Pages

Antara Semangat dan Ingat Mati




Akhir tahun kemarin saya telah menuliskan Kaleidoskop 2019 Blog Dekamuslim. Dari merekap apa saja yang terjadi pada blog ini selama setahun kemarin, saya jadi tahu bahwa apa yang telah saya lakukan untuk blog ini enggak begitu mengecewakan. Begitu juga dengan apa-apa yang saya lakukan di luar kegiatan blogging. Tapi tentu saja ada hal-hal yang perlu dibenahi untuk mewujudkan resolusi di tahun 2020 ini.

Saya memang sengaja enggak menuliskan resolusi tahun 2020 di blog atau di manapun. Karena beberapa kali melakukannya, ada banyak resolusi yang enggak tercapai. Saya jadi menyalahkan diri sendiri. Jadi untuk tahun ini, resolusi itu cukup hanya tertulis di hati. Ada banyak keinginan dan harapan untuk tahun ini, dan saya berusaha mewujudkannya sejak awal tahun.

Kemudian tak disangka, awal tahun dimulai dengan kabar adanya bencana banjir di ibukota Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya. Selain itu ada pula isu tentang akan adanya bencana gempa, bahkan isu Perang Dunia III yang akan melanda. Semua kabar itu membuat hati saya menciut. Saya seperti ditegur oleh Allah Sang Maha Kuasa, bahwa saya enggak boleh hidup seenaknya saja. Hal buruk apapun bisa saja terjadi kapanpun dan di manapun. Saya semakin ingat akan mati.

Hal itu membuat saya semakin berbenah. Menilik kembali apa saja resolusi saya, apakah semua ada manfaatnya untuk "kehidupan masa depan"? Dan, saya jadi semangat untuk memasukkan nilai-nilai ruhiyah dalam setiap resolusi yang ingin saya wujudkan. Memang sudah seharusnya seperti itu, sejak dulu. Namun saya memang sering khilaf 😢.


Langkah Awal Mewujudkan Resolusi 2020

Melihat dan mendengar kabar buruk dari teman-teman dan saudara (korban banjir), saya takut, dan berusaha lebih dekat pada Sang Khalik. Akhir-akhir ini saya memang agak "jauh" dengan-Nya. Lalu saya merasa, kejadian-kejadian di sekitar benar-benar bagai peringatan dari-Nya khusus untuk saya. Benar-benar seperti mati itu sudah begitu dekat.

Maka langkah awal dalam mewujudkan resolusi tahun 2020 ini adalah lebih mendekatkan diri pada Allah subhanahu wata'ala. Dalam beberapa hari ini, saya mulai berusaha keras untuk konsisten shalat malam, baca Al-Qur'an, dan shalat Dhuha. Ya, mungkin ibadah-ibadah seperti itu hanya hal sepele dan sudah rutin dilakukan teman-teman muslim yang lain. Tapi tidak bagi saya, akhir-akhir ini saya memang sangat lemah 😢.

Selain itu langkah-langkah lain yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

❤️ Memaksakan baca buku.
Membaca buku bagi saya saat ini adalah sebuah kebutuhan, bukan hobi. Jika hobi, saya hanya akan membaca di waktu luang. Tapi kapan waktu luang saya? Waktu 24 jam rasanya sudah penuh aktivitas, setiap hari. Jadi saya harus memaksakan baca buku, agar wawasan dan ilmu bertambah (ilmu dunia dan ilmu akhirat). Karena lebih banyak membaca buku merupakan salah satu resolusi saya di tahun ini.

Maka awal bulan ini, saya sudah mulai membaca sebuah buku. Semoga selanjutnya bisa konsisten membaca buku-buku yang berkualitas dan bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri pada-Nya. Sehingga aktivitas itu akan bernilai ibadah. Aamiin.

Silakan baca: Cara Memaksakan Baca Buku untuk Orang-orang yang Banyak Alasan.


Beberapa buku yang ingin saya baca dalam waktu dekat.

❤️ Ikut program ODOP (One Day One Post).
Salah satu resolusi saya di tahun ini adalah bisa terus aktif ngeblog dan konsisten, baik menulis berbayar maupun suka-suka alias menulis organik. Nah, agar semangat ngeblog dan kemampuan menulis tetap terjaga, saya ikut ODOP dari komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur). Kebetulan tema-tema ODOP kali ini banyak yang bisa dijadikan ajang share tips atau ilmu. Jadi menulis/ngeblog untuk menebar manfaat untuk orang lain. Bismillah

❤️ Membeli produk skincare untuk wajah.
Hah? Hehe. Iya, usia saya mendekati angka 40 tahun, dan kulit wajah semakin kusut saja rasanya. Maka agar wajah lebih sehat dan enak dipandang (terutama oleh suami), saya meniatkan diri untuk merawat wajah lebih baik. Ini jadi salah satu resolusi saya juga di tahun 2020. Dan ternyata suami juga mendukung langkah saya ini. Alhamdulillah
Maka di awal tahun ini mulailah saya membeli produk skincare, meski belum bisa lengkap (karena susah mencarinya di dekat rumah). Bismillah, semoga bernilai ibadah.

Produk skincare yang saya beli di awal tahun 2020.

Itulah beberapa langkah awal yang saya lakukan untuk mewujudkan resolusi tahun 2020 ini. Masih sedikit, ya? Iya, karena saat ini masih di sepertiga bulan Januari, kan? 😊

Lalu, apa saja resolusi saya selanjutnya di tahun ini? Biarkan saya berusaha mewujudkannya satu per satu, tanpa perlu saya tuliskan dahulu di sini. Hehe. Semoga saya tetap semangat dan selalu ingat kematian dan hari akhir, agar tetap berusaha lurus di jalan-Nya saat mewujudkan resolusi. Nah, apa resolusi teman-teman di tahun 2020 ini? Apapun, tetap semangat juga, ya, teman-teman 💪😊.


Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

3 comments:

  1. Productr Skincare-nya samaan dengan saya.
    Sudah cocok satu tahun terakhir ini.
    Bismillah 2020 lebih beruntung, lebih baik, lebih sehat dan lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Mantap…."Ikut program ODOP (One Day One Post)."....
    moga sukses di tahun 2020

    ReplyDelete
  3. sedikit juga bukan masalah kok mba, yang penting bagaimana langkah awal dalam mewujudkannya, keren mba semangat yah dan semoga semua nyaberhasil ditaklukan di tahun 2020 ini aamiin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.