Atasi Tanda-Tanda Penuaan di Wajah dengan Serum dari Scarlett


Setelah proses persalinan anak kelima kemarin, saya benar-benar menyadari bahwa saya sudah tak muda lagi. Haha. Meskipun semangat dan obrolan dengan teman-teman masih kayak anak muda, tapi tak dapat dipungkiri bahwa tanda-tanda penuaan secara fisik sudah muncul. Seperti tanda-tanda penuaan di wajah saya.


scarlett serum anti aging


Tanda-tanda penuaan itu adalah adanya garis-garis halus di bawah mata dan di antara mulut dan pipi, kulit wajah terlihat kusam, juga munculnya bercak-bercak hitam tipis-tipis.

Ya, namanya sudah usia jelang 40, selama bertahun-tahun itu pula kulit wajah saya sudah sering terkena paparan sinar matahari, polusi, dan gaya hidup yang tak selalu sehat. Enggak heran, kan, jika hal-hal itu menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan seperti yang saya sebutkan di atas. Teman-teman yang seusia saya mungkin juga mengalami hal yang sama, ya? Meski enggak semua, sih 😀

Biasanya, saya mengabaikan permasalahan wajah seperti itu. Saya lebih peduli dengan semangat jiwa muda yang terus saya pertahankan. Biar semangat jalani hari-hari bersama anak-anak! Atau lebih tepatnya, saya menolak tua! Eits.. hahaha.

Tapi ternyata, tanda-tanda penuaan yang muncul di wajah agak mengganggu juga, dan saya pikir tak boleh mengabaikannya. Semangat muda tapi wajah kusam dan banyak garis halus di sana-sini? Ah, kalau bisa harus dikurangi, dong!

Nah, sebagai pengguna produk-produk Scarlett beberapa waktu terakhir ini, dari produk face care, body care, sampai hair care, saya sering kepo apa saja produk terbaru yang dikeluarkan oleh brand milik Felicya Angelista ini. Dan, alhamdulillah kok ya ada produk yang tampaknya solutif untuk permasalahan kulit wajah saya saat ini.

Ada dua produk yang tampak cocok untuk mengatasi permasalahan wajah saya, yaitu berupa serum. Seperti kita ketahui, serum bermanfaat antara lain untuk membersihkan pori-pori pada wajah, menjaga kulit agar tetap terhidrasi, dan meremajakan kulit. Nah, kedua serum dari Scarlett itu adalah SKIN SMOOTHING RETINOL SERUM dan NIACINAMIDE 5% BETA GLUCAN 7 PHYTO EXTRACT SERUM.

scarlett serum anti aging

Menurut klaim produknya, kedua produk itu dapat mengatasi munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus di wajah, kulit kering, kusam dan mulai muncul flek hitam. Kedua serum tersebut diklaim dapat menjadikan kulit wajah lebih powerful seiring bertambahnya usia. Hemm.. menarik, kan 😊

Oke, di sini saya akan menuliskan review kedua produk face care dari Scarlett itu, ya. FYI, saya sudah mencoba serum Niacinamide selama kurang lebih dua minggu.


SCARLETT NIACINAMIDE 5% BETA GLUCAN 7 PHYTO EXTRACT SERUM

Serum pertama adalah Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract. Serum ini diperuntukkan bagi semua jenis kulit wajah. Namun khususnya untuk yang punya kondisi kulit kusam, kulit kering, dan kulit dengan noda hitam bekas jerawat (PIH). Sebagai catatan, serum ini diperuntukkan bagi usia di atas 13 tahun, ya.

scarlett niacinamide serum

Packaging

Serum ini kemasannya mirip dengan Scarlett Acne Serum. Warna box-nya dominan putih dan ungu, demikian juga dengan botolnya yang terbuat dari kaca. Karena berbahan kaca, botolnya dilindungi dengan box plastik sehingga lebih aman. Sedangkan tutupnya, model pipet atau dropper. Perbedaan mencolok dengan Acne Serum, leher botol pada Niacinamide serum berwarna ungu (sedangkan Acne Serum berwarna putih).

Warna, Tekstur, dan Aroma

Niacinamide serum ini warnanya bening, dengan tekstur cair namun sedikit agak kental. Aromanya wangi tapi tidak menyengat.

tekstur niacinamide serum

Kandungan Bahan dan Manfaatnya

Sesuai namanya, kandungan utama serum Niacinamide ini adalah Niacinamide 5%, Beta Glucan, 7 Phyto Extract, Allantoin, Creatine, dan Triple Ceramide Complex

Bahan-bahan utama serum Niacinamide inilah yang menjadi keunggulannya karena memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Seperti Niacinamide 5% yang bermanfaat untuk memperbaiki skin barrier, anti-inflamasi, antioksidan, dan mencerahkan kulit. Lalu Allantoin berfungsi untuk menghidrasi kulit. Dan yang paling unik dan menjadikannya berbeda dari serum lainnya karena mengandung 7 Phyto Extract.

7 Phyto Extract terdiri dari:

  • Moringa Extract yang berfungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit.
  • Mugwort Extract berfungsi untuk menenangkan kulit berjerawat.
  • Chamomile Extract berfungsi untuk menenangkan kulit yang iritasi dan mengurangi flek hitam.
  • Bifida Ferment Extract berfungsi untuk memperkuat skin barrier dan mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar UV.
  • Pomegranate Extract membantu mencerahkan dan mengurangi tampilan garis halus pada wajah.
  • Lotus Extract yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek radikal bebas.
  • Centella Asiatica Extract bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen.

Kemudian ingredients lengkapnya sebagai berikut:

Aqua, Niacinamide, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Artemisia Capillaris Leaf Water, Propanediol, Centella Asiatica Extract, 1,2-Hexanediol, Creatine, Chamomilla Recutita (Matricarial Flower Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Allantoin, Camellia Sinensis Leaf Extract, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Dmdm Hydantoin, Xanthan Gum, Lavandula Angustifolia Oil, Yeast Ferment Extract, Allium Sativum Bulb Extract, Disodium Edta, Caprylhydroxamic Acid, Aminomethyl Propanol, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, Punica Granatum Fruit Extract, Pvm/Ma Copolymer, Sodium Lauroyl Lactylate, Bifida Ferment Lysate, Nelumbo Nucifera Flower Extract, T-Butyl Alcohol, Sodium Carboxymethyl Betaglucan, Potassium Sorbate, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Ceramide NP, Ceramide AP, Cholesterol, Phytosphingosine, Sorbic Acid, Carbomer, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Ceramide EOP.

Semua kandungan dalam Niacinamide serum ini secara garis besar bermanfaat untuk:

  • Menyamarkan noda hitam dan mengurangi hiperpigmentasi
  • Memperbaiki/memperkuat skin barrier
  • Membantu memperbaiki tampilan garis halus
  • Mencerahkan dan melembapkan kulit secara maksimal
  • Menenangkan dan menghidrasi kulit kering, merah, teriritasi
  • Melindungi kulit dari bahaya paparan radikal bebas penyebab penuaan dini

FYI, hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak gelap pada kulit akibat produksi melanin yang berlebihan. Sedangkan skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang berfungsi menjadi pelindung lapisan kulit di dalamnya.

Cara Pakai

Serum Niacinamide ini sebaiknya digunakan setiap pagi dan malam hari. Caranya:

  1. Teteskan serum 2-3 tetes pada telapak tangan.
  2. Oleskan secara perlahan dan merata ke seluruh kulit wajah.
  3. Tunggu 1-3 menit hingga produk meresap sepenuhnya.

Pengalaman Menggunakan Serum Niacinamide

Setelah mencoba Scarlett Niacinamide serum ini, yang saya rasakan sih kulit wajah saya berubah lebih cerah dan lembap. Untuk flek-flek hitam belum terlihat signifikan, sih. Tapi tampaknya agak berkurang dengan terlihat cerahnya wajah saya 😊

Baca juga: Pengalaman Menggunakan Scarlett Glowtening Serum.


SCARLETT SKIN SMOOTHING RETINOL SERUM

Serum kedua yang manfaatnya tampak cocok untuk mengatasi tanda-tanda penuaan di wajah adalah Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum. Serum ini diperuntukkan bagi semua jenis kulit, dengan kekhususan kondisi kulit yang kusam, adanya tanda-tanda penuaan, dan tekstur kulit kasar.

scarlett retinol serum

Namun, ada beberapa catatan dari serum ini. Retinol serum diperuntukkan bagi usia mulai 18 tahun ke atas, tidak disarankan untuk ibu hamil dan ibu menyusui, dan tidak disarankan digunakan secara bersamaan dengan Acne Series. Noted, yaa 😊

Nah, karena saat ini saya sedang menyusui, jadi saya belum bisa mencoba serum yang satu ini. Tapi enggak apa-apa lah ya, di sini saya tuliskan mengenai tampilan, kandungan bahan, dan manfaat produknya 😙

Packaging

Retinol serum ini kemasan luarnya berwarna hijau tosca dan putih, demikian juga botolnya. Bahan dan bentuk botol, sama dengan Niacinamide serum.

Warna, Tekstur, dan Aroma

Retinol serum ini juga berwarna bening, tapi agak pekat seperti putih susu, dengan tekstur yang lebih kental dari Niacinamide serum. Aromanya juga wangi namun tidak menyengat.

tekstur retinol serum

Kandungan Bahan dan Manfaatnya

Kandungan utama dari serum ini adalah Retinol, Pomegranate Extract, Hexapeptide-8, Allantoin dan Vitamin C. Masing-masing dari kandungan utama ini memiliki khasiat sebagai berikut:

Retinol: membantu menyamarkan garis-garis halus, meningkatkan proses regenerasi kulit, dan membantu meningkatkan produksi kolagen serta elastin.

Pomegranate Extract: mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, mencegah penyebab pertumbuhan bakteri jerawat dan lainnya.

Hexapeptide-8: membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, menghidrasi kulit, menenangkan iritasi pada kulit, serta meningkatkan produksi natural Hyaluronic dan kolagen.

Allantoin: membantu mempercepat proses penyembuhan luka, menghaluskan tekstur kulit, dan lain-lain.

Vitamin C: membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit, mencegah penurunan produksi kolagen, mencegah efek buruk radikal bebas dan lainnya.

Sedangkan kandungan lengkap dalam Retinol serum sebagai berikut:

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, Dmdm Hydantoin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Glucoside, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Butyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl Alcohol, Sodium Benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin. 2-Aminobutanol, Simethicone.

Kandungan bahan-bahan yang terdapat dalam Retinol serum tersebut bermanfaat untuk:

  • Menyamarkan kerutan dan mencegah tanda-tanda penuaan
  • Memperbaiki tekstur kulit
  • Merawat kulit berjerawat
  • Menghaluskan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Meningkatkan produksi kolagen


Cara Pakai

Retinol serum ini digunakan pada malam hari saja, ya, dengan cara:

  • Teteskan sebesar ujung jari dan oleskan ke wajah dan leher yang telah dibersihkan.
  • Tunggu 1-3 menit hingga produk meresap sepenuhnya.
  • Lalu lanjut dengan pelembab.

Kemudian untuk diperhatikan, frekuensi pemakaian Retinol serum adalah sebagai berikut:

  • Untuk pemula disarankan menggunakan Skin Smoothing Retinol Serum selama 3 kali seminggu agar kulit lebih terbiasa.
  • Jika kulit sudah terbiasa, dapat digunakan setiap hari.
  • Disarankan menggunakan pelembap setelah penggunaan serum Retinol.
  • Wajib menggunakan sunscreen di pagi hari

Pengalaman Menggunakan Skin Smoothing Retinol Serum

Seperti sudah saya tulis di atas, karena saya masih menyusui, jadi saya belum bisa mencoba Retinol serum ini. Tapi kalau membaca review-review di luar sana, banyak yang memberikan review positif, sih 😊

menggunakan scarlett serum

Demikianlah, temans, review saya mengenai Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum untuk mengatasi tanda-tanda penuaan di wajah. Oh ya, kedua serum itu (dan semua produk Scarlett) teruji bebas Merkuri dan Hydroquinone, dan registered by BPOM, ya. Jika teman-teman ingin membelinya, bisa order di sini, ya: https://linktr.ee/scarlett_whitening

Dan jika ingin mengecek keaslian produk Scarlett, buka aja link ini: https://verify.scarlettwhitening.com/, lalu isi data yang diminta dan masukan kode di bawah barcode yang terdapat di produk untuk cek kode seri.

Selamat berbelanja produk-produk Scarlett!



11 comments

  1. Kulit segar, lembut, dan menyenangkan ya.

    ReplyDelete
  2. Sekarang memang lagi nge-trend produk retinol ini ya ternyata scarlett juga punya produk dengan bahan retinol juga yaa. Apalagi manfaat 2 produk scarlett ini banyak banget auto beli sih ini

    ReplyDelete
  3. Serum dari Scarlett dengan bahan yang sudah dipercayai baik bagi kesehatan kulit wajah. Pasti jadi terlihat glowing dan kenyal. Idaman banget kulitnya

    ReplyDelete
  4. Mbak ku pakai ini, beliau mengatakan kalau pakai ini lebih fresh hihi

    ReplyDelete
  5. Jujur saja untuk kosmetik, saya kurang paham, namun saya sangat setuju tentang wajah, terkhusus kulit wajah yang harus terus dirawat agar bisa terlihat awet muda, sehat, dan yang pasti mencegah tanda-tanda penuaan kulit muncul, apalagi dengan aktivitas di luar rumah, seringnya terpapar debu, cahaya matahari tentu bisa mempercepat penuaan kulit wajah

    ReplyDelete
  6. Varian yang ini pas banget buat saya dan salah satu yang saya tunggu-tunggu. Tapi belum beli karena kadung pakai yang brightening dan belum habis.

    ReplyDelete
  7. Kalau di Syurga malah g pernah Tua Mbak n_n
    Kalau pemakaian nya g rutin gmn ya mbak. Soalnya kadang muales

    ReplyDelete
  8. BIasanya aku juga kalau sedang kumat malesnya nih.. berasa kaya "Ya udahlah ya..sunnatullah dengan kondisi kulit yang semakin banyak masalah seiring bertambah usia."

    Tapi inget lagi kalau Scarlett aja selalu berinovasi. Jadi, gak boleh males dan putus asa merawat kulit dengan bantuan serum yang kandungannya bikin kulit tetap STAY Shining, shimmering, splendid.

    ReplyDelete
  9. Selamat ya atas kelahiran anaknya, Mbak DK. Semoga jadi kebanggaan dan pembawa keberkahan untuk keluarga. Aku yang pakai kacamata apalagi, rasanya kantung mata mulai menonjol dan terlihat tua jadinya. Ya emang udah tua sih, jadi penasaran nyobain produk face care dari Scarlett. Karena istri kebetulan pakai, tar mau minta ah. Selama ini aku kek abai aja, padahal produknya rata-rata nyenengin dan sukses di pasaran. Daripada perawatan di klinik beauty yang mahal hehe

    ReplyDelete
  10. Retinol dan niacinamide memang terkenal bagus ya mbak. Wow Mbak Diah ternyata menjelang 40 ya. Aku yang berasa itu mulai tumbuh banyak uban. Dan juga kerutan sih di wajah. Garis2 halus gtu. Jadi bisa ya pakai scarlet

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.