Wednesday, 11 October 2017

ASUS VivoBook S15 S510 dan Mimpi yang Sempurna



Malam itu anak-anak sudah tertidur lelap. Tinggal saya dan suami yang sedang asyik menikmati seporsi “Tahu Tek”. Hemm… sambal kacangnya yang pas dan tahu serta isian lainnya yang masih hangat membuat kuliner khas Surabaya itu terasa nikmat sekali. Selesai santap bersama, sejenak kami berbincang. Lalu beberapa menit kemudian kami sudah asyik menyimak handphone masing-masing. Suami mulai menonton siaran ulang sepakbola, sedangkan saya berselancar ke banyak ruang di dunia maya. Berganti-ganti, dari mulai membaca puluhan pesan hingga membuka berbagai web atau blog. 

Hingga akhirnya mata ini tertuju pada gambar sebuah notebook cantik, produk baru dari ASUS. Judulnya ASUS VivoBook S15 S510. Secara screening saya baca all about notebook ini. Refleks saya ingin mendiskusikannya bersama suami. Tapi rupanya suami sudah terlihat mulai mengantuk dan mungkin sebentar lagi akan terlelap ditonton para pemain sepakbola. Hehehe. Akhirnya imaji saya pun melanglang buana… menciptakan sebuah dialog imajiner bersama suami…




“Bi, Abi tahu, kan. Selama ini Umi belum pernah punya laptop atau notebook. Pokoknya komputer yang bisa dibawa ke mana-mana, lah.”

“Memangnya sekarang sudah perlu?” 

“Yaa… Abi, kan, tahu juga, beberapa kali Umi enggak bisa memenuhi undangan event blogger gara-gara Umi enggak punya laptop. Harus bawa laptop syaratnya…” 

“Oh, iya ya.” 

“Kayak dulu itu, ada undangan dari ASUS, sampai dari sananya bilang mau minjemin laptopnya buat Umi. Tapi, kan, Umi enggak enak. Yaa, masa ngrepotin pihak pengundang… 
Selain itu anak-anak kita tambah aktif semua ini. Umi tambah susah kalau harus di depan PC terus, di kamar terus. Kayaknya kudu fleksibel, nih. Harus bisa pindah-pindah buat nulis, ngerjain tugas-tugas, sambil ngawasin anak-anak.” 

“Hemm… Trus trus…??” 

“Ini, lho, Bi. Ada produk baru dari ASUS. Notebook yang ciamik banget, deh! Namanya ASUS VivoBook S15 S510. Dari penampilan hingga fitur-fiturnya oke punya!” 

“Gimana gimana?” 

“Oke, Abi mau tau juga, kan? Kita lihat bareng-bareng, yuk!"




Kita lihat dari sisi fisiknya dulu, ya. 

💗 Jadi ASUS VivoBook S15 ini bodinya tipis dan ringan banget. Ultra tipis karena tebalnya cuma 1,79 cm. Trus beratnya cuma 1,5 kg. Bayangin, enak banget, kan, kalau kita bawa si VivoBook S15 ini pergi-pergi? Enggak bikin pundak pegel! Karena enggak sampai dua kilo!

💗 Bodinya sebesar notebook 14 inci, tapi punya layar berukuran 15,6 inci. Nah, kok keren banget, sih?

💗 Pertama kali lihat penampakannya, notebook ini terlihat elegan sekali. Body tipis, layar penuh sehingga terlihat lebar, dan warnanya soft.

💗 Dengan teknologi "NanoEdge" Display, bingkai yang digunakan sangat tipis, yaitu setebal 0,78 cm saja. Bezel 0,78 cm ini merupakan salah satu yang tertipis di kelasnya.

💗 Dengan bezel yang sangat tipis itu, bagian permukaan notebook  bisa dimaksimalkan  penggunaannya oleh layar, yaitu sebesar 80% dari screen-to-body ratio (penampang notebook) adalah layar.




💗 Panel dudukan notebook-nya didesain dengan warna yang serupa dengan bagian lainnya, serta memiliki finishing metalik yang diamplas. 

👉 Tombol keyboardnya dibuat sedikit turun dari body notebook. Ini dimaksudkan untuk kenyamanan dalam mengetik, selain untuk mempercantik penampilan.

👉  Tombol-tombol pada keyboardnya dibuat lebih baik, seperti tombol panah kiri dan kanan yang ada jedanya untuk mereduksi kesalahan saat mengetik cepat. Juga tombol power yang dibuat menyatu tapi di ujung kanan atas agar tampilan notebook terlihat rapi.

👉  Tombol keyboardnya juga dibikin nyaman untuk mengetik. Hal ini dimungkinkan oleh desain chiclet yang digunakan. Tombol terasa empuk dan nyaman, dan membal. Kemudian jarak antar tombol tidak terlalu rapat, sehingga memungkinkan pengetikan yang leluasa dan lebih akurat. Dengan desain seperti itu diharapkan mengetik jadi enggak mudah lelah.




👉  Untuk touchpad-nya, ASUS S15 sangat smooth saat disentuh. Touchpad tersebut mendukung input multi-gesture pada Windows 10 hingga mendukung 4 jari. Touchpad ini juga mampu menghindari kesalahan pengetikan saat telapak tangan pengguna secara tidak sadar menyentuh touchpad. Berikut gambar tentang opsi hal yang bisa dilakukan dengan jari di touchpad:



Selain itu touchpad pada notebook ini juga mendukung pengamanan berbasis biometrik dalam bentuk fingerprint scanner. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk memastikan keamanan data milik pengguna jika suatu saat notebook dicuri atau hilang.

💗 Untuk port dan konektor, ASUS VivoBook S15 punya kelengkapan varian port yang banyak. Seperti port HDMI berukuran penuh yang dapat disambungkan dengan sangat mudah ke pesawat televisi ataupun proyektor masa kini lewat kabel HDMI, port USB 3.1 berbasis Type-C yang sangat bermanfaat untuk menampung perangkat masa kini ataupun yang akan datang, dan lain-lain. Berikut ini port-port yang tersedia di kedua sisi notebook:

Nah, kalau penampilan fisik sudah terlihat menawan, sekarang kita lihat performanya, ya. Apakah "inner beauty-nya" juga menawan hati? Hehehe.

💗 ASUS VivoBook S15 menggunakan prosesor terbaru dan mumpuni dari Intel, yaitu Intel Core generasi ke-7 atau KabyLake. Notebook ini menggunakan prosesor Intel Core i5 7200U. Prosesor quad thread dengan cache sebesar 3MB ini punya kecepatan 2,5GHz yang masih bisa ditingkatkan lagi hingga 3,1GHz. Daya listrik yang digunakan sebesar 7,5 sampai 25 watt. Hemat energi banget, kan?

💗 RAM-nya berukuran 4GB dengan dua buah storage yang dikombinasikan antara HDD dan SSD. 

💗 Selain sudah punya grafis terintegrasi yang cukup mumpuni, kinerja ASUS VivoBook S15 ini dilengkapi dengan grafis mumpuni berbasis Nvidia GeForce 940MX dengan video RAM sebesar 2GB. Untuk keperluan itu, ASUS membenamkan RAM hemat energi DDR3L berkecepatan 2133MHz.

💗 Untuk menampung data, disediakan harddisk sebesar 1TB. Selain itu untuk memaksimalkan performa notebook, baik saat booting ataupun loading aplikasi, tersedia pula SSD sebesar 128GB. Dengan kapasitas seperti itu, kecepatan baca dan tulis meningkat drastis, dan data bisa disimpan dengan aman di SSD atau HDD untuk data yang lebih besar.

Selanjutnya, ASUS VivoBook S15 ini punya teknologi untuk optimasi baterai, lho. Apa itu? 
Jadi biasanya, kan, kalau kita bekerja dengan notebook seringkali pasang-colok kabel adapter. Kadang kita membiarkannya tetap tersambung ke jala-jala listrik dan baterainya tetap berada pada kondisi 98-100% dalam jangka waktu yang panjang. Padahal ini sama sekali enggak bagus, karena bisa membuat komponen di dalam baterai membengkak (kembung).

Nah, ada 2 teknologi yang dihadirkan oleh ASUS VivoBook S15 untuk mencegah hal itu terjadi dan sekaligus memperpanjang masa operasional baterai, yaitu:
  1. SuperBattery. Yaitu Teknologi pengawet baterai yang mampu membuat masa pakai baterai menjadi 3 kali lipat lebih panjang dibandingkan dengan baterai notebook pada umumnya. Dengan SuperBattery, siklus pengisian ulang juga bisa mencapai hingga 900 kali dibandingkan dengan siklus pengisian ulang notebook pada umumnya. Selain itu, SuperBattery juga mampu mengisi ulang baterai dengan lebih cepat, yaitu dari kondisi 0% hingga mencapai 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.
  2. ASUS Battery Health Charging App. Yaitu aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk secara manual menentukan tingkat Relative State of Charge (RSOC) baterai notebook pada 60%, 80% atau 100%. Dengan membatasi tingkat pengisian baterai oleh charger, hal ini dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai tersebut.

Kemudian, ada lagi nih yang istimewa dari ASUS VivoBook S15 ini. Secara hardware, notebook ini mendukung sistem operasi Windows 10 dengan Cortana. Tapi, varian notebook ini dipasarkan dengan Sistem Operasi Endless OS di Indonesia. Sistem operasi berbasis Linux yang kekinian tersebut punya beraneka ragam fungsi dan fitur yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas penggunanya sehari hari. Seperti:

  • Telah dilengkapi dengan berbagai konten hingga 100 aplikasi gratis yang dapat dipakai langsung tanpa penggunanya harus terhubung ke Internet.
  • Kemudahan yang ditawarkan bagaikan kita menggunakan smartphone. Kita akan lebih mudah menggunakan meskipun kita hanya memiliki sedikit pengalaman atau belum pernah menggunakan komputer. 
  • Tidak ada biaya tambahan apapun untuk menggunakan sistem operasi ini. 
  • Penggunaannya tiada batasan, tidak seperti sistem operasi ataupun aplikasi trial yang bisa digunakan selama 30 hari. 
  • Relatif lebih tahan terhadap virus komputer sehingga dapat mengurangi masalah yang akan muncul dari serangan virus atau malware yang kini semakin menjadi momok.
  • Ketika terhubung ke internet, Endless berfungsi seperti komputer pada umumnya, kita dapat mencari informasi apapun atau menghubungi kerabat kitadi manapun.
Dengan Sistem Operasi Endless OS ini, kita enggak perlu lagi instal sistem operasi ataupun berbagai aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari. Tinggal pakai pokoknya. Mantap, kan? :)

Wah... Ternyata, selain punya fisik yang menawan, si cantik ASUS VivoBook S15 S510 ini juga punya "inner beauty" yang enggak kalah elegan, ya. Hehe. So, tampaknya notebook ini memang jadi mimpi yang sempurna buat saya :).


Nah, untuk mengetahui spesifikasi lebih lengkap dari ASUS VivoBook S15 S510 ini, bisa dilihat dari tabel berikut. Atau kalau ingin tahu informasi selengkapnya, bisa kunjungi halaman ASUS VivoBook S15.

Main Spec.
ASUS VivoBook S S510
CPU
Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating System
Endless OS
Memory
4GB DDR4 RAM
Storage
128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display
15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) with slim bezel
Graphics
Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output
1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio
Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone
ASUS SonicMaster Premium Technology
Battery
3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension
(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight
1,7Kg with Battery
Colors
Icicle Gold
Price
Rp9.799.000
Warranty
2 tahun garansi global senilai Rp900.000


"Gitu, lho, Bi... Kayaknya sempurna banget gitu, ya, si VivoBook S15 ini? Kemampuannya tinggi, punya fitur-fitur menarik, tapi harganya terjangkau kalau dibandingkan dengan produk kompetitor."

"Sempurna tapi harganya masih terjangkau, ya? Wah, ya keren kalau itu!"

"Nah, itulah... Bener, deh, Umi pengen banget memilikinya. Udah keren, harga terjangkau pula. Trus, tipis dan ringannya itu, loh, yang bikin kesengsem banget. Jadi kalau misalnya mau bawa-bawa notebook saat bepergian, pas ke event-event atau pas pulang kampung misalnya, gak nambah beban bangettt... enteng, lah! Ya, nggak?"

"He'em..."

"Trus kayaknya bakal mendukung produktivitas banget, deh. Kalau Umi punya notebook ini, Umi bisa ngetik di mana pun sambil ngawasi anak-anak. Enggak melulu ngetik di kamar sama si PC, hiks! Nulisnya juga bisa nyaman dan cepet karena kemampuan canggihnya si VivoBook S15 ini. Duh... mimpi yang sempurna banget ini...!"

"Ya udah, deh, Abi doain semoga segera punya rezeki untuk dapat memiliki ASUS VivoBook S15 S510 itu. Siapa tahu bisa beli, atau siapa tahu juga ada yang ngasih. Hehehe..."

"Hehehe... Maunyaaa.. Tapi, aamiin.. yaa Allah..."

***

Hemm... ini dialog imajiner yang saya harapkan bisa mewujud nyata. Benar-benar mimpi yang sempurna. Semoga menjadi kenyataan, ya, temans :)



30 comments:

  1. Amiiinnnn, ikut aminin, semoga jadi nyata mimpinya ya mbaaa

    ReplyDelete
  2. Widiiihhh komplit banget ya Mbak. Jadi pengen tuker si Lepi yg udh mulai sering ngambek jg jadi VivoNotebook ini, apalagi tipis dan ringan gtu.. Huhuhuh.
    Anyway, semoga segera terwujud ya Mbak mimpinya, Aamiin :)

    ReplyDelete
  3. Amiin,semoga mbak. Segera.
    Ntar makin banyak yg doain deh :)

    ReplyDelete
  4. Amiiiiin, eh aku juga ngaminin buat diri sendiri juga boleh ya mba :D Liat speknya oke sih, dan desainnya juga elegan, warna goldnya manis :)

    ReplyDelete
  5. Aamiin
    Aku juga mupeng ma nih leptoppp. 😍😍😍

    ReplyDelete
  6. Amin...Aku juga pengen punya laptop asus kaya gini.

    ReplyDelete
  7. amin mbak..semoga kesampaian ya dapet laptop asusnya

    ReplyDelete
  8. Wow... Asus makin keren aja. Tipis lagi :D jadi gak bikin berat ato sakit punggung kalo di bawa-bawa. Spesifikasinya juga keren nih... keren banget malah. Jadi ngiler... O_O

    ReplyDelete
  9. semoga ummi Diah segera mendapatkan laptop yang diinginkan dan dibutuhkan ya. amiin

    ReplyDelete
  10. kirain kolaborasi sama merek dagang yg Agnez Mo itu wkwkwk ternyata bukan ya, wah speknya cangih banget, jadi jiper duluan bacanya :(

    ReplyDelete
  11. Setipis buku 50 lbr dah bsa nih gantiin laptop ku tuk develop apps.. Atau untuk ngantor....

    ReplyDelete
  12. Asus memang jagoan, apalagi jika melihat spesifikasi yg aduhai betul itu, sungguh sebuah mimpi yang sempurna tatkala memimpikan utk memiliki asus ini. Tapi apa daya, melihat kondisi perekonomian saat ini, mungkin itu asus akan tetap jadi sebatas mimpi :')

    Harganya itu loh mahal betul

    ReplyDelete
  13. udah kapasitas kece, ringan, batrai tahan lagi. bahagianya kalau blogger punya ni barang

    ReplyDelete
  14. Kasih link blog ini aja ke suami, biar tambah yakin banyak bloger juga yang ngidam2in ini produk ASUS, nyahaha aku juga kepincut, harganya yah walau aku sangat belum bisa tapi smart charging, penyimpanan, tampilan, baterainya aja udah oke pisan :D

    ReplyDelete
  15. Ni laptop bagus buat perempuan yang bawaannya sudah banyak duluan. Ringan dan tipis,jadi nyaman Ya

    ReplyDelete
  16. Memang enak pakai laptop yang tipis dan ringan, jadi enak dibawa kemana-mana. Jadinya bisa dibawa untuk kerja lebih mudah, ditambahan spesifikasinya mumpumi juga.

    ReplyDelete
  17. Kangen tahu teeekkkk... Hihihi... Maap oot 😁
    Aku juga mau dong laptopnya..

    ReplyDelete
  18. Aamiien, semoga rejeki Asus nya datang mjd kenyataan.

    ReplyDelete
  19. Aamiin...

    Jadi mupeng ih. Akupun lagi nabung untuk beli laptop. Speknya bikin ngiler.


    Semoga mimpinya segera menjadi kenyataan ya mbak, aamin

    ReplyDelete
  20. Aminin ya, Mbak
    Aku juga pengen. Naksir dg performanya apalagi beratnya ringan. Jd pas dibawa ke mana-mana kan gak bikin pegel. Tipis lagi

    ReplyDelete
  21. Sesifikasi lengkap banget dan cocok banget buat aku yang suka jalan jalan. Enteng dibawa kemana mana,daya tahan baterai juga bagus. seneng nih buat dijadiiin temen

    ReplyDelete
  22. Duh pengin! Aku udah jatuh cinta banget sama Asus. Produk Asus pokoknya udah nempel banget, terutama henpon. Nah, buat laptop nih yang masih ngincer-ngincer dan masih nabung. Ah jadi makin bingung deh. Tampilan fisiknya bagus banget pun.

    ReplyDelete
  23. aamin, semoga segera terwujud ya, Mbak. Aku juga pakai ASUS, ALhamdulillah awet, pernah jatuh, pernah dicolok kunci motor, mati dan amsih bisa diselamatkan...ASUS emang okay

    ReplyDelete
  24. Blm pernah nyobain Tahu tek .
    Vivobook, ahh knapa ini nyari aih namanya sm merk sebelah, tp no problem notebook baru asus ini keren bgt sumpah, slim dan ringan, beda am leptop aku yg berat bgt hiks.

    ReplyDelete
  25. Mantep banget Asus, bodynya tipis, ringan dan awet baterai. Ntap nih laptop

    ReplyDelete
  26. Asus emang selalu ngeluarin laptop dan notebook yg menarikk.
    Boleh juga Viva Book ini yaj hehhe

    ReplyDelete
  27. Aku doonk kepincut sama laptop ini sejak ada review dari mba Deka.
    Nanti jadi makin rajin nulis deeh...

    ReplyDelete
  28. Ayaaaah, beliin Ummii ayaaaaahh :D
    Asyeeeekk...
    Makin produktif ya mbak ngetinya kalau punya leptop ini.
    Aku suka nih leptop layar lebar yg tetep ringan bobotnya kyk gini :D
    TFS ulasannya :D

    ReplyDelete
  29. Vivobook ini sangatlah menawan banget ua mna performa oke powerfull dan ciamik banget buat stylish pun bisa. Saya juga mau nih laptop bagus banhet lucu dan cantik tentunya mba.

    ReplyDelete
  30. Naksir juga karena baterainya yg awet. Ini wajib nih...soalnya kalau asyik ngetik kan gak kerasa tiba2 baterai laptop habis. Saya sering terlalu cuek sampai laptop mati sendiri. Hiks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law