Cara Menghilangkan Komedo dengan Masker dari Scarlett



Salah satu permasalahan wajah saya selain sering berjerawat adalah banyaknya komedo yang muncul. Mungkin karena tipe wajah saya yang cenderung berminyak, ya. Meskipun akhir-akhir ini sudah tak begitu berminyak karena lumayan rutin menggunakan rangkaian face care anti acne dari Scarlett Whitening, tapi komedo tetap saja bermunculan.



maker wajah scarlett


Dan seperti mengerti keinginan saya (cieee…) kok ya belakangan ini Scarlett mengeluarkan produk yang solutif banget buat persoalan wajah saya. Mereka tuh punya produk masker wajah yang salah satu fungsinya buat mengurangi komedo di wajah. Kemudian saat saya baca beberapa review mengenai produk tersebut, katanya sih banyak yang cocok.

Duh… saya jadi penasaran, kan. Apalagi selama ini saya cocok-cocok saja menggunakan semua produk Scarlett, baik face care, body care, maupun hair care. Enggak ada efek buruk apapun termasuk di wajah saya. Ya jerawat kadang masih muncul, sih, karena memang salah saya sendiri yang kadang enggak rutin menggunakan face care anti acne-nya. Huehehe.

Baca juga: Dengan Scarlett Body Care Series, Perawatan Tubuh di Rumah Saja Jadi Spesial.

Apa Sih Fungsi Masker untuk Wajah?

Sebelumnya, saya mau kasih tahu dulu (buat yang mungkin belum tahu) tentang apa sih sebenarnya fungsi masker untuk wajah?

Aktivitas kita sehari-hari tak jarang berhadapan dengan sinar matahari, debu, polusi, asap kendaraan, dan lain-lain. Hal ini seringkali menyebabkan timbulnya berbagai masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, komedo, noda hitam, dan sebagainya. Nah, untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik, mulus, dan cerah dengan aktivitas sehari-hari seperti itu, kadang tak cukup hanya dengan menggunakan sabun pencuci muka, pelembab, dan krim pagi/malam.

Masker wajah perlu digunakan secara rutin agar kulit wajah lebih terjaga, cantik, segar dan sehat. Karena masker wajah tidak hanya mampu merelaksasi kulit wajah, tetapi juga ada banyak manfaat lainnya. Diantaranya sebagai berikut:

💗 Memberi Nutrisi ke Kulit

Masker wajah biasanya mengandung bahan-bahan yang mengandung vitamin, essential oils, dan bahan-bahan anti aging yang mampu menutrisi dan memperbaiki kulit. Bahan-bahan tersebut baik untuk kesehatan kulit.

💗 Membersihkan Kulit Wajah secara Menyeluruh

Jika kita memiliki tipe kulit berminyak atau kombinasi, masker dapat membersihkan wajah hingga ke dalam pori dan mengangkat minyak berlebih. Masker juga dapat membersihkan wajah secara menyeluruh dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang mungkin masih menempel di wajah (termasuk sisa make up).

💗 Melembapkan Kulit Wajah

Bagi kita yang punya jenis kulit wajah yang kering dan sensitif, masker wajah dapat bermanfaat untuk menghidrasi dan mengembalikan kelembapan kulit. Pilih masker yang mengandung bahan-bahan alami, seperti alpukat, minyak zaitun, dan madu, karena ampuh untuk menjaga kulit tetap lembap dan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

💗 Eksfoliasi Kulit

Masker wajah tidak hanya membantu mengangkat sel-sel kulit mati atau eksfoliasi kulit saja. Kandungan vitamin dalam masker juga mampu mengembalikan keremajaan kulit dan membersihkan kulit dari racun-racun radikal bebas.

💗 Mengencangkan Kulit Wajah

Rutin menggunakan masker wajah juga bermanfaat untuk mengencangkan dan meningkatkan elastisitas kulit wajah, sehingga wajah akan terasa kenyal dan terlihat awet muda. Selain itu, masker juga dapat membuat kulit wajah lebih lembut dan merona.

💗 Mencerahkan Kulit Wajah

Masker wajah mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperkuat kinerja toner dalam mengencangkan pori-pori kulit, sehingga hasilnya kulit wajah kita akan kembali cerah dan berseri.

💗 Meredakan Masalah Kulit

Untuk yang punya jenis kulit wajah sensitif dan sering mengalami iritasi, kemerahan atau sunburn, hingga berjerawat, penggunaan masker wajah bisa membantu menenangkan kulit yang sensitif.

Itulah beberapa fungsi penggunaan masker wajah secara teratur. Banyak juga ya manfaatnya 😊

Baca juga: Scarlett Acne Essence Toner Lengkapi Kebutuhan Perawatan untuk Wajah Berjerawat.


Review Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Kembali ke cerita awal, saya penasaran dengan masker dari Scarlett Whitening. Jadilah sejak kurang lebih dua minggu yang lalu saya mencoba menggunakan masker dari Scarlett tersebut. Ada dua masker sekaligus yang saya coba, yaitu Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Soalnya keduanya punya fungsi yang berbeda, namun saling mendukung.

Ya, kalau saya baca ingredients dan manfaat dari kedua produk tersebut, fungsinya memang berbeda, sih (tentu saja, ya, hehehe..). Namun kedua produk ini bisa digunakan untuk kulit wajah normal, kering, kombinasi, berminyak, rentan berjerawat, dan kulit sensitif. Jadi bisa untuk semua jenis kulit wajah, ya.

Trus saya membayangkan, kalau digunakan secara bergantian, mungkin akan berefek bagus di wajah saya. Mungkin inilah cara menghilangkan komedo yang merupakan salah satu masalah di wajah saya. Hemm.. jadi gimana nih pengalaman saya menggunakan Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask dari Scarlett Whitening? Berikut ini review saya… 😊


scarlett herbalism mugwort mask

Herbalism Mugwort Mask

Menurut klaim produk dan review-review yang saya baca, Herbalism Mugwort Mask ini bermanfaat untuk membantu mencerahkan, membersihkan wajah serta menenangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Selain itu masker wajah ini baik untuk membantu mengontrol produksi sebum (minyak alami) di kulit wajah, meminimalisir tampilan pori, merawat kulit berjerawat dan mengangkat komedo hingga lapisan terdalam. Wah.. banyak banget ya manfaatnya.

Packaging

Herbalism Mugwort Mask kemasan luarnya berupa kardus berbentuk kubus berwarna putih dan hijau muda. Pada kemasan luar ini tertera nama produk, netto, ingredients, kandungan bahan dan manfaatnya, barcode, nomor BPOM RI, cara pakai, dan QR Code.

kemasan herbalism mugwort mask


Sementara itu kemasan dalamnya berbentuk pot berbahan plastik, dengan tutup berwarna putih dan badan pot bening, sehingga isinya terlihat dari luar. Di dalamnya ada mini spatula yang diletakkan di atas tutup bagian dalam.

Warna, Tekstur, dan Aroma

Warna Herbalism Mugwort Mask ini adalah hijau tua agak kecoklatan (atau hitam, ya?), bertekstur kental, dan aromanya lebih kuat ke aroma green tea. Masker ini termasuk jenis masker arang (charcoal mask) yang teksturnya akan perlahan mengeras ketika diaplikasikan ke wajah.


warna herbalism mugwort mask

tekstur herbalism mugwort mask

Kandungan Bahan dan Manfaatnya

Kandungan bahan pada Herbalism Mugwort Mask ini lumayan banyak, yaitu MUGWORT EXTRACT, VITAMIN C, GLUTATHIONE, NIACINAMIDE, BAMBOO CHARCOAL, ALLANTOIN, CHLOROPHYLLIN, dan GREEN TEA POWDER.

Manfaat dari masing-masing bahan adalah sebagai berikut:

  • Mugwort Extract, memiliki efek menenangkan kulit. Bahan ini kaya akan Vitamin E, selain membantu menghidrasi dan menenangkan kulit, juga berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat.
  • Vitamin C, meningkatkan produksi kolagen. Bahan ini membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan paparan sinar UV-B, menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan serta dapat melawan radikal bebas.
  • Glutathione, membantu kulit lebih cerah dan lembap.
  • Niacinamide, membantu merawat kulit berjerawat dan iritasi, mampu menyamarkan pori-pori, mengatur produksi minyak pada wajah dan memudarkan bekas-bekas jerawat.
  • Bamboo Charcoal, efektif membersihkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Bahan ini membantu menyerap minyak berlebih dan berfungsi sebagai natural exfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit serta membersihkan pori-pori sehingga wajah menjadi lebih cerah.
  • Allantoin, menjaga kelembapan dan kelembutan kulit, menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan kulit.
  • Chlorophyllin, berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  • Green Tea Powder, membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit. Sifat antioksidan pada Green Tea dapat membantu melawan radikal bebas serta cocok digunakan oleh kulit berminyak dan berjerawat karena membantu untuk mengurangi kadar minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat.
  • Enkapsulasi Salicylate atau Salicylic Acid yang di enkapsulasi, sehingga lebih mudah masuk ke pori-pori. Salicylic Acid berfungsi untuk membantu mengontrol minyak berlebih dan merawat kulit berjerawat.
  • Galactosyl Salicylate antiseborrheic, yang sifatnya melembapkan, sehingga wajah tidak terasa kering saat menggunakan Herbalism Mugwort Mask.


Cara Pakai

Cara pakai masker wajah ini hampir sama dengan cara pakai masker wajah yang lain, yaitu sebagai berikut:

  1. Ambil masker dengan mini spatula.
  2. Ratakan masker ke seluruh wajah lalu diamkan masker 15-20 menit dan bilas hingga bersih.
  3. Lanjutkan perawatan wajah dengan toner, serum, dan cream.



scarlett seriously soothing & hydrating gel mask

Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Masker kedua yang saya coba adalah Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Menurut klaim produknya, masker yang satu ini bermanfaat untuk mencerahkan, melembapkan kulit, serta menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit. Masker ini dapat digunakan untuk merawat kulit kering, kusam, iritasi, dan sensitif.

Packaging

Kemasan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask hampir sama dengan kemasan Herbalism Mugwort Mask, yaitu kemasan luarnya berupa kardus berbentuk kubus. Hanya saja warna masker yang satu ini adalah putih dan merah. Pada kemasan luar juga tertera nama produk, netto, ingredients, kandungan bahan dan manfaatnya, barcode, nomor BPOM RI, cara pakai, dan QR Code.

kemasan seriously soothing & hydrating gel mask


Kemasan dalamnya juga hampir sama, yaitu berbentuk pot berbahan plastik, dengan tutup berwarna putih dan badan pot bening, sehingga isinya terlihat dari luar. Di dalamnya ada mini spatula yang diletakkan di atas tutup bagian dalam.

Warna, Tekstur, dan Aroma

Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask ini berbentuk gel berwarna coklat muda, bening. Di dalam gel ini ada potongan-potongan kecil tak beraturan (mungkin ekstrak buah anggur atau berry). Sementara itu teksturnya kental seperti gel pada umumnya, dan aromanya segar namun sepertinya agak kuat aroma ginsengnya.

Masker ini ketika diaplikasikan ke wajah tidak mengeras seperti Herbalism Mugwort Mask, melainkan tetap berupa gel yang kental.


warna seriously soothing & hydrating gel mask

tekstur seriously soothing & hydrating gel mask

Kandungan Bahan dan Manfaatnya

Kandungan bahan pada Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask juga lumayan banyak, yaitu: NIACINAMIDE, VITAMIN C, GRAPE FRUIT WATER, SEVEN BERRY EXTRACT, GINSENG EXTRACT, CENTELLA ASIATICA, ROSE FLOWER WATER, dan ALLANTOIN.

Masing-masing bahan mempunyai manfaat sebagai berikut:

  • Niacinamide, membantu mencerahkan kulit, mengurangi peradangan pada jerawat dan iritasi, mampu menyamarkan pori-pori, mengatur produksi minyak pada wajah dan memudarkan bekas-bekas jerawat.
  • Vitamin C, meningkatkan produksi kolagen, membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan paparan sinar UV-B, menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan serta dapat melawan radikal bebas.
  • Grape Fruit Water, membantu menjaga lapisan kulit luar agar tetap terhidrasi.
  • Seven Berry Extract, yang terdiri dari:
  • Blackberry membantu menghidrasi kulit.
    Blackcurrant membantu meredakan peradangan.
    Blueberry kaya akan anti oksidan untuk membantu melawan radikal bebas.
    Raspberry membantu meningkatkan produksi kolagen.
    Cranberry membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih bersinar.
    Acai Berry membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.
    Strawberry membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu mencerahkan kulit.
  • Ginseng Extract, membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan (memperbaiki kerutan), mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu kemerahan dan pembengkakan.
  • Centella Asiatica Extract, merupakan antioksidan kuat, yang membantu melawan efek buruk akibat radikal bebas,mempercepat penyembuhan luka, membantu menenangkan dan menghidrasi kulit, mampu meningkatkan produksi kolagen serta membantu mengatasi kulit kering, kemerahan dan iritasi.
  • Rose Flower Water, membantu menenangkan dan mengurangi peradangan pada kulit serta menyamarkan pori-pori.
  • Allantoin, memliki efek menenangkan pada kulit, membantu untuk menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan kulit.
  • Watermelon Extract, mengandung vitamin A, C, dan Lycopene yang mampu menangkal radikal bebas, membantu mencegah garis-garis halus di kulit, dan jerawat. Kandungan air tinggi pada buah semangka dapat berperan menjadi pelembap alami untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Sea Cucumber, mengandung peptide dan linoleic acid. Peptide ini mengandung kolagen yang fungsinya untuk membantu menjaga dan memperbaiki kulit rusak. kandungan linoleic acid pada sea cucumber yang berperan sebagai antioksidan.
  • Rosa Gallica, sumber yang kaya akan vitamin C, Rosa Gallica petals membuat kulit tampak lebih bercahaya.


Cara Pakai

Cara pakai Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask sama seperti cara pakai Herbalism Mugwort Mask, ya.

Baca juga: Menikmati Kesegaran Scarlett Body Care Series Varian Pomegrante dan Charming.


Pengalaman Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Sudah kurang lebih dua minggu saya menggunakan Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Saya menggunakannya secara bergantian, masing-masing 3 hari sekali. Gimana rasanya menggunakan kedua masker ini? Yang jelas rasanya berbeda, ya.

Herbalism Mugwort Mask ketika diaplikasikan ke wajah tuh awalnya terasa adem, setelah itu kulit wajah terasa agak ketat dan ada sensasi sedikit cekit-cekit, gitu. Hehe. Sementara itu ketika menggunakan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask, wajah terasa adem dan sejuk, dan tidak ada sensasi wajah mengetat.

Kemudian setelah dua minggu pemakaian kedua produk, ada perubahan yang terjadi pada kulit wajah saya. Seperti apa? Ternyata klaim produk dari kedua masker wajah itu cukup terbukti kebenarannya. Komedo pada wajah saya berkurang, pori-pori mengecil, dan kulit wajah saya terasa lebih lembab namun kadar minyak berkurang. Wah, senang sekali saya 😊

Saya menggunakan kedua masker tersebut bersamaan dengan penggunaan face care anti acne dari Scarlett. Jadi setelah menggunakan facial wash, kemudian masker wajah, dilanjutkan dengan toner, serum, dan krim (saya pakai krim malam, karena biasanya saya menggunakan masker pada malam hari). Jadi puas banget deh me time merawat wajahnya, soalnya bisa pakai rangkaian face care-nya secara lengkap. Hehe. Alhamdulillah.

before after pemakaian masker wajah scarlett
Komedo sudah banyak berkurang setelah menggunakan masker dari Scarlett.


Nah, itulah cara menghilangkan komedo dengan masker dari Scarlett ala saya. Yaitu dengan menggunakan produk masker dari Scarlett Whitening: Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Alhamdulillah selama ini saya cocok menggunakan produk-produk Scarlett. Produk mereka juga aman, sih, jadi saya enggak khawatir akan efek buruk pada wajah saya.

Produk-produk Scarlett tuh teruji bebas Merkuri & Hydroquinone, registered by BPOM RI, juga not tested on animals. Kita juga bisa mengecek keaslian produk Scarlett dengan cara membuka link: https://verify.scarlettwhitening.com/, lalu isi data yang diminta lalu masukan kode di bawah barcode yang terdapat di produk untuk cek kode seri.

Oh iya, harga semua produk Scarlett masing-masing IDR 75.000, ya. Kita bisa order melalui akun Instagram @scarlett_whitening dan klik: https://linktr.ee/scarlett_whitening 

Terakhir, FYI, produk-produk face care Scarlett dapat digunakan mulai usia 13 tahun keatas, dan aman digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui (tapi dianjurkan melewati trimester kedua dan juga konsultasi dengan dokter kandungan masing-masing). Demikian, semoga artikel tentang cara menghilangkan komedo dengan masker dari Scarlett ini bermanfaat, ya 😊


*****

Referensi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/7-manfaat-rutin-menggunakan-masker-wajah
  • https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-2126230/3-fungsi-utama-memasker-wajah-secara-rutin



10 comments

  1. Sebagaai pengguna scarlett, produknya emang bagus sih dan emang beneran dalam pemakaian rutin 2 mingguan jadi glowing.
    Aku jadi penasaran banget dengan masker ini. Mau coba pake dong ya

    ReplyDelete
  2. Ulasannyq lengkap banget mbak

    Produk ini bisa jadi solusi utk mengurangi jumlah komedo yang mana bisa jadi pertimbangan anak muda dalam perawatan wajahnya

    ReplyDelete
  3. Duuuh product yang satu ini emang gak ada matinya, ya! Aku juga pakai ini, dan purchase terus hihihihi

    ReplyDelete
  4. Wah asyik banget bisa menghilanhkan komedo. Aku tu emang suka bermasalah ma komedo. Baru tau kalau Scarlett punya masker juga. Bisa dipakai sama produk Scarlett lain juga ya. Suka kemasannya krn ada spatulanya jd bikin bersih terus ya.

    ReplyDelete
  5. produk scarlett makin beragam sekarang. Ada maskernya juga, bikin aku penasaran juga mbak
    dari segi harga, produk scarlett terjangkau banget
    kebetulan hidung aku juga ada komedonya nih, pas deh

    ReplyDelete
  6. Aku tertarik deh buat coba apalagi bisa ngilangin komedo, cuma dari ingredientsnya ada vitamin C, aku alergi vitamin C jadi bisa bruntusan. Mungkin next time ada scarlett lain yg aku bisa cocok yaa

    ReplyDelete
  7. Allhamdulilah jadi hepi ya Mba komedo ilang. Scarlett emang luar biasa. Aku belom coba make Mba. Jadi pengen. Aman juga buat bumil kan ya.

    ReplyDelete
  8. Aku kemarin abis liat orang mencetin komedo.
    Awalnya jijik, tapi lama-lama jadi satisfying.
    Kalo dirawat menggunakan Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask, dijamin gak perlu bersaki-sakit begitu yah.. Wajah bersih bersinar dan sehat.

    ReplyDelete
  9. Produknya scarlett emang gak ada yang mengecewakan yaa. Banyak banget ternyata kandungan dan juga manfaat dari kedua masker scarlett ini. Jadi pengen nih

    ReplyDelete
  10. saya suka produk scarlett. aromanya juga mewah. tp btw maskernya ini saya baru tahu nih.biasa pake bodywash, handbody dan krim siang malam

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.