Saturday, 19 December 2015

Keinginan Terbesar di 2016: Lebih Banyak BERBAGI






Sebenarnya bukan karena latah jika saya menuliskan keinginan-keinginan untuk tahun depan, seperti yang dilakukan kebanyakan orang di akhir tahun. Bukan karena ikut-ikutan jika saya mempunyai resolusi untuk tahun 2016 yang akan datang. Ya, karena alhamdulillah, saya terlahir pada tanggal dua di bulan Desember, sehingga bagi saya Desember adalah bulan muhasabah (introspeksi/evaluasi diri) sekaligus bulan untuk menyusun resolusi yang baru untuk tahun berikutnya. 

Ada yang bilang, “bercita-citalah setinggi langit, sehingga kalaupun cita-cita itu tak tercapai, kau masih jatuh di antara bintang-bintang”. Hehe… menyusun resolusi memang bisa seindah mungkin, tetapi jika tak tercapai semua, minimal ada beberapa yang tercapai. Setidaknya kita telah berusaha untuk mewujudkan daftar resolusi yang telah kita buat sendiri. 

Begitu pula yang terjadi pada saya di hampir setiap tahun. Saya mempunyai daftar resolusi yang sedemikian ciamik. Tapi apa daya, hanya sebagian kecil yang bisa saya wujudkan. Barangkali, saya kurang sungguh-sungguh dalam berusaha. Atau mungkin, resolusi saya yang terlalu muluk-muluk. 

Dan untuk tahun 2016 yang akan datang, saya juga mempunyai resolusi. Apa itu? 

Kali ini saya mempunyai resolusi dalam garis besar, yaitu semacam goal utama, atau keinginan terbesar. Saya ingin sekali lebih banyak BERBAGI pada orang lain di tahun depan. 

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."
(QS. Al-Baqarah: 261).

Hemm... betapa indahnya berbagi.
Tapi barangkali, hal itu terdengar sepele bagi sebagian orang termasuk teman-teman blogger. Berbagi mungkin bukan perkara yang berat bagi teman-teman. Seperti misalnya yang saya lihat, semakin hari semakin banyak saja teman-teman yang berbagi lewat program GiveAway di blognya masing-masing. 

Selama ini, jujur saya akui, saya masih sangat jarang berbagi dengan orang lain, baik di dunia nyata apalagi dunia maya. Maka dari itu, tahun depan semoga saya bisa lebih banyak berbagi. Tapi… berbagi itu, kan, ya perlu modal. Sedangkan saya, dapet modal dari mana, dong? Secara saya hanya ibu rumah tangga biasa, yang pengangguran, tiap hari kerjaannya cuma main-main sama anak-anak? 

Hemm… gimana, ya? Masa mau berbagi harus merengek-rengek ke suami? Ya, kalau suami sedang longgar, kalau enggak? 

Maka dari itu, saya harus berusaha keras untuk bisa mewujudkan resolusi saya tahun depan dan semoga juga tahun-tahun berikutnya: lebih banyak berbagi. Lalu, apa, dong, usaha saya? Karena saya bisanya cuma nulis, ya sudahlah saya pakai modal itu. Dan beginilah rencana saya untuk tahun 2016: 
  1. Ngeblog yang rajin. Iya, setelah blog saya ini sudah ganti domain sejak 2 Desember 2015 lalu, saya memang berniat lebih serius ngeblog. Saya ingin lebih rajin ngeblog biar ada kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Entah itu dari mereview produk, lomba/kontes blog, atau dari yang lain. Dan untuk mendukung usaha ini, saya juga pengen banget mempercantik blog dengan ganti template yang lebih oke. Semoga saja bisa, ya :). 
  2. Menulis selain ngeblog. Nah, ini salah satu resolusi yang gagal saya penuhi di tahun 2015 ini. Saya ingin menulis ke media massa lagi. Entah itu artikel, review atau resensi buku, cerpen, atau yang lain. Dulu pernah, sih, beberapa kali. Tapi di tahun 2015 ini yang rencananya lebih fokus ke media massa, malah enggak terealisasi sama sekali. Jadi, di tahun 2016 nanti saya juga ingin menulis untuk media massa. Ya, biar bisa menambah penghasilan dari menulis, biar bisa lebih banyak berbagi. 
  3. Berbisnis. Sebenarnya saya sudah mulai berusaha berbisnis sejak beberapa waktu belakangan ini. Tapi, hasilnya masih mengecewakan. Karena pada dasarnya saya susah kalau buat nyeles. Hehe… saya susah ngomong untuk jualan. Jadinya, ya, cuma sedikit pemasukan dari bisnis yang saya lakukan. Maka, dengan niat untuk berbagi, insya Allah saya akan lebih giat berusaha untuk berbisnis. Entah itu secara online atau offline. 

Nah, begitulah keinginan terbesar saya di tahun 2016 yang akan datang beserta usaha-usaha yang akan saya lakukan. Semoga terwujud, ya, teman-teman :) *mohon doanya* 



Klik "IKUTI QUIZ"


Oiya, ngomongin soal keinginan terbesar di tahun 2016, mungkin ada juga nih yang mencatat shopping wishlist yang ingin dimiliki di tahun depan? Mungkin ada barang impian yang belum kebeli di tahun ini dan ingin membelinya di tahun 2016? Ada kabar gembira, nih. Teman-teman bisa ikutan kuis di Flipit. Udah tau, dong, apa itu Flipit? Yap, Flipit adalah situs kupon online global terbesar di Indonesia bahkan dunia. Di Flipit, kita bisa menemukan deal-deal terbaik untuk toko-toko online favorit kita, seperti misalnya di Bilna. 

Jadi kalau kita mau ikutan kuisnya, kita tinggal buka shop page Bilna di Flipit, trus ikuti aturan main kuisnya. Akan ada hadiah berupa voucher Bilna IDR 600.000 untuk 2 (dua) orang pemenang. Yey! 




Please, isi dengan nama blog saya ini, yaaa ;)


Ehm, pesan saya, nih, jika teman-teman tau kabar ini dari hasil membaca postingan saya ini, tolong yaa *hehe… sungkem dulu* ntar isi kolom pertanyaan “Dari mana anda mengetahui kuis Bilna wishlist ini?” dengan nama blog saya ini, ya, www.dekamuslim.com. Terima kasih sebelumnya :)

Oke, selamat mengikuti kuisnya, selamat membuat resolusi untuk tahun 2016, dan semoga kita semua sukses di tahun 2016! Aamiin... :)



36 comments:

  1. Selamat Mbak, sekarang sudah domain sendiri blognya. Biasanya bakal lebih rajin lagi ngeblognya.

    Aamiin untuk resolusinya, semoga tercapai semuanya ya Mbak.

    Sukses buat lombanya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak Mugniar. Iya, semoga makin rajin dan bermutu konten blog saya ini ya, Mbak :)
      Aamiin...untuk doanya :)

      Delete
  2. Asik, asikkk... waktunya bikin resolusi biar makin SEMANGAAAAT di 2016!

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Heheheh... Bikin juga gak, nih?? :)

      Delete
    2. Ada mbak, heheheh tapi blm tercatat

      Delete
  4. semoga tercapai semua harapannya yah Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Amiin semoga tercapai resolusinya mak

    ReplyDelete
  6. Resolusinya keren deh, mbak, moga terwujud yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Semoga bukan sekadar resolusi yg tertulis aja ya, Mbak, tapi terwujud. Aamiin.. Makasih, Mbak Hidayah :)

      Delete
  7. Niat yang jempolan Mba. Semoga bisa terealisasi ya. semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Makasih, Mbak Ety. Sederhana tapi berat bagi saya, Mbak :)
      Aamiin.. Makasih doa dan semangatnya, Mbak :)

      Delete
  8. Replies
    1. Insya Allah, Mak Tanti :) aamiin... Makasih, Mak :)

      Delete
  9. Aamiin... Semoga resolusinya tercapai, Mbak.

    ReplyDelete
  10. aamiin.. moga terkabul mbak :)

    o,iya. cuma sekedar info barang kali mau menambah list berbaginya.. kebetulan saya bekerja sebagai funding officer di lembaga amil zakat Nurul hayat :)

    Kalau mau ikut berbagi menjadi donatur tetap bisa hubungi saya mbak. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih doanya, Mbak Tika.
      Soal itu ya nanti kalau ada rezeki lebih insya Allah semoga saya bisa gabung di Nurul Hayat :)

      Delete
  11. Semangat mba dan selamat mba, bertambah rajin ngupdate-nya. Lam kenal :) *belumpernahkesiniya?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak Lidha. Salam kenal kembali :)
      Iya kayaknya baru kali ini, deh :)

      Delete
  12. Aamiin..smoga resolusinya terlaksana mak.
    Btw resolusi kita tiga2nya kurang lebih sama maaaaakkk....bedanya blog saya bukan domain pribadi hehehe...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu dong, Mak.. :)
      Aamiin.. Makasih ya, Mak. Semoga demikian juga dgn resolusi mak Pertiwi :)

      Delete
  13. Selamat berbagi dalam kebaikan Mbak :)

    ReplyDelete
  14. Amiiin. Semoga dapat terus menanamkan kebaikan ya, Mbak. Sebab menjadi manfaat adalah satu-satunya kemuliaan bagi manusia. Dan sukses buat kompetisinya! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Terima kasih buat semua doa indahnya, Mbak :)

      Delete
  15. Resolusinya kurang lebih sama kita mak :D

    Selamet utk blognya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss juga, Mak Uze :)
      Hehe... Makasih, ya :)

      Delete
  16. Semoga resolusi nya tercapai ya mba amin. Sy ga merayakan taun baru tp kita sama mba. Di bln Desember slalu merasa diingatkan akan singkatnya waktu. Ko udah taun baru lg ya padhl rasanya br kemarin awal taun ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Saya juga enggak merayakan kok, Mbak. Buat evaluasi sama resolusi aja tiap hari lahir :)

      Delete
  17. Semoga resolusinya berjalan lancar. Amin

    ReplyDelete
  18. Berbagi itu emang indaaaah banget, ngeliat senyuman orang yg kita ajak berbagi apalagi. Subhanallah banget :)
    Btw selamaaat ya mb slrg sudah TLD, makin sukses barokallah...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law