Telon Lang, Minyak Bayi yang Wangi Alami


"Sudah dikasih minyak telon belum?"
"Sini, aku olesin minyak telon dulu."
"Jangan lupa bawa minyak telon lho, ya!"

Itulah beberapa kalimat yang sering sekali terlontar dari ibu ketika mendampingi saya merawat anak-anak. Ibu tak lupa mengingatkan saya untuk mengoleskan minyak bayi yang wangi itu ke tubuh anak-anak. Biasanya, sih, kami memakai minyak Telon Lang.

telon-lang-minyak-bayi


Kami hampir tak pernah absen mengoleskan minyak telon ke tubuh anak-anak saat mereka habis mandi, saat cuaca dingin, atau ketika perut mereka kembung. Ya, minyak itu begitu penting untuk perawatan bayi dan anak kecil. Maka saat bepergian pun ibu selalu mengingatkan agar saya membawa minyak berkhasiat itu. Karena kalau lupa, bisa bingung nanti di jalan. Hehe. Mesti repot beli lagi di tempat tujuan, kan..

Manfaat Minyak Telon

Minyak telon merupakan minyak yang sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. Minyak ini telah digunakan secara turun-temurun sejak dahulu kala. Jadi enggak heran para ibu baru akan disarankan untuk menggunakan minyak telon oleh nenek si bayi. Kemudian, tradisi ini terus berlanjut ke anak-anak selanjutnya. Begitu seterusnya. Karena memang minyak telon ini terbukti bermanfaat untuk merawat bayi dan anak-anak.

Minyak ini biasanya digunakan untuk bayi dan anak-anak setelah mereka mandi. Selain itu juga biasa dioleskan saat cuaca dingin, atau digunakan untuk pijat bayi. Saya sendiri sudah biasa menggunakan minyak Telon Lang sejak anak pertama hingga anak keempat. Karena memang ibu saya dulu juga menggunakan minyak telon dari Cap Lang ini untuk anak-anaknya (termasuk saya) 😊. Brand Cap Lang sudah enggak diragukan lagi kualitasnya lah, ya.. Sudah berdiri sejak tahun 1973 gitu, lho..

telon-lang-dan-telon-lang-plus
Telon Lang dan Telon Lang Plus.


Nah, mengutip dari website Telon Lang, kata "telon" konon berasal dari kata "telu" dalam bahasa Jawa yang artinya "tiga" memiliki makna "campuran tiga jenis minyak alami", yang terdiri dari: minyak kayu putih, minyak adas manis (minyak anis), dan minyak kelapa.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat minyak telon? 
Kandungan minyak telon yang terdiri dari tiga minyak di atas mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan anak, diantaranya sebagai berikut:

Menghangatkan Tubuh

Kandungan minyak kayu putih yang ada pada minyak telon memberikan sensasi hangat pada kulit bayi/anak. Terutama bayi, nih, yang belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri, sehingga minyak telon dapat membantu menghangatkan tubuh si kecil.
 

Sebagai Minyak Pijat

Minyak telon biasa digunakan untuk pijat, khususnya pijat bayi. Karena minyak ini mengandung minyak kelapa yang cocok untuk memijat. Selain enak untuk memijat, minyak ini dapat melembapkan dan melembutkan kulit.

Melembabkan Kulit

Kulit bayi yang masih sensitif seringkali menjadi kering atau bahkan terkelupas jika kurang lembab. Kandungan minyak kelapa dalam minyak telon dapat menghidrasi kulit bayi sehingga menjaga kelembapan kulitnya.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ini adalah efek dari pijat bayi. Setelah bayi/anak dipijat dengan minya telon, maka biasanya mereka akan dapat tidur dengan nyenyak. 

Meredakan Gatal-gatal

Minyak telon dapat meredakan gatal-gatal pada bayi/anak kecil yang disebabkan oleh gigitan serangga/nyamuk.

Baik untuk Pencernaan

Kandungan minyak adas yang terdapat dalam minyak telon sangat baik untuk pencernaan. Enggak heran jika anak diare atau susah BAB maka dengan dioleskan minyak telon diare atau susah BAB tersebut dapat teratasi.

Mencegah Infeksi

Minyak adas dalam minyak telon ternyata mengandung senyawa antimikroba yang bisa mencegah infeksi. Selain itu minyak ini juga dapat menghambat kemungkinan tumbuhnya jamur yang bisa mengakibatkan penyakit kulit pada bayi.

Menenangkan Bayi

Aroma lembut sekaligus menyegarkan dari minyak telon dapat menenangkan bayi. Biasanya bayi akan tidur nyenyak ketika diolesi minyak telon atau dipijat dengan minyak ini.

Wah, banyak juga ya manfaat minyak telon bagi kesehatan bayi/anak. Cap Lang sendiri sebagai brand yang telah melahirkan banyak produk kesehatan, mengembangkan Telon Lang mengikuti formulasi turun temurun dari budaya leluhur Indonesia yang sudah digunakan dari masa ke masa.

Nah, kalau dulu saya hanya mengenal minyak Telon Lang, ternyata ada produk minyak telon lain dari Cap Lang, yaitu Telon Lang Plus. Kita simak yuk perbedaan dari kedua minyak ini 😊
 

Kandungan dan Manfaat Telon Lang

Minyak telon yang satu ini tutupnya berwarna kuning tua, sedangkan botolnya berwarna hijau muda, senada dengan warna minyak telon di dalamnya. Ini minyak telon yang telah turun temurun dipakai di keluarga kami. Selain untuk bayi, kadang orang-orang yang sudah dewasa pun suka mengoleskan minyak ini ke tubuh jika cuaca dingin. Aromanya yang segar sekaligus lembut memang menyenangkan dan menenangkan sekali.

telon-lang
Minyak Telon Lang.


Nah, berikut ini adalah kandungan yang ada dalam minyak Telon Lang dan manfaatnya:

Minyak Kayu Putih 

Minyak yang dihasilkan dari pohon kayu putih ini dikenal banyak khasiatnya, antara lain untuk menghangatkan badan, menenangkan syarat, mengatasi perut kembung, mengobati gigitan serangga, mencegah masuk angin, juga melancarkan peredaran darah. 

Minyak Anis (Adas Manis)

Minyak ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan mencegah perut kembung karena melancarkan pengeluaran gas dari saluran pencernaan bayi. Selain itu, khasiat antioksidan di dalamnya juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Minyak Kelapa 

Sudah banyak diketahui bahwa minyak kelapa banyak sekali manfaatnya, antara lain dapat melembapkan dan melembutkan kulit. Minyak ini baik sekali digunakan sebagai minyak untuk memijat bayi, agar kulit bayi tidak kering dan mengalami iritasi.


Kandungan dan Manfaat Telon Lang Plus

Kemasan Telon Lang Plus sedikit berbeda dari Telon Lang. Produk yang satu ini tutupnya berwarna putih dan bungkusnya juga dominan warna putih. Untuk bentuk botolnya sama dengan Telon Lang.

Sesuai dengan namanya, Telon Lang Plus mirip dengan Telon Lang, namun dalam komposisinya ada beberapa bahan yang ditambahkan dan tentu saja mempunyai manfaat yang agak berbeda dari Telon Lang. Telon Lang Plus mempunyai kandungan alami Natural Rhodinol, yang telah teruji dapat memberikan perlindungan dan menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam.

telon-lang-plus

Berikut ini kandungan dan manfaat yang terdapat dalam minyak Telon Lang Plus:

Minyak Kayu Putih

Idem dengan keterangan di atas, minyak ini dapat memberikan rasa hangat pada tubuh bayi setelah mandi atau pada saat udara dingin. 

Minyak Anis (Adas Manis)


Sama seperti pada minyak Telon Lang, minyak anis ini dapat mencegah perut kembung pada bayi. 

Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Minyak kelapa dan minyak zaitun berkhasiat untuk melembapkan dan melembutkan kulit bayi sehingga cocok digunakan sebagai minyak pijat untuk bayi. 

Natural Rhodinol

Natural Rodhinol merupakan bahan alami dari ekstrak bunga Geranium dan Citronela yang wanginya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Maka dengan bahan ini Telon Lang Plus dapat melindungi dan menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam. 

Minyak Chamomile

Minyak yang berasal dari bunga Chamomile ini berkhasiat untuk menenangkan dan membuat bayi menjadi rileks. 


Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat Telon Lang Plus adalah untuk menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam, menghangatkan tubuh bayi, dan menjaga kelembapan kulit bayi.

Kemudian perbedaan Telon Lang dan Telon Lang Plus yang paling menonjol adalah adanya manfaat menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk yang dimiliki oleh Telon Lang Plus. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari infografis berikut ini:

perbedaan-telon-lang-dan-telon-lang-plus
Perbedaan manfaat Telon Lang dan Telon Lang Plus.



Manfaat Selalu Sedia Telon Lang dan Telon Lang Plus di Rumah

Setelah menyimak manfaat minyak telon secara umum dan manfaat Telon Lang serta Telon Lang Plus, maka sudah semestinya kedua minyak bayi yang wangi alami ini ada di kotak/lemari perlengkapan bayi dan anak-anak kita. Apalagi di musim hujan seperti sekarang, hampir setiap hari udaranya dingin, sehingga perlu banget mengoleskan minyak telon ke tubuh anak-anak.

Oh ya, kedua minyak telon dari Cap Lang ini insyaa Allah aman digunakan oleh bayi dan anak-anak, ya. Karena selain komposisinya yang hanya terdiri dari bahan-bahan yang alami, kedua minyak telon ini juga sudah ada logo Halal MUI-nya. Sehingga bagi kaum muslim enggak perlu khawatir untuk memakainya.

Oke, demikianlah temans tulisan saya tentang minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus. Semoga dengan selalu adanya kedua minyak telon ini di rumah, menjadikan ibu bahagia anak bahagia 😊.

starter-kit-telon-lang
Starter Kit dari Telon Lang yang #TerbaikUntukAnakku ❤




5 comments

  1. Aku bukan bayiii, tapi selalu sedia minyak telon di kamar :D
    Kalo malam tuh Surabaya sering dingiiin cuacanya.
    cus, auto oles minyak telon deh.
    suegeer dan nyaman banget!

    ReplyDelete
  2. Dulu aku gak suka sama bau minyak2an, pas punya bayi baru deh suka dan malah ketagihan sama bau minyak telon haha
    Minyak telon Lang saah satu andalanku juga buat jaga kehangatan bayi, apalagi udah ada yg plus buat jaga anak dr gigitan nyamuk ya

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget wangi minyak telon dulu sampai sekarang selalu sedia minyak telon sama minyak kayu putih di rumah. Kalau kembung atau mau pilek pasti balurin minyak ini.

    ReplyDelete
  4. Aku sampe anakku balita masih suka nyetok telon. Dan merk ini pernah juga aku beli. Suka sama efek chamomile nya itu loh

    ReplyDelete
  5. Saat Gi bayi, saya pakai Telon Lang Plus. Baunya sedap sekali. Bikin tambah pengen ciumin si bayi.
    Btw saya baru tahu kalau minyak telon karena 3 (telu) bahan. Makasih pencerahannya. Manfaatnya juga banyak sekali melebihi yang saya tahu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.