3 Tips Dasar Memilih Serum untuk Mencerahkan Wajah

 

Kalau ingin punya wajah yang cantik dan sehat, perawatan wajah yang rutin dan tepat memang harus dilakukan. Kadang enggak mudah memilih skincare yang tepat untuk wajah kita. Sudah coba-coba merek ini dan itu, wajah masih terlihat kusam atau bahkan muncul masalah baru seperti berjerawat. Mungkin teman-teman belum tepat dalam memilih serum? Nah, kali ini saya mencoba memberikan 3 tips dasar memilih serum untuk mencerahkan wajah.


tips memilih serum


Seperti kita ketahui bersama, serum merupakan salah satu produk skincare yang penting dalam perawatan wajah. Serum bermanfaat antara lain untuk melembapkan kulit, membersihkan pori-pori pada wajah, menjaga agar kulit wajah tetap terhidrasi, meremajakan kulit, dan masih banyak lagi manfaat lainnya sesuai dengan kandungan yang terdapat dalam masing-masing serum.

Serum mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, mineral, dan vitamin atau bahan aktif tertentu sehingga bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Serum biasanya memiliki kandungan bahan aktif dengan konsentrasi yang lebih tinggi sehingga dapat dengan mudah menyerap ke lapisan kulit terdalam dan memberikan hasil lebih singkat dalam mengatasi masalah kulit.

Serum biasanya digunakan setelah kita memakai facial wash dan toner, karena tekstur atau konsentrasi serum biasanya sedikit lebih kental daripada toner, namun lebih ringan daripada krim wajah. FYI, penggunaan skincare untuk wajah dimulai dari yang bertekstur ringan (encer), kemudian baru yang lebih berat (kental hingga yang berupa krim).

Seperti yang telah disinggung di atas, banyak macam serum sesuai manfaatnya masing-masing. Ada serum untuk mengatasi wajah berjerawat, wajah bruntusan, mengatasi tanda-tanda penuaan dini, dan lain sebagainya. Tetapi sebenarnya serum adalah produk perawatan dan pencegahan. 


Tips Memilih Serum untuk Mencerahkan Wajah

Jika wajah kita terasa kusam atau warna kulit wajah tidak merata, kita bisa menggunakan serum pencerah wajah. Kandungan bahan aktif di dalam serum untuk mencerahkan wajah biasanya mampu bekerja hingga lapisan kulit terdalam sehingga dapat membuat kulit tampak lebih bersinar.

Serum untuk mencerahkan wajah biasanya mengandung antioksidan dan bahan yang mampu melawan pigmentasi untuk memperbaiki warna kulit. Serum ini berfungsi untuk mengurangi atau menghambat produksi melanin, yakni pigmen yang memengaruhi warna kulit.

Serum untuk mencerahkan wajah biasanya memiliki kandungan Vitamin C, karena ia dikenal sebagai antioksidan yang mampu menghalangi radikal bebas penyebab kulit kusam.

Beberapa bahan aktif dalam serum yang mampu mencerahkan kulit antara lain Vitamin C, glycolic acid, kojic acid, ferulic acid, ekstrak jamur, akar licorice, lactic acid, arbutin, zeliac acid, niacinamide, dan retinol. 

Nah, sebelum membeli serum pencerah wajah, sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu, agar serum yang kita beli tidak sia-sia karena tidak dipakai. Berikut ini 3 tips dasar memilih serum untuk mencerahkan wajah.

Baca juga: Cara Memilih Produk Skincare yang Aman dan Halal.

serum pencerah wajah

1. Ketahui Kandungan Serum

Saat akan membeli serum untuk mencerahkan wajah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kandungan serum yang dipilih. Untuk mencerahkan wajah, kandungan yang digunakan pada serum biasanya adalah vitamin C, turunan vitamin C, asam traneksamat, serta dipotassium glycyrrhizinate.

Mengetahui kandungan serum juga untuk memastikan bahwa serum tersebut akan sesuai dengan tipe kulit kita. Sesuaikan dengan kulit kita, apakah kulit berminyak, normal, cenderung kering, dan lainnya. Karena beberapa orang alergi terhadap beberapa bahan skincare/kosmetik.

2. Pastikan Sudah Terdaftar di BPOM

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih serum untuk mencerahkan kulit yaitu memastikan bahwa produk tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Karena jika sudah terdaftar di BPOM insyaa Allah sudah terjamin aman, yaitu produk serum tersebut tidak mengandung bahan-bahan berbahaya dan aman aman untuk digunakan. 

Dan jika kita adalah seorang muslim, lebih aman lagi jika produk serum tersebut sudah berlabel Halal MUI (Majelis Ulama Indonesia).

3. Baca Review Pengguna

Review atau tanggapan dari pengguna sangat penting kita perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli serum pencerah wajah. Lihat dan atau baca-baca terlebih dahulu bagaimana tanggapan dari orang yang sudah pernah menggunakannya. Hal ini akan membantu untuk mempertimbangkan apakah produk serum untuk mencerahkan wajah tersebut akan cocok  kita gunakan.

Selain ketiga tips di atas, perlu diperhatikan juga ukuran serum, apakah akan memilih serum ukuran kecil atau besar, untuk mencoba dulu atau sudah yakin akan kegunaan serum tersebut.

Baca juga: Cara Menjaga Imun di Masa Kebiasaan Baru.


Serum Somethinc untuk Mencerahkan Wajah

Nah, salah satu merk kosmetik yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah Somethinc. Somethinc punya beberapa pilihan serum untuk mencerahkan wajah. Serum Somethinc untuk mencerahkan wajah memberikan beberapa pilihan untuk memenuhi kebutuhan kulit wajah yang beragam.

Serum Somethinc ada yang mengandung Bakuchiol, Niacinamide, Sabiwhite, Beet Extract, AHA, BHA, PHA, Retinol, Squalane, HYALuronic, dan kandungan lainnya. Selain itu, ada juga serum Somethinc yang dilengkapi dengan Tranexamoyl Dipeptide-23, D-Panthenol, Oligopeptide-2, Skin Microbiota Balancer, Lactococcus Ferment Lysate, Cleome Gynandra Leaf Extract, Pistacia Lentiscus (Mastic) Gum, dan masih banyak lagi. 

Setiap bahan tersebut memiliki manfaat yang berbeda untuk kulit wajah kita. Jadi sebelum memilih serum Somethinc untuk mencerahkan wajah seharusnya kita baca dulu kandungan bahan-bahannya. 

Beberapa produk serum pencerah wajah dari Somethinc antara lain:

  • Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum
  • Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum
  • Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule
  • Somethinc Resurrect Multibiome Serum
  • Somethinc 10% Niacinamide Barrier Serum
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
resurrect multibiome serum
Salah satu serum Somethinc: Somethinc Resurrect Multibiome Serum.

Serum Somethinc untuk mencerahkan wajah di atas bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Sekali lagi, perhatikan tips-tips di atas, ya.

Nah, demikianlah 3 tips dasar memilih serum untuk mencerahkan wajah. By the way, saya mendapatkan rekomendasi serum tersebut dari ceklist.id lho. Yaitu sebuah website yang berisi banyak rekomendasi produk-produk yang kita butuhkan. Jika teman-teman butuh rekomendasi produk-produk yang akan dibeli, ada baiknya baca-baca dulu di ceklist.id. Oke, semoga tulisan ini bermanfaat, ya 😊


No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.