Pages

Cara Cepat Memasak di Dapur


Bagaimana cara cepat memasak di dapur mungkin menjadi suatu hal yang penting diketahui oleh sebagian ibu. Terutama bagi para ibu yang bekerja di kantor dan tak punya asisten rumah tangga, ibu yang punya banyak anak kecil (seperti saya 😁), atau ibu yang menginginkan me time lebih lama 😊.

bagaimana cara cepat memasak di dapur

Sebagian ibu memang betah berlama-lama di dapur, namun sebagian yang lain berkata sebaliknya. Saya kadang juga betah di dapur jika punya banyak waktu untuk mengeksplor beberapa menu. Tetapi lebih seringnya saya ingin cepat-cepat selesai memasak dan kemudian mengerjakan urusan lain.

Dulu saya lumayan lambat dalam mengerjakan segala sesuatunya. Termasuk soal urusan masak-memasak. Tentu bukan karena saya adalah putri Solo, karena nyatanya banyak juga perempuan asli Solo yang geraknya cepat. Hehe. Atau mungkin saya terlalu sering melamun? Entahlah.. Tapi yang jelas semenjak menikah dan punya anak, gerak saya cenderung lebih cepat. Mungkin secara otomatis, karena banyak urusan yang harus dikerjakan dan harus selesai dalam waktu cepat.

Apalagi saat anak pertama lahir hingga berusia satu tahun saya masih bekerja di luar rumah. Sehingga pekerjaan rumah tangga enggak bisa dikerjakan sambil melamun kebangetan. Haha. Di pagi hari, semua pekerjaan rumah tangga harus cepat diselesaikan agar saya dan suami enggak terlambat sampai di tempat kerja. Pekerjaan rumah di sore hingga malam hari pun harus segera beres jika tak ingin tidur terlalu larut.

Baca juga: Hidangkan Nasi yang Sehat Bersama Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601.

Cara Cepat Memasak di Dapur ala Saya

Dengan kondisi suami-istri bekerja di luar rumah dan punya anak bayi (seperti cerita saya di atas), rasanya setiap ibu akan berusaha agar bisa memasak di dapur dengan cepat. Seperti juga halnya saya sekarang, ketika menjadi ibu rumah tangga (yang seharian di rumah saja) dengan empat anak yang masih kecil-kecil, acara memasak di dapur enggak bisa berlama-lama. Kecuali dalam kondisi-kondisi tertentu.

Nah, dari pengalaman berumah tangga selama sepuluh tahun lebih, dan selama itu pula saya selalu berkutat di dapur, saya mencoba berbagi tips bagaimana cara cepat memasak di dapur. Berikut tips ala saya:

🍩 Mutitasking.

Saya belajar memasak secara multitasking justru dari suami saya. Hihi.. (tutup muka, ah...). Sebelum menikah suami sudah terbiasa memasak untuk dirinya sendiri dan adiknya (karena suami yatim piatu sejak SMU). Dia menyempatkan memasak di sela kesibukannya bekerja. Sehingga acara memasak yang dia kerjakan enggak bisa santai-santai. Pengalaman itulah yang membuatnya secara otomatis bisa memasak dengan cepat.

Jadi multitasking yang saya maksud adalah mengerjakan beberapa pekerjaan di dapur secara bersamaan. Misalnya mau memasak sayur enggak harus menyiapkan bumbu-bumbu dan sayuran mentah siap sedia semua baru mulai menyalakan kompor. melainkan kami melakukannya secara bertahap. Misalnya memasak air dulu, disambi mengiris bumbu, juga membersihkan sayuran atau daging, dan seterusnya.

Selain itu, sambil memasak sayur dan lauk-pauk kita juga bisa memasak nasi, membuat minuman, mencuci piring, merapikan sisa bumbu, sayuran, dan lain-lain ke dalam kulkas atau lemari dapur, menyapu lantai, atau bahkan sambil memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Sehingga beberapa pekerjaan di dapur akan selesai dengan lebih cepat, dan di saat bersamaan dapur pun sudah bersih dan rapi kembali.

memasak bersama di dapur
Sumber gambar: freepik.com.

🍩 Fokus.

Kalau ingin cepat memasak di dapur, jangan keseringan melamun atau duduk-duduk santai sambil menunggu masakan matang, ya. Hehe. Fokuskan perhatian kita dalam memasak. Kita harus tahu setelah melakukan langkah A lalu lanjut ke langkah B, C, dan seterusnya.
Lalu misalnya ada anak-anak atau suami menemani di dapur, kita jangan tergoda untuk ngobrol panjang lebar sehingga acara memasak enggak selesai-selesai. Bisa saja ngobrol, tapi pastikan tangan tetap bergerak cepat dalam memasak.

🍩 Gunakan perlengkapan memasak yang mendukung.

Perlengkapan memasak yang dapat mendukung kita untuk dapat memasak dengan cepat di dapur sangat diperlukan. Misalnya kompor yang nyala apinya besar dan kuat, sehingga dapat membuat masakan lebih cepat matang. Atau kita bisa membeli panci presto agar waktu memasak daging menjadi lebih singkat, dan lain-lain.

Sehingga sebelum membeli perlengkapan dapur, pikirkan dulu kebutuhan kita seperti apa. Jika waktu kita di dapur sangat terbatas dan memang tak mau berlama-lama di dapur, maka pilihlah produk-produk yang bisa mendukung kebutuhan kita tersebut. Karena meskipun kita sudah bergerak cepat dalam memasak namun perlengkapannya tidak mendukung, kita akan dipaksa menunggu selama proses memasak. Misalnya kompornya kurang kuat nyala apinya, alhasil sayur enggak cepat matang padahal pekerjaan dapur lainnya sudah selesai.

Baca juga: 8 Perlengkapan Rumah Tangga Berkualitas Tetapi Minim Budget.

🍩 Cari bantuan jika ada/memungkinkan.

Kita bisa mencari bantuan untuk memasak jika memungkinkan. Misalnya saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, anak-anak di rumah saja dan suami mungkin juga bekerja dari rumah. Nah, ajak mereka memasak jika tidak sedang mengerjakan aktivitas penting lainnya. Mengajak anak-anak memasak bisa sambil melatih life skill mereka. Kemudian mengajak suami bergabung memasak bersama anak-anak bisa untuk merekatkan bonding antara ibu, anak-anak, dan ayah.

Dengan mencari bantuan saat memasak, aktivitas ibu dalam memasak akan lebih ringan. Disamping itu masakan cenderung akan lebih cepat tersaji di meja makan. Asalkan enggak terlalu banyak ngobrol dan bercanda, ya. Hehehe.

🍩 Bikin menu masakan yang praktis.

Nah, memilih menu makanan yang praktis menjadi salah satu cara jika kita ingin memasak dengan cepat. Masakan yang praktis di sini maksudnya yang gampang cara memasaknya dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam memasak. Gampang memasak karena hanya butuh bumbu yang sedikit, misalnya.

Namun ada kalanya anggota keluarga enggak suka jika menu masakan yang praktis hanya itu-itu saja. Maka ibu harus sering  mencari referensi masakan yang praktis namun variatif agar keluarga enggak bosan.


Nah, itulah beberapa cara cepat memasak di dapur ala saya. Acara memasak di dapur memang kadang atau bahkan selalu menyenangkan bagi sebagian ibu. Tetapi beberapa kondisi membuat para ibu harus lebih singkat menghabiskan waktu di dapur. Semoga tips dari saya di atas dapat bermanfaat, ya. Selamat memasak!



Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

7 comments:

  1. Betul ini mbak. Setelah sekian lama oprek2 di dapur aku menemukan cara kerja yang pas buat menghemat waktu. Klo mau goreng2 dikerjakan duluan. Sambil nunggu gorengan bisa selesein sayuran dan cuci piring. Gorengan matang, semua sdh beres. Yeyy.. salam kenal ya Mbak 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul.. kalau udah lama ngoprek dapur, akhirnya menemukan cara kerja yang pas juga ya..
      Btw salam kenal kembali, Mbak.. udah maen tadi :)

      Delete
  2. practice makes perfect itu emang gak bohong ya, kalau sudah terbiasa masak ini itu dalam tempo waktu singkat pasti wes woles ya mbak.

    Hahahaha saking wolesnya kadang brasa kompornya kurang wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. betul.. makasih Mbak Nining udah berkunjung.. lama tak jumpo :D

      Delete
  3. Pantes gak sih klo laki-laki jg pinter masak di dapur, wkwkw

    ReplyDelete
  4. Wow, sudah 10 tahun berumah tangga dengan 4 anak membuat pengalaman mbak pasti jauuuh lebih banyak nih dari aku, apalagi soal memasak di dapur. Nomor wahid ini yang namanya multi tasking ya mbak hihihi. Kalo nggak gitu bisa nggak kecandak kata orang Jawa.

    ReplyDelete
  5. wah tips yang bisa ditiru nih
    tapi saya juga selalu cepet kalau masak
    pakai rumus cemplung cemplung wkwkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.