Roti Tawar x KRAFT Quick Melt Jadi 3 Camilan Lezat Anti Gagal!


"Mii.. Minggu besok kita masak apaaa gitu, yuk!"

Begitu usul si nomor dua kami. Saat ini, weekend adalah momen yang dinantikannya. Gadis kecil delapan tahun itu lagi senang-senangnya mencoba resep beberapa kue sederhana. Minggu sebelumnya dia memasak pancake. Enggak cuma sekali bikin, namun dia sampai bikin beberapa kali di waktu yang berbeda. Semua jadi kebagian pancake hasil karyanya 😍 


kraft quick melt dan roti tawar

Yap, saat ini weekend atau akhir pekan jadi momen istimewa bagi kami sekeluarga, beda dari hari-hari biasanya. Dulu saya enggak begitu menganggap weekend sebagai sesuatu yang istimewa. Tapi sekarang, ketika anak-anak sudah sekolah dengan jadwal kepulangan siang hari selama Senin sampai Kamis (si sulung dan si nomor dua pulang pukul 14.00), weekend jadi terasa istimewa. 

Anak-anak pun merasakannya. Mulai hari Jumat, waktu terasa lebih lega. Jumat dan Sabtu anak-anak pulang lebih awal. Dan hari Minggu kami bisa full bersama-sama di rumah. Anak-anak bisa beristirahat lebih lama, demikian juga saya berkurang kerempongan mengurus bekal mereka dan segala perintilan lainnya. Hehe. Makanya saat weekend, mereka maunya mengisi dengan sesuatu yang beda dari rutinitas biasanya.

Karena si nomor dua lagi suka masak-masak, maka akhir-akhir ini kami sering masak bersama. Seringkali ide masak datang dari dia (hasil menonton video di YouTube). Sementara saya bertindak sebagai pengawas saja. Hehehe. Tahu sendiri, kan, anak seusia dia kadang masih berantakan dalam memasak. Entah itu tumpah saat menuang gula, mengaduk adonan terlalu keras sehingga belepotan ke meja/lantai, dan lain-lain. Jadi saya harus mendampinginya dari awal hingga akhir. 


Memasak Roti Tawar Dipadukan dengan Kraft Quick Melt

Kami biasanya enggak mau terlalu repot-repot bikin camilan atau masakan yang rumit, yang butuh bahan-bahan banyak nan susah dicari. Hehe. Iya, saya tim mager banget. Mau menikmati weekend kok malah repot ke sana-sini cari bahan dan sebagainya. Kalau bisa, ya, yang gampang-gampang saja, lah. Manfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di rumah saja 😂

Nah, karena di rumah ada stok roti tawar dan keju Kraft Quick Melt, juga ada telur dan tepung roti, ya sudah, kami mau berkreasi dengan bahan-bahan itu!

kraft quick melt
Kraft Quick Melt dan roti tawar.

Kami memang lumayan sering membeli roti tawar. Biasanya kami memadukannya dengan kental manis, atau margarin dan mesis. Anak-anak juga sangat suka keju. Saya kadang membuat menu masakan atau camilan dengan bahan keju. 

Trus... kali ini mau bikin apa, ya, dengan bahan-bahan itu?

Taraaa... weekend kemarin kami membuat tiga camilan sekaligus dengan bahan roti tawar dan keju Kraft Quick Melt! Apa saja? Simak yang berikut ini, ya 😊

1. Risoles Leleh Simpel

Risoles ini benar-benar simpel cara bikinnya. Kalau dulu saya selalu malas mencoba membuat risoles - karena tampak rumit dengan bahan-bahan yang banyak - kali ini saya bersedia membuatnya berkali-kali! Hihi. Karena memang sesimpel itu, anti ribet dan anti gagal! Begini, nih, resep Risoles Leleh Simpel ala saya:

bahan risoles leleh

Bahan-bahan:

  • Roti tawar 8 lembar (buat serumah 😄)
  • Keju KRAFT Quick Melt (potong-potong sesuai selera)
  • Sosis (potong-potong sesuai selera)
  • Telur 2 butir (kocok lepas)
  • Tepung roti/panir secukupnya
  • Minyak goreng

Alat:

Cetakan (bentuk apa aja yang ada di rumah 😄)

Cara membuat:

  1. Tata keju dan sosis di atas roti.
  2. Tangkupkan roti secara diagonal/miring (menjadi bentuk segitiga).
  3. Cetak roti jadi bentuk setengah lingkaran atau segitiga. Terserah, menyesuaikan cetakan yang ada.
  4. Rekatkan sisi-sisi roti yang terbuka dengan telur.
  5. Celupkan roti ke dalam telur, lalu balurkan ke dalam tepung roti (agak ditekan-tekan).
  6. Goreng di atas api sedang kurang lebih 3 menit. Angkat.
  7. Siap disajikan dengan saus tomat/pedas.

risoles leleh ala deka
Risoles Leleh Simpel (hari ke-1).

risoles leleh simpel
Risoles Leleh Simpel (hari ke-2).

Simpel banget, kannn?? Hehe. Iya, weekend kemarin kami membuatnya dua kali. Karena anak-anak masih pengin bikin lagi 😍

Oh iya, video cara membuat Risoles Leleh Simpel ini bisa dilihat di sini, ya:


2. Melted Steamed Bun

Melted Steamed Bun alias Roti Kukus yang Meleleh! Hihihi. Lagi-lagi suka-suka kami yang ngasih nama, ya 😂

Jadi camilan ini sebenarnya bukan sengaja saya bikin sejak awal. Tetapi karena memanfaatkan sisa roti tawar dari Risoles Leleh Simpel di atas. Itu, lo, bagian pinggir roti yang tidak ikut dalam cetakan. Ada sepiring sisanya. Lumayan banyak, kan? Anak-anak biasanya enggak menyentuhnya lagi, dan sayalah yang menghabiskannya dengan mencelupkannya ke dalam teh hangat manis. Hihi.

Tetapi kali ini saya kreasikan menjadi Melted Steamed Bun. Berikut resepnya:

bahan roti kukus leleh

Bahan-bahan:

Karena ini memanfaatkan bahan sisa, jadi bahannya ya hampir sama dengan bahan risoles. Bahkan cuma tiga bahan saja, yaitu roti tawar (sisa), keju Kraft Quick Melt (potong kecil-kecil), dan susu cair.

Cara Membuat:

  1. Iris-iris roti tawar menjadi kecil-kecil atau sesuai selera.
  2. Campurkan susu cair ke dalam irisan roti. Haluskan.
  3. Masukkan ke dalam loyang, lalu kukus sekitar 10 menit.
  4. Taburkan potongan keju di atasnya. Kukus lagi sekitar 3 menit.
  5. Matikan api. Melted Steamed Bun siap disantap.

melted steamed bun
Melted Steamed Bun.

Kali ini anak-anak mau menghabiskan sisa roti tawar yang biasanya terpinggirkan. Hihi. Yah, jelas lebih enak, lah, daripada biasanya yang enggak diapa-apain 😀

Baca juga: KRAFT Crolette, Menu Buka Puasa Praktis dan Bergizi.

3. Melted Cheese Ball

Karena kami membuat risoles leleh dua kali di weekend kemarin, jadi ini sisa roti dari risoles yang kedua. Kami bikin menjadi Melted Cheese Ball alias bola keju leleh 😋

Resep ini enggak kalah simpel dari dua resep di atas. Begini resepnya:

bahan cheese ball

Bahan-bahan:

Hampir sama dengan bahan-bahan dua camilan di atas, Melted Cheese Ball ini hanya butuh bahan:

  • Roti tawar (sisa)
  • Keju Kraft Quick Melt (potong-potong sesuai selera)
  • Telur (kocok lepas)
  • Tepung roti/panir

Cara Membuat:

  1. Iris-iris roti tawar menjadi kecil-kecil.
  2. Tuang sedikit demi sedikit air hangat ke dalam irisan roti. 
  3. Haluskan roti hingga kalis.
  4. Bentuk bundar pipih, lalu isi dengan keju.
  5. Bentuk menjadi bola-bola.
  6. Celupkan ke dalam telur, lalu balur dengan tepung roti.
  7. Goreng di atas api sedang selama kurang lebih 3 menit. Angkat.
  8. Melted Cheese Ball siap dinikmati.

melted cheese ball
Melted Cheese Ball.

Sisa roti tawar yang dibuat Melted Cheese Ball ini juga habis tak bersisa. Kata anak-anak sama enaknya dengan dua camilan yang lain. Alhamdulillah.. Malah mereka rebutan yang Cheese Ball ini. Soalnya sisa roti tawarnya lebih sedikit dari sebelumnya, jadi Cheese Ball yang dihasilkan juga cuma sedikit 😂

Baca juga: "OREO 110th Birthday Celebration" Bikin Suasana Keluarga Makin Seru.

Ketiga resep camilan di atas selain enak rasanya, bergizi, juga gampanggg banget bikinnya. Anti gagal deh pokoknya. Anak-anak pun bisa membuatnya sendiri. Seperti si nomor dua kami yang memang suka memasak, dia antusias banget membantu saya dan esoknya dia praktik sendiri membuat salah satu camilan itu😊 


Keunggulan Keju KRAFT Quick Melt

Resep-resep di atas hasilnya jelas enak dan anti gagal. Soalnya kami menggunakan keju KRAFT Quick Melt. Wah, memangnya apa keunggulan keju ini hingga memasak apapun menggunakan keju yang satu ini anti gagal? 


keunggulan kraft quick melt


Jadi, keju KRAFT Quick Melt ini kejunya cepat leleh hanya dalam 3 menit! Makanya saya memasaknya juga cepat, baik saat menggoreng maupun mengukus. Cukup 3 menit saja, keju sudah leleh dan nikmat banget dimakan selagi hangat.

Keunggulan kedua adalah tekstur dari keju ini sempurna, yaitu lelehnya sempurna tidak terlalu cair atau encer, pas banget pokoknya.

Kemudian keunggulan ketiga adalah rasanya lezat dan gurihhh khas keju asli 😋. Kami sekeluarga suka, sih, sama keju ini. Apalagi anak-anak, cemal-cemil saat proses membuat camilan 😄

Keunggulan lainnya adalah keju ini tentu saja bergizi. Jika dilihat dari komposisinya, keju ini mengandung keju cheddar, padatan susu, Vitamin B, dan lain-lain yang mengandung nilai gizi.

Selain itu produk Kraft Quick Melt ini mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau. Bisa dibeli di minimarket terdekat, toko bahan kue, atau online shop dengan harga sekitar 25.000 - 30.000 rupiah untuk ukuran 165 gram. Dan yang tak kalah penting, keju ini mudah dikreasikan untuk berbagai jenis makanan, dari jenis makanan sederhana hingga yang rumit! Hehe.

Banyak, ya, keunggulannya?

Anak-anak suka sekali dengan semua varian keju Kraft, termasuk Kraft Quick Melt ini. Makanya saat proses pembuatan ketiga camilan di atas, mereka juga ikut nimbrung memasak. Seperti menata keju di atas roti, mengaduk telur, membalur roti dengan tepung roti, dan seterusnya. Seru sekali!

Dengan memasak bersama seperti itu, anak-anak juga belajar banyak hal. Seperti cara memasak kue/camilan, bagaimana bekerja sama yang baik, belajar tentang kebersamaan dengan keluarga, dan lain-lain. Dan yang terpenting bonding di antara kami semakin erat. Semenyenangkan itu sebenarnya, ya, aktivitas masak bareng 😊

Kemudian, setelah camilannya sudah matang, mereka antri dengan mangkuk/piringnya masing-masing. Hihi. Lalu mereka mengambil camilan ke dalam mangkuk/piring, membawanya ke ruang tengah, dan makan bersama-sama. Alhamdulillah.. senangnya 😍 

menikmati kraft quick melt
Masak bersama, lalu makan bersama juga 😍 (si nomor 2 dan dua adiknya).

*****

"Minggu besok masak apa lagi, ya, Mi?" tanya si nomor dua lagi, kemarin.

Tenang.. masih ada stok Kraft Quick Melt. Mau dibikin apa aja juga enak. Tinggal kita cari resepnya aja.. di bundakraft.com juga banyak tuh resep camilan enak. Corndog? Pizza? Mac n Cheese? Ayukk... Pokoknya kalau sudah punya stok Kraft Quick Melt, tenang deh kita. Hihihi.

Begitulah.. Weekend kami jadi menyenangkan karena masak-masak bareng dan hasilnya enakkk.. Anak-anak dan suami sudah pasti suka banget sama semua camilan yang kami buat. Waktu akhir pekan kami pun jadi lebih berkualitas karena diisi dengan aktivitas seru dan bermanfaat bersama keju Kraft Quick Melt🤗




20 comments

  1. Mba..inspiratif sekali, dari roti tawar dan KRAFT Quick Melt bisa jadi 3 resep camilan sehat nan lezat. Ya ampun, jadi ada ide buat besok bikin buat keluarga di akhir pekan. Memang Kraft Quick Melt bikin menu jadi anti gagal.

    ReplyDelete
  2. Anak saya udah pesen kalau bekelnya ditambah 1 lagi. Dia pengen roti. Kayaknya jadi pengen bikin menu roti pakai Kraft Quick Melt. Bakalan disukai anak saya, nih

    ReplyDelete
  3. Anak-anak suka banget menu apapun yang ada KRAFT Quick Melt-nya, bikin camilan atau makanan tambah enak, bahkan kejunya sering dicemilin hahaha, memang seenak itu keju kraft quick melt ini. Bikin semangat buat makanan untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  4. Kayak saya nih Mbak, kalau bikin sesuatu sekalian banyak, buat serumah. Kokinya kalau nyicip sulit berhenti, anak dan suami kalau ada yang berbau sedep langsung lari ke dapur.

    ReplyDelete
  5. Semuanya enak ini aku demeeen. Iyaa roti tuh pinggirannya suka nggak laku ya hehe. Tapi bisa diakalin pakai cara di atas, auto lenyap habis tak bersisa ya mba. Keju melt ini aku beli lg diskon, buat topping di spagheti biasanyaa

    ReplyDelete
  6. Waaah kesukaan anakku semuaa nih...yummy aku coba resepnya ya maak.makasih banyak.

    Keju Kraft kesukaan kamii sekeluarga enak gurihh endulll

    ReplyDelete
  7. Wah kreatif banget mbak
    Bisa bikin 3 menu camilan enak enak gini
    Asik juga kalau pakai keju Kraft Quick Melt ini
    Leleh dalam waktu 3 menit

    ReplyDelete
  8. Seru banget, kak Dy...
    Sungguh banyak ternyata ragam menu menggunakan bahan dasar roti dan keju KRAFT Quick Melt. Yang aku juga biasanya cuma makan pakai selai atau mentega.

    Ide seru bisa diciptakan bersama keluarga yaa..
    Paling demen nih, kalau ada pinggiran roti yang dimodifikasi jadi menu makanan yahuudd~

    ReplyDelete
  9. wah boleh nih dicoba untuk bekal sekolah, karena kebetulan anakku memang suka banget keju. Jadi memang selama ini bekalnya beberapa kali pasti olahan keju. Selain itu juga bisa jadi ide cemilan untuk weekend nih, buatnya gampang pula.

    ReplyDelete
  10. WOw resep-resep dari bahan roti tawar dengan keju leleh Kraft ini menarik, Mbaak .... anak2ku pasti bersemangat jika diperlihatkan resep ini.

    ReplyDelete
  11. Boleh juga nih resepnya di recook..Kayaknya menu apa pun kalo udah pake keju KRAFT Quickmelt auto enak deh makanannya. Apalagi ini diolah meski sederhana tetep aja lezat bergizi

    ReplyDelete
  12. Ternyata bisa semudah dan sesederhana itu ya bikin risoles pakai Keju Kraft Quick Melt. Whaaa, aku jadi mau nyoba juga resep yang ini. Biar ada variasi gitu, Mbak, jangan sarapannya roti selai lagi dan lagi. Haha. Terima kasih resepnya :)

    ReplyDelete
  13. Risoles Leleh Simpel betulan keliru mudah bikinnya, tapi enak. Kayanya bakal coba di rumah. Anak-anak langsung suka gitu ya. Bagian roti yang lain juga bisa diolah biar kemakan

    ReplyDelete
  14. Risol meleleh dan bola kejunya nih kayaknya gampang buat dibikin, anak2 pun pasti suka. Mau aahh cobain ntar klo pas anak2 liburan dari pondok.

    ReplyDelete
  15. langsung meluncur ke instagram. wow, cara bikinnya gampang bingits peralatan yang digunakan untuk membentuk roti juga sederhana dan kreatif. Yummi... lihat kejunya yang meleleh.

    ReplyDelete
  16. Kreatif banget mbak bikin camilan buat anak-anak berbahan roti tawar. Saya biasanya sediain roti tawar sama kental manis dan meses aja. Ternyata kalau diolah, dengan paduan KRAFT Quick Melt ini bisa jadi aneka olahan yang pastinya menarik dan disukai anak-anak ya

    ReplyDelete
  17. Waiyaya...3 resep menu berbahan roti tawar bikinnya mudah anti gagal ya. Jadi pengen buat juga lumayan mudah dan minim bahan yg nggak macam-macam. Pasti nikmat bnget rasanya apalgi ada keju Kraft nya.

    ReplyDelete
  18. Wa anak2 pasti suka nih camilan sehat juga. Save resepnya ah.. buat bekal anak-anak juga cocok ya..

    ReplyDelete
  19. Anak-anak juga suka nyisain pinggiran roti tawar gitu, daripada dibuang biasanya aku olah lagi mba jadi tepung panir atau jadiin camilan lagi.
    Semua menunya enak-enak gampil bikinnya apalagi ada lelehan keju Kraft Quick Melt yang bikin rasanya makin lezatoss

    ReplyDelete
  20. Roti tawar ini ya, udah praktis, bisa dibikin aneka makanan. Perlu cobain resepnya Mba Deka nih. Secara saya kalau masak roti tawar hanya dibikin roti bakar.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.