Pages

[Profil Blogger] Arina Mabruroh, Blogger Muslimah di Bali


https://www.dekamuslim.com/2020/03/profil-blogger-arina-mabruroh.html

Komitmen dan konsisten. Dua kata yang menurut saya bermakna berat. Dua kata yang meramaikan pikiran saya akhir-akhir ini. Berawal dari kemunculan mbak Al di WAG yang membahas kembali kelanjutan #ArisanLink Blogger Perempuan. Kami, yang sudah lama "abai" dengan komitmen untuk menulis tentang profil bloger, kembali diingatkan untuk berkomitmen pada janji awal.

Ya, #ArisanLink itu sudah berjalan lamaaa sekali, namun belum juga usai. Ada teman yang sudah mendapatkan arisan bahkan menyuruh kami untuk mencopot link yang mengarah ke blognya. Padahal jumlah teman yang sudah mereview blognya ada 30 orang. Dan dia belum satu pun menulis balik untuk teman-temannya itu. Lhah, ini bagaimana! Enggak memegang komitmen! Enggak menghargai effort teman-temannya!

Hihi. Ya sudahlah dramanya cukup sekian.
Memang berkomitmen itu susah, ditambah harus konsisten menulis tema profil blogger selama beberapa waktu. Hemm.. tapi kalau bisa menaklukkannya, hasilnya akan memuaskan juga menurut saya. Memuaskan hati sendiri setidaknya 😁.

Oke, enggak perlu diperpanjang lagi muqaddimahnya, ya 🤭. Jadi kali ini saya ingin menulis tentang teman bloger yang sudah pernah mengulas blog dekamuslim.com ini. Mungkin teman-teman sudah banyak yang kenal, ya, dengan nama bloger yang tertera pada gambar header blog di atas? Atau malah sudah akrab dengan kedua blog itu? Iyap, dialah mbak Arina Mabruroh. Blogger muslimah yang kini berdomisili di Bali.

https://www.dekamuslim.com/2020/03/profil-blogger-arina-mabruroh.html

Lifestyle Blogger dan Parenting Blogger

Mbak Arina ini lahir di Wonosobo Jawa Tengah. Lalu setelah menikah pindah ke Semarang. Dan mulai tahun 2018 hingga sekarang, beliau tinggal di Denpasar (Bali) karena mengikuti suaminya yang pindah kerja. Mom blogger yang dalam setiap fotonya selalu tampak tersenyum sumringah ini kini telah dikaruniai dua orang putri cantik; Hasna dan Salsa.

Pertama kali saya mengenal blognya yang berjudul "IstanArina" dan beralamat di www.arinamabruroh.com pada tahun 2016. Menurut mbak Arina, IstanArina adalah akronim dari Istana Arina, alias istana kepunyaannya Arina. So nice 😊.

Kala itu tagline-nya masih "Momwriterpreneur & traveller wanna be". Tapi beberapa waktu kemudian (hingga sekarang) berubah menjadi "A Lifestyle Blog by Arina Mabruroh" dan ada kutipan hadits "Khairunnaas anfa'uhum linnaas". Dengan tagline ini beliau berharap agar selalu semangat untuk memberi manfaat buat orang lain termasuk berbagi lewat tulisan. Masya Allah.. itu cita-cita saya juga sebagai muslimah ❤️.

Kata mbak Arina, perubahan tagline itu juga dikarenakan beliau merasa sudah jarang traveling dan sudah mulai enggak konsisten jualan online. Selain itu karena isi blog menjadi lifestyle alias campur-campur seperti blog dekamuslim.com ini. Hihi. Eh tapi, soal traveling, sepertinya saat di Bali sekarang mbak Arina lebih sering traveling, deh.
*betul apa betul, Mbak Arina? 😁

Blog IstanArina yang menjadi TLD (Top Level Domain) pada Agustus 2015 ini memang blog berniche lifestyle. Di dalamnya ada bermacam tulisan dengan tema-tema keluarga, traveling, kesehatan, anak-anak, dan lain-lain. Lalu jika kita intip bagian "about me" kita akan menemukan berderet-deret karya tulisan mbak Arina dalam buku-buku antologi. Yap, beliau ini telah menulis puluhan artikel ataupun cerita dalam buku-buku antologi, lho. Puluhan! Karena memang beliau (sebelum aktif ngeblog) suka mengikuti lomba menulis dengan reward dibukukan dan diterbitkan oleh penerbit indie. Ada juga prestasi menulis berupa juara satu dalam sebuah lomba menulis.

Tapi, eits... Prestasi menulis mbak Arina bukan itu saja, lho. Karena enggak semua prestasi menulisnya ditampilkan di blog. Saya masih ingat, beliau pernah menjuarai beberapa lomba blog dengan hadiah yang keren-keren. Mulai dari hadiah berupa smartphone hingga uang tunai. Selain itu beliau juga merupakan admin sebuah komunitas bloger yang eksklusif (saya aja dulu tereliminasi dari sana karena enggak disiplin mengikuti ketentuan komunitas, hiks.. 😁). Tapi semua prestasi dan jabatan itu enggak ditampakkan di blog. Masya Allah, rendah hati banget ya mbak Arina ini 👍.

Baca juga: Yuk, Ngobrolin Soal Blogger di Masa Depan!

Mbak Arina bersama suami dan dua putrinya.

Selain blog IstanArina, mbak Arina juga mengelola blog yang berjudul "The Kurnia's Journey" yang beralamat di www.istanarina.com. Nah, kalau blog ini nichenya lebih spesifik, yaitu berniche family-parenting. Di sana banyak tulisan tentang keluarga, pendidikan anak dan tumbuh kembang anak. FYI, sebenarnya blog ini lahir lebih dulu daripada blog IstanArina, lho. Karena blog ini lahir pada tahun 2009 saat mbak Arina masih kuliah (wah.. sudah lama, ya?). Kemudian blog ini berubah menjadi blog TLD sejak tahun 2018.

Well, saya belajar banyak hal, sih, dari mbak Arina. Diantaranya, bloger muslimah ini selain rendah hati juga konsisten ngeblog dan tampak selalu berkomitmen pada suatu hal. Coba lihat saja kedua blognya (yang alamatnya sudah saya tulis di atas), keduanya sama-sama "hidup" dan sama bagusnya. Saya yang baruuu saja mulai menambah satu blog (Empat Ef) pengin juga seperti mbak Arina, bisa konsisten mengisi dua blog dengan baik! Hemm.. sebulan ini masih payah, sih. Hiks.

Dan soal komitmen, mbak Arina termasuk bloger yang berkomitmen pada #ArisanLink Blogger Perempuan, lho. Beliau telah menuntaskan mereview 11 teman yang telah mendapat arisan. Enggak semua bisa seperti itu, sih 👍. Selain itu, beliau juga tetap aktif sebagai admin komunitas bloger di sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga.

Wah, sudah panjang aja ya tulisan kali ini. Alhamdulillah. Oke, next insyaa Allah masih akan ada profil blogger lain yang saya ulas di blog ini. So, wait and see, yaa..
Happy blogging! ❤️


Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

22 comments:

  1. Ya Allah, Mbak Deka.. aku terharu... Malu ih 🙈🙈🙈 belum sebanyak itu prestasiku Mbak.. dan soal konsisten, akhir2 ini sedang kendor ngeblognya. Hiks.

    Semoga kita bisa istiqomah menulis dan menebar manfaat ya Mbak..

    Oh ya.. komunitas blogger yang itu juga lagi vakum.. sedih akutu 😭

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau kalau mbak Arina berdomisili di Bali. Prestasinya emmang keren :)

    ReplyDelete
  3. Jadi kangen Mbak Arina setelah baca postingan ini. Pertama kali ketemu Mbak Arina waktu ulang tahun komunitas blogger Gandjel Rel yang ketiga dan saat itu juga perpisahan dengan Mbak Arina yang akan pindah ke Bali.

    ReplyDelete
  4. Wiiih, kece sih bisa ngurus lebih dari satu blog.
    Kapan hari aku punya nurulrahma(dot)com, tapi bingung mau isi apa, hahaha
    akhire wassalam.
    Aaakkk, jadi pengin ke Bali dehh, buat mit ap ama kakak Arina Mabrurooohhh

    ReplyDelete
  5. Wah jadi dapat kenalan Blogger Bali nih.. btw aku juga punya group Arisan Link jadi pengen juga nih aktif kayak gini lagi

    ReplyDelete
  6. Iyap bner ya smog Kita bisa spt mba Arina, bs belajar banyak hal, bloger muslimah ini selain rendah hati juga konsisten ngeblog

    ReplyDelete
  7. Hebat mba arina bisa handle 2 blog dan keduanya TLD kebayang harus konsisten banget itu isinya kalo gak sayang kebuang uang "kontrakan virtual" tahunan, aku juga baru-baru ini ubah tagline,,,,

    ReplyDelete
  8. wooooo, ternyata Mbak Arina ini tinggalnya di Bali ya? Duuhh, kemana saja selama ini segrup dan baru nyadar jika beliau tuh blogger di Bali (mampir ah kapan-kapan)

    ReplyDelete
  9. Mba, pinisirin siapakan bloher yang tega gerangan udah banyak nulis ttg dia ealah dia belum *injek nih kakinya huhuhu

    aku salfok sama tagline blognya masyaAlloh semoga menjadi amal jariyah ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. jangan ghibah, ah :D maap aku bikin kepo, Mbakkk :D

      Delete
  10. Wah ini ya namanya Arisan Link.. pasti memang butuh effort yang besar nih, untuk ngulas semua profil blogger..Semangat ..

    ReplyDelete
  11. Bener nie mbak emang namanya blog harus banget aktif buat di isi ya mbak aku juga skrng lagi mau konsisten untuk bisa nulis

    ReplyDelete
  12. Banyak sekarang penulis buku pindah haluan ke nulis di blog. Tapi beda sama mbak Arina. Ternyata malah dia punya blog dari 2009. 11 tahun yang lalu. Keren!

    ReplyDelete
  13. Wah banyak ya karya-karya mbak arina, keren deh prestasi dan komitmennya :)

    ReplyDelete
  14. Jadi mba Arina di Bali ya. Wah kalau main ke Bali bisa meetup nih

    ReplyDelete
  15. MashaAllah~
    Kalau sudah cinta menulis itu yaa...bisa banget bikin blog yang berkualitas dan hidup semua.
    Semoga semangatnya menular ke akuu...

    Huhuu...kak Deka iih...
    Ada Ria niih, hhahahaa...akupun belum beres nulis #ArisanBlogger geuraa...

    ReplyDelete
  16. Seru juga ya arisan blog gitu, cuma memang komitmen kudu dijalanin bener2. Kalo engga pasti lumayan bikin bete yg lain sih ya, hehehe.

    ReplyDelete
  17. Pasti seru yah kalo ada komunitas begini.... ya dmn2 pasti ada aja yang anomali, tidak mau ikut komitmen bersama

    ReplyDelete
  18. Wah aku sering lihat nama mbak arina mabruroh.tapi ga ngeh kalau di Bali. Mirip sama aku nih begitu ada bayi jadi jarang traveling lagi. Hehe apakah aku harus ganti tagline?

    ReplyDelete
  19. Jadi penasaran nih mba, komunitas bloger eksklusifnya apa tuuuu... bisa ikutan gabung kah?
    Arina memang low profile di balik kehebatannya menulis. Bangga nih Arina juga member Gandjel Rel waktu masih di Semarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komunitas Blogger Muslimah, Mbak. Hehe. Tapi kata mb Arina ternyata sekarang lagi vakum..

      Delete
  20. Pertama kali ngeh sama mba Arina Mabruroh ini pas sama2 ikut lomba Indomilk uht, beliau menang. Setelah itu saya ingat trus beliau ini, krn termasuk yg unik, blogger Bali yang muslim :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.