4 Manfaat Pemasangan Kamera Pengintai di Area Publik


Kamera pengintai saat ini tidak hanya digunakan di dalam ruangan atau gedung saja. Tetapi beberapa tempat di luar ruangan mulai menggunakan kamera CCTV untuk mengintai kondisi terkini terutama di area publik.


gedung publik
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/red-buildings-households_929456.htm#query=SEKOLAH&position=0&from_view=search


Hal tersebut terjadi karena berbagai faktor dan alasan. Kita mungkin seringkali ataupun pernah mendengar tentang kasus kejahatan yang dilakukan di tempat umum. Sehingga dari fenomena yang ada membuktikan jika kejahatan masih marak terjadi, kapanpun dan di manapun juga.

Itulah mengapa penggunaan kamera pengintai di area publik perlu dilakukan. Karena dengan begitu, kita bisa meminimalisir ataupun mengurangi kasus kriminalitas yang marak terjadi walaupun di ruang publik.

Oleh karena itu, tidak mengherankan lagi jika kita menemukan camera wireless di manapun. Karena selain digunakan untuk mengurangi kasus kriminalitas, penggunaan CCTV di area publik memiliki manfaat lainnya yang sangat penting.

Baca juga: Ingin Memasang Kamera CCTV? Berikut Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Terlebih Dahulu.

Manfaat Kamera Pengintai yang Dipasang di Area Publik

cctv di area publik
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tembok-teknologi-gadget-kamera-keamanan-10919666/

Ada beberapa manfaat yang tentunya bisa didapatkan dengan memasang kamera pengintai di area publik. Berikut ini manfaat yang perlu kita ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk menempatkan CCTV di tempat tertentu sesuai kebutuhan.

1. Barang Bukti Kejahatan yang Akurat

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dengan memasang camera wireless di area publik sesuai kebutuhan yaitu bisa dijadikan sebagai barang bukti kejahatan yang akurat. Keakuratan dari rekaman CCTV terbukti cukup sulit untuk direkayasa. Sehingga pihak berwajib sering menggunakannya sebagai barang bukti utama.

Tidak hanya itu, kita juga bisa dengan mudah menemukan pelaku kejahatan yang cukup meresahkan dan memberikan dampak negatif. Sehingga lokasi tempat tinggal ataupun lokasi bisnis kita bisa kembali nyaman, aman dan tenang.

2. Membantu Penjagaan Aset dan Properti yang Tersedia

Selanjutnya, kita juga bisa memanfaatkan kamera pengintai untuk menjaga aset dan properti berharga yang dimiliki. Walaupun tidak terlalu mahal, aset dan properti memiliki nilai tersendiri dan berbeda-beda antara satu dan lainnya.

Seperti halnya pemasangan CCTV di area halaman kantor akan membantu penjagaan aset bisnis yang tersedia. Sehingga bisnis kita bisa beroperasi sebagaimana mestinya tanpa adanya gangguan apapun dan tidak terjadi kerugian yang berarti.

Baca juga: Dengan Wifi Cepat, Belanja Online Jadi Bebas Hambatan.

3. Memantau dan Menindaklanjuti Pergerakan yang Mencurigakan

Kemudian, manfaat dari penggunaan CCTV di area publik juga berguna untuk memantau dan menindaklanjuti pergerakan yang terlihat mencurigakan. Hal tersebut terjadi karena kita memiliki waktu yang cukup untuk menganalisa kondisi terkini dan mengambil keputusan terbaik untuk menindaklanjutinya.

Semakin cepat terdeteksi pergerakan yang mencurigakan, maka semakin banyak pula waktu yang bisa kita miliki untuk mengatasinya. Hal tersebut tentunya dapat memudahkan kita untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menindaklanjuti adanya pergerakan yang mencurigakan seperti halnya menghubungi pihak keamanan setempat. Semakin cepat kita menghubungi pihak keamanan terdekat, maka semakin besar juga persentase yang dimiliki untuk mengatasi terjadinya tindak kriminal.

4. Peningkatan Sistem Keamanan yang Lebih Efektif dan Terjangkau

Terakhir, kita juga bisa melakukan peningkatan sistem keamanan yang lebih efektif dan terjangkau dengan menggunakan kamera CCTV. Karena melibatkan pihak keamanan saja tidak cukup, kita membutuhkan teknologi yang dapat memantau beberapa tempat sekaligus secara nonstop.

Bahkan penggunaan kamera CCTV juga tergolong lebih terjangkau. Hal tersebut membuat banyak orang mulai memanfaatkan CCTV sesuai kebutuhan untuk meningkatkan keamanan di rumah atau tempat tinggal pribadi maupun di tempat bisnis.


Keuntungan Memasang Kamera Pengintai Hikvision ColorVu di Area Publik

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan memasang kamera CCTV, kita juga perlu mengetahui keuntungan dari salah satu produk CCTV. Berikut ini keuntungan dari penggunaan kamera CCTV Hikvision ColorVu.

1. Memuat Informasi Warna Rekaman CCTV yang Sesungguhnya

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dengan menggunakan Hikvision ColorVu yaitu bisa mendapatkan informasi warna rekaman CCTV yang terlihat nyata dan sesungguhnya. Hal tersebut terjadi karena CCTV yang satu ini menggunakan teknologi pendaftaran gambar dengan tingkat piksel perintis dengan algoritma.

Oleh karena itu, penggunaan Hikvision ColorVu juga tergolong lebih menggiurkan. Apalagi pihak atau tim keamanan dapat melindungi properti maupun objek apapun dengan mudah. Karena sudah dilengkapi dengan rendering yang tajam kapanpun, dan saat minim cahaya sekalipun.

Baca juga: Tips Prosedur Sistem Keamanan untuk Toko Retail.

2. Menghasilkan Rekaman CCTV dengan Detail yang Lebih Banyak

Selanjutnya, kita juga bisa menikmati hasil rekaman CCTV yang memiliki detail lebih banyak. Hal tersebut terjadi karena teknologi ColorVu dan fitur tambahan lainnya membuat gambar atau video rekaman CCTV terlihat lebih jelas, informatif dan nyata.

Tidak hanya itu, rekaman CCTV yang terlihat lebih detail juga disebabkan oleh penggunaan kamera berkualitas. Kita bisa mulai menggunakan kamera CCTV Hikvision ColorVu yang tersedia dengan resolusi 4K.

3. Bisa Mendapatkan Pengalaman Visual Lebih Baik

Terakhir, kita juga bisa mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik dengan menggunakan CCTV ini. Salah satu alasan dari pengalaman untuk menunjukkan visual yang baik, kita perlu mengetahui fitur canggih yang dimiliki oleh perangkat tersebut.

Seperti halnya fitur canggih yang banyak digunakan saat malam hari untuk mengintensifkan cahaya yang ada disekitar. Salah satu fitur canggih yang banyak dicari untuk kamera CCTV yaitu fitur F1.0 Super Aperture. Hal tersebut bertujuan untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin untuk melakukan sensor.

Nah, kita bisa mulai melakukan pembelian ataupun bertanya informasi terkait tentang kamera pengintai. Demikian ulasan singkat mengenai ip camera CCTV, semoga bermanfaat, ya 😊



21 comments

  1. Emg sangat membantu mb, pernah di kompleks ada kemalingan. Rumahnya sih gak ada cctv. Tapi dari cctv kantor, keliatan siapa yang menuju rumah tsb. Dapat deh

    ReplyDelete
  2. Pastinya banyaakkk manfaat cctv.
    Asal jangan dicopot atau direkayasa aja ya mbaaa 😆😁
    Skuyy yg mau cctv nihh

    ReplyDelete
  3. CCTV ini menurutku tuh perlu banget, apalagi di ruang publik ya. Apalagi kalau terjadi tindak kejahatan atau kecelakaan, jadi bisa tau versi detailnya menurut cctv. Kayak di rumahku ini, pihak RW memasangkan beberapa titik CCTV di jalan untuk memantau keadaan dan memudahkan petugas keamanan juga.

    ReplyDelete
  4. tak hanya di area publik, di area pribadi juga penting memasang kamera pengintai ataupun CCTV karena manfaatnya ada banget sebagai keamanan.

    ReplyDelete
  5. Di kampungku juga udah dipasang kamera CCTV gini. Sayangnya kualitas videonya kurang bagus. Mungkin karena tidak ada fitur super aperture kayak punya Hikvision color vu ini.

    ReplyDelete
  6. Maraknya pencurian mobil dan motor di berita televisi, semakin membuat masyarakat memerlukan kamera pengintai nih di rumahnya. Ada solusi ya ternyata kamera pengintai dari Hikvision ini sangat membantu. Jurus jitu juga untuk memantau anak bagi orangtua yang bekerja offline. Untuk ruangan publik, pemasangan CCTV jelas bermanfaat sekali. Kalau ada peristiwa apapun, bisa dikatahui oknum dan korbannya.

    ReplyDelete
  7. Suka nonton di serial-serial kriminal. Kamera pengintai di area publik terkadang membantu menyelesaikan beberapa kasus kejahatan. Lebih bagus lagi kalau hasil visual CCTVnya bagus, ya

    ReplyDelete
  8. Kalau di luar negri ada program TV yang mana manusia selamat dari kecelakaan berkat kamera cctv

    ReplyDelete
  9. Wah pas banget aku juga lagi pengen masang CCTV mbak. Soalnya zaman sekarang tu sereemm. Kudu punya minimal 1 CCTV di rumah bahkan kalau bisa di setiap pojok biar jadi ikhtiar melindungi dari kejahatan. TFS infonya.

    ReplyDelete
  10. Kualitas videonya bagus yaa.. Hikvision ColorVu.
    Kemarin ada anaknya klien minta dipasangin CCTV di kosan anak perempuannya agar bisa terus terpantau ketika ada apa-apa.
    Ikhtiar orangtua untuk tetap menjaga meski dari jauh.

    ReplyDelete
  11. Kualitas videonya bagus ya mbak cctv dari Hikvision ColorVu
    Cctv jadi andalan saat ini, untuk menjaga keamanan ya

    ReplyDelete
  12. SEkarang makin banyak pihak yang mengerti pentignya CCTV. Di lingkungan rumahku, tiap RT di ujung jalannya selalu ada CCTV. Ternyata jadi bantuan warga saat ada yang kehilangan barangnya, atau ada warga usil mindahin kursi di luar rumah, hahahaa

    ReplyDelete
  13. Setuju kalau di ruang publik ada CCTV. Kalau di rumah, kan hanya orang tertentu yang pasang. Zaman sekarang kudu waspada. Jadi bisa punya bukti kalau ada hal tidak benar

    ReplyDelete
  14. Kamera pengintai di perusahaan beneran banget bermanfaat. Waktu itu di tempat kerja saya, ada oknum yang nyuri helm.

    Nah, si yg punya helm kelabakan kan, mau pulang naik motor, helm gak ada. Dia lapor ke HRDnya. Terus dipinjemin helm kantor.

    Esok paginya, langsung deh, kelihatan siapa pelakunya. Krena rindaka pencurian helm terkeam jelas dari CCTV.

    ReplyDelete
  15. Lebih baik berjaga-jaga ya jadi lebih aman makanya sekarang banyak dipasang kamera pengintai di mana-mana. Aku ada niatan pasang di luar rumah jiga jadinya. Dengan ip Camera CCTV visualnya lebih baik ya

    ReplyDelete
  16. Cctv sekarang di pasang bukan hanya di tempat umum tapi di dalam rumah. Cctv di dalam rumah cocok buat ortu yg kerja.
    Memilih CCTV juga harus di perhatikan merknya yaa

    ReplyDelete
  17. Banyak sekali ya manfaat memasang CCTV. Apalagi sekarang ada Hikvision ColorVu, pasti lebih real ya hasilnya.

    ReplyDelete
  18. Kualitas gambar lebih bagus, jadi lebih jelas ya, Maak.

    ReplyDelete
  19. kami pasang cctv juga mak depan ruko tapi baru satu sisi sih. cctv ini penting menurutku. dan sekarang berinisiatif dengan tetangga ruko yang lain bagi2 pasang cctvnya

    ReplyDelete
  20. Tetangga saya kiri kanan pada pasang cctv. Hihihi..salah satu kameranya, karena cakupannya emang cukup luas..kena juga tuh ke arah pintu masuk rumah saya. Awalnya agak merasa terganggu yaa..tapi terus saya mikir, oh ya ga papa..buat pemantauan keamanan juga ke arah rumah saya.

    ReplyDelete
  21. bener banget mbak, CCTV ini penting banget ditaruh di publik area terutama di beberapa tempat yang seringkali terjadi pencurian atau perampokan karena ini bisa memudahkan pencarian barang yang dicuri atau identifikasi pencurinya. tapi di sini kayaknya belum banyak yang aware deh ya pemasangan cctv ini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.