Belajar SEO di Kelas Growth Blogger: Istimewa

Sebelumnya saya sudah pernah dua kali belajar SEO secara berbayar. Lalu pernah juga menyimak sharing ilmu SEO secara gratis dalam kelas offline maupun online meski hanya dalam waktu singkat (satu hingga dua jam). Namun ketika ada pengumunan kelas SEO gratis yang akan dipandu oleh master-master SEO yang mumpuni, saya tetap tertarik untuk mendaftar. Tempat belajar itu bernama Kelas Growth Blogger.


belajar seo di kelas growth blogger growthingid

Materi Kelas Growth Blogger

Mengapa saya tertarik untuk ikut Kelas Growth Blogger? Ya, karena memang saya belum paham benar tentang ilmu yang satu itu. Makanya saya selalu tertarik jika ada kelas atau sekadar sharing session tentang SEO. Enggak lain tujuannya untuk meningkatkan kualitas blog, dan terutama untuk meningkatkan trafik blog ini (agar artikel-artikel di blog ini lebih banyak pembacanya). Kalau di luar sana atau bahkan ada peserta yang menganggap kelas Growth Blogger ini sebagai kelas menaikkan DA, saya no comment saja. Karena bukan itu tujuan utama saya. Hehe.

Nah, jadi seperti kelas belajar SEO On Page yang pernah saya ikuti sebelumnya (berbayar), kelas ini dipandu oleh coach-coach kece yang sudah master dalam ilmu SEO. Selain ada MasIrwin (Irwin Andriyanto) dan Mas Pewe (Punto Wicaksono) sebagai coach utama, ada juga coach lain seperti mbak Monica Anggen dan mas Bahrul Ilmi.

Di kelas yang diadakan sejak tanggal 1 hingga 30 September 2020 nanti (insyaa Allah), ada banyak materi yang disajikan. Yaitu:

  1. Mahir Menulis dan Editing Blogpost.
  2. Membaca Google Analtytic untuk Blogger.
  3. Membaca Google Search Console untuk Blogger.
  4. Teknik Keyword Research.
  5. Parameter SEO On Page.
  6. SEO Onpage.
  7. Teknik Fotografi untuk Blogger.
  8. Manajemen Sosmed auto Selebgram Auto 10k Followers.
  9. Audit SEO internal Basic.
Melihat materi-materi yang akan tersaji,  sebenarnya hampir sama dengan yang sudah saya peroleh sebelumnya. Namun ada tambahan beberapa materi yang cukup menggiurkan, yaitu di poin 1, 7, dan 8 😁.

Hingga saat ini coach yang sudah memberikan materi adalah Mbak Monica Anggen dan Mas Bahrul Ilmi. Mbak Monic memberikan materi menulis dan editing, sedangkan mas Baim tentang seluk beluk SEO On Page. Namun selain materi yang tertera di atas, ada pula "materi-materi khusus" yang menjadi keistimewaan kelas yang ingin menaikkan standar bloger Indonesia ini. Apa itu? Simak saja tulisan ini sampai akhir, ya 😉.


Belajar SEO On Page Bareng Coach Bahrul Ilmi (Baim)

Setelah materi pertama tentang Mahir Menulis dan Editing Blogpost oleh mbak Monica Anggen, materi kedua hingga kelima disampaikan oleh coach Bahrul Ilmi. Yap, 4 materi sekaligus! Luar biasa ya coach yang biasa disapa Baim ini. Coach asal Pontianak ini menyampaikan materi demi materi secara runtut dan mudah dipahami. Dan, semoga saya pun enggak salah memahami, ya. Berikut sedikit pemahaman saya tentang seluk-beluk ilmu SEO On Page yang saya peroleh dari coach Baim.

Membaca Google Analytics (GA)

Untuk seorang bloger profesional, GA ini wajib banget dipasang, ya. Karena GA merupakan tools milik Google yang bisa kita manfaatkan untuk membaca data tentang trafik atau kunjungan di blog kita.

Coach Baim menjelaskan pentingnya GA adalah untuk:

  • memantau perkembangan traffic blog
  • melakukan evaluasi (konten, bounce rate, durasi)
  • menentukan waktu posting yang tepat
  • mengetahui postingan yang banyak dikunjungi
  • mengetahui sumber trafik (media, negara, perangkat yg digunakan)

Dengan mengetahui data-data tersebut di atas, bloger dapat menentukan akan membuat artikel apa saja yang sesuai dengan kebutuhan pembacanya. Misalnya seperti data demografi berikut ini. Dari data ini terlihat bahwa pengunjung blog lebih banyak perempuan, dengan range usia 25-34 tahun yang paling banyak, menyusul usia 18-24 tahun. Maka artikel-artikel selanjutnya semestinya disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung tersebut (perempuan usia 18-34 tahun).

data demografi dekamuslim agustus september


Membaca Google Search Console (GSC)

Biasanya saya hanya memfungsikan GSC untuk inspeksi URL agar postingan lebih cepat terindeks di Google. Namun ternyata fungsi GSC sangat banyak, lho. Coach Baim mengatakan bahwa GSC adalah alat dari Google yang bisa membantu kita memaksimalkan artikel/blog kita di hasil pencarian Google.

Dalam GCS ini banyak fitur-fitur yang dapat kita cermati dan kemudian kita pakai untuk memaksimalkan artikel kita baik yang sudah tayang maupun artikel-artikel selanjutnya. Misalnya dari fitur Kinerja, kita bisa melihat daftar kueri yang paling banyak dicari pengguna (internet) ke blog kita. Lalu seberapa besar CTR-nya. Dari data tersebut kita dapat menentukan artikel yang akan kita buat selanjutnya, atau mengoptimasi artikel yang sudah ada.

Di GSC kita juga bisa melihat kesalahan-kesalahan yang mungkin ada di blog kita, untuk kemudian dapat kita cari solusinya. GSC menunjukkan pula tips-tips atau solusi perbaikan tersebut. Tinggal kita mau memperbaikinya atau tidak :).

 

Teknik Keyword Research

Sebelum membuat blogpost, sangat penting bagi blogger untuk melakukan riset keyword (keyword research). Mengapa perlu riset keyword? Karena agar tulisan yang kita buat dapat muncul di hasil pencarian dengan kata kunci yang diinginkan, sehingga tulisan kita tidak hanya bisa dibaca oleh orang yang datang ke blog kita secara langsung, tapi juga dari mesin pencari. Selain itu riset keyword juga memudahkan kita saat menyusun artikel yang akan dibuat, karena membantu menemukan ide tulisan dan mendapatkan kata kunci yang potensial.

Yap, dengan riset keyword, blogger berusaha mendatangkan trafik yang lebih baik (tinggi) ke dalam blognya. Ini yang saya pengen banget bisa paham sepaham-pahamnya! Hehe. Karena selama ini masih bingung, riset yang bener seperti apa, sih?

Coach Baim menunjukkan cara mudah melakukan riset keyword. Dan tentu saja tools yang digunakan adalah tools gratis. Tools tersebut adalah:

  • Google search
  • Google keyword planner 
  • Ubersuggest 
  • Google trends

Dari keempat tools tersebut, kami diajak menggunakan Google Search, Google Trends, dan Ubersuggest. Caranya kita tentukan keyword yang dibidik, lalu tes seberapa banyak peluang keyword tersebut di tools. Ambil sesuai kebutuhan, lalu kita bisa menguji seberapa besar kompetisinya di mesin pencari (Google). 

Setelah ketemu keyword utama, kita cari keyword turunan yang muncul juga di tools. Kemudian kita cari LSI-nya. Baru kemudian menyusun artikelnya. 

Baca juga: Mengapa Dekamuslim? (Sharing dan Tip Memilih Nama Domain).


Parameter  SEO On Page

Seperti kita ketahui, SEO (Search Engine Optimization) On Page adalah optimasi SEO yang dilakukan dari dalam blog kita sendiri, baik optimasi artikelnya maupun keseluruhan blog. Nah, dalam menulis sebuah blogpost ada parameter atau ketentuan-ketentuan yang mesti kita perhatikan jika ingin artikel kita nantinya mudah ditemukan oleh pengguna mesin pencari.

Parameter tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Penempatan keyword di judul, permalink, paragraf pertama, meta deskripsi, dan lain-lain beserta jumlah karakter yang harus diperhatikan. 
  • Optimasi tag heading (H1 - H6), harus disusun dengan benar.
  • Optimasi gambar.
  • Penggunaan outbound link dan internal link.
  • Penggunaan LSI keyword.
  • Share artikel ke media sosial.
  • Submit artikel ke GSC.

Tampaknya mudah, tapi ternyata harus benar-benar diperhatikan dan harus teliti. Seperti masalah tag heading, meski dalam blogpost kita sudah menyusunnya dengan benar, namun bisa saja menjadi salah ketika dicek menggunakan META SEO Inspector. Pemilihan template blog ternyata juga harus diperhatikan, apakah ramah SEO atau tidak. Seperti template baru blog ini, ternyata masih ada beberapa warning di sana.

masalah viewport di dekamuslim
Beberapa masalah di homepage blog ini. Baru sebagian yang udah dibenerin :D


Demikianlah empat materi SEO yang telah disampaikan oleh coach Baim. Semua materi disampaikannya dengan jelas, dan beliau pun menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta dengan jelas. Masih tersisa empat materi lagi, semoga saya bisa mengikutinya sampai akhir. Aamiin :) 


Sekilas Tentang Coach Bahrul Ilmi, SEO Enthusiast dari Pontianak

Sebelum mengikuti Kelas Growth Blogger ini, saya sudah sering melihat nama Bahrul Ilmi melalui WhatsApp Group bloger. Banyak chat dengan bloger asal Pontianak ini yang berbau-bau SEO. Dan ternyata memang benar, beliau ini adalah seorang SEO Enthusiast.

Selain sebagai seorang bloger dan SEO enthusiast, mas Baim ini juga seorang content writer sekaligus web content editor, dan menerima jasa pembuatan web. Sementara itu posisi yang belum lama diembannya adalah SEO Assistant di BRT (Blogger Ruang Tunggu), sebuah komunitas bloger yang bersinergi dengan Growthingid.

Jika melihat akun Instagram dan akun Twitternya di @bahruladitya, techno blogger yang satu ini ternyata sering tampil sebagai pembicara SEO. Hemmm rupanya mas Baim adalah seorang pembicara andal SEO. Wih... pantas saja beliau juga lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta Kelas Growth Blogger.

Saya lebih nyaman begini. Hore-hore sambil berbagi apa yg saya tau ke orang yg mungkin saya senang mengetahuinya. Menjadi orang yg bisa berbagi banyak hal ke orang lain.
Jangan meminta banyak pada orang lain, kalau nyatanya kita sendiri tidak mau membantu mereka melakukan itu. ~ Bahrul Ilmi.

Ternyata (lagi), demikianlah salah satu filosofi hidup mas Baim yang saya temukan di salah satu caption akun Instagramnya. Saya sih setuju banget dengan semangat berbaginya. Lebih banyak berbagi dan memberi kepada orang lain, jangan meminta. Dan itu sudah beliau aplikasikan dalam dunia blogging. Semoga sukses selalu, Mas Baim!

Jika ingin tahu lebih banyak tentang mas Baim, bisa kepoin akun-akun medsosnya, juga beberapa web/blog yang beliau miliki. Seperti di nulisin.com, bahrulilmi.com, softrickinfo.com, dan penulismu.net.

Baca juga: Yuk, Ngobrolin Soal Blogger di Masa Depan!


Keistimewaan Kelas Growth Blogger

Kelas blogger yang diprakarsai oleh Growthingid ini memang istimewa. Meskipun gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun, kelas ini diampu oleh coach-coach yang telah berpengalaman dan terbukti telah bisa membangun web-web berkualitas, lho. Sebut saja MasIrwin dan Mas Pewe. Eh, itu mungkin enggak begitu istimewa dibandingkan dengan keunikan dan materi-materi daging di dalamnya. Seperti apa?

Unik

Keistimewaan dari kelas ini adalah keunikan sistem belajarnya yang dibuat disiplin bak pendidikan militer. Hihihi. Jadi setiap selesai satu materi kami akan diberikan tugas. Nah, jika tugasnya tidak dikerjakan sesuai arahan coach (baca: salah) atau lebih parah lah lagi tidak mengerjakan tugas, maka peserta akan langsung di-kick tanpa ampun lagi. Hal ini membuat kami para peserta berjuang mati-matian untuk dapat mengerjakan tugas tepat waktu dengan hasil sebaik mungkin. Dan tentu saja efeknya bikin jantung berdetak lebih kencang setiap hari. Hahaha.

Tapi sistem belajar yang seperti ini kalau dipikir-pikir bagus sekali lho untuk melatih kita disiplin dalam membuat blogpost. Agar tulisan kita di blog berkualitas dan dapat dikerjakan dalam waktu secepat mungkin. Yap, kami dilatih harus dapat menyelesaikan tugas-tugas tersebut dalam waktu dua hari saja. Padahal tugasnya enggak cuma membuat artikel saja, namun ada tugas-tugas "printilan" lain.

Keunikan lain dari kelas ini adalah adanya duo coach keren yaitu coach Irwin dan coach Pewe. Duo mastah ini pinter banget membuat suasana tegang sekaligus bikin perut mules karena ketawa. Hahaha. Ada saja komen-komen unik dan lucu yang terlontar begitu saja. Meski kadang bikin baper, tapi seringnya membuat peserta tertawa ngakak (lewat emot WA pastinya yaa.. haha.).

Bergizi

Materi-materi yang diberikan meski mungkin bisa didapatkan di luar kelas, tapi pendalaman materi dengan tanya jawab (diskusi) dengan para coach membuat materi-materi semakin terasa "daging". Apalagi para coach siap menjawab pertanyaan peserta kapan pun (dari dini hari sampai tengah malam lalu dini hari lagi). Adanya tugas-tugas juga memberikan pengalaman baru dan masalah-masalah baru yang kemudian mendapatkan solusinya. 

Belum lagi adanya tanam-tanam backlink. Backlink-backlink yang ditanam pada blog para peserta sebelumnya sudah diuji oleh coach Pewe dan coach Irwin. Wihh.. Gimana enggak "daging" tuh materi-materi di kelas ini? Bergizi banget! Hehe.

Intinya, Kelas Growth Blogger ini kelasnya gratis namun isinya premium. Hehehe.

Nah, jika teman-teman tertarik untuk belajar SEO dan ingin blog/websitenya lebih berkualitas, dengan model belajar seperti Kelas Growth Blogger, teman-teman bisa mendaftar Coaching SEO yang juga diadakan oleh Growthingid. Namun coaching ini berbayar ya, temans. Pastinya akan lebih keren dari kelas gratis, karena ada jaminan DA 30+ dan DR 50+. Wow! Tunggu apa lagi? Cusss... daftar dengan cara klik banner di bawah ini. Selamat belajar! 😊

coaching seo oleh growthingid



1 comment

  1. Masya Allah baim...kereen ibu jadi..pengen punya blog

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.