Tips Prosedur Sistem Keamanan untuk Toko Retail



item diatur di rak
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/item-diatur-di-rak-3687999/


Faktor keamanan toko retail harus diperhatikan dengan baik seiring meningkatnya potensi kejahatan atau tindak kriminal saat ini. Sistem keamanan yang diterapkan untuk toko retail harus benar-benar diperhitungkan sehingga berbagai bentuk tindak kejahatan bisa ditangani dengan tepat. Seperti diketahui bahwa dalam sebuah toko retail ada banyak jenis aset yang harus dijaga dengan baik.

Tanpa adanya sistem keamanan yang tepat maka risiko kerugian dan ancaman tindak kriminal di sebuah toko retail akan semakin tinggi. Tentunya kita tidak ingin terjadi hal-hal buruk yang merugikan toko retail tersebut, bukan? Mari simak dulu tips apa saja yang bisa diterapkan dalam menjaga keamanan sebuah toko retail.


Tips Keamanan Toko Retail

Ada banyak jenis tindak kriminal yang bisa mengancam toko retail. Mulai dari pencurian, penipuan, sampai pelanggaran data yang mungkin akan menyebabkan kerugian besar. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem keamanan yang akurat demi mencegah semua hal ini terjadi. Berikut ini adalah 5 tips prosedur keamanan yang bisa diterapkan pada sebuah toko retail:

👉 Kenali Jenis Ancaman yang Datang

Pertama, kita harus bisa mengenali jenis ancaman yang mungkin akan datang. Agar bisa memberikan fasilitas keamanan yang tepat maka kenali dulu apa saja kemungkinan ancaman yang harus dihadapi. Secara garis besar ada dua jenis ancaman yang patut untuk kita waspadai yaitu ancaman keamanan dalam bentuk fisik dan digital. Keduanya memiliki peluang yang sama besar dalam meruntuhkan keamanan di fasilitas toko kita.

👉 Selektif dalam Memilih Karyawan

Meskipun bukan perusahaan besar, kita berhak untuk memilih karyawan terbaik yang akan bekerja di toko retail. Temukan karyawan yang memang kompeten, jujur, dan tidak berpotensi menimbulkan ancaman. Jika karyawan yang bekerja memiliki kejujuran dan kompetensi yang tinggi maka sistem monitoring di toko retail juga akan semakin mudah karena karyawan bekerja dengan baik.

Bukan hanya bisa menjadi pengawas dan penjaga toko retail dari berbagai jenis tindak kejahatan, karyawan yang baik juga pasti tidak akan melakukan penipuan. Ya, ancaman fisik maupun digital ternyata juga bisa datang dari dalam yaitu dari para karyawan yang bekerja di toko retail tersebut. Pilihlah karyawan yang memang benar-benar teruji secara menyeluruh sehingga mereka juga tidak akan melakukan penipuan maupun pencurian.

Baca juga: Kita Bukan Robot, Maka Bekerjalah dengan Makna.

👉 Terapkan Aturan yang Tegas

Demi membentuk sistem keamanan yang kuat pada toko retail milik kita, cobalah untuk menerapkan aturan yang tegas. Tak masalah jika kita disebut sebagai bos yang galak selama kita bisa melindungi toko retail secara optimal. Buatlah aturan yang jelas dan terapkan aturan tersebut secara tegas. Mulai dulu dari karyawan yang harus mematuhi semua peraturan dan wajib menerima hukuman jika melanggar aturan tersebut.

Aturan yang tegas ini akan membantu kita dalam membentuk tim yang solid dan berdedikasi. Tentunya sistem keamanan toko retail akan terbentuk kuat jika tim yang terlibat di dalamnya kompak dan sama-sama memiliki kompetensi yang tepat. Jadi pastikan untuk membuat aturan yang tegas demi menjaga stabilitas toko retail yang dijalankan.

👉 Lakukan Kontrol Mandiri

Jangan sepenuhnya mempercayakan keamanan kepada karyawan. Sesekali kita juga harus melakukan kontrol atau pengawasan secara mandiri. Turunlah ke lapangan dan awasi sendiri seperti apa kondisi toko. Kita juga harus memastikan bahwa sistem keamanan yang diberlakukan sudah cukup efektif atau belum. Dengan melakukan kontrol atau pemeriksaan mandiri secara berkala maka bisa diketahui apakah ada pelanggaran keamanan atau tidak.

👉 Gunakan Alat Pendukung

Demi membuat sebuah sistem monitoring dan keamanan yang kuat juga stabil untuk toko retail, pakailah alat-alat pendukung yang tepat. Gunakan perangkat CCTV dan alat monitoring yang lengkap untuk mengawasi kondisi keamanan toko retail. Perangkat ini jelas akan menjadi alat yang tepat untuk mendukung keamanan toko retail yang kita jalankan. Selain itu lengkapi juga dengan perangkat lunak yang bisa mengoptimalkan kerja CCTV.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Memasang Kamera CCTV.


Pakai CCTV dari Hikvision


perbelanjaan supermarket toko gerobak
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/perbelanjaan-supermarket-toko-gerobak-4124939/


Temukan perangkat CCTV yang berkualitas dan bisa diandalkan dari Hikvision. Produk HikCentral Enterprise akan menjadi pilihan tepat untuk membentuk sistem keamanan di toko retail milik kita. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Hikvision HikCentral Enterprise:

➤ Bukan Hanya Pengaman

HikCentral Enterprise bukanlah sebuah peralatan pengaman biasa. Produk ini memiliki berbagai jenis fitur mendukung yang akan mempermudah operasional toko retail yang kita jalankan.

➤ Fitur Keamanan Commercial

CCTV HikCentral Enterprise untuk bentuk penggunaan di fasilitas komersial akan memberikan solusi komprehensif end to end. Keamanan akan terintegrasi mulai dari pintu masuk sampai pintu keluar. Juga tersedia fitur human access management yang bisa mengontrol pengunjung maupun tenant dan karyawan yang bekerja.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal.

➤ Fitur Keamanan Retail

Sistem monitoring HikCentral Enterprise juga efektif diterapkan pada industri retail. Teknologi CCTV dari Hikvision ini mengusung teknologi proactive marketing. Tersedia fitur analisis konsumen yang akan mempermudah kita mengenali konsumen sehingga kualitas pelayanan dapat disesuaikan.

➤ Fitur Keamanan Industri

CCTV Hikvision HikCentral Enterprise terintegrasi dengan fitur-fitur canggih yang akan mendukung operasional sebuah lingkungan industri. Selain sistem keamanan yang efektif, produk ini juga bisa membantu memberikan solusi terhadap peningkatan kualitas produksi dan produk itu sendiri.

➤ Fitur Keamanan Pendidikan

HikCentral Enterprise juga menjadi pilihan perangkat keamanan yang pas untuk dipakai di lingkungan sekolah. Perangkat CCTV dari Hikvision ini dapat mengenali wajah-wajah yang masuk ke kelas sebagai laporan kehadiran. Selain itu tersedia juga manajemen alarm, dan fitur lain yang mendukung keamanan di sekolah.


Percayakan produk Hikvision HikCentral Enterprise untuk membentuk sistem keamanan yang kuat di sebuah toko retail. Pastikan bahwa keberadaan perangkat CCTV ini juga didukung oleh kontrol karyawan yang ketat. Jangan ragu memberlakukan aturan ketat demi kelancaran operasional toko retail.




7 comments

  1. cctv 24jam mampu meminimalisir ancaman terhadap toko retail

    ReplyDelete
  2. Keamanan sebuah toko retail memang harus dijaga dengan cermat. Ada banyak peluang kecurangan atau kekhilafan di antara rekan kerja atau bahkan pelanggan apalagi jika tokonya luas. Yuk pastikan keamanan di toko retail milik kita terjaga dengan baik.

    ReplyDelete
  3. Kalau punya toko retail memang harus mengupayakan keamanannya. Dann iya nih, beda lokasi bisa beda level keamanannya. Untungnya bisa pasang CCTV yang tepat di unuk situasi yang tepat.

    ReplyDelete
  4. Setuju, Mbak. Kalau pilih karyawan kudu selektif karena mereka ini ujung tombak dalam usaha kita karena kita enggak bisa mengontrol kinerja mereka 24 jam. Nah, dengan memberrdayakan teknologi seperti memasang CCTV maka pekerjaan kita jadi mudah, setidaknya hati tenang jadi kita bisa manfaatkan waktu hal-hal produktif tanpa galau berlebihan. Perangkat CCTV dari Hikvision bisa jadi pilihan karena canggih dan tepercaya.

    ReplyDelete
  5. Bukan cuma sekedar untuk sistem keamanan, tapi juga untuk kenyamanan dan stabilitas suasana belanja konsumen dan seluruh lapisan pemilik toko retail ya kak. Boleh banget ini dicoba deh.

    ReplyDelete
  6. Termasuk kepuasan pelanggan ya dengan sistem keamanan juga ya Mba.
    Seneng deh belanja kalau sudah nyaman dan bersih serta harga terjangkau juga ya.

    ReplyDelete
  7. tidak hanya CCTV tuk mengawasi pembeli dan kinerja karyawan ya..kontrol dari owner itu paling penting.
    di kota saya ada swalayan yang rugi belasan milyar akibat ulah karyawan sebab ownernya ga mengontrol manajemennya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.