Ingin Memasang Kamera CCTV? Berikut Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Terlebih Dahulu


Halo, temans. Sudahkah kita memahami akan pentingnya keamanan untuk lingkungan kita, termasuk bagaimana menjaga keamanan di rumah sendiri? Seperti soal apa saja yang harus kita ketahui sebelum memasang CCTV? Jika teman-teman belum memahami, artikel ini akan menjawab keingintahuan tersebut 😊

memasang kamera cctv


Kamera CCTV sudah banyak menjamur di mana-mana. Bila kita iseng melihat bagian atas dan pojok tempat perbelanjaan seperti supermarket atau toko-toko kecil lainnya, kita dapat melihat bahwa kamera CCTV telah tergantung untuk mengawasi orang-orang yang masuk dan keluar toko tersebut. Namun, cakupan CCTV bukan hanya untuk keperluan umum, kediaman rumah pribadi kita juga bisa kita pasang kamera CCTV. Dengan beragam model dan bentuk dari kamera, sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan CCTV yang sesuai kebutuhan.

Sistem akses kontrol yang juga semakin mudah akan membuat kita semakin gampang untuk mendapatkan pengalaman keamanan yang semestinya. Hal ini dikarenakan sistem akses kontrol yang bisa diakses kapanpun dan di manapun dengan aplikasi yang tersedia.


Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Kamera CCTV

Selain kemudahan yang ada, kita perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memasang CCTV. Ini dibutuhkan bagi kita untuk mencegah kesalahan atau kerugian dalam pemasangan. Dengan kebutuhan CCTV yang berlangsung lama, tentunya pengetahuan akan pemasangan Kamera CCTV akan menjadikan kita lebih memahami cara penanganan dan biaya yang harus kita siapkan. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam pemasangan CCTV.

1. Mengetahui Jenis-Jenis Kamera CCTV dan Fitur di Dalamnya

Sebelum memikirkan pemasangan kamera CCTV, kita harus mengetahui hal yang paling mendasar dari itu, yaitu mengetahui jenis-jenis kamera dan fitur yang ada di dalamnya. Kamera CCTV di pasaran terbagi menjadi dua tipe yang berbeda yaitu dengan atau tanpa kabel.

Hal ini harus kita spesifikasikan karena akan mempengaruhi dalam fleksibilitas. Fleksibilitas yang dimaksud adalah pemasangan dan penempatan. Bila kita memutuskan menggunakan kamera CCTV dengan kabel tentunya kita harus siap mengkonsiderasikan jumlah panjang dari kabel yang digunakan.

Jenis jenis CCTV juga ada banyak macamnya, mulai dari Dome Camera, Bullet Camera, PTZ Camera, Standard Box Camera, Weatherproof Camera, dan Wireless Camera. Tentunya setiap jenis memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Oleh karena itu hal pertama yang harus kita putuskan adalah jenis kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca juga: Aplikasi yang Dibutuhkan Bloger untuk Mendukung Aktivitas Ngeblognya.


kamera cctv


2. Memahami CCTV Analog dan IP Camera

Kita pasti sering mendengar CCTV analog dan IP Camera. Walaupun dua kamera ini sama-sama berfungsi sebagai kamera pengawas, manfaat yang mereka berikan akan jauh berbeda bila kita mempertimbangkannya secara lebih dalam. Pada dasarnya IP Camera memiliki teknologi yang lebih berkembang dibandingkan CCTV analog. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kebutuhan kita bisa terpenuhi dengan memilih CCTV analog.

Untuk harga, CCTV analog dan IP Camera cukup bersaing satu sama lain. Memang untuk harga kamera CCTV analog pada umumnya lebih murah. Namun, biaya pemasangan, perawatan dan konfigurasi akan bisa saja hampir sama dengan IP Camera.

3. Memastikan Harga CCTV yang Sesuai dengan Spesifikasi yang Diberikan

Selanjutnya kita harus mempertimbangkan harga kamera CCTV dengan harga spesifikasi yang ditawarkan. Umumnya harga CCTV akan bervariasi karena bergantung pada jenis serta fitur di dalamnya. Kita harus melihat harga dan fitur yang ditawarkan mulai dari segi resolusi gambar, kekuatan lensa, daya tahan, model, material dan lain sebagainya. Jangan lewatkan hal-hal sepele lainnya, agar kita tidak menyesal.

4. Memilih Brand yang Berkualitas

Pastikan kita juga memilih produk yang berkualitas dan dengan brand yang berkualitas pula. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa lebih mudah untuk melakukan konsultasi atau bertanya tentang produk mereka. Ditambah lagi, kita bisa meminta ganti rugi atau mengajukan garansi bila ada kerusakan. Ingat, kamera CCTV bukanlah barang yang murah apa lagi bila kita membelinya dalam jumlah banyak. Dengan brand yang berkualitas pula, kita bisa mendapatkan sistem keamanan yang dapat diakses dengan mudah oleh penggunanya.

Hikvision bisa kita jadikan salah satu brand yang berkualitas. Hikvision merupakan salah satu perusahan yang bergerak di bidang teknologi asal Hangzhou, Cina. Hikvision juga sudah menyediakan berbagai macam produk-produk kamera CCTV yang bisa kita jadikan referensi.

Baca juga: Konsep Baru Social E-commerce di Era Digital.

5. Menentukan Lokasi Pemasangan

Setelah mempertimbangkan jenis kamera, harga, dan brand, kita perlu mempertimbangkan lokasi pemasangan. Kamera CCTV bisa ditempatkan di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini nantinya akan disesuaikan pula dengan fitur yang diperlukan dan jenis bahan yang diperlukan. Bila memungkinkan dengan penentuan lokasi pemasangan yang jelas, kita bisa menentukan jumlah kamera CCTV yang dibutuhkan.

6. Menemukan Jasa Instalasi yang Tepat dan Bisa Dipercaya

Bila sudah menemukan kamera CCTV yang dibutuhkan, kita bisa melakukan pemasangan CCTV dengan benar. Ada dua pilihan yang bisa kita  pilih dalam melakukan pemasangan, yaitu sendiri atau mencari jasa instalasi yang terpercaya.

Hal ini penting dipertimbangkan karena kualitas kamera CCTV tidak hanya ditentukan dengan jenis dan fitur kameranya saja, tetapi proses pemasangan menjadi hal yang vital.

 

Percayakan Kamera CCTV yang Akan Kita Pasang pada Hikvision

Hal-hal di atas sangat perlu kita jadikan patokan setidaknya untuk membantu kita dalam memasang CCTV. Jadi, kita bisa menyempurnakan sistem keamanan di rumah, sehingga dapat merasakan keamanan yang terjamin.

Hikvision menyediakan berbagai macam kamera pengawas untuk membantu kita. Hikvision merupakan perusahan yang menyediakan produk-produk sistem keamanan seperti IP Camera, CCTV Analog, hingga menyediakan paket CCTV terbaik. Bila kita bingung mengenai referensi lengkap kamera pengawas sesuai kebutuhan, kita bisa langsung cek informasi lengkapnya di laman resmi Hikvision.





10 comments

  1. klo bisa di cek melalui hp secara live dan atau bisa lihat video sebelumnya lebih enak itu hiihi

    ReplyDelete
  2. Memasang CCTV umumnya dengan alasan untuk keamanan. Klau lihat sinetron 'ïkatan batin'suka gemes lihat rumahnya yang dipasang CCTV terus bisa dipantau dengan layar HP/laptop dari manapun, seruu banget kesannya.

    ReplyDelete
  3. Menemukan jasa instalasi terpercaya nih yang paling penting. bahkan bisa langsung beli dari sana sekalian dengan rekomendasi sesuai kebuthan kita.

    ReplyDelete
  4. Terpikirkan klo nanti udah punya hunian sendiri, untuk dapat memasang CCTV utk keamanan juga. Trlebih klo udah nemu jasa instalasi CCTV yg trpercaya.

    ReplyDelete
  5. Udah cukup lama mau pasang CCTV, tapi ya belum cukup budgetnya. Hahaha klise banget. Tapi habis baca ini aku jadi bisa lebih selektif nanti pasang CCTV ya

    ReplyDelete
  6. Zaman skrng kyknya yg namanya CCTV wajib ya minimal ada satu di lingkungan kita. Apalagi skrng makin banyak pilihan dan harganya makin bersaing.
    Setuju banget pilih brand yang udah bagus dan kalau bisa udah sekaligus teknisi yang masangin jd gak ngerusak gtu.

    ReplyDelete
  7. setujus, milih cctv sekalian yang bagus dan berkualitas yang nggak tergiur harga murah biar nggak cepat rusak. kan sayang mau dipakai lama juga hihi. terus yang pasti kalau skrg yg lebih enak langsung konek ke hp sih, jadi mudah kalau sewaktu2 ngecek.

    ReplyDelete
  8. Aku di rumah ada warung mertua mba, tapi masih di desa sih belum butuh cctv tapi diperkotaan aku setuju wajib banget, apalagi rumah juga perlu banget. Makasih rekomendasi dan tipsnya mba Deka. Harus yang berkualitas biar nggak bolak balik beli memang.

    ReplyDelete
  9. Kalau pasang CCTV di Hikvision ini bisa sewa atau beli kah?
    Karena kebayang kalau bisa sewa dulu kan lumayan yaa..pasangnya pas meninggalkan rumah selama beberapa pekan buat pulkam.

    ReplyDelete
  10. Wah saya kepengen pasang kamera CCTV ni kak, kebetulan sekali nemu artikel ini yang penjelasannya lengkap banget terkait pemasangan cctv

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.