Langkah-langkah Blogger dalam Pembuatan Artikel Sampai Publish


Kali ini saya ingin menuliskan mengenai langkah-langkah blogger dalam pembuatan artikel sampai publish. Sebenarnya ini catatan pribadi saya, sebagai pengingat jika suatu saat terlupa. Namun saya tuliskan di sini karena siapa tahu bisa berguna juga untuk teman-teman yang membaca 😊


langkah pembuatan artikel sampai publish


Sebagai blogger tentunya enggak asal nulis saja, ya. Ada langkah-langkah tertentu yang dilakukan sebelum artikel benar-benar bisa dipublish di blog. Hal itu dilakukan agar tulisan kita bisa lebih baik, teratur, dan muncul di halaman pencarian. Nah, menurut pengalaman saya pribadi, berikut ini beberapa langkah yang (kadang) saya lakukan dari mulai pembuatan artikel hingga dipublish.


Langkah-langkah Blogger dalam Pembuatan Artikel

1. Riset keyword (kata kunci)

Saya biasanya menggunakan Ubersuggest dan lihat di Google saja. Saya pilih yang enggak banyak saingannya (cari yang SV di bawah 500 dan SEO Difficulty-nya di bawah 20) karena merasa belum mampu bersaing dengan kata kunci yang berat saingannya.

Baca juga: Pengalaman Belajar SEO On Page: Ini Kuncinya Agar Berhasil!

2. Cek kompetisi keyword

Setelah itu saya cek kompetisi keyword di Google dengan menggunakan “allintitle: keyword”. Kemudian baca-baca sekilas artikel-artikel dengan keyword itu yang nantinya untuk melengkapi tulisan.

3. Menentukan LSI (Latent Semantic Indexing) keywords

Ini saya lakukan kalau waktu nulisnya enggak mepet dan memang butuh artikel yang SEO friendly. Hehe. Saya cari di Ubbersuggest dan di Google juga.

4. Cari bahan bacaan pendukung

Bahan-bahan ini yang terkait/relevan dengan artikel yang akan dibuat dan bila diperlukan. Bisa dari Google atau dari buku-buku bacaan.

5. Membuat kerangka tulisan

Selanjutnya yaitu membuat kerangka tulisan. Mulai dari menentukan judul, H1 H2 dan seterusnya. Tetapi kadang enggak urut dari menentukan judul, sih. Bisa juga judulnya baru ketemu yang sreg setelah tulisan selesai 😊

membuat blogpost
Source: pexels.com

6. Menempatkan keyword dan LSI keywords dalam artikel

Keyword dan LSI saya tempatkan mulai dari judul, paragraf awal, di H1 H2 H3 dan seterusnya juga di paragraf terakhir.

7. Melengkapi tulisan

Biasanya saya memasukkan cerita atau pengalaman pribadi di dalam artikel, baru kemudian memasukkan inti tulisan. Sebisa mungkin artikel yang saya buat minimal 800 kata.

8. Edit pelan-pelan dari awal tulisan hingga akhir. 

Setelah tulisan selesai, edit pelan-pelan. Jika ada kata-kata yang meragukan, cek di KBBI, apa kata bakunya. Jika kata bakunya kurang populer, bisa tetap menggunakan kata tak baku tapi ditulis miring (Italic). Kata-kata asing juga ditulis Italic. Jika perlu, kata-kata penting ditulis Bold.

Saya perhatian pada hal ini semata-mata untuk kepuasan pribadi dan agar pembaca lebih enak membaca tulisan saya. Juga untuk (berusaha) mengedukasi pembaca dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca juga: Penggunaan Bahasa Indonesia Baku dalam Blog.

9. Tambahkan gambar/foto yang relevan

Sebelum menempatkan foto pada artikel, biasanya saya mengedit foto dulu menggunakan Canva dan resize foto menggunakan Lit Photo. Setelah itu mengubah nama file foto. Baru menambahkan foto di blogpost dengan menuliskan Title dan Alt Image, juga mengubah ukuran tampilan (biasanya besar atau ekstra besar).

10. Cek parameter SEO on page lainnya selain di dalam artikel 

Seperti keyword di meta desc, mengubah permalink dengan memasukkan keyword, menambahkan internal link, eksternal link, juga memberikan label.

Baca juga: Belajar SEO di Kelas Growth Blogger: Unik dan Bergizi.

11. Publish artikel

Setelah dirasa semuanya sudah komplit, akhirnya bisa publish artikel.


Begitulah langkah-langkah yang biasa saya lakukan dalam membuat artikel sampai publish. Setelah artikel publish, inspect artikel di GSC (Google Search Control) agar lekas terindeks Google dan share artikel di medsos. Biasanya saya share di Twitter, story WA dan IG, atau Facebook (tapi sekarang jarang).

Di awal tulisan ini saya katakan "(kadang) saya lakukan dari mulai pembuatan artikel hingga dipublish" karena memang saya tidak selalu melakukannya. Hehehe. Ya, kadang jika saya sedang jenuh dan ingin menulis yang murni curhat, saya langsung nulis saja enggak pakai riset keyword, enggak mikir H1 H2 dst 🀭 tapi untuk judul, permalink, dan meta description biasanya tetap saya bikin yang menarik dan SEO friendly.

Demikianlah, temans, langkah-langkah blogger dalam pembuatan artikel sampai publish yang biasa saya lakukan hingga saat ini. Semoga bermanfaat juga buat teman-teman, ya. Oh iya, kalau teman-teman punya masukan atau saran untuk artikel ini, silakan tulis di kolom komentar, ya 😊. Happy blogging!




23 comments

  1. Ini aturan yg seyogyanya dijalankan dgn baik dan kontinyu...tapiiiiiπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† kalo daku banyakan mager nya mbaa, qkqkq

    Belakangan lebih demen nulis freestyle aja sikkk.apalagi klo organic post, wis tjurhaatt teroooss πŸ˜†

    ReplyDelete
  2. jujur dalam menulis blog saya masih angin anginan, dan belum melakukan semua yang ditulis diatas hihi terimakasih remindernya mba, semangat menulis aku

    ReplyDelete
  3. Mbakk teratur sekali ya ini, kalau aku seringnya gedubrak gedubrak gitu wkwkwkwk...kadang setelah baca baca baru dapet ide dan langsung nulis. Tapi seringnya itu nemu judul pas tulisan selesai. Tapi sebisa mungkin keywordnya sudah ada, jadi kalo judul dapetnya pas tulisan sudah kelar baru deh rombak sana sini ahaha

    ReplyDelete
  4. Seo itu adalah sebuah tantangan utk blogger. Jgn dipaksain juga sih biar ga streess, tapi pelan2 kita pelajari dan terapkan. Trims ya atas sharingnya, jadi tambah ilmu.

    ReplyDelete
  5. Detail banget mba urutannya, jadi gampang banget ngikutinnya buat pemula. Kalau aku pribadi banyak yang skip sih hehe. Kadang riset KW, kadang ngga. Tapi aku juga ngga pernah bikin outline heheh. Pokoknya kawal seo on page off page sebisa mungkin.

    ReplyDelete
  6. Saya pun melakukan riset keyword dulu kalo ada waktu minimal 4 hari untuk mengerjakan tulisan. Tapi kalo udah ditentukan keyword nya dan harus publish dalam waktu dua hari, nggak sempat deh melakukan riset keyword dulu. Tapi emang beda ya hasilnya dengan yang mengikuti alur yang dibuat mba Deka di atas

    ReplyDelete
  7. Lengkap tenan mba. Makasih yaa, sering nih aku hajar bleh mulu haha.
    Tulisannya bisa dibaca juga untuk orang yg nggak tau proses bikin artikel tuuh sesuatuu πŸ˜„

    ReplyDelete
  8. Nah ini langkah-langkah yang benar untuk optimasi tulisan SEO sih. Tapi kalau saya seringnya nulis yang tiba-tiba pengen banget untuk ditulis. Jadi nggak mikirin keyword dan LSI.

    ReplyDelete
  9. Aku kalau lagi mau nulis yang berbau SEO, ya pakai riset. Kalau lagi suka-suka, yang penting nulis dulu buat pemanasan. Jarang bikin kerangka, padahal ini bantu banyak saat nulis ya

    ReplyDelete
  10. Lengkap banget mbak. Emang harusnya nulis seperti itu ya. Tapi seringnya nulis tanpa keyword. Hehehe. Tapi kalau meta description emang gak ketinggalan

    ReplyDelete
  11. Saya sering baca step demi step seperti itu tapi kenyataannya, saya malah pusing. Hehehe... Akhirnya saya menulis apa adanya aja. Banyaknya curhat daripada kata kunci. Saya yakin, tulisan saya memiliki nasibnya sendiri sendiri hehehe

    ReplyDelete
  12. Wah ini langkah langkah yang tepat
    Bagi yang baru memulai menulis blog, bisa nih menerapkan langkah-langkah yang ditulis di sini

    ReplyDelete
  13. kalau mau tulisan kita ada di page one memang kudu disiplin menerapkan langkah dalam menulis artikel untuk blog kita yaa. makasih remindernya mbak

    ReplyDelete
  14. Waah ada langkah langkahnya ternyata.jujur akuu biasa langsung tulis kadang masih separo jadi sudah di post sambil edit2 tulisan kerena pernah draft ke delete ilang.

    Mungkin krn nulis tanpa ada kaitan pihak lain yaa jadi santuy aja mau dilihat CEO atau gak ga ngaruh 🀭

    ReplyDelete
  15. Langkah yang dilakukan sebelum publish ini yang seringkali bikin stres jika masih di fasa baru belajar nge-blog. Tapi lama-lama, cukup sering dilakukan sehingga lebih terasa mudah. Namun yang namanya artikel SEO itu memang jadi luar biasa effortnya.

    ReplyDelete
  16. Lengkap banget mba tahapan menulis yang kaulakukan. Meskipun udah ditulis kadang, tetap aja mantap deh. Aku malah belum pernah pake riset keyword hehehee... nulis asal aja. Tetap dipikirkan sih judul yang menarik, namun belum pernah sampe riset keyword. Pantesan artikelku entah tenggelam di halaman berapa. :))

    ReplyDelete
  17. Wih lengkap bener langkah2nya mbak, takcatet ah satu2. Aku pribadi kadang suka gak sabaran wkwkw. Terutama buat poto tuh, kadang kalau ngejar DL aku poto terakhir2 deh yang penting nulis dulu. Kalau kata kunci aku biasa riset pakai Google hihihi. Belum langganan ubbersugest :P.
    Skrng targetku yang penting konsisten nulis dulu, soal SEO pengen deh mbenerin tulisan2 lawas biar pd naik peringkat di gugel :D

    ReplyDelete
  18. Beginilah seharusnya seorang bloger, jalan lurus yang panjang untuk ditempuh. Namun, untuk bloger tema curhatan kayak saya sukanya asal nulis saja. hihihi, ini harus kembali ke jalan yang benar ini, jangan curhat melulu.

    ReplyDelete
  19. Lengkap sekali ini langkah blogger bikin blogpostnya..Sama kita kadang murni curhat nulisnya, langsung nulis saja enggak pakai riset keyword, enggak mikir H1 H2 dan printilannya :)

    ReplyDelete
  20. Hmm menarik banget nih mbak langkah-langkah penulisannya inspiratif. Biar gak asal nulis aja yah kayak aku. ✌🏻

    ReplyDelete
  21. Harus dishare nih biar banyak yang baca karena infonya lengkap dan banyak dibutuhkan, tidak hanya blogger pemula, sebab aku pun suka lalai SEO

    ReplyDelete
  22. Jika mau tulisannya seo friendly tahapan memang panjang ya mbak.. Tapi efeknya buat blog mmg kelihatan.. PV jadi meningkat karena artikel ada di halaman awal mesin pencari. Makasih ilmunya mbak. .

    ReplyDelete
  23. aku jujur seringe bikin tulisan langsung mak, tapi buat h2 dah kubikin-bikin sendiri, kalau niat kubkin h3. biasanya h2 sisanya ngarang abis. tapi langkah2nya patut dicontoh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.