5 Cara Melindungi Kesehatan Sebagai Aset Kehidupan


Kesehatan adalah aset kehidupan, dan banyak faktor yang berperan dalam menjaga kesehatan. Tidak ada kata terlambat untuk meningkatkan kesehatan kita. Gaya hidup sehat dapat membantu kita hidup dengan baik lebih lama dan lebih sering merasa dalam kondisi terbaik.


cara melindungi kesehatan


Ada banyak cara dan tindakan yang dapat membantu melindungi kesehatan kita, mulai dari menjaga pola makan, hidup sehat dan lain sebagainya. Nah, ada beberapa tips yang dapat kita jalankan untuk melindungi kesehatan. Yuk, simak di bawah ini!

Baca juga: Cara Menjaga Imun Tubuh di Masa Kebiasaan Baru.


Tips untuk Melindungi Kesehatan

Supaya tubuh tetap bugar dan sehat, penting untuk melindungi kesehatan kita. Berikut 5 tips terbaik untuk melindungi kesehatan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Atur Pola Makan

Apa yang kita konsumsi itulah yang berpengaruh pada kesehatan kita. Jenis makanan tertentu telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh tetap kuat. Nutrisi seimbang memiliki banyak manfaat. Dengan membuat pilihan makanan yang lebih sehat, kita dapat mencegah atau mengobati beberapa kondisi kesehatan.

Mengatur pola makan sangat penting sehingga dapat membuat tubuh kita sehat. Kita perlu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi. Makan makanan yang sehat dan seimbang membuat kita merasa yang terbaik. Ini juga dapat membantu kita pulih setelah sakit.

2. Olahraga Secara Teratur

Agar tetap sehat, kita perlu olahraga. Semua orang setuju bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat, maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan olahraga. Olahraga seperti bersepeda, lari dan yoga dapat membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Olahraga dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker usus besar. Ini dapat membantu mengobati depresi, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi. Orang yang berolahraga juga lebih jarang cedera. Rutin berolahraga dapat membuat kita merasa lebih baik dan menjaga berat badan tetap terkendali.

Usahakan untuk aktif berolahraga secara teratur selama 30 hingga 60 menit sekitar 5 kali seminggu. Ingat, jumlah olahraga apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Saat Menstruasi.

3. Istirahat yang Cukup

Perlu diketahui bahwa kurang tidur dapat membuat kita lebih rentan terhadap kondisi medis yang kurang baik, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita dan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Terlepas dari jadwal kita yang sibuk, usahakan untuk mendapatkan 7 hingga 9 jam tidur tanpa gangguan setiap hari untuk membantu tubuh kita berfungsi sebaik mungkin. Dengan tidur yang cukup juga membantu kita lebih fokus dan mempunyai daya ingat yang lebih baik.

4. Hindari Kebiasan Buruk

Salah satu yang membuat kesehatan memburuk adalah kebiasan buruk yang kita lakukan. Meskipun kita mengatur pola makan sehat, berolahraga dan istirahat cukup, jika kita tidak menghentikan kebiasaan buruk, maka itu akan sia-sia.

Kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol dan minum-minuman yang tidak sehat harus kita hindari, sebanyak mungkin, karena ini sangat mempengaruhi kesehatan kita. Jadi, supaya tubuh tetap sehat, pastikan kita menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan.

5. Dapatkan Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur

Meskipun kita merasa sehat dan bugar, tetapi kita tetap perlu mengunjungi dokter secara teratur untuk pemeriksaan. Setahun sekali sudah cukup jika kita berusia 30-an, dan lebih sering seiring bertambahnya usia. Tanyakan tentang tips pencegahan penyakit dan lakukan tes darah untuk memastikan semuanya normal.

Seiring bertambahnya usia, risiko kesehatan meningkat, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, penyakit ginjal, dan demensia. Mendapatkan pemeriksaan kesehatan apa pun dapat membantu mengenali tanda-tanda awal dari kondisi ini. Sehingga jika itu terjadi, maka dapat segera ditangani.

Baca juga: Pentingnya Serat Pangan Inulin untuk Jaga Kesehatan Pencernaan Anak.

Untuk mencegah risiko kesehatan seperti pengeluaran biaya pengobatan yang lebih besar ketika sakit, kita perlu memiliki asuransi kesehatan. Kita bisa membeli asuransi kesehatan di Garda Healthtech yang menyediakan asuransi kesehatan terbaik untuk melindungi kesehatan kita. Kita akan mendapatkan jaminan konsultasi online dan tatap muka dengan dokter umum maupun spesialis dan juga membeli obat yang diresepkan.

Nah, itulah tips melindungi kesehatan yang dapat kita terapkan. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi pada kesehatan kita, akan lebih baik jika kita mencegahnya dengan hidup sehat dan memiliki asuransi kesehatan.



1 comment

  1. Rekomendasi sederhana namun bila dipraktekkan, dampaknya akan sangat berpengaruh baik.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.