Ini Tentang Kita, Mari Sedekah Bersama Melalui Dompet Dhuafa


“Siapa yang bisa ikut Bhaksos ke Lamongan besok lusa?” tanya pak ketua.

Saya dan beberapa teman lain langsung tunjuk tangan. Kami, para mahasiswa yang tergabung dalam salah satu organisasi kampus, akan mengadakan bhakti sosial ke daerah Lamongan, Jawa Timur, yang sedang tertimpa musibah bencana banjir. Kami sepakat untuk memberikan bantuan ke sana, karena ini tentang kita.


ini tentang kita

Tentang saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, yang sudah semestinya kita bantu ringankan bebannya. Apalagi, beberapa teman kami juga berasal dari daerah Lamongan, sehingga kedekatan secara historis itu ada.

Sebelum kami ke lokasi bencana, kami menggalang dana secara internal, juga mencari donasi ke beberapa pihak sekitar kampus. Lalu dana yang terkumpul kami belanjakan barang-barang yang dibutuhkan penduduk yang terdampak banjir.

Kemudian sesampainya di lokasi bencana, kami sampaikan barang-barang itu ke posko bencana yang ada di desa tujuan. Lalu kami berjalan kaki berkeliling desa yang terendam banjir. Kadang juga naik perahu karet jika air banjir cukup tinggi. Kami sapa warga desa yang sedang mengungsi, atau yang masih bertahan di rumah masing-masing.

Kami senang bisa terjun langsung ke lokasi bencana banjir. Mungkin bantuan yang kami berikan tak seberapa, namun dengan menyapa langsung para warga yang tertimpa musibah, tampaknya kami bisa menjadi tempat berbagi rasa.


bhaksos di lamongan
Bhakti sosial di lokasi bencana banjir di Lamongan.


Itulah sedikit cuplikan momen yang tak terlupakan saat saya masih kuliah dulu. Selama tergabung dalam organisasi kampus, beberapa kali saya mengikuti program Departemen Sosial berupa bhaksos (bhakti sosial). Kami terjun ke lapangan, membantu para korban bencana alam, memberikan edukasi ke kampung-kampung yang punya kebutuhan khusus, dan lain-lain.

Sayangnya, momen-momen seperti itu belum terulang kembali hingga kini, saat saya sudah berumah tangga. Saya tak terlibat dalam proyek kebaikan kolektif dalam suatu organisasi atau komunitas untuk membantu sesama. Saya belum bisa terjun kembali ke lapangan untuk memberikan bantuan secara langsung kepada orang-orang yang membutuhkan uluran tangan.

Saat ini, jika saya ingin membantu sesama, hal yang bisa saya lakukan adalah sekadar memberikan bantuan secara online, yaitu mengirimkan sedikit harta yang saya punya melalui rekening-rekening organisasi/komunitas yang nantinya akan disalurkan ke saudara-saudara yang terdampak bencana atau punya kebutuhan khusus lainnya.

Baca juga: Keputusan untuk Kuliah.


#IniTentangKita dari Humanesia Dompet Dhuafa untuk Kita Semua

Kebaikan kolektif atau kebaikan yang dilakukan secara berjamaah atau bersama-sama, hal itulah yang dilakukan juga oleh Dompet Dhuafa. Lembaga filantropi dan kemanusiaan yang bergerak untuk pemberdayaan umat (empowering people) dan kemanusiaan di Indonesia itu punya program bernama Humanesia.

Program Humanesia digulirkan dalam semangat untuk terus merangkul asa semua manusia, menyatu dalam ikatan batin yang sama dalam menciptakan energi kebaikan, sehingga masyarakat marginal akan menerima manfaat secara merata. Semua dapat ikut terlibat mewujudkan asa mereka, di manapun berasal, dan berapapun kontribusi terbaik yang diberikan.

Nah, di akhir tahun 2022 ini, Humanesia mengusung tema #IniTentangKita bertolak dari beberapa peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini. Seperti adanya gempa bumi dan banjir bandang di Cianjur. Duka itu membuat kita semua tertegun. Demikian juga kabar akan adanya resesi ekonomi dan inflasi di tahun 2023 yang sebentar lagi akan kita jalani. Hal ini membuat kita terancam dan terhimpit.

Ya, ini tentang kita semua. Kita sama-sama berjuang, sama-sama bertahan, juga tentang empati dan kepedulian kita. Sudah selayaknya yang kuat membantu yang lemah. Dompet Dhuafa menyadari bahwa jika kebaikan dari yang kuat dilakukan secara bersama-sama, maka dampaknya akan lebih besar. Kebaikan berjamaah akan membawa perubahan yang lebih nyata.

Contoh konkritnya, jika kita membantu korban bencana banjir sendirian, mungkin kita hanya bisa memberikan bahan makanan pokok atau pakaian pantas pakai. Namun jika kita melakukannya bersama orang banyak (dalam komunitas atau organisasi), maka kita bisa berbagi tugas, ada yang menyumbang pakaian, ada yang membawa bahan makanan, ada yang membawa obat-obatan, mendatangkan petugas kesehatan, dan lain-lain. 

Baca juga: Ikhlas dalam Berbagi dan Kenikmatan yang Tak Terhingga.

humanesia ini tentang kita

Selama ini, Dompet Dhuafa sudah banyak dan sering mempublikasikan tentang kontribusi dan perannya di masayarakat luas. Namun saat ini, ajakan-ajakan kebaikan itu akan difokuskan dengan tema #IniTentangKita. Kita di sini berarti semua pihak, yaitu Dompet Dhuafa, Penerima manfaat, relawan, donatur, jaringan dan semua orang.

Hal ini bertujuan untuk dapat melibatkan semua pihak agar semakin aktif merawat kebaikan kolektif. Tema ini akan disesuaikan dengan bahasa lokal masing-masing daerah cabang, agar bisa lebih dekat dan melekat ke stakeholder setempat.

Kemudian makna "kita" dalam tema #IniTentangKita menggambarkan semua pihak dari berbagai latar belakang, status, pekerjaan, usia, baik dari perspektif lembaga, donatur, mitra, stakeholders maupun penerima manfaat. Harapannya, semua pihak dapat menjadi bagian dan terlibat dalam momen Humanesia 2022.


Program Sorotan Humanesia #IniTentangKita

Dalam program Humanesia Ini Tentang Kita, setidaknya ada 4 (empat) program sorotan, yaitu Indonesia Siap Siaga, Kado Anak Yatim, Perempuan Tangguh, dan Wakaf untuk Bunda. 

Indonesia Siap Siaga

indonesia siap siaga


Seperti kita ketahui bersama, mulai tengah tahun hingga jelang akhir tahun ini, bencana alam datang silih berganti di Indonesia. Mulai dari banjir, erupsi gunung berapi, tanah longsor, hingga gempa bumi. 

Bencana alam yang cukup menyita perhatian adalah gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, yang menelan ratusan korban jiwa meninggal dunia dan ribuan luka-luka. Ratusan ribu orang terpaksa harus tinggal di tenda-tenda pengungsian. 

Maka dukungan kita semua akan menjadi harapan para penyintas untuk melanjutkan kehidupan. 

Dompet Dhuafa sendiri telah menggulirkan bantuan ke Cianjur, yaitu dengan program bernama Cianjur Bangkit. Hal-hal yang telah dan akan dilakukan antara lain membangun masjid/musala, pembuatan fasilitas MCK, recycle house, pembuatan sumur, pembangunan sekolah tahan gempa, dan lain-lain.  


Kado Anak Yatim

kado anak yatim


Anak-anak yatim tentu akan senang jika mendapat perhatian lebih dari kita. Mari kirim kado untuk mereka. Kado berupa perlengkapan sekolah, pakaian taqwa dan sembako, akan didistribusikan untuk membahagiakan para yatim yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Lebaran ala Anak Panti Asuhan.


Perempuan Tangguh

perempuan tangguh


Perempuan-perempuan tangguh yang punya peran ganda, sebagai ibu yang mengurus kebutuhan anak-anaknya dan sekaligus pencari nafkah keluarga. Peran ganda tersebut tentulah tak mudah dijalani. Maka dukungan kita bisa menjadi pengungkit semangat mereka untuk tetap berdaya.


Wakaf untuk Bunda

wakaf untuk bunda


Tak dapat dipungkiri, ibu adalah sosok utama dalam hidup kita. Maka memberikan wakaf untuk ibu sebagai hadiah pahala abadi tentu sangat indah. Mari berikan wakaf untuk ibu tercinta dengan mencantumkan nama beliau sebagai wakif atau wakaf yang diberikan.

Baca juga: Cara Mudah Memahamkan Anak tentang Zakat, Infaq, dan Shadaqah.

Itulah keempat program sorotan dari tema Humanesia Ini Tentang Kita. Sedangkan ajakan-ajakan campaign-nya dibingkai dalam 7 (tujuh) program, yaitu Cianjur Bangkit, Sedekah Menolak Bala, Kado Akhir Tahun, Wakaf Untuk Bunda, Kado untuk Ibu Tangguh, Zakat Akhir Tahun, dan Kado untuk Yatim. 

Berbeda dengan program-program Dompet Dhuafa lainnya seperti target Ramadan, Tebar Hewan Kurban, maupun Wakaferse yang identik dengan penghimpunan bernilai rupiah, Humanesia memfokuskan pada Awareness (kesadaran) masyarakat terhadap kemanusiaan.

Namun meski begitu, sejumlah nominal baik berupa zakat, infak, sedekah, maupun wakaf, Dompet Dhuafa menargetkan sejumlah 50 miliar rupiah pada Humaesia kali ini.

Demikianlah, Dompet Dhuafa yakin, semakin kita membantu orang lain, semakin juga kita menyadari, betapa kita sedang membantu diri kita sendiri. 

Dengan upaya dan keyakinan, bahwa dukungan kemanusiaan kita turut menguatkan satu sama lain. Dedikasi kepedulian itu juga menyalakan rasa optimis dalam menyambut tahun 2023 mendatang.

Humanesia yang melibatkan "kita" semua menggambarkan semua pihak dari berbagai latar belakang, status, pekerjaan, juga usia, untuk bersama-sama terlibat aktif dalam merawat kebaikan kolektif, lebih dekat dan melekat.

Humanesia Dompet Dhuafa melalui program Ini Tentang Kita adalah untuk mereka dan kita semua. Bersama saling merasa, kuatkan dengan kebaikan kita. #IniTentangKita: mulai dari kamu, mari ambil peran merawat kebaikan kolektif. Mari sisihkan sedikit harta yang kita punya, untuk sedekah melalui: https://donasi.dompetdhuafa.org/initentangkita 👌 



25 comments

  1. Program Dompet Duafa selalu luarrr biasa.

    Sering dijadikan bench mark utk lembaga sosial yg lain juga
    Keren, makin amanah ya DD

    ReplyDelete
  2. Semoga program humanesia dompet dhuafa ini berlanjut di 2023 ya, karena banyak yang merasakan manfaatnya. Yang sedang membutuhkan bantuan bisa agak ringan bebannya, yang ingin membantu bisa menyalurkan dana/barangnya tepat sasaran

    ReplyDelete
  3. Gotong royong ya mbaa.. program DD smoga makin bermanfaat ya. Aku baca Lamongan selalu teringat soto deh mbaaaa 😅 jadi lapar.. masya Allah blusukan di banjir ya mba Dekaa

    ReplyDelete
  4. Ya mba sepakat kalau kebaikan yang dilakukan bersama-sama. InsyaAllah akan makin banyak yang mendapat berkah dan banyak juga yang terbantu. Yuk sama sama kita bantu dukung Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  5. Program Dompet Dhuafa bagus-bagus dan menyentuh lapisan bawah yang membutuhkan, mereka pun amanah dan serba tercatat, semoga makin bagus kinerjanya ya

    ReplyDelete
  6. Membantu dengan apa yang kita bisa ini membuat kita merasa menjadi manusia ya.. rasanya zaman seperti saat ini jangan menjadikan kita terkikis rasa empati untuk sesama. Bersama Humanesia Dompet Dhuafa, kita bisa membantu semampu kita untuk berbagai tujuan kemanusiaan yang programnya jelas.

    Semoga Indonesia tetap menjadi negara dengan tingkat empati yang tinggi. Ini juga bisa menjadi contoh untuk anak-anak dan menjadi sebuah kebiasaan baik.

    ReplyDelete
  7. Program Dompet Dhuafa gak pernah habis ya, Mba. Selain memberikan bantuan secara luas, kini dengan program Humanesia #IniTentangKita mengajak untuk selalu berbuat baik atar sesama, saling membantu dalam kondisi sulit.

    ReplyDelete
  8. Dompet Dhuafa selalu konsisten tentang berbagi dengan sesama dimana program-programnya selalu membantu masyarakat yang membutuhkan

    ReplyDelete
  9. Dompet dhuafa keren banget. Di palembang juga banyak kiprahnya. Jadi kita donatur gak perlu kuatir dananya disalahgunakan.

    ReplyDelete
  10. Sama..sejak sekolah lanjut kuliah aku juga ikutan jadi relawan di sekolah/kampus...senang bisa membantu sesama.Kini ketika tak mampu bantu langsung syukurnya ada Dompet Dhuafa yang menginspirasi jika kebaikan dilakukan secara bersama-sama, maka dampaknya akan lebih besar dan membawa perubahan yang lebih nyata.

    ReplyDelete
  11. Belakangan banyak bencana ya apalagi November Desember kemarin, alhamdulillah awal tahun ini aman semoga begitu seterusnya.
    Program dari Dompet Dhuafa ini bagus banget mengingatkan kita kalau soal tolong-menolong tu merupakan slah satu bentuk perbuatan kemanusiaan yang sebaiknya dilakukan tanpa pandang bulu yaa.

    ReplyDelete
  12. Dompet dhuafa kereen...coba bayangkan kalau masyarakat muslim kita bersatu dan mengeluarkan zakat 2.5% tiap bulan kemudian dana tersebut di kelola dengan baik pasti banyak masyarakat yg terbantu tidak ada org miskin yaa

    ReplyDelete
  13. Aku salut banget sama konsistensi dan dedikasi dompet dhuafa dalam tanggap bencana maupun aktivitas pendampingan sosial lainnya. Kemarin aku juga sempat ikut beberapa kali care visit ke tempat binaan dompet dhuafa, beneran bikin makin terkagum kagum sama totalitas mereka untuk membantu mengentaskan kemiskinan.

    ReplyDelete
  14. Belakangan ini banyak banget musibah yang melanda negeri ini. Dengan adanya program dompet dhuafa setidaknya bantuan untuk korban bencara bisa membuat mereka terbantukan ya...Bermanfaat banget program Dompet Dhuafa ini.

    ReplyDelete
  15. Menurutku DD alias Dompet Dhuafa ini sangat inovatif ya!
    Banyak terobosan-terobosan cara bersedekah, zakat dan lain-lain bentuk ibadah kepedulian yang menyesuaikan dengan gaya hidup masyarakat kekinian, praktis dan simpel.

    Jadi membuat orang lebih tergerak untuk berbagi karena begitu simpel, praktis dan tepat sasaran. Insya allah.

    ReplyDelete
  16. Setuju banget, mba Kebaikan kalo dilakukan sendiri itu nggak terasa. Namun kalo dilakukan bersama-sama, akan terasa dampaknya. Seperti Dompet Dhuafa yang selalu memiliki program yang menyentuh masyarakat secara langsung. Dilakukan donasi kolektif, berbagi pada orang yang membutuhkan, dan dilakukan bersama dengan relawan. Semoga baik yang berdonasi, relawan, dan penerima manfaat program yang ada di DD mendapatkan berkahnya

    ReplyDelete
  17. Wah bagus ya program dompet dhuafa. Kalo bersama n kompak kt bs membantu sesama yg membutuhkan bakal merasakan banget dampaknya.

    ReplyDelete
  18. Wah, ternyata program Dompet Dhuafa banyak juga, ya. Menurutku hal seperti ini bagus. Bukan hanya membantu orang-orang yang membutuhkan tapi juga mengajak orang lain berbuat kebaikan. Semoga sukses untuk semua programnya, Dompet Duafa.

    ReplyDelete
  19. Dari dulu track record Dompet Dhuafa emang sudah terkenal
    Selalu punya inovasi program untuk membantu umat

    ReplyDelete
  20. Kadang memang kangen momen² terjun ke masyarakat ya, Mbak. Khususnya kegiatan sosial buat bantu² sesama.

    Semoga program humanesia dompet dhuafa terus berlanjyt, ya. Sudah pasti banyak manfaatnya. Dilakukan bersama².

    ReplyDelete
  21. Kadang memang kangen momen² terjun ke masyarakat ya, Mbak. Khususnya kegiatan sosial buat bantu² sesama.

    Semoga program humanesia dompet dhuafa terus berlanjyt, ya. Sudah pasti banyak manfaatnya. Dilakukan bersama².

    ReplyDelete
  22. Terkadang untuk membantu saudara2 kita yang sedang terkena bencana, kita tuh bingung, harus kemana untuk bisa memberikan bantuan. Alhamdulilah DD punya Humanesia yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk memberikan bantuan bagi yang membutuhkan

    ReplyDelete
  23. Alhamdullilah ya, Mba, sekarang sedekah bisa lebih mudah. Melihat gerakan DD ini membuat kita percaya amanahkan uang sedekah kita melalui DD ya

    ReplyDelete
  24. Ngomongin Dompet Dhuafa, langsung ingat soal donasi. Dan emang keren dan patut dicontoh sih program2 Dompet Dhuafa ini. Banyak banget yang terbantu. Dan kehadiran Dompet Dhuafa ini semakin mempermudah kita untuk membantu saudara yang terkena bencana.

    ReplyDelete
  25. Program sedekah di Dompet Dhuafa beragam dan bisa menjadi pengingat yang personal untuk beberapa orang seperti saya misalnya yang lebih fokus pada pemberdayaan perempuan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.