Majalah Anak Cilukba, Sahabat Muslim Cilik


Sebelumnya saya belum tahu kalau ada majalah anak yang bernama Cilukba. Ya, karena selama ini anak-anak saya memang jarang sekali membeli buku dalam bentuk majalah. Mereka lebih sering membeli buku cerita, komik, atau boardbook untuk yang masih balita. Hingga tempo hari alhamdulillah kami bisa membaca majalah anak muslim tersebut.

 

majalah anak muslim cilukba

Belajar Daring dan Kebosanan yang Melanda

Masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama kurang lebih enam bulan di Indonesia, memberikan dampak yang sangat nyata pada semua lini kehidupan. Termasuk pada pendidikan anak-anak. Anak-anak harus sekolah dari rumah agar tetap terjaga kesehatannya, dan tidak berisiko terjangkiti virus Corona.

Kami tinggal di Sidoarjo, yang sejak bulan April telah menjadi salah satu zona merah penularan Covid-19 di Indonesia. Maka kami enggak mau ambil risiko, ketiga anak kami tetap kami pilihkan untuk belajar di rumah alias daring (online) selama enam bulan ini. Meski ada beberapa kesempatan tatap muka di sekolah yang ditawarkan.

Namun efeknya, enggak bisa dipungkiri ketiga anak itu sering merasa bosan di rumah terus. Mengerjakan tugas yang diberikan bapak/ibu guru setiap hari tanpa pernah refreshing ke luar rumah seperti yang biasa dilakukan sebelumnya, membuat saya dan suami kasihan juga melihatnya. Saya dan suami pun beberapa kali telah memberikan bahan-bahan untuk membuat prakarya, membelikan mainan, hingga buku bacaan. Semuanya untuk mengisi waktu selama enam bulan di rumah terus. Dan untuk menghindarkan anak-anak bermain dengan gadget lebih lama.

Salah satu bahan bacaan yang kami berikan untuk anak-anak adalah majalah Cilukba, yang baru kami tahu keberadaannya akhir-akhir ini. Pertama kali melihat majalah itu hadir di rumah, anak-anak menyambut dengan sangat antusias.


fahima membaca majalah cilukba

kedua anak balita kami ikut membaca Cilukba
Si nomor dua, tiga dan empat. Si sulung tidak kelihatan batang hidungnya 😁.

Ya, alhamdulillah anak-anak suka dengan kehadiran majalah ini. Seperti saya juga, pandangan pertama pada cover majalah yang menarik, membuat mereka jatuh cinta dan kemudian berlama-lama membuka satu persatu halaman-halamannya.


Berkenalan dengan Cilukba, Majalah Anak Muslim 

Saya membeli majalah Cilukba di sebuah toko buku online. Ketika saya melihat cover-covernya, saya berpikir bahwa tampaknya majalah ini menarik sekali. Covernya penuh gambar anak-anak muslim dengan warna-warna yang ceria. Kemudian dari tagline-nya terlihat jelas: "Cilukba, Majalah Anak Muslim. Sahabat Ceria, Bermain, dan Belajar." Ini cocok sekali buat anak-anak saya! Begitu pikir saya.

Dan benar saja, isi majalah ini cocok untuk anak-anak saya terutama yang kelas 4 dan 1 SD. Konten-konten di dalamnya berupa cerita pendek, dunia fauna, profil, dan lain-lain yang semuanya sesuai dengan ajaran Islam. Nah, pas banget ini dijadikan sahabat bagi muslim cilik seperti anak-anak saya 😊.

Baca juga: Rekomendasi Buku untuk Anak Balita.

majalah-anak-muslim-cilukba
Beberapa majalah Cilukba di rumah kami.


Isi Majalah Cilukba

Majalah anak yang diterbitkan di Solo, Jawa Tengah ini terbit setiap bulan dengan jumlah halaman sekitar 40 halaman. Jadi jika berlangganan, anak-anak punya cukup waktu untuk membaca sekitar 40 halaman tersebut dalam satu bulan 😊.

Nah, apa saja isi dari majalah Cilukba ini? Di setiap terbitnya, majalah ini akan menyajikan konten-konten seperti berikut:

  • Salam. Berisi salam pembuka dari penerbit.
  • Halo Cilukba. Berisi pertanyaan, masukan, atau saran dari pembaca kepada majalah Cilukba.
  • Sahabat Cilukba. Merupakan media yang disediakan untuk para sahabat Cilukba untuk menambah teman.
  • Eksis. Halaman ini berisi profil suatu sekolah (SD).
  • Jendela. Berisi pengetahuan atau tips umum.
  • Petualangan Cilukba. Berupa komik singkat dengan cerita anak islami.
  • Karyaku. Berisi karya-karya sahabat Cilukba. Biasanya berupa hasil menggambar dan mewarnai dan puisi.
  • Mewarnai. Berupa halaman yang bergambar namun masih polos (belum diwarnai). Sahabat Cilukba dapat mewarnainya.
  • Sains. Berupa pengetahuan/ilmu tentang sains.
  • Fauna. Berisi pengetahuan tentang hewan.

rubrik fauna di majalah cilukba
Contoh rubrik Fauna.

  • Bola Dunia. Berisi pengetahuan atau cerita dari belahan dunia lain (berbagai negara).
  • Komik Sains. Komik singkat tentang sains.
  • Pengalamanku. Berisi pengalaman dari pembaca tentang apa saja.
  • Arena. Merupakan tantangan atau kuis untuk pembaca berupa cerita dari gambar yang dibagikan, TTS, maupun kuis-kuis dalam bentuk lain.
  • Cerpen. Berupa cerita pendek untuk anak.
  • Khazanah. Berupa kisah-kisah Nabi atau sahabat Nabi yang mengandung hikmah.
  • Profil. Merupakan halaman yang mengulas profil sahabat Cilukba yang berprestasi.
  • Kreatif. Berupa tutorial membuat karya DIY (Do It Yourself).
  • Ensiklopedi Tokoh. Berupa riwayat hidup Nabi atau sahabat Nabi. 
  • Parenting Guide. Berisi panduan singkat untuk orang tua dalam mendidik anak.
  • Aku Bisa. Berupa tips-tips untuk keseharian anak muslim.
  • Doa. Di akhir halaman ada doa dan artinya disertai pesan yang terkandung dalam doa tersebut.



Wah, isinya lengkap banget, ya? Oh iya, rubrik Arena di majalah Cilukba ini lumayan banyak tersebar di halaman-halamannya. Biasanya anak-anak suka, sih, menjawab kuis-kuis di rubrik Arena seperti itu. Seperti anak saya, suka banget ngisi TTS 😊.

rubrik tts di majalah cilukba
Contoh TTS di majalah Cilukba.


Keunggulan Majalah Cilukba

Menurut saya ada beberapa keunggulan dari majalah anak muslim Cilukba ini. Berikut saya tulis secara singkat, ya.


❤️ Full colour.

Anak-anak pasti lebih suka dengan buku bergambar yang full colour alias berwarna semua di setiap halamannya. Nah, Cilukba ini juga demikian. Semuanya berwarna cerah ceria khas dunianya anak-anak.


❤️ Ilustrasinya menarik.

Full colour jika tidak diimbangi dengan ilustrasi yang menarik juga akan kurang diminati anak-anak. Namun Cilukba ini sangat menarik ilustrasinya baik di bagian sampul maupun halaman-halaman di dalamnya. Gambar-gambar dalam komik juga sangat luwes sehingga enak dinikmati.


❤️ Isinya sangat beragam dan bermanfaat.

Mulai dari rubrik Salam hingga Doa di halaman terakhir, isi Cilukba sangat beragam dan bermanfaat untuk anak-anak muslim. Banyak ayat Al-Qur'an dan Al-Hadits yang ditampilkan. Hal ini sangat diperlukan untuk anak-anak muslim dalam membersamai tumbuh kembang mereka sabagai seorang muslim.


❤️ Banyak tantangan/kuis.

Rubrik Arena yang berisi tantangan atau kuis untuk pembaca tidak hanya ada satu atau dua di setiap edisinya. Ada beberapa kuis yang dihadirkan, yang akan mengasah berbagai kecerdasan anak-anak. 


rubrik petualangan di majalah cilukba
Ilustrasinya menarik.

Di Mana Membeli Majalah Cilukba?

Seperti yang sudah saya singgung di atas, majalah anak muslim Cilukba bisa didapatkan (dibeli) di toko buku online kulakanbuku.com. Karena penerbit majalah ini ada di Solo, jadi pengiriman juga dilakukan dari Solo, tepatnya dari Colomadu, Karanganyar.

tampilan web kulakanbuku
Tampilan website kulakanbuku.com.

Selain majalah Cilukba, toko buku online ini juga menjual buku-buku islami, novel, dan buku-buku kategori lainnya yang semuanya merupakan buku islami. Dan mengenai harga-harganya, toko buku ini memberikan harga yang murah dan banyak promo diskon. Ada buku serba 10.000, juga potongan harga untuk banyak buku yang lain 😉.

Mengenai cara pembelian di toko buku online Solo ini mudah sekali, kita tinggal pilih-pilih buku yang diinginkan seperti biasanya jika berbelanja online, lalu selesaikan pembayaran. Yang saya suka, total harga yang akan dibayar langsung tertera di bagian bawah layar ketika kita menambah satu per satu buku. Setelah semua buku dipilih, kita cantumkan nama, alamat pengiriman, dan lain-lain, maka pesanan kita akan diarahkan ke nomor WhatsApp (WA) sebagai kasirnya. Nah, dari nomor WA ini pesanan kita akan diproses.

beberapa buku dari kulakanbukudotcom
Buku-buku yang saya beli dari kulakanbuku.com.

Nah, demikianlah temans cerita saya tentang majalah anak muslim Cilukba. Jika teman-teman juga ingin mendapatkannya, tentu saja tinggal membelinya di kulakanbuku.com, toko buku online terlengkap dan terpercaya di Solo. Selamat berbelanja, dan selamat membaca! 😍


25 comments

  1. Jadi ingat masa kecilku dulu langganan majalah anak2.
    Setelah punya anak, yang sulung, saya kasi langganan majalah juga.
    Sekarang jamannya serba online, jadinya kesulitan cari majalah anak yang bagus. Dan akhirnya dapat referensi dari tulisan mbak ini

    ReplyDelete
  2. Mbaaaaa, anak2mu lucuuu, pinter, taqwa yaa
    Senangnya punya putra/i yg sholih/ah
    Adanya majalah anak cilukba ini insyaALLAH bisa jadi media tarbiyah yg uhuyyy

    ReplyDelete
  3. Mbk, majalah Cilukba ini hanya bisa dipesan online kah?
    Aku sampai sekarang masih suka baca majalah anak kalo mampir di toko buku. Setu aja gitu bahasannya. Jadi pingin belikan majalah Cilukba buat Aqla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak beli offline.. tapi untuk saat ini agennya kebanyakan di Jawa Tengah dan Jawa Barat, sama Aceh. Kalau di Batam (bener ya mb Isti tinggalnya di Batam? Hehe..) belum ada untuk saat ini :)

      Delete
  4. senangnya sekarang udah makin banyak beredar majalah anak-anak dan memang udah seharunysa mulai dibumikan lagi. Keren nih majalah anak Cilukba ini

    ReplyDelete
  5. Noted, majalah anak muslim Cilukba bisa didapatkan di toko buku online kulakanbuku.com. Langsung kepoin akunnya, baru tahu tentang majalah ini saya

    ReplyDelete
  6. Ini majalah baru kah Mbak?
    Keren masih bisa eksis sebagai media cetak. Di mana saat ini media cetak besar saja mesti berjuang keras untuk eksis. Banyak majalah yg dulu terkenal juga terpaksa tutup cerita.

    ReplyDelete
  7. Wah saya pun baru tau ada majalan cilukba. Tapi ini buat yg sudah bisa baca ya? Boleh juga nih nanti cari2 referensi buat bacaan anakku kalau sudah sekolah. Jauh sih yaa di Solo.

    ReplyDelete
  8. Kalau aja anak-anak saya masih pada kecil, bakal senneg banget deh baca majalah Cilukba. Tampilan dan isinya memang menarik banget

    ReplyDelete
  9. Cukup edukatif ya ini isi majalahnya. Aku baru tau nih majalah ini. Persis kayak majalah bobo jaman dulu ya.

    ReplyDelete
  10. lucu banget majalahnya! bagus dan informatif, udah gitu sepertinya menarik buat para dedek dedek ya... belajar jadi seru deh kalo pake majalah cilukba ini

    ReplyDelete
  11. Terkadang bingung karena anak-anak jadinya pada main game online kalau lagi senggang. Baca artikel ini saya jadi punya alternatif bacaan untuk anak-anak di masa pandemi. Makasih Mba :)

    ReplyDelete
  12. Majalah yang edukatif, menghibur dan menarik seperti Cilukba ini pasti jadi bacaan favorit anak-anak

    ReplyDelete
  13. Saya juga baru tau Majalah Cilukba ini, Mbak. Tampilannya memang keliatan menarik untuk anak-anak ya.

    ReplyDelete
  14. ini cocoknya buat anak yang udah SD ya mba,, anakku masih 3 tahun pengen ku kasih buku yang ada nulisnya gitu tapi ragu takut belum ngerti,,, seneng deh masih ada majalah anak-anak gini...

    ReplyDelete
  15. Wah seru juga ini bacaan yang islami jadi sekalian untuk belajar. Perlu dicari tau lebih lanjut nih kayanya, aku lebih senang beliin buku soalnya dibanding mainan hehehe.

    ReplyDelete
  16. Wah bagus nih. Aku malah baru tau dengan majalah cilukba ini. Kudu beli deh buat anak-anak. Di Kulakanbuku ya?

    ReplyDelete
  17. Rekomendasi majalah anak yang cocok ya untuk nemenin belajar daring

    ReplyDelete
  18. Coba order ah. Menarik ini, krn spesifik untuk anak muslim. InsyaAllah isinya juga pasti sesuai kaidah agama

    ReplyDelete
  19. Wah akupun jadi penasaran nih SM majalah Cilukba. Isinya pas buat anak2. Terkadang baca buku lewat HP khawatir bikin mata capek juga ya.

    Pas banget nih buat si kakak yg 8 tahun dan bayi 8 bulan yg pastinya seneng sama warna warna cerianya ya. noted banget nih percetakan dr Solo. Aku juga mau kepoin kulakanbuku ah

    ReplyDelete
  20. Banyak yang bisa dipelajari ini dari majalan CIlukba, aku malah baru tau ada majalah islami ini mba. Penasaran bisa kitim tulisan cernak juga nggak ya

    ReplyDelete
  21. Majalahnya bagus banget yaa....
    Memang anak-anak itu amazing. Keingintahuannya akan sesuatu besar sekali.
    Kalau sambil baca begini, semoga keingintahuannya terjawab dan gak jenuh lagi walau masih PJJ.

    ReplyDelete
  22. wah bagus banget untuk anak anak ya mak majalahnyaaa.. nanti mau cobain beli juga ah untuk kakak sama abang, makasi infonya maaaak

    ReplyDelete
  23. Dulu waktu anak pertamaku masih kecil rajin banget baca Cilukba ini. Tapi ini yang anak kedua haduuh susah deh diminta banyak baca kayak kakaknya. :) Padahal kan bagus tuh isi Cilukba ini, banyak pembelajaran yang mengasyikkan untuk anak-anak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.