IDN Media Umumkan 5 Pahlawan IDN 2021, Najelaa Shihab Salah Satu Jurinya

 

Hari Pahlawan tahun 2021 baru saja kita peringati tanggal 10 November kemarin. Apa makna pahlawan menurut teman-teman? Bagaimanapun kita memaknainya, yang jelas pahlawan kemerdekaan telah berjuang untuk melakukan perubahan yang lebih baik bagi nasib bangsa Indonesia. Kemudian pahlawan masa kini juga berjuang untuk hal yang sama bagi negeri ini.


pahlawan idn 2021


Di era digital sekarang, aneka bentuk peringatan Hari Pahlawan disajikan oleh banyak pihak, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Semuanya pastinya bertujuan untuk mengenang perjuangan para pahlawan bangsa ini di masa lalu, dan memberikan inspirasi bagi generasi masa kini. Seperti yang telah dilakukan oleh IDN Media, perusahaan media ini mengumumkan 5 pemenang utama dari program Pahlawan IDN untuk merayakan Hari Pahlawan tahun ini.


Apa Itu Pahlawan IDN?

Siapa yang belum mengenal IDN Media? Buat yang belum tahu, IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia. Media ini telah mempunyai lebih dari 70 juta Monthly Active Users (MAU) hingga saat ini. Perusahaan tersebut punya visi untuk mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Nah, saat ini IDN Media punya program yang bertajuk Pahlawan IDN. Program ini adalah program independen dari IDN Media yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada figur-figur Millennial & Gen Z atau generasi Z yang inspiratif dari seluruh Indonesia. 

Tentu saja ada penilaian tersendiri atas label inspiratif tersebut, yaitu mereka yang memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui bidang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, Proyek Kreatif dan Komunitas. Mereka dipilih melalui berbagai seleksi.

Dengan tagline "Satu Negeri Beragam Inspirasi", melalui program ini harapannya IDN Media akan menemukan semangat #SatuNegeriBeragamInspirasi dari seluruh peserta program.

Lalu apa saja aspek yang dinilai dalam program Pahlawan IDN ini? Yaitu meliputi orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang. 

Sementara itu dewan juri yang terlibat dalam proses penilaian Pahlawan IDN ini adalah orang-orang yang cukup berkompeten di bidangnya. Mereka adalah:
  • Winston Utomo (CEO IDN Media), 
  • Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media), 
  • Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times), 
  • Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru), dan 
  • William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP).


Ini Dia 5 Pemenang Utama Pahlawan IDN

Program Pahlawan IDN tahun ini telah menghasilkan para pemenangnya. Ya, bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2021 kemarin, IDN Media mengumumkan 5 pemenang utama dari program tersebut. Pasti penasaran dong siapa saja pemenangnya? Yang jelas inisiasi dan gerakan yang mereka lakukan keren-kerennn semua 👍

Diumumkan secara langsung melalui platform TikTok IDN Media, berikut inilah 5 pemenang utama yang terpilih:

5 pahlawan idn 2021

1. Riliv, diwakili oleh Audrey Maximillian Herli

Riliv adalah sebuah perusahaan start-up yang meluncurkan aplikasi dengan nama yang sama. Melalui aplikasi Riliv ini, perusahaan tersebut memberikan layanan meditasi dan konseling secara daring dengan psikolog profesional untuk kesehatan mental yang lebih baik.
Riliv memiliki visi untuk membuat orang tersenyum dan bahagia. Dengan bantuan teknologi, Riliv menghubungkan orang yang memiliki masalah kesehatan mental dengan metode yang tepat.

2. Plana (Plastic for Nature), diwakili oleh Joshua Christopher Chandra

Plana (Plastic for Nature) adalah perusahaan sosial yang merevolusi daur ulang plastik. Jadi Plana ini memberikan solusi dengan mengubah semua jenis sampah plastik menjadi material baru yang dapat digunakan untuk membangun bangunan masa depan yang dapat bertahan selama puluhan tahun. Melalui inisiasi ini, perusahaan ini berharap gagasan daur ulang tersebut dapat sampai ke titik di mana hal itu benar-benar berdampak bagi masa depan planet bumi.

3. Mataharikecil Indonesia, diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful

Matahari Kecil merupakan komunitas terorganisir (organized community) di kota Bandung dan Jakarta yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan. Komunitas ini memberikan harapan baru bagi anak-anak yang kurang beruntung dalam hal sosial dan pendidikan.

4. BecomeMore Indonesia, diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa

BecomeMore Indonesia, adalah sebuah komunitas bagi siswa/i SMP dan SMA se-Indonesia yang bertujuan untuk membantu para siswa dalam proses pengembangan diri (self-development) melalui konferensi tahunan dan lain-lain. Setiap tahun, BecomeMore Indonesia mengadakan konferensi tahunan yang dihadiri oleh murid SMP & SMA se-Indonesia.
Komunitas ini juga bertujuan untuk mengisi kesenjangan informasi dari pendidikan formal, baik sekolah dalam negeri maupun internasional (value sharing).

5. Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana

Literasi Anak Banua adalah sebuah komunitas anak muda yang bergerak dalam meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) di Indonesia. Komunitas ini memiliki 3 program yaitu les gratis, proyek berkala yang disesuaikan dengan keadaan, dan sistem mentoring ,changemaker yaitu sistem yang memberdayakan anak muda untuk menjadi mentor.

Nah... keren-keren semua kan inisiasi yang telah mereka jalankan selama ini? Jadi enggak heran kalau mereka menjadi pemenangnya.

Lalu apa hadiah untuk kelima pemenang utama tersebut?

Tentu saja para pemenang mendapatkan hadiah dari IDN Media sebagai bentuk apresiasi. Pertama, mereka berhak membawa pulang hadiah berupa sejumlah uang tunai. Kedua, mereka juga mendapatkan dukungan publikasi dari IDN Media selama 1 tahun penuh. Ketiga, mereka juga berkesempatan untuk bergabung di signature event yang diselenggarakan oleh IDN Media. Lalu keempat, mereka juga akan terkoneksi dengan jaringan komunitas masif yang dimiliki oleh IDN Media.

Wuah.. lumayan banget, ya, hadiah-hadiahnya. Cukup sebanding dong ya dengan kiprah dan inspirasi mereka selama ini dalam masyarakat 😊


Ucapan Selamat dari Para Juri

Para pemenang utama Pahlawan IDN merupakan anak-anak muda hebat yang bergerak di bidangnya masing-masing. Maka para juri pun tak segan memberikan ucapan selamat atas pencapaian mereka dalam program IDN Media tersebut. Tentunya ucapan selamat tersebut akan menambah semangat mereka dalam berkarya, ya.

Uni Lubis selaku Editor-in-Chief IDN Times mengatakan bahwa variasi dari para finalis luar biasa, karena ada yang dari bidang literasi, kesehatan mental, sampai bidang lingkungan.

uni lubis juri pahlawan idn


Sementara itu Najelaa Shihab yang merupakan Pendidik & Pendiri "Semua Murid Semua Guru" menyampaikan harapannya kepada para pemenang agar mereka berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari masing-masing kegiatan yang mereka geluti. Najelaa juga berharap, dengan kiprah para pemenang di masyarakat, akan lebih banyak lagi orang yang sadar bahwa diri kita sendiri adalah perubahan yang kita nanti-nantikan.

najelaa shihab juri pahlawan idn


William Hendradjaja selaku Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP mengatakan bahwa dirinya sangat terinspirasi oleh kiprah para pemenang yang telah melakukan misi sosial dan lingkungan di usia muda. William juga berharap agar para pemenang mencari support system yang dapat mendukung inisiasi yang telah diciptakan oleh mereka.

william juri pahlawan idn


5 pemenang utama Pahlawan IDN 2021 telah diumumkan oleh IDN Media. Kiprah mereka di bidangnya masing-masing sudah membawa manfaat bagi masyarakat. Nah, apakah para pahlawan masa kini tersebut telah mampu menginspirasi kita untuk berbuat lebih baik untuk diri sendiri dan banyak orang lain? Semoga, ya. Yuk, berlomba-lomba dalam berbuat baik 😊



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.