Belajar Interaktif Berbasis Internet dengan e-Learning


Di era internet yang berkembang sedemikian pesat, pasti kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya e-learning. Apalagi di masa pandemi lalu ketika hampir semua sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh, sebagian besar metode e-learning pun sudah diterapkan. Apa sebenarnya e-learning dan apa manfaatnya bagi anak?


e-learning

Apa Itu e-Learning?

e-Learning merupakan sebuah terobosan di era digital yang memberikan dampak positif bagi para pelajar dan tenaga pendidik. Sistem ini memberikan solusi untuk tetap dapat mengakses media pembelajaran dengan lebih mudah. Secara singkat, e-learning dapat diartikan sebagai sistem kegiatan belajar mengajar yang menggunakan media elektronik dan dapat diakses secara daring.

Baca juga: Dilema PTM, Momen Saat Pandemi yang Tak Terlupakan.

Manfaat e-Learning bagi Anak

Beberapa manfaat e-learning adalah sebagai berikut:

📗 Waktu Belajar Lebih Fleksibel

Dengan adanya situs atau file khusus yang telah disediakan anak jadi lebih leluasa ketika ingin mengulang materi pelajaran. Keberadaan e-Learning juga menjadi salah satu solusi bagi anak-anak yang memiliki kesulitan dalam mengatur waktu.

📗 Interaksi Guru dan Murid Mengandalkan Kestabilan Internet

Jika pada kegiatan pembelajaran konvensional interaksi guru dan murid hanya terbatas pada ruang kelas, maka berbeda ketika menggunakan e-Learning.

Baik guru maupun murid dapat berinteraksi secara interaktif kapan saja tanpa harus menunggu bertatap muka terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan komunikasi kedua pihak didukung oleh jaringan internet.

Jaringan internet yang stabil sangat menunjang kegiatan diskusi guru dengan murid, sehingga apa yang menjadi permasalahan anak-anak mudah tersampaikan pada gurunya.

Baca juga: Permainan Edukatif Anak, dari Tradisional Hingga Modern.

📗 Jangkauan Belajar Lebih Luas

e-Learning membantu siapa saja yang memiliki akses terhadap materi pelajaran dapat membukanya kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Otomatis, e-Learning lebih mudah menjangkau banyak siswa di mana pun berada. Selama anak memiliki sambungan internet, maka akses terhadap e-Learning bisa dilakukan kapan saja.

📗 Materi Pembelajaran Menggunakan Media Digital yang Lebih Interaktif

Penggunaan media digital sangat memungkinkan adanya penyampaian materi yang lebih kreatif. Tak sedikit pengajar yang menggunakan media pembelajaran dalam bentuk video, gambar hingga audio untuk memberikan penjelasan yang lebih jelas dan komunikatif.

Selain itu, akses ke berbagai platform belajar online pun jadi lebih mudah. Seperti yang dilansir Pricebook, dengan akses internet IndiHome di rumah, anak bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di platform pembelajaran online, seperti Ruangguru, Zenius, Khan Academy, dan sebagainya.

📗 Lebih Mudah Mendapatkan Tambahan Materi Belajar dari Internet

Belajar menggunakan dukungan internet, tentu membuat peserta didik menjadi lebih mudah mencari berbagai referensi tambahan untuk memperjelas materi pelajarannya.

Jika di rumah sudah menggunakan koneksi internet IndiHome dari Telkom Indonesia, bahkan kita bisa mengakses berbagai materi belajar yang berkualitas sebagai tambahan pengetahuan bagi anak.

Baca juga: Ide Aktivitas Bermain untuk Mengasah Kreativitas Anak.

online learning


Media Belajar dari IndiHome untuk Anak Indonesia

IndiHome Edukasi adalah layanan yang menawarkan akses online ke konten pendidikan dari SD hingga SMA. Layanan ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online yang dapat membantu anak-anak untuk memahami dan menguasai materi pelajaran dengan mudah. Dengan IndiHome Edukasi, anak-anak dapat belajar di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke sekolah.

Selain itu, IndiHome Study dirancang khusus untuk memudahkan proses belajar anak. Fitur-fitur yang ada dalam layanan ini antara lain Online Class, Virtual Library, dan Online Exam. Dengan fitur Online Class, anak-anak dapat mengikuti kelas online dengan mudah melalui layanan video conference.

Baca juga: Paket Belajar Online Faber-Castell

Dalam Virtual Library, anak-anak dapat mengakses berbagai buku dan materi pembelajaran secara online. Sedangkan Online Exam memungkinkan anak-anak untuk melakukan ujian secara online dan mengetahui hasilnya dengan cepat.

IndiHome Kids adalah layanan yang menyediakan konten edukasi yang aman dan bermanfaat untuk anak-anak. Layanan ini dilengkapi dengan berbagai video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi yang dapat membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan.

Para orang tua juga dapat memantau aktivitas belajar anak-anak dengan mudah dan memastikan mereka mendapatkan konten edukasi yang sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka. Selengkapnya, teman-teman bisa mencari informasi lebih lengkap di website IndiHome.



24 comments

  1. e-learning kayak gini memang memudahkan sih. Anak-anak juga suka capek kalau harus pergi lagi sepulang sekolah misalnya. Jadi, memang lebih suka memilih e-learning dibanding tambahan pelajaran di tempat lain gitu. Supaya mereka gak capek juga

    ReplyDelete
  2. Kedua anakku sekarang juga ambil e-learning Mbak. Awalnya yang sulung doang yang mau ikut e-learning. Tapi karena si kecil ini agak malas-malasan kalau berangkat luar rumah gitu, jadinya berbekal IndiHome, dia jadi ikut belajar di rumah aja lewat e-learning.

    ReplyDelete
  3. Bahkan setelah masa covid dinyatakan berakhir, saya tetap pakai e-learning buat memberikan materi tambahan ke anak. karena memang, seringkali e-learning ini lebih variatif isinya, jadi menambah wawasan anak

    ReplyDelete
  4. Era digital saat ini, kita semua harus adaptif dengan perkembangan teknologi ya.. termasuk anak anak. belajar secara interaktif bisa meningkatkan minat belajar anak, apalagi dengan e-learning ya.. bisa nambah kemandirian serta skill digital anak anak juga

    ReplyDelete
  5. Di era digital seperti sekarang ini belajar lebih mudah dan dapat mengakses berbagai informasi via internet ya Mba. Sebagai orang tua pun kadang belajar parenting referensinya lihat dari internet

    ReplyDelete
  6. Seneng ya kalo koneksi internet di rumah stabil jd anak2 tetep bisa belajar di rumah semenjak covid di kampusku udh bisa ngajar hybrid mak. Tetep diutamakan offline tp kalo paa mendesak bisa online jugq

    ReplyDelete
  7. Pantesan kemaren ada keponakanku yang aku tanyai sekolah di mana ternyata jawabnya sekolah di luar kota. Eh ternyata pake e-learning. Cocok nih pake IndiHome Edukasi.

    ReplyDelete
  8. Senangnya ada internet dari IndiHome ini ya mbak
    Sinyalnya cepat dan stabil
    Belajar jadi lancar deh

    ReplyDelete
  9. Hai Mba. Ngerasa banget ketika saat covid dan andalannya e learning. Dan kita juga sebagai orangtua bisa senang juga anak bisa belajar dengan baik. Andalan banget ya IndiHome ini :)

    ReplyDelete
  10. metode e learning ini memang membantu banget ya buat anak belajar tapi memang salah satu syaratnya di rumah harus ada internet yang stabil kayak IndiHome

    ReplyDelete
  11. sejak pandemi jadi semakin banyak yang sadar kalau belajar gak selalu harus tatap muka langsung. Tapi, juga bisa e-learning. Asalkan fasilitasnya mendukung. Salah satunya harus ada koneksi internet yang cepat dan lancar

    ReplyDelete
  12. Anak-anak kalau sedang belajar gini tuh internet gak boleh putus, kudu banget cepat dan tentunya harus stabil ya. Sayang banget soalnya kalau lagi semangat dan serius belajarnya terus internetnya putus.

    ReplyDelete
  13. Sekarang jaman digital belajar gak harus tatap muka juga bisa ya, keuntungannya waktunya jug alebih fleksibel. Nah untuk bisa lancara belajar e-learing butuh internet cepat. Aku juga pakai IndiHome di rumah.

    ReplyDelete
  14. Karena aku tinggal di desa, belajar e-Learning masih belum banyak dipakai. Paling yang anak SMA atau kuliah. Yang lain masih manual. Tapi setuju sih banyak ini sebenarnya banyak manfaatnya buat anak

    ReplyDelete
  15. Anak-anakku ya itu belajar pakai internet, kadang juga games bikin banyak modal bayarnya sih tapi tiap orang tua ada PR juga nemani anak-anak jangan kebablasan pakai internet

    ReplyDelete
  16. Penasaran banget sama Virtual Librarynya IndiHome.
    Karena anak sekarang memang secepat itu belajarnya.. Uda gak butuh buku karena semuanya bisa diperoleh dengan mudah melalui pembelajaran mandiri menggunakan e-learning.

    ReplyDelete
  17. wah keren banget Indihome yaa, sekarang ada e-learning untuk menemani anak-anak belajar. belajar jadi lebih menyenangkan karena memakai internet yang jaringannya lancar

    ReplyDelete
  18. IndiHome adalah bagian terpenting yang harus ada di rumah. Soalnya itu kebutuhan pokok karena anak butuh belajar tak hanya di sekolah

    ReplyDelete
  19. Zaman sekarang emang apa2 serba nyari di internet. Aku di rumah juga gtu kalau nyariin bahan materi pelajaran ya googling aja :D
    Wajib banget deh punya internet di rumah, selain bisa membantu cari2 bahan, juga supaya gak ketinggalan info terkini hehehe

    ReplyDelete
  20. Paling enak emang e-learning itu, waktunya lebih fleksible, ga habis waktu di jalan buat menuju lokasi belajar, cumaa, modal internetnya harus kenceng dan stabil. Kalau ngga, belajarnya ga maksimal 😂

    ReplyDelete
  21. anakku pakai e-learning platform untuk proses belajarnya. Enaknya gitu sih lebih fleksibel akses kapan saja selama internet OK. Trus, biayanya lebih murah dibanding tatap muka. Kalau IndiHome Kids aku baru tahu nih. coba yah cek cocoknya untuk kelas berapa aja.

    ReplyDelete
  22. Pembelajaran online bisa berjalan dengan lancar dan baik ketik tidak ada gangguan koneksi internet.

    Setuju banget sih, pakai IndiHome biar koneksi lancar, cepat dan stabil.

    ReplyDelete
  23. Aku juga pakai Indihome, karena memang jaringan internet yang bisa masuk ke daerah aku cuma Indihome, padahal di Jakarta selatan lho. dan selama ini lancar jaya koneksi internetnya.

    ReplyDelete
  24. Sejak pandemi nih pembelajaran mode e learning udah gak bs Denial lg. Tyt cukup sangat membantu. Mmg teknologi itu hrs dijadikan kawan baik sejak dini. Tentunya dg kontrol yg baik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.