KRAFT Crolette, Menu Buka Puasa Praktis dan Bergizi


Halo, temans. Gimana kabar puasanya hingga hari ini? Semoga masih berjalan lancar dan penuh semangat, ya. Ada yang puasanya bareng krucils enggak, nih, di bulan Ramadan kali ini? Hihi. Seru-seru gimana gitu yaa pastinya membersamai anak-anak kecil berpuasa. Kadang mereka semangat, kadang ya bikin emaknya harus nahan emosi 😜


menu buka puasa kraft crolette


Anak-anak saya yang ikut berpuasa tahun ini ada tiga, yaitu si sulung (kelas 5 SD), si nomor dua (kelas 2 SD), dan si nomor tiga (TK A). Sedangkan si nomor empat sebagai penggembira saja. Hihi. Si sulung dan si nomor dua sudah puasa full, sedangkan si nomor tiga masih puasa setengah hari dan kadang juga enggak puasa. Hemm.. 😊 

Nah, supaya puasa mereka semangat, salah satu cara saya adalah bikinin mereka menu-menu buka puasa dan sahur yang menarik dan bervariasi. Jadi ada sesuatu yang ditunggu gitu lo yang membuat mereka semangat menanti saat berbuka (atau juga waktu sahur).

Karena anak-anak suka banget sama telur dan keju, saya juga sering masakin mereka menu berbahan kedua jenis pangan itu, terutama telur. 


Telur Lagi Telur Lagi, Enggak Bosen?

Memangnya enggak bosen sering makan telur? 

Alhamdulillah mereka paham kalau emaknya ini enggak jago masak (hihihi..), jadi meskipun menu sehari-hari maupun saat puasa Ramadan sering berbahan telur, mereka enjoy aja. Bermacam-macam olahan telur pernah saya sajikan, dari mulai telur mata sapi (ceplok), telur dadar biasa, telur dadar ala martabak (dengan dicampur daun pre atau sayuran lain), telur rebus, telur bumbu kecap, dan lain-lain. Alhamdulillah mereka enggak bosen!

Saya pun enggak khawatir akan dampak buruk dari seringnya anak-anak mengonsumsi telur. Ya, karena setahu saya enggak ada dampak buruknya, sih. Anak-anak saya alhamdulillah juga enggak ada yang alergi telur, jadi insyaa Allah aman. Apalagi kandungan nutrisi pada telur tuh banyak dan bagus. Ada protein, kalori, karbohidrat, kalsium, kalium, natrium, lemak, kolesterol, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B2, dan lain-lain.

Nah, salah satu menu berbahan telur dan keju yang saya bikin di Ramadan kali ini adalah menu KRAFT Crolette. Ini menu baru, sih, di keluarga kami. Ya karena emaknya nyontek resep yang lagi happening dari medsos, hihi..

Ada yang sudah tahu KRAFT Crolette tuh seperti apa? Buat yang belum tahu, simak tulisan ini sampai habis, ya 😉

Baca juga: 5 Resep Masakan Air Fryer untuk Camilan Anak yang Mudah DIbuat.


Keunggulan Keju KRAFT Cheddar #KejuAsliCheck

Sebelum saya berbagi resep KRAFT Crolette, saya mau berbagi keunggulan produk keju yang paling disukai kami sekeluarga. Ya, keju KRAFT Cheddar yang rasanya enakkk banget itu. Kami lumayan sering membeli produk ini, karena kami sekeluarga terutama anak-anak memang suka. Kalau saya beli keju ini, anak-anak pasti enggak sabar buka bungkusnya dan minta buat dicemilin. Ckckck.. hihihi. Memang sesuka itu mereka pada keju ini. Belum diolah menjadi menu masakan pun mereka sudah enggak sabar menyantapnya 😄


kraft cheddar
KRAFT Cheddar 30 gr dan 160 gr.


Saya enggak masalah sih mereka nyemil keju ini. Karena produk ini punya banyak keunggulan dan baik bagi kesehatan. Pada kemasan produknya, tercantum beberapa komposisi seperti: keju cheddar, air, padatan susu, minyak nabati, dan lain-lain. Keju cheddar menjadi bahan utamanya karena ditulis paling awal (biasanya seperti itu). Keju KRAFT Cheddar ini kaya akan kalsium, protein (merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak), Vitamin D, dan kaya dengan segala kebaikan susu.

Selain komposisinya yang ciamik seperti itu, apa lagi ya keunggulan KRAFT Cheddar ini? Simak, nih..

👉 Bahan baku utama adalah keju cheddar #KejuAsliCheck

Bahan baku atau kandungan utama KRAFT Cheddar ini adalah keju asli yaitu keju cheddar #KejuAsliCheck jadi bukan air atau tepung. 

👉 Mengandung segala kebaikan dari susu

Keju KRAFT Cheddar terbuat dari keju mentah yang terbuat dari susu sapi murni yang dipadatkan. Itulah sebabnya mengapa keju ini mengandung segala kebaikan dari susu. Keju ini juga dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan Vitamin D.

👉 Kemasan berlapis menjaga keamanan isinya

Kemasan keju KRAFT Cheddar dibuat berlapis untuk menjaga keamanan dan higienitas produk, yaitu sebagai berikut:

  • Ukuran 30 gr dan 70 gr dikemas dalam sachet berupa plastik yang didalamnya dilapisi alumunium foil.
  • Ukuran 160 gr terdapat dua lapisan pembungkus, yaitu lapisan pertama berupa alumunium foil yang dilaminasi, dan lapisan kedua berupa karton yang diluarnya berisi tentang informasi produk. Alumunium foil yang dilaminasi adalah kombinasi antara alumunium foil dengan beberapa lapis plastik, yang memiliki kelebihan lebih kedap air dan udara. Selain itu lapisan plastik juga mencegah menempelnya alumunium foil pada keju yang ada di dalamnya.

👉 Rasa keju asli yang gurih dan enak

Rasa keju KRAFT Cheddar adalah khas rasa keju asli, yaitu gurih dan enak. Sehingga penambahan keju ini pada masakan dan kue tidak hanya menambah nutrisinya saja tapi juga menambah citarasa masakan. Berbagai menu olahan masakan akan terasa lebih gurih dan nikmat.

👉 Tersedia berbagai macam ukuran dengan harga terjangkau

Ada 4 macam kemasan keju KRAFT Cheddar yaitu 30 gr, 70 gr, 160 gr dan 2 kg. Kita bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk kebutuhan harian, kita bisa membeli yang kemasan mini hingga agak besar, yaitu 30 gr, 70 gr, atau 160 gr. Sedangkan bagi yang punya usaha kue atau cookies, lebih cocok jika membeli sekalian yang kemasan 2 kg. 

Untuk harganya, meski keju ini kualitasnya sangat baik, namun harganya cukup terjangkau. Berikut ini harganya:

  • KRAFT Cheddar kemasan mini 30 gr, harga sekitar Rp6.000,00.
  • KRAFT Cheddar sachet 70 gr, harga sekitar Rp11.000,00.
  • KRAFT Cheddar 165 gr, harga sekitar Rp23.000,00.
  • KRAFT Cheddar 2 kg, harga sekitar Rp.180.000,00.

Selain itu kadang juga ada harga diskon di minimarket atau supermarket, sehingga kita bisa membelinya dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: Dengan Bumbu Nasi Biryani dari Cairo Food, Masak Nasi Biryani Jadi Praktis!


KRAFT Crolette, Bikin Buka Puasa Makin Semangat

Nah, ini dia resep KRAFT Crolette yang akan saya bagikan. Sebelumnya, apa sih artinya Crolette? Hehe.. jadi Crolette tuh kependekan dari crown dan omelette, yang artinya omelet yang bermahkota. Ya, menu berbahan telur dan keju ini dibuat sedemikian menarik agar menggugah selera. Namun meski tampilannya menarik, ternyata cara memasaknya enggak rumit, lo. Dan yang lebih penting lagi, bahan-bahannya sangat mudah didapatkan. Yes, telur dan keju yang setiap hari insyaa Allah bisa kita dapatkan!

Kemarin saya bikin KRAFT Crolette ini bareng si sulung dan si nomor dua. Mereka excited sekali mengikuti step by step memasak menu ini. Oh iya, resep ini saya recook dari resep yang ada di akun Instagram-nya @kraft_id ya. Namun kali ini saya beri tambahan sedikit bumbu dan bahan serta topping agar lebih menarik. Berikut resepnya:

bahan kraft crolette

Bahan:

  • 2 (dua) butir telur
  • Satu bungkus Keju KRAFT Cheddar Mini (kemasan 30 gram)
  • Minyak goreng atau mentega secukupnya
  • Daun pre secukupnya (diiris tipis-tipis)
  • Sedikit garam dan merica bubuk
  • Sayuran sebagai topping (dikukus)

Cara Memasak:

  1. Pecahkan telur, masukkan ke dalam mangkok. Tambahkan irisan daun pre dan garam serta merica bubuk. Kocok merata.
  2. Masukkan adonan telur ke dalam pan teflon (wajan anti lengket), masak dan lipat memanjang.
  3. Parut keju KRAFT Cheddar di atas pan teflon. Atur agar keju parut merata ke seluruh permukaan pan teflon.
  4. Letakkan omelet yang telah dilipat di atas parutan keju.
  5. Masak dengan api kecil kurang lebih selama 2 menit.
  6. Pindahkan ke piring dengan cara menangkupkan piring ke atas wajan, lalu balik pan teflon.
  7. Dengan bantuan spatula, bentuk keju menjadi mahkota (crown) yang kaku.
  8. Siap disantap dengan diberi topping sesuka hati. Saya memberikan beberapa sayuran yang dikukus sebagai topping agar rasanya balance dengan kejunya yang cenderung agak asin 😊

Baca juga: Rupa-Rupa Menu Buka Puasa Ramadan ala Emak Rempong.

kraft crolette dengan topping sayuran
KRAFT Crolette dengan topping sayuran.


Praktis sekali, ya, menu KRAFT Crolette ini. Karena hanya membutuhkan dua bahan utama yang mudah didapatkan, tinggi protein dan kalsium, dan rasanya gurih dan lezat keju asli. Cocok banget untuk menu buka puasa maupun sahur. Karena faktanya, satu menu KRAFT Crolette dapat memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. Sehingga dengan mengonsumsi menu ini akan dapat membantu menjaga kita tetap kenyang.

Video singkat tentang Cara Memasak KRAFT Crolette bisa dilihat di IG Reels saya di sini:

 


Tips Anti Gagal Bikin KRAFT Crolette

Jujur, ya, KRAFT Crolette buatan saya seperti foto di atas itu hasilnya kurang maksimal. Ya, meski rasanya enakkk dan disukai anak-anak, tapi crown-nya kurang krispi dan warnanya kurang kuning keemasan. Hal itu karena saya takut gosong! Hihi. Soalnya, wajan anti lengket kepunyaan saya kondisinya sudah enggak bagus. Maksudnya pan teflon itu sudah ada beberapa goresan, jadi enggak 100% bisa anti lengket gitu. Jadinya saya buru-buru memindahkannya ke piring, daripada gosong duluan 😄

Nah, jadi saya punya beberapa tips, nih, agar KRAFT Crolette hasilnya bisa bagus/maksimal, dan anti gagal. Ini dia tipsnya:

  • Gunakan hanya keju KRAFT Cheddar, karena hanya dengan keju ini Crolette akan berhasil. Crown-nya bisa berdiri tegak dan enggak patah-patah, gitu. Mengapa? Karena kandungan protein dan kalsium yang tinggi pada KRAFT Cheddar ini membuat crown sempurna dan tidak mudah patah saat dipanaskan. Kalau pakai keju merek lain, kata teman-teman saya kejunya patah-patah gitu sih jadinya.
  • Agar crown-nya lebih rapat (enggak bolong-bolong banyak) dan lebih tinggi, ratakan parutan keju ke seluruh permukaan wajan. Ukuran keju KRAFT Cheddar Mini 30 gram sudah merupakan takaran yang pas untuk membuat Crolette ini berbentuk bagus.
  • Gunakan pan teflon yang masih bagus kondisinya. Artinya benar-benar enggak lengket untuk menggoreng. Jadi mudah saat memindahkannya ke atas piring.


buka puasa dengan kraft crolette
Menikmati KRAFT Crolette saat buka puasa 😋


Nah, itulah pengalaman saya membuat KRAFT Crolette untuk menu buka puasa. Gimana, simpel sekali, kan, resep KRAFT Crolette ini? Pas sekali untuk menu buka puasa yang praktis dan bergizi, sekaligus menggugah selera. Yuk, temans, coba juga resep ini di rumah. Ajak juga anak-anak untuk bantu memasaknya. Pasti mereka excited banget (sama seperti anak-anak saya) 😄.

Happy Ramadan, and happy cooking!



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.