Aplikasi yang Dibutuhkan Blogger untuk Mendukung Aktivitas Ngeblognya


Blogger atau dalam bahasa Indonesia baku disebut bloger atau narablog, di masa kini berbeda dengan bloger zaman dulu. Dulu belum muncul banyak aplikasi yang dapat membantu bloger dalam membuat konten. Mungkin ada tapi masih sangat sedikit, ya. Namun sekarang, banyak aplikasi yang dapat digunakan bloger untuk memudahkan aktivitas blogging mereka.


aplikasi yang dibutuhkan blogger

Disclaimer: artikel ini lebih cocok dibaca oleh para bloger pemula 😊

Saya kemarin melakukan survei kecil-kecilan di sebuah WAG (WhatsApp Group) bloger, yang isinya bloger laki-laki dan perempuan, dengan berbagai tingkatan usia, sebagian sudah lama ngeblog dan sebagiannya belum begitu lama. Survei itu mengenai aplikasi apa saja yang mereka miliki/gunakan (yang ada di smartphone mereka) untuk mendukung aktivitas blogging.

Nah, berikut inilah aplikasi-aplikasi yang mereka (dan saya) gunakan. Saya kelompokkan berdasarkan kegunaan tiap aplikasinya, ya.


Aplikasi untuk Menulis

Aktivitas utama seorang narablog adalah menulis. Karena konten utama blog adalah tulisan. Zaman sekarang, menulis tidak hanya bisa dilakukan di MS Word dan notepad yang ada di PC/laptop atau menulis di dashboard blog langsung, melainkan banyak aplikasi yang tersedia. Selain itu bloger juga dituntut untuk menulis dengan baik dan benar sesuai aturan baku berbahasa Indonesia. Nah, berikut aplikasi-aplikasi untuk menulis:

aplikasi untuk menulis

Notes

Pada masing-masing smartphone mungkin namanya berbeda. Ada Evernote, Catatan Keep, dan sebagainya. Tapi yang jelas, aplikasi ini berfungsi untuk membuat draft blog, outline artikel, ataupun sekadar ide-ide yang muncul secara tiba-tiba dan sayang jika tidak “diikat” secepatnya. Sayang kan jika ada ide bagus dan tak segera disimpan (ditulis) lalu terlupakan begitu saja?

KBBI dan Thesaurus

Meskipun bloger bebas menulis dengan gaya apapun termasuk gaya santai, tapi alangkah baiknya jika bloger yang menggunakan bahasa Indonesia dalam blognya, kata-kata yang digunakan adalah kata-kata baku. Karena hal ini termasuk salah satu edukasi kepada para pembaca untuk merawat bahasa Indonesia. KBBI dan Thesaurus sangat membantu bloger menemukan kata-kata baku yang diperlukan, khususnya jika kata-kata tersebut jarang digunakan.

WPS for android

Bagi bloger yang sering mobile dan tak memungkinkan membawa laptop ke mana-mana, aplikasi yang satu ini sangat bermanfaat untuk menulis artikel. Terkait job, kadang ada artikel yang harus segera dikirim draft-nya terlebih dahulu ke klien. Padahal kita sedang enggak di depan laptop atau PC, gimana, dong? Nah, dengan WPS for Android ini kita bisa mengetik seperti di MS Word yang ada pada PC/laptop.

Selain WPS for Android, aplikasi untuk menulis yang lainnya juga ada, seperti MS Word for Android, Gdoc, dan lain-lain.



Aplikasi untuk Edit Foto dan Infografik

Konten blog selain berupa tulisan adalah foto dan di dalamnya termasuk juga infografik. Karena jika blog hanya berisi tulisan tanpa gambar/foto, akan membuat pengunjung cepat bosan atau jenuh berada di blog kita. Foto-foto yang kita tampilkan di blog pun sebaiknya yang berkualitas bagus, agar pengunjung nyaman membaca artikel kita. Nah, berikut beberapa aplikasi edit foto dan infografik yang bisa digunakan bloger.

aplikasi edit foto

Canva

Aplikasi yang sedang hits di kalangan bloger saat ini adalah Canva. Karena fasilitas (fitur-fitur) di Canva sangat banyak dan relatif sangat mudah digunakan oleh siapapun. Mulai dari template untuk segala platform, berbagai aksesoris, foto, dan masih banyak lagi. Di sana kita bisa mengedit foto (dan juga menambahkan video) mulai dari menambahkan tulisan pada foto, membuat kolase, membuat foto carrousel untuk Instagram, dan lain-lain termasuk membuat infografik dengan berbagai template.

PicsArt

Aplikasi PicsArt meskipun menurut saya tidak selengkap Canva, namun sesekali saya butuhkan juga untuk mengedit foto. Misalnya untuk membuat kolase foto yang sederhana, atau menambahkan aksesoris-aksesoris tertentu pada foto. Dan ternyata, banyakkk juga lho bloger yang suka menggunakan PicsArt untuk edit foto :).

Snapseed

Aplikasi yang satu ini bermanfaat untuk edit foto agar lebih manis atau menarik. Misalnya membuat foto dengan efek gelap, efek pencahayaan yang bagus, dan sebagainya. Bloger yang sekaligus suka fotografi biasanya pasti mempunyai aplikasi ini di smartphone-nya.

Selain aplikasi-aplikasi edit foto yang tersebut di atas, masih banyak juga aplikasi edit foto yang lain, seperti Phonto, Lightroom, dan sebagainya.


Aplikasi untuk Edit Video

Konten blog yang tak kalah penting selain tulisan, foto dan infografis, juga ada video. Video bisa kita upload langsung ke blog, juga bisa kita upload ke YouTube baru nantinya di-embed di blog. Nah, sebelum di-publish tentunya akan lebih bagus jika diedit dulu, bukan video "mentahan" yang nampang di blog. Hehe. Berikut beberapa aplikasi untuk edit video:

aplikasi edit video

Kinemaster

Aplikasi edit video yang satu ini relatif mudah digunakan meskipun oleh seorang pemula. Fitur-fiturnya lengkap, dan kita bisa mengimpor file dari media-media berbeda dengan mudah. Fitur editnya juga beragam. Saya nyaman sekali menggunakan aplikasi ini.

Power Director

Aplikasi ini juga relatif mudah digunakan dan fitur-fiturnya juga lengkap. Kata teman saya yang sudah lama menggunakannya, hanya perlu pembiasaan saja untuk dapat menghasilkan video-video keren dari aplikasi ini.

FilmoraGo

FilmoraGo banyak pula penggemarnya. Aplikasi ini juga mudah digunakan untuk edit video. Fitur-fiturnya pun beragam dan mudah digunakan jika kita sabar mempelajarinya terlebih dahulu.


Aplikasi Media Sosial

Perkembangan bloger di masa kini (khususnya bloger profesional) mau tidak mau mengharuskan bloger untuk sekaligus menjadi influencer. Bloger dituntut untuk mempengaruhi pembaca di media sosial (medsos) atas produk atau jasa atau apapun yang ditulis, sekaligus untuk meningkatkan trafik blog.

Maka aktivitas share blogpost ke media sosial menjadi salah satu ritual yang sangat membantu. Dan memiliki aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan media sosial menjadi sangat diperlukan. Nah, berikut ini beberapa aplikasi media sosial yang saat ini sangat penting dimiliki oleh bloger:

aplikasi media sosial

WhatsApp

Sekarang ini, siapa yang enggak menggunakan aplikasi yang satu ini coba? Hampir semua yang memiliki smartphone pasti memiliki aplikasi WhatsApp. Karena memang WhatsApp sangat mudah digunakan, simpel, fiturnya banyak, dan bisa masuk di hampir semua kalangan. Maka bloger juga harus mempunyai aplikasi ini.
Dengan WhatsApp, bloger bisa menjalin komunikasi dengan sesama bloger, dengan klien/brand, agency, bahkan juga dengan para pembaca yang membutuhkan informasi lebih lanjut dari artikel-artikel di blognya.

Facebook

Facebook (FB) merupakan medsos yang paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Maka bloger juga bisa banget memanfaatkan FB untuk mendatangkan trafik ke blognya.

Instagram

Saat ini, brand yang membutuhkan jasa bloger juga menginginkan produk/jasanya ditampilkan di akun Instagram bloger. Karena Instagram memang salah satu medsos yang banyak penggunanya di dunia.

Twitter

Twitter juga salah satu medsos yang banyak penggunanya saat ini. Maka bloger dapat pula mendatangkan trafik blog dari followers Twitter-nya.

YouTube

Untuk melebarkan jangkauan pembaca blog, bloger juga sangat bisa memanfaatkan YouTube. Melalui video di YouTube-nya, bloger bisa mengarahkan viewers-nya ke postingan-postingan di blog.

LinkedIn

Aplikasi yang satu ini lebih fokus pada pencarian pekerjaan, sehingga bloger dapat membangun jaringan di media yang satu ini. Melalui LinkedIn, bloger dapat memasang nama blognya di bio, atau menyebarkan konten-konten blognya di sana. 

Selain aplikasi-aplikasi yang tersebut di atas, masih banyak aplikasi media sosial lain seperti Pinterest, Telegram, Messenger, ataupun TikTok.


Aplikasi Lainnya

Bloger juga membutuhkan aplikasi-aplikasi lain selain yang telah tersebut di atas. Dan, biasanya bloger sangat memerlukan aplikasi berikut ini untuk mendukung aktivitas bloggingnya.

aplikasi penting bagi bloger

Gmail

Wah, kalau enggak ada aplikasi ini di smartphone-nya, tampaknya aktivitas bloger akan berjalan kurang efektif. Sebab banyak kerja sama blog (job) atau informasi-informasi penting lainnya yang biasanya dikirim ke email. Dan saat ini email yang paling banyak digunakan adalah Gmail.

Google Analytics

Google Analytics (GA) bisa dengan mudah diakses melalui browser di smartphone. Namun sebagian bloger lebih suka menggunakan aplikasinya. Lebih simpel katanya. Dengan aplikasi GA ini bloger akan lebih mudah mengecek segala hal yang berhubungan dengan trafik blognya.

Google Drive

Aplikasi ini membantu bloger untuk menyimpan file, atau membagikannya pada orang lain (klien, komunitas belajar, dll).

Google Maps

Aplikasi ini bermanfaat untuk mencari lokasi suatu tempat untuk keperluan event blogger, bertemu klien, dll.

Google Meet dan Zoom

Kedua aplikasi ini sangat membantu siapa saja di masa pandemi ini, termasuk bloger. Dengan Zoom atau Google Meet, bloger dapat menimba ilmu blogging, mengikuti workshop, menjalin komunikasi dengan sesama bloger ataupun klien, dan sebagainya.


Demikianlah teman-teman, beberapa aplikasi yang dibutuhkan bloger untuk mendukung aktivitas ngeblognya. Sebenarnya belum semuanya saya sebutkan, sih. Misalnya, ada teman bloger yang sangat butuh aplikasi Gojek dan Grab untuk aktivitas blogging. Kedua aplikasi itu digunakan untuk keperluan mobilitas seperti datang ke event blogger, maupun untuk urusan perut biar ngeblognya bahagia, hihihi.. 

Memang banyak sekali aplikasi yang dibutuhkan oleh seorang bloger untuk mempermudah aktivitas bloggingnya. Jadi sebelum membeli smartphone, kapasitas memorinya sebaiknya harus sangat dipertimbangkan, ya. Hehe. 

Aplikasi-aplikasi yang telah saya sebutkan di atas semuanya bermanfaat untuk mendukung aktivitas blogging. Namun jika space memori di smartphone kita memang terbatas, kita tidak harus menginstal semuanya, kok. Mungkin kita bisa meng-install - uninstall beberapa diantaranya sesuai kebutuhan. Hehe. Oke.. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya, temans. Happy blogging!



5 comments

  1. Informatif banget, mba..saya masih termasuk baru dalam dunia blogging..nuhun pisan untuk tulisannya..ini bisa untuk referensi saya..😊

    ReplyDelete
  2. Mantab djiwaaa


    Keren bgt ini artikel.
    Beneran ngasih gambaran komprehensif ttg apa dan gimana dunia blogging

    GOOD JOB!!

    ReplyDelete
  3. Di antara semua aplikasi, sepertinya cuma Canva yang belum pernah saya coba. Tapi bener ya, jadi blogger harus bisa beradaptasi dengan segala aplikasi yang ada biar lebih cak cek.

    ReplyDelete
  4. Wah lengkap banget aplikasinya tapii kurang satu neh kayaknya yaitu TikTok ahahahaha karena sekarang brand-brand mulai minta syarat blogger punya akun TikTok.

    ReplyDelete
  5. ternyata banyak banget ya aplikasi yang bisa digunakan, dan ternyata hanya beberapa yang saya gunakan....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.