Komik Donal Bebek, Komik Favoritku di Masa Kecil Hingga Remaja

 

Kalau ditanya komik favorit masa kecil saya apa, pasti di benak saya langsung berkelebat komik Donal Bebek. Ya, komik itulah yang paling sering saya baca ketika masih kecil, dan bahkan hingga saya berseragam putih-abu-abu 😊


komik-donal-bebek
Salah satu komik Donal Bebek (sumber gambar: gramedia.com)


Dulu, saat saya masih kecil, bapak ibu saya belum punya televisi. Saya dan kedua kakak akhirnya sering menonton televisi (tivi) di rumah tetangga. Saat itu tahun 1980-an, televisi tetangga masih hitam-putih warnanya. Namun agar lebih menarik, si empunya memasang kaca berwarna pelangi (merah-kuning-hijau) di depan layar tivinya. Yess, anak-anak jadi lebih suka nontonnya. Haha.

Saya ingat, film kartun yang paling saya tunggu untuk ditonton adalah kartun Donal Bebek. Setiap hari tertentu di sore hari, kartun ini diputar di stasiun TVRI. Suara si Donal yang lucu (wekwekwek) dan bentuk badan serta baju kelasi (baju pelaut) berwarna biru yang menggemaskan, membuat saya ingin terus menontonnya. Tokoh-tokoh lainnya tak kalah menarik, seperti Paman Gober, trio Kwik, Kwek, Kwak, Lang Ling Lung, dan lain-lain.

Oh ya, buat yang belum tahu (ada enggak ya, yang belum tahu? Hehe..), Donal Bebek adalah salah satu karakter yang diciptakan oleh Walt Disney (produser film, sutradara, animator, juga pengisi suara) berkebangsaan Amerika). Donal Bebek ini merupakan seekor bebek berwarna putih dengan kaki dan paruh berwarna kuning, biasanya mengenakan baju pelaut (kelasi) berwarna biru, dan tanpa celana. Haha. Melihat bentuknya saja sudah lucu.

Donal Bebek diciptakan dengan karakter yang lucu/jenaka, pemarah, pemalas, dan seringkali juga nakal. Haha. Ceritanya yang dihadirkan bermacam-macam, tapi mempunyai ciri yang khas. Misalnya Donal Bebek sering berutang kepada Paman Gober, atau Donal sering berganti-ganti pekerjaan. 


Komik Donal Bebek, Komik Favoritku 

Nah, lanjut mengenai cerita masa kecil saya. Setelah saya bersekolah dan bisa membaca, lalu berkesempatan membaca beberapa buku baik di sekolah maupun di rumah, saya bertemu dengan komik Donal Bebek. Saya lupa dari mana asalnya, tapi yang jelas saya otomatis suka dengan komik yang kartunnya sudah sering saya lihat di tivi itu. Dan yang saya rasakan, membaca komik Donal Bebek lebih lucu dan seru daripada melihat filmnya.

Mengapa? Karena jika di filmnya setiap tokoh hanya mengeluarkan suara-suara binatang, di komik ada kalimat-kalimat yang ditampilkan (tentu saja 😁). Setiap kalimat pada balon-balon percakapan itu hampir selalu membuat saya tersenyum hingga tertawa ngakak. Hahaha.

Kesukaan membaca komik Donal Bebek sejak SD masih berlanjut hingga saya sudah berseragam putih-biru dan bahkan berseragam putih-abu-abu. Saat itu di samping sekolah saya ada kios kecil yang menyewakan buku-buku bacaan yang terdiri dari novel, majalah, hingga komik seperti Donal Bebek. Jika kebanyakan teman-teman saya meminjam novel, maka saya tak malu meminjam komik Donal Bebek disamping juga meminjam buku-buku novel.

Beberapa teman berseloroh bahwa saya seperti anak kecil, karena mereka menganggap komik Donal Bebek adalah konsumsi anak-anak SD. Tapi saya cuek. Kadang saya membacanya di jam istirahat dan ketawa-ketiwi sendiri. Hihi. Sungguh hiburan di sela aktivitas belajar di sekolah.

Sayangnya setelah saya kuliah, entah kenapa saya jadi enggak pernah membaca komik Donal Bebek lagi. Mungkin karena di dekat rumah enggak ada penyewaan komik itu, jadi saya malas mencarinya. Atau mungkin saya merasa sudah tak pantas membaca komik itu? Entahlah, saya lupa 😌

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Anak Balita.

 

Tokoh-tokoh dalam Komik Donal Bebek

Hemm.. untuk mengenang komik favorit saya di masa lalu itu, saya ingin menuliskan tokoh-tokoh yang ada dalam komik Donal Bebek. Berikut ini beberapa tokohnya:


Donal Bebek

Tokoh utama dalam komik ini, yaitu seekor bebek putih dengan baju kelasi berwarna biru dan tidak bercelana. Karakter yamg paling menonjol yaitu pemarah, pemalas, lucu, dan nakal/jahil.


Paman Gober

Dia adalah paman dari Donal Bebek. Dia diciptakan sebagai bebek tua yang kaya, berjanggut, berkacamata, dan tinggal di sebuah rumah besar. Karakternya yang terkenal adalah curang dan pelit.


Miki Tikus

Atau lebih populer dengan nama Inggris-nya Mickey Mouse, adalah tikus kecil yang baik hati.


Agus Angsa

Dia adalah sepupu dari Donal Bebek yang bekerja di peternakan Nenek Bebek. Karakternya pemalas, sangat senang makan, suka tidur.


Kwik, Kwek, dan Kwak

Mereka adalah keponakan Donal Bebek. Karakter mereka kadang nakal, kadang juga sopan dan mau menolong.

Kwik, Kwek, dan Kwak dapat dibedakan dengan warna topi dan baju mereka. Kwik memakai baju dan topi berwarna merah, Kwek mengenakan baju dan topi berwarna biru, dan Kwak memakai baju dan topi berwarna hijau.


Lang Ling Lung

Dia adalah penemu terkenal di Kota Bebek. Karakternya jenius namun terkadang suka ceroboh. Dia selalu ditemani oleh Lampu.


Nenek Bebek

Dia adalah nenek dari Donal Bebek. Karakternya tegas tetapi baik, bijaksana, dan sabar mengasuh Kwik, Kwek, dan Kwak juga Agus Angsa yang bekerja di peternakannya. Diceritakan meski sudah tua namun Nenek Bebek selalu sehat dan energik.


Gufi

Ia adalah teman dari Miki Tikus. Karakternya bodoh, tetapi memiliki identitas rahasia sebagai Super Gufi, yaitu pembela kebenaran.


Itulah beberapa tokoh dalam komik Donal Bebek. Masih ada beberapa tokoh lain sebenarnya, tetapi kurang sering muncul (semacam tokoh figuran).


Baca juga: Smart Big Book Series, Buku Aktivitas Anak yang Seru!


Komik Donal Bebek Sudah Tak Terbit Lagi di Indonesia

Komik Donal Bebek untuk saat ini sudah tak terbit lagi di Indonesia ya, temans. Karena komik yang terbit pertama kali pada 5 Juni 1976 oleh Kelompok Kompas Gramedia itu, sejak tanggal 29 Juni 2020 lalu sudah tidak diterbitkan lagi oleh penerbit yang sama. Sehingga komik ini tepat selama 44 tahun menemani pembaca setia/penggemarnya. 

Komik yang terbit mingguan dalam bentuk majalah itu pada awalnya halamannya berwarna hitam putih, lalu sebagian hitam putih sebagian berwarna, hingga akhirnya full berwarna seluruhnya. 

Dengan tidak terbitnya komik Donal Bebek lagi, tentu banyak penggemarnya yang sedih. Namun mau bagaimana lagi, mungkin memang harus bergeser dengan komik-komik lain?

komik-donal-bebek-di-ecommerce
Sumber gambar: tokopedia.com


Saat Ini, di Mana Bisa Memperoleh Komik Donal Bebek?

Wah, gara-gara menulis tentang komik Donal Bebek ini, saya jadi kangen buat membacanya kembali. Lalu di mana kita bisa mendapatkan komik itu saat ini?

Ternyata, di marketplace masih banyak yang menjual komik Donal Bebek. Seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Kebanyakan memang bekas, sih, tetapi saya lihat ada yang kondisinya baru (segel). Hanya saja saya belum mencoba membeli sendiri.


Nah, demikianlah temans, sedikit tulisan saya mengenai komik Donal Bebek, komik favoritku di masa kecil hingga remaja. Memang sebagian karakternya nakal, pemarah, pemalas, dan sebagainya, tapi kadang juga baik dan yang pasti lucu (bisa bikin saya ketawa ngikik hingga ngakak, hahaha..). Nah, kalau teman-teman, komik favoritnya apa, nih? Cerita di kolom komentar, yuk! 🤗



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.