7 Alasan Mengapa Harus Mengikuti Kursus Koding


Kursus coding atau koding kini sudah semakin menjamur di Indonesia. Ada yang menyediakan kelas online, ada juga yang menyediakan kelas offline. Masing-masing penyedia kelas tersebut tentu memiliki kurikulum dan juga fasilitasnya masing-masing.


kursus coding
Source: pixabay.com

Namun apakah di antara teman-teman ada yang masih bertanya, apakah worth it untuk mengikuti kelas koding?

Baca juga: Belajar Interaktif Berbasis Internet dengan e-Learning.

Keuntungan yang Didapat dari Kelas Koding

Teman-teman mungkin ada yang mempertanyakan sebenarnya apa manfaat yang akan didapatkan dari mengikuti kelas koding? Lalu apakah dengan mengikuti kursus coding dapat menjamin kita akan lebih mahir dari yang belajar koding secara otodidak?

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut kita bisa simak beberapa ulasan di bawah ini:

💻 Pembelajaran Terarah

Saat kita mengikuti kelas koding tentu kita akan mengikuti kelas dengan lebih terarah. Ini bisa terjadi karena kita akan belajar sesuai dengan kurikulum yang sudah disediakan oleh penyedia jasa kelas koding.

💻 Pembelajaran Sistematis

Dengan mengikuti kelas koding, tentu kita akan belajar koding secara sistematis. Kita akan diberikan pelajaran mengenai koding mulai dari dasarnya.

Misalnya kita akan diberikan pembelajaran mengenai 5 dasar konsep koding, lanjut kita akan diberikan materi seputar bahasa pemrograman, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengalaman Belajar SEO On Page.

💻 Memiliki Mentor

Dengan mengikuti kelas koding tentu kita akan memiliki mentor. Dengan begitu kita akan memiliki seseorang yang bisa menjelaskan mengenai ilmu koding secara rinci. Selain itu, kita juga bisa bertanya langsung pada mentor jika memiliki pertanyaan seputar koding.

💻 Memiliki Teman Diskusi

Selanjutnya, kita akan memiliki teman diskusi saat mengikuti kelas koding. Dengan begitu kita bisa melakukan tanya jawab dengan bebas dan bisa menggali ilmu tentang koding melalui rekan kelas kita.

💻 Memiliki Proyek

Biasanya penyedia kelas koding akan memberikan proyek asli sebagai salah satu cara supaya kita bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah kita dapatkan sebelumnya. Dari proyek tersebut nantinya kita bisa praktikkan semua ilmu yang kita dapatkan sebelumnya.

Kita tidak perlu khawatir akan melakukan kesalahan karena selama mengerjakan proyek ini nantinya kita akan tetap didampingi oleh mentor, dan juga mengerjakan proyek tersebut dalam bentuk kelompok.

Nantinya, proyek yang sudah berhasil kita kerjakan bisa kita jadikan sebagai portofolio saat kita akan melamar menjadi seorang programmer pada suatu perusahaan. Atau hasil proyek kita tersebut juga bisa dijadikan sebagai bukti bahwa kita benar-benar menguasai ilmu yang sudah kita dapatkan di kelas sebelumnya.

💻 Mendapatkan Sertifikat

Salah satu bukti bahwa kita memiliki keterampilan di dunia coding adalah dengan memiliki sertifikat resmi. Dengan begitu skill koding kita sudah diakui kemahirannya.

Selanjutnya, sertifikat ini juga bisa kita lampirkan saat akan melamar pekerjaan menjadi seorang programmer. Dengan begitu tim rekrutmen akan percaya bahwa kita memang memiliki skill yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

💻 Jaringan Alumni

Biasanya, alumni dari sebuah kelas koding akan tetap menjaga hubungannya meski kelas pembelajaran sudah berakhir. Dengan menjadi bagian dari teman alumni tentu kita akan selalu mendapatkan kesempatan berdiskusi dan juga berbagi ilmu. Selain itu melalui jaringan alumni juga kita bisa mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan.

Baca juga: Aplikasi yang Dibutuhkan Bloger.

Dari informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan mengikuti kursus coding kita akan mendapatkan banyak manfaat. Selain ilmu yang kita peroleh lebih mendalam, kita juga akan mendapatkan teman diskusi jangka panjang saat sedang mengerjakan proyek milik kita sendiri. Akhir kata, tetap semangat dalam mempelajari koding!



12 comments

  1. Koding sekarang lagi naik daun, tapi aku belum ada minat. Kaya masih asing gitu buatku. Gak ada bayangan dasar sama sekali. Mungkin next time atau rekomendasikan ke orang lain aja ya yang memang suka

    ReplyDelete
  2. Koding sekarang lagi naik daun, tapi aku belum ada minat. Kaya masih asing gitu buatku. Gak ada bayangan dasar sama sekali. Mungkin next time atau rekomendasikan ke orang lain aja ya yang memang suka

    ReplyDelete
  3. Skill coding ini sedang booming, ya. Banyak yang tertarik pada dunia ini dan sekarang banyak tersedia peluang untuk mendapatkan penghasilan dari coding.

    ReplyDelete
  4. Bagi yang berminat, punya kemampuan dan memang berniat untuk belajar bisa banget bergabung dan tentu kemampuan ini sangat dicari sekarang kan ya. Kudu bener pilih kursus yang terbaik sih

    ReplyDelete
  5. pengen banget bisa pinter coding, aku dulu cuman utak atik sendiri waktu bikin blog pertama di Blogspot. Itupun cuman seadanya.
    Kalau ada kursus coding begini, pengennya bisa terjun ke dunia web development

    ReplyDelete
  6. Dulu pernah belajar coding sendiri, otodidak, sulit emang. HTML basic masih mudah, CSS udah main logika.

    ReplyDelete
  7. Betul banget, Mbak. Emang kalau ikut kursus koding lebih banyak keuntungan. Ga cuma tambah teman untuk sharing atau diskusi, tapi juga pembelajaran yang sistematis dengan dukungan penuh mentor yang mumpuni. Kalau belajar sendiri kadang ga telaten, ga ada tekanan tugas yang melecut biar tambah berkembang.

    ReplyDelete
  8. Padahal anakku pengen banget les coding, cuma harganya itu loh, hiks.. Luar biasa, semoga nanti kesampaian ikut belajar coding ya mbak

    ReplyDelete
  9. Sekarang makin banyak kursus koding baik buat anak2 maupun dewasa. Gakkuliah informatika pun bisa belajar koding buat menambah skill dan pengalaman, bahkan bisa jd batu lompatan ke kerjaan baru ya. Apalagi kalau baru lulus dah dapet proyek pasti seneng bener tu hehe

    ReplyDelete
  10. Jaringan alumni sih yang paling menarik, jadi bisa saling berbagi projects 😆

    Dan tentu kalau mau belajar otodidak, biasanya kebanyakan jadi wacana saja.. selalu aja ada alasan buat menunda-nunda waktu belajarnya 😅

    ReplyDelete
  11. Seru yah..bisa belajar coding.
    Apalagi bagi anak-anak dengan bidang peminatan dunia IT. Ini bakalan jadi masa depan dan bekal yang baik selain melatih struktur pola berpikir.
    Dan tentunya belajar coding untuk orang dewasa sangat membuka peluang pekerjaan idaman dengan gaji di atas UMR.

    ReplyDelete
  12. Kelas koding saat ini sudah banyak opsinya ya, enak buat bisa belajar apalagi kalau IT dibutuhkan di mana-mana dan prospek ke depannya bagus. Termasuk coding untuk anak-anak juga sudah ada, jadi bisa mengembangkan bakat sejak dini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.