Pelatihan Online Terbaik Bersertifikat Solusi Jitu untuk Prakerja


Tahun lalu saya pernah mencoba mengambil kursus online gratis tentang SEO di Skill Academy. Sayangnya karena saat itu sedang sibuk dengan banyak hal, kesempatan untuk belajar di platform pelatihan online terbaik bersertifikat tersebut tak sampai selesai. Ilmu yang didapat baru sedikit, sertifikat pun tak didapat. Huhu.


pelatihan-online-terbaik-bersertifikat


Saat itu saya mendapatkan info tentang kursus online gratis dari seorang kawan. Karena saya sedang butuh ilmu SEO (Search Engine Optimization), maka kelas gratis dari Skill Academy tentang SEO yang dimentori oleh Ilman Akbar pun saya ambil. Tapi ya itu tadi, mandeg di tengah jalan. Namun meski begitu, setelahnya saya kerap mendapat email dari platform pelatihan online tersebut. Jadi meski gagal belajar, saya jadi tahu tentang Skill Academy dan kursus apa saja yang ada di sana.

Baca juga: Pengalaman Belajar SEO On Page.


Apa Itu Skill Academy?

Ada banyakkkk sekali kelas untuk menambah kemampuan di Skill Academy. Ada ratusan kursus online yang ditawarkan. Oh ya, bagi yang belum tahu, nih, Skill Academy merupakan inovasi dari Ruangguru. Tahu dong Ruangguru? Yap, yaitu sebuah perusahaan teknologi di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Startup digital ini sudah berdiri sejak tahun 2014 lalu dan didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara bersama rekannya, Muhammad Iman Usman.

Nah, Skill Academy merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Ruangguru yang berdiri sejak tahun 2019. Platform ini menyediakan berbagai pelatihan digital teknis dan soft skill dari berbagai bidang, mulai dari kelas bisnis hingga hobi. Program pelatihan yang dihadirkan membidik para mahasiswa, profesional, dan umum.

Jika dilihat dari menu pada website-nya, Skill Academy menawarkan berbagai pelatihan online dengan kategori sebagai berikut:

  • Mentoring
  • Bisnis dan Keuangan
  • Pemasaran
  • Pengembangan Diri
  • Teknologi dan Software
  • Persiapan Tes
  • Prakerja

Dengan pengelompokan tersebut, calon peserta kursus dapat dengan mudah memilih kelas-kelas yang diinginkan sesuai kategorinya. Misalnya ingin upgrade skill di bidang teknologi, ya, langsung saja klik kategori Teknologi dan Software dan pilih kelas yang paling sesuai. Atau misalnya ingin menambah ilmu untuk persiapan tes, langsung klik saja kategori Persiapan Tes. Di kategori ini akan kita temukan berbagai kelas Tryout TOEFL, Trayout CPNS, dan lain-lain. 

Skill Academy memungkinkan siapa saja untuk dapat belajar meningkatkan technical dan soft skill di berbagai bidang, kapan saja dan di mana saja. Kita dapat memilih kursus atau pelatihan yang diinginkan dan dibutuhkan, kemudian mengikuti kelasnya hingga selesai, lalu mendapatkan sertifikat. 

Pelatihan online semacam ini menjadi solusi banget, kan, di masa pandemi seperti sekarang ini. Kita bisa tetap di rumah saja untuk menghindari virus Corona, namun juga tetap bisa meng-upgrade skill yang kita inginkan dan butuhkan. Skill Academy sendiri telah dipercaya oleh jutaan pengguna, dan ratingnya bagus, sih. Hampir semua kelasnya punya rating 4-5 bintang. Maka enggak heran jika platform ini merupakan tempat pelatihan online terbaik bersertifikat di Indonesia.


Skill Academy, Lembaga Pelatihan Kartu Prakerja

Teman-teman sudah tahu, dong, tentang kartu Prakerja? Itu, lho, program dari pemerintah untuk menanggapi banyaknya sektor pekerjaan yang terdampak Covid-19. Banyak karyawan yang dirumahkan, belum lagi muncul pengangguran baru dari para lulusan sekolah dan universitas. Maka pemerintah membuat program tersebut untuk mendukung peningkatan keterampilan masyarakat.

Program kartu Prakerja telah resmi dibuka sejak bulan Maret 2020 lalu oleh Kemenko RI, Menteri Koordinasi bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. Program ini terbuka bagi siapa saja yang berkewarganegaraan Indonesia, berusia 18 tahun ke atas, dan tidak sedang bersekolah/kuliah.

Baca juga: Lagi Cari Kerja? Ini Dia 4 Cara yang Bisa Dicoba!


Nah, Skill Academy merupakan salah satu dari 8 mitra resmi Kartu Prakerja yang ditunjuk pemerintah sebagai platform pelatihan online. Para pengguna kartu Prakerja dapat mengakses beragam pelatihan secara digital di Skill Academy. Khusus untuk program Kartu Prakerja, platform ini menyediakan berbagai paket yang bisa diambil peserta dengan tarif yang sudah disesuaikan dengan saldo di Kartu Prakerja.


skill-academy-prakerja
Laman Kelas Prakerja di Skill Academy.


Seperti telah diketahui secara luas, peserta yang lolos seleksi pada program Kartu Prakerja tahun 2020 lalu mendapatkan insentif sebesar Rp.3.350.000++ berupa:

  • Saldo pelatihan sebesar Rp.1.000.000,-
  • Insentif Rp.600.000,-/bulan selama 4 bulan (Total Rp.2.400.000,-)
  • Tambahan Rp.150.000,- jika sudah mengisi survei.

Sebagai perusahaan yang menjadi mitra lembaga pelatihan kartu Prakerja, Skill Academy memberikan bonus kepada peserta yang mengambil pelatihan di Skill Academy. Bonus tersebut berupa donasi 10% untuk pembelian paket pelatihan Kombo, gratis langganan Ruangguru selama 3 bulan, langsung mendapat sertifikat, dan kelas bisa diakses selamanya.

Wah, beruntung sekali ya para peserta Kartu Prakerja yang telah mengambil pelatihan online di Skill Academy. Skill bertambah banyak, dapat insentif, dapat bonus plus plus pula 😍.


Baca juga: Tanpa Gelar, 4 Pekerjaan Ini Bisa Berikan Penghasilan Besar.


Skill Academy, Platform Pelatihan Terbaik untuk Prakerja

Program Kartu Prakerja sudah berlangsung sejak Maret hingga Desember tahun lalu, dan pelaksanaannya telah mencapai 11 gelombang. Sedangkan untuk tahun 2021 ini, pemerintah belum membuka pendaftaran kembali untuk gelombang 12. Rencananya, sih, tetap akan berlanjut namun dengan konsep yang lebih baik lagi.


kelas-prakerja-skill-academy
Tahun 2021 ini pendaftaran Kartu Prakerja belum dibuka kembali.


Nah, jika teman-teman berminat untuk mendaftar pada program Kartu Prakerja pada gelombang 12 yang akan datang, sejak sekarang sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya, ya. Mulai dari persyaratan yang dibutuhkan, mempelajari cara mendaftar, hingga pelatihan apa saja yang akan diambil.

Untuk cara mengikuti program Kartu Prakerja sendiri adalah dengan mendaftar di website resmi Kartu Prakerja (yaitu di https://www.prakerja.go.id/ ) kemudian ikuti tesnya.

Setelah lolos seleksi, langsung manfaatkan saldo pelatihan yang didapat dengan membuka laman Kelas Prakerja di situs Skill Academy (https://skillacademy.com/prakerja) dan pilih kelas yang diinginkan. Selanjutnya bayar biaya kelas dengan menggunakan Kartu Prakerja, lalu mulailah kelas dan selesaikan agar mendapatkan sertifikat.

Banyak sekali, lho, keuntungan bagi para peserta Kartu Prakerja jika mengambil pelatihan online di Skill Academy. Pilihan pelatihannya banyak dengan mentor-mentor yang terpercaya, tinggal pilih sesuai keinginan dan kebutuhan, bisa mendapat bonus dari Skill Academy, lalu mendapat sertifikat dan sekaligus insentif. Hemm.. asyik, ya?

Baca juga: Tempat Kerja Para Pekerja DIgital.


Namun, jikapun teman-teman tidak berminat atau belum butuh untuk mengikuti program Kartu Prakerja tetapi ingin menambah skill, bisa banget mencari kelas-kelas yang sesuai di Skill Academy dan mengikutinya hingga mendapatkan sertifikat. Toh, menambah skill enggak ada ruginya sama sekali, bukan? Meskipun saat ini masih aktif bekerja di kantor misalnya, skill yang baru akan memberikan nilai plus yang bisa kita gunakan untuk kesempatan-kesempatan yang akan datang. Who knows?

Apalagi ada platform kursus online terbaik bersertifikat seperti Skill Academy, keuntungan belajar di sana banyak sekali. Seperti berikut ini:

Praktis

Karena kita enggak perlu datang ke tempat kursus secara langsung, hemat energi dan biaya transportasi, tinggal duduk manis di depan laptop, PC, atau bahkan smartphone dari mulai daftar hingga mengikuti kelasnya hingga selesai.

Terpercaya

Mentor-mentor yang ada di Skill Academy telah terbukti punya pengalaman yang baik di bidangnya. Seperti misalnya Gita Savitri sebagai content creator, Ivan Gunawan di kelas fashion, Fedi Nuril untuk kelas aktor, dan sebagainya.

Biaya terjangkau

Biaya untuk tiap kelas di Skill Academy relatif sangat terjangkau, jika dibandingkan dengan materi yang didapat. Karena materinya berupa beberapa video, dokumen, pre-exam, exam, dan sertifikat.  

Materi dapat diakses selamanya

Ya, materi-materi dari kelas yang sudah dibeli, dapat diakses selamanya meskipun sudah selesai mengikuti kelasnya. Sehingga kapanpun bisa dipelajari kembali.

Terdapat fitur tes

Ada fitur pre-exam dan exam (tes) yang berguna untuk mengukur sejauh mana kemampuan peserta dalam mengikuti kelas. Fitur ini sangat bermanfaat, karena kalau enggak ada tes, biasanya kurang mendalami materi, ya. 

Ada sertifikat

Di akhir mengikuti kelas, peserta akan mendapatkan sertifikat yang tentu saja sangat bermanfaat untuk menambah portofolio.


Jadi, tunggu apa lagi? Skill Academy sebagai platform pelatihan online terbaik bersertifikat memang solusi jitu untuk prakerja. Platform ini layak dijadikan pilihan kita untuk meningkatkan kemampuan sebelum mencari pekerjaan. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat, ya 😊.



18 comments

  1. Seneng banget ada pelatihan online prakerja buat siapapun yang membutuhkan ya, harganya pun cukup terjangkau

    ReplyDelete
  2. wah ini inovasinya ruang guru keren jg ya butuh banget nih kursus2 utk upgrade skill sebelum terjun ke dunia kerja. bersertifikat pulak, jd bisa banget buat nambah portfolio yaa

    ReplyDelete
  3. Skill academy ini bersertifikat ya mba.. menarik..bisa online gini bahkan kelas aktor juga ya, wah baru tau akuuu. Keren ya. Mentornya juga nggak diragukan lagii

    ReplyDelete
  4. Wah beruntung ya mba yang bisa dapat kesempatan pelatihan dari prakerja. Setidaknya ada keringanan biaya untuk kelas pelatihan
    Terlihat cukup banyak juga yang bisa dipilih untuk menambah wawasan serta meningkatkan keterampilan

    ReplyDelete
  5. Nah bener juga, banyak pengangguran terus ditambah lulusan perguruan tinggi yang entah mau kemana arahnya. Alhamdulilah ada pelatihan online yang sangat membantu seperti ini ya Mbak. Jadi mereka bisa benar-benar mengikuti pelatihan pada tempat yang tepat skill academy.

    ReplyDelete
  6. Aku nggak terlalu ngikutin tentang kartu pra kerja ini. Padhal sempat jadi pro-kontra yaaa... Ini nggak ada batasan umur maksimal kah? Atau cuma batas minimal saja?

    ReplyDelete
  7. aku ikut pelatihan Prakerja ini dan ikut untuk Skill Academy. Memang oke banget, materinya mudah dimengerti dan juga materi yg dapat diakses selamanya

    ReplyDelete
  8. Aku habis kepoin jenis-jenis pelatihan onlinenya. Menarik juga ya bisa update ilmu & skil secara online untuk mempersiapkan diri di dunia kerja

    ReplyDelete
  9. Materinya menarik ya. Aku kepo sama pelatihan e-commerce sama copywritingnya nh, Mak. Sejak pandemi ini akhirnya aku terjun sama bisnis jualan online

    ReplyDelete
  10. Oh iyaya, kelasnya sangat banyak juga yaa..
    Aku barusan lihat-lihat webnya. Yang menarik adalah banyaknya bidang yang ditawarkan sehingga memungkinkan para pencari kerja untuk memilih hal yang disukai.

    ReplyDelete
  11. Banyak sekali ya .. ada ratusan kursus online di Skill Academy? Wuih ... buat orang yang senang belajar, surga deh tuh :)

    ReplyDelete
  12. nah aku juga lagi pengen belajar ux writer mak, kayaknya seru nambah ilmu sama pengen refresh lagi materi-materi bloger ini
    pengen nyobaaa yuk yuk barengan

    ReplyDelete
  13. Para pengguna kartu Prakerja pastinya bisa terbantukan dengan adanya Skill Academy ini, ya. Mereka bisa menambah keahlian dengan mengikuti pelatihan online. Lebih praktis.

    ReplyDelete
  14. wah banyak ya materi pelatihan dari Skill Academy yg bisa dipilih
    aku tertarik ikutan uh copywriting..
    harganya terjangkau dan ada sertifikstnya pula

    ReplyDelete
  15. ada banyak pilihan materi yang bisa dipelajari di skill academy sesuai dengan kebutuhan kita ya mbak dan harganya pun terjangkau sampai dapat sertifikat.

    ReplyDelete
  16. Beruntung banget dapat pelatihan dari Skill Academy aq kmrn mau daftar kelupaan melulu

    ReplyDelete
  17. pengin nyoba kelas UX Writing
    Pengin nyoba Youtuber class
    Aaakk, pengin semuaaaa dahh kalo lihat modul di Skill Academy iniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh toss mbak
      aku juga pengen ikutin caca kls youtube anak di Skill Academy
      klo akunya sendiri sih pengen yg SEO

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.