10 Tips Cerdas Marketing Ala Veronica


dari sini


Marketing merupakan ujung tombak sebuah usaha. Tanpa adanya marketing yang jitu, produk atau jasa seseksi apapun tidak akan berbunyi dan menghasilkan aset. Veronica Ratna Ningrum, seorang ahli marketing sekaligus konsultan marketing, membuat formula dan kiat sukses untuk para pelaku marketing.
Berikut adalah 10 tips cerdas marketing ala Veronica Ratna Ningrum:
  1. Jadilah MATA-MATA. Seorang pelaku marketing harus mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar, maka jadilah mata-mata di pasar Anda. Menurut Veronica, kebutuhan pasar menjadi penuntun kesuksesan marketing Anda. Jika seorang pelakumarketing tidak memedulikan kebutuhan pasar, maka sama dengan mencari kepuasan pada diri sendiri, tidak akan membawa keuntungan buat usahanya. 
  2. Perlakukan CUSTOMER sebagai RAJA. Tampaknya seperti sebuah slogan kuno. Namun menurut Veronica, customer-lah yang akan menentukan kesuksesan sebuah usaha. Bisa dibayangkan ketika seorang customer kecewa dengan pelayanan kita, kemudian menyampaikan kekecewaaannya kepada khalayak, maka citra perusahaan akan jatuh. Belum lagi kehilangan pelanggan, akan menjadi masalah yang serius bagi kelangsungan sebuah bisnis.
  3. Jadilah EKSEKUTOR. Menurut Veronica, seorang pelaku marketing harus mampu menjadi eksekutor. Eksekutor tidak sekedar membuat sebuah keputusan, melainkan melakukan sebuah analisis mengenai suatu keputusan yang akan dilakukan.
  4. Pertajam INTUISI. Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien.
  5. Lakukan SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia marketing. Dalam melakukan survey pasar, sertakan pula survey tentang tingkat kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.
  6. Lakukan SURVEI KOMPETITOR. Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey, kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk serta menjaring minat konsumen. 
  7. Ciptakan PEMASAR BAYANGAN. Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost Marketing. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga massa mengenali produk kita.
  8. Telurkan INOVASI. Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis.
  9. Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL. Memelihara customer seperti raja dengan cara mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya, dan senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara tersebut, customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.
  10. Berikan EVALUASI. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim produksi atau   penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat terus meningkat.

Itulah kesepuluh tips cerdas marketing ala Veronica Ratna Ningrum. Wajar jika dia dibranding oleh Indscript Creative dalam Personal Branding Agency-nya, karena ternyata tips-tipsnya bagus sekali sebagai sumbangsih dalam dunia marketing.
 

Sebagai seorang woman marketing. Veronica adalah pribadi yangg luar biasa, menarik, smart, dan fokus. Dia memegang teguh commitment dan client relation. Menjadikan seluruh client sebagai partner, teman, dan rekan kerjasama bisnis yang menyenangkan adalah kunci sukses dari Veronica. (Aldi Ferdian – Chief of Marketing Vizwerk)



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.