete
  5. Cocok nih IDN Live dengan gaya anak sekarang dalam mencari informasi, lebih suka lihat gambar bergerak alias video. Kalau generasi saya, masih suka mencari informasi yang berbasis teks, dan ini bisa diperoleh di IDN App

    ReplyDelete
  6. Mantul banegt buat yang suka live bagi2 ilmu, gak cuma nambah follower dan ke-famous-an (hallah) tapi juga bisa dapat uang yaa. AKu penasaran kalau kita daftar jadi streamer tuh ternyata nanti ada kurasi dulu dari IDN ya mbak? Penasaran sama kriteria yang lolos kyk apa aja nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari formulir di Google Form-nya, tentunya akan dilihat konten dari akun-akun media sosialnya juga jumlah followersnya, trus dilihat juga video perkenalannya, menarik atau enggak. Kira-kira seperti itu sih, Mbak :)

      Delete
  7. Benar passion dan tambah percaya diri ngomong di depan kamera. Hal inilah yang akan membuat hidup kita jadi berwarna dan kenalan dengan teman baru plus cuan yang akan turut serta kalau rajin ikutan idn live

    ReplyDelete
  8. Aku pengen share info tentang IDN App ke grup keluarga yang beranggotakan para orang tua yang suka share berita hoax dalam grup. Bukan disengaja, tapi karena ga tahu mana berita hoax dan bukan. Nanti kalau udah download IDN App, jadi gak khawatir lagi mereka mengkonsumsi berita hoax :D

    ReplyDelete
  9. Buat yang suka live, pas banget ya jika bergabung menjadi konten kreator di IDN Live ini
    Apalagi jika bisa ikutan program IDN Live Stream Fund 50 Milliar ini
    Pasti makin semangat bikin konten live streaming nya

    ReplyDelete
  10. Jadi mau Tau bnget deh ini mba apalgi inf up-to-date dn lengkap, Ada sport bisnis, parenting , anime , , otomotif, sport , travel , yg pastinya bisa digemari apalg Kita bisa ikut sbg content creator ya mau bangt

    ReplyDelete
  11. Cocok banget buat influencer masa kini yang suka live streaming, bisa dijadikan media belajar juga nih.. kereenn fiturnya IDN, tambah kreatif dan jago ngelive nih.

    ReplyDelete
  12. Ini cara seneng-seneng dapat duit, lagi musim anget live live gini, anak-anak muda dan yang tua tapi jago ngomong didepan umum nih sesuai. Tapi yang kurang jago juga mungkin akhirnya bisa mahir ya mbak, yang penting kan cuan haha

    ReplyDelete
  13. Bagi yang pandai berbicara di depan umum IDN Live cocok banget niih dan bonus duitnya pula.

    ReplyDelete
  14. Aku baru tau loh app IDN Live ini juga punya fitur live streaming hehehe. Biasanya pada ngapain mbak live streamingnya? Ketauan jarang nonton hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomongin apa yg jadi tema live streaming-nya dia, Mbak. Kayak kapan itu yg gambarnya aku SS di atas itu, dia tuh mantan penyiar radio. Jadi dia cerita2 kehidupan penyiar radio, tips ngomong lancar di radio, dll gitu deh :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.