Jadi Streamer Lebih Mudah di IDN Live, Gimana Caranya?


Hai, temans. Sudah tahu aplikasi IDN dari IDN Media, dong? Kalau beberapa waktu yang lalu saya pernah mengulas live streaming di IDN Live, nah, kali ini saya akan sedikit memberikan kabar terbaru dari aplikasi tersebut. Mau tahu? Yuk, simak tulisan ini sampai selesai 😊


IDN Live_IDN Media

Sebelumnya, teman-teman pastinya juga sudah tahu, ya, kalau saat ini konten live streaming semakin banyak diminati? Banyak orang lebih tertarik menonton live streaming daripada hanya membaca postingan di website/blog atau melihat foto-foto di media sosial. Dari beberapa artikel yang saya baca menunjukkan bahwa angka pencapaian audiens di balik program live streaming sangat mengesankan.

Hal itu karena live streaming dinilai efektif untuk menjalin komunikasi dengan konsumen, karena hanya dengan proses sederhana menyelenggarakan siaran langsung, kita dapat menyampaikan pesan sekaligus mendapatkan feedback secara langsung dari audiens.


Keuntungan Live Streaming

Live streaming atau siaran langsung adalah salah satu cara brand atau bahkan personal untuk terhubung atau lebih dekat dengan target audiens. Tujuannya, supaya kita dapat lebih mudah menyampaikan informasi terkait produk atau brand

Nah, apa saja, sih, keuntungan menyelenggarakan live streaming?

Yang pertama adalah hemat budget. Ya, kita tidak perlu menyewa tempat atau studio khusus untuk melakukan pengenalan produk/jasa. Kita hanya perlu memikirkan konten acara seperti apa yang akan ditayangkan, menyediakan perangkat yang dibutuhkan, dan memilih platform media sosialnya saja.

Yang kedua adalah meningkatkan brand awareness. Dengan melakukan live streaming, kita bisa menayangkan konten yang beragam. Mulai dari ulasan singkat, wawancara dengan salah satu pemimpin perusahaan, berbagi motivasi atau inspirasi dari tokoh-tokoh sukses, dan lain-lain. Dengan konten-konten seperti itu, audiens akan semakin mengenal brand kita.

Ketiga adalah menjaga hubungan baik dengan audiens. Karena biasanya dalam live streaming kita melakukan sesi Q & A (questions and answers), sehingga bisa membuat penonton selalu antusias, merasa lebih dekat dengan brand, dan memungkinkan mereka untuk tetap setia membeli produk atau menggunakan jasa dari brand milik kita atau yang kita tawarkan. 

Keempat adalah menjangkau pelanggan baru. Dengan video siaran langsung yang menarik, memungkinkan audiens lama membagikan konten kita secara cuma-cuma ke media sosial mereka. Hal ini memungkinkan akan adanya orang-orang yang penasaran dengan brand maupun layanan dan produk kita. Sehingga dapat menambah pelanggan baru.

Yang kelima adalah mengetahui apa yang diinginkan konsumen. Dalam live streaming tidak jarang audiens memberikan komentar atau pertanyaan terkait produk yang kita promosikan. Sehingga kita akan lebih tahu apa yang diinginkan konsumen dari brand

Baca juga: Strategi Influencer Marketing dari IDN Creator Network, Ini 5 Idenya!

live streaming di aplikasi IDN


Live Streaming di IDN Live, Ada Fitur Barunya!

Sudah jamak diketahui, live streaming tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan secara langsung. Saat ini banyak content creator yang turut mempromosikan produk/jasa dari brand-brand yang melakukan kerja sama dengan mereka dan memilih membuat konten melalui live streaming

Konten ini memang semakin populer di masyarakat. Maka enggak heran content creator pun berlomba-lomba menjadi streamer dan membuat konten jenis ini karena memang memiliki banyak potensi.

Aplikasi IDN dari IDN Media sebagai one-stop content platform untuk Millennial and Gen Z di Indonesia, juga menyediakan platform IDN Live untuk para content creator melakukan live streaming. Platform ini memungkinkan para content creator mengeksplorasi kreativitasnya dalam membuat konten live streaming.

Nah, aplikasi IDN yang terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur yang ramah dan sesuai dengan kebutuhan para penggunanya tersebut, di awal tahun 2023 ini kembali mengembangkan platform IDN Live dengan meluncurkan fitur user-generated content (UGC). Fitur yang dirilis pada 9 Januari 2023 ini akan semakin memudahkan siapa saja dalam membuat konten live streaming.

Kemudahan apa saja yang bisa didapatkan?

👉 Memudahkan siapa saja membuat konten live streaming

Dengan fitur UGC, para content creator dapat lebih leluasa berekspresi dengan membuat konten live streaming di IDN Live. Keunggulan fitur ini dibadingkan dengan aplikasi lainnya adalah persyaratan yang lebih mudah untuk bergabung menjadi streamer di IDN Live. 

Yaitu para pengguna yang ingin menjadi streamer di IDN Live hanya perlu mengirimkan satu virtual gift khusus (Tiket Emas). Jika sudah, pengguna tersebut sudah bisa memulai live streaming-nya di IDN Live.

Dengan syarat yang mudah tersebut IDN Live ingin membuka kesempatan seluas-luasnya kepada semua orang, khususnya content creator dan streamer dari kalangan millenial dan Gen Z di Indonesia untuk membuat konten live streaming di IDN Live.

👉 Memudahkan mengembangkan potensi besar

Dengan kemudahan mengakses IDN Live dan melakukan live streaming, maka diharapkan akan semakin banyak content creator yang bergabung di aplikasi IDN. Karena live streaming punya potensi besar untuk meningkatkan personal branding content creator, membuka kesempatan yang lebih luas untuk berkarya, bahkan hingga berkolaborasi dengan brand dan menambah penghasilan mereka, serta menjadi tren dalam mempromosikan barang dan jasa di masa depan.

IDN Live berharap akan bisa menjadi platform pilihan bagi streamers dan content creators di Indonesia dan bisa bertumbuh bersama mereka. Hal ini diungkapkan oleh  Zefanya Deby, Head of IDN App.

👉 Ada fitur lainnya, yaitu program referral dan redemption

Ternyata bukan fitur UGC saja yang dihadirkan aplikasi IDN di IDN Live, namun juga ada fitur lainnya yaitu referral dan redemption.

Program referral memberi kesempatan bagi para pengguna IDN App untuk mendapatkan poin, caranya dengan mengajak teman-temannya untuk ikut menggunakan aplikasi IDN. Kemudian melalui program redemption pengguna bisa menukarkan poin yang mereka miliki menjadi uang tunai. Kedua fitur yang bisa disebut sebagai instant reward ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, ya, buat para streamer 😊

Baca juga: IDN Media Umumkan 5 Pahlawan IDN 2021.

IDN Live dari IDN Media

👉 Terus kembangkan teknologi demi memecahkan masalah bagi para pengguna

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, IDN Live terus mengembangkan teknologi demi memecahkan masalah para pengguna. Karena kebutuhan pengguna akan terus berkembang mengikuti tren pasar. Dan pemenuhan kebutuhan pengguna tersebut merupakan bentuk komitmen aplikasi IDN kepada para penggunanya.

Menurut Head of Engineering IDN Media, Adhitia Putra Herawan, tim Engineering IDN Media berkomitmen memberikan solusi kepada para pengguna aplikasi IDN melalui berbagai teknologi yang dikembangkan. IDN Media terus memberikan solusi kepada para pengguna aplikasi IDN agar dapat merasakan pengalaman live streaming yang menyenangkan dan mudah digunakan. Harapannya dengan peluncuran fitur UGC, redemption, dan referral, para pengguna dapat terus berkarya secara positif untuk mengembangkan kreativitasnya.

Nah, terakhir, bagaimana caranya agar para content creator dapat segera bergabung dengan aplikasi IDN dan menjadi streamer untuk melakukan live streaming di IDN Live?

Untuk dapat memanfaatkan fitur-fitur terbaru dari IDN Live seperti yang telah saya sebutkan di atas, pengguna hanya perlu melakukan update aplikasi IDN versi terbaru. Para pengguna bisa mengunduh aplikasi IDN secara gratis di Google Play Store dan Apple Store, dan bisa menjadi streamer seperti yang telah disebutkan di atas.

Baca juga: Aplikasi yang Dibutuhkan Bloger untuk Mendukung Aktivitas Ngeblognya.

Demikianlah, melalui aplikasi IDN, IDN Live berkomitmen membuat live streaming menjadi sesuatu yang mudah, dekat dengan masyarakat dan juga menyenangkan sehingga mereka meluncurkan fitur-fitur terbaru yaitu fitur UGC, redemption, dan referral.

Maka bagi siapapun yang ini mencoba berkreasi membuat konten live streaming, aplikasi IDN dengan fitur-fitur barunya memungkinkan siapa saja membuat konten tersebut di IDN Live dan dapat menghasilkan cuan atau penghasilan tambahan 😊



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.