Saturday, 3 June 2017

Bijak Belanja Online dalam Menyambut Lebaran



http://www.dekamuslim.com/2017/06/bijak-belanja-online-dalam-menyambut.html



Bijak Belanja Online dalam Menyambut Lebaran
Ramadhan, Lebaran, Belanja. Saling berhubungan? Sebenarnya enggak juga, sih. Tapi, tak bisa dipungkiri hal inilah yang terjadi dalam masyarakat kita saat ini. Bener, nggak? ;). Kalau sudah di bulan Ramadhan, pasti aktivitas belanja akan meningkat. Dan aktivitas tersebut dilakukan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut dengan LEBARAN. 


Ya, sebenarnya kalau dilihat dari sisi agama Islam (syari'at) memang enggak ada hubungannya Idul Fitri dengan belanja-belanja. Yang ada, sih, mempersiapkan segala sesuatunya agar tercukupi untuk beribadah selama Ramadhan. Jadi sibuknya sebelum Ramadhan :). Sedangkan Idul Fitri, ya, hari kembalinya kita pada fitrah setelah sebulan lamanya berpuasa Ramadhan. Hati menjadi bersih. Insya Allah.

Tapi seiring perkembangan zaman, masyarakat memang menjadikan hari yang fitri tersebut sebagai hari spesial. Hingga penampilan di hari tersebut juga diusahakan istimewa. Maka, berbelanja barang-barang baru untuk menyambut lebaran pun menjadi tradisi.

Nah, di era digital sekarang ini, meski banyak mal berdiri dan ramai pengunjung, tapi belanja lewat internet atau belanja online juga menjadi pilihan masyarakat Indonesia yang semakin diminati. Bagi yang memilih praktis, hemat waktu dan tenaga, enggak suka antri dan “uyel-uyelan”, belanja online menjadi pilihan tepat. Saya pun akhir-akhir ini lebih memilih belanja online. Alasannya simpel, karena saya IRT dengan 3 anak kecil. Coba aja bayangin, belanja dari satu toko ke toko yang lain atau mengelilingi mal dengan membawa tiga anak kecil, betapa melelahkan... *eh, gak usah dibayangin :D.

Hemm... ngomongin belanja online, mungkin teman-teman juga ingin belanja online untuk menyambut lebaran yang insya Allah sebentar lagi tiba. Beli pakaian, aksesoris, atau mungkin juga perlengkapan rumah tangga hingga gawai yang baru. Sudah belanja, atau baru siap-siap? Hehe. Bagi yang belum belanja online, saya ada beberapa tips, nih. Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi saja, sih, ya. 


Sebaiknya Belanja di Siang Hari
Sekarang bulan Ramadhan. Biasanya kalau malam hari digunakan untuk memperbanyak ibadah, untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Karena malam hari lebih khusyu' waktunya (dan dalam kondisi tidak lapar). Malam saatnya untuk shalat tarawih, memperbanyak tilawah Al-Qur'an, membaca ilmu-ilmu Islam, dan lain-lain. Nah, jadi sebaiknya belanja online di siang hari saja. Biar enggak ganggu ibadah-ibadah dalam bulan Ramadhan di malam hari

Lagipula, belanja online itu enggak perlu berpanas-panas ria, kan? Tentu lebih meringankan kita. Tinggal gerak-gerakkan jari, pilih-pilih barang-barang yang diinginkan, lalu beli. Kalaupun terpaksa mau belanja di malam hari (karena biasanya diskon besar-besaran diberikan di malam hari), usahakan jangan lama-lama di depan gadget :).


Persiapkan Dana Secukupnya, Sesuai Kebutuhan
Sebelum belanja online, siapkan dulu list barang-barang yang akan dibeli. Siapkan secara detail, mau barang dengan merek apa, jumlahnya berapa, dan lain-lain. Dengan mencatat detailnya, kita bisa menaksir kira-kira akan habis berapa rupiah. Selain itu, kita akan lebih menghemat waktu dan tenaga (juga biaya internet dan atau listrik :) ) dengan tidak berlama-lama di depan gadget (komputer/hape). Dan yang terpenting, menjaga agar kita enggak kalap belanja! Hihi. Biasanya kalau enggak di-list dulu, kita akan suka tergoda untuk membeli barang-barang lain yang berseliweran di halaman e-commerce :).


Gambar dari pixabay.com.


Hindari Belanja di Akhir Ramadhan 
Sama seperti di atas, hal ini untuk menjaga kekhusyukan dalam beribadah. Apalagi jika di sepuluh hari terakhir kita mengagendakan untuk i'tikaf di masjid. Tentu sudah enggak bisa belanja di akhir Ramadhan. Jadi sebaiknya belanja di awal Ramadhan seperti sekarang. Alasan lain, agar kita bisa lebih tenang saat barang-barang yang kita butuhkan sudah siap beberapa hari sebelum lebaran. Enggak mepet lebaran atau bahkan barang tiba di rumah sesudah Idul Fitri :D.

Apa? Mau dapet diskon gedhe di akhir Ramadhan? Yah, mungkin beli barang-barang yang bukan untuk keperluan lebaran saja, ya :).


Pikirkan Kebutuhan Pasca Lebaran 
Ya, kebutuhan pasca lebaran tentu sudah menanti. Biaya-biaya rutin rumah tangga, biaya sekolah anak-anak, dan lain-lain. Apalagi di tahun 2017 ini Idul Fitri bertepatan dengan pergantian tahun ajaran baru. Seperti saya, bulan Juli besok si sulung insya Allah sudah masuk SD. Tentu membutuhkan biaya yang lebih banyak dari biasanya. 

So, hal ini sangat perlu menjadi pertimbangan saat akan belanja, termasuk belanja online. Jangan sampai kita kalap belanja, membeli barang-barang yang kurang perlu demi untuk tampil istimewa di hari raya, kemudian kekurangan dana setelah lebaran. Akan menjadi lucu, kan? Di sisi lain, kebutuhan kita untuk menyambut lebaran juga bukan saja belanja dan belanja. Kita juga butuh biaya untuk mudik, silaturahmi, bersedekah, dan lain-lain.

Nah, bagaimana, sudah siap untuk belanja online? Itulah beberapa tips ala saya agar bisa lebih bijak belanja online dalam menyambut lebaran. Oiya, banyak pilihan e-commerce yang bisa kita jadikan tempat belanja. Misalnya di Lazada. Saat ini di sana lagi ada Promo Lazada Ramadhan Sale, lho. Banyak diskon yang ditawarkan. Dengan adanya diskon, semoga kita bisa lebih berhemat, ya. Oke, selamat berbelanja, temans :).



2 comments:

  1. hahaha point akhirnya makjleb fikirkan pasca lebaran nah ini yg suka hilaf 🤣 smg kita senantiasa ngerem pengeluaran y mba kerasa bgt aku belanja lbh bnyk

    ReplyDelete
  2. Untuk keperluan Lebaran, saya jarang banget belanja online. Selain karena ngandelin THR yang turunnya udah pertengahan puasa, pertimbangan pengiriman yang biasanya sudah overload. Takut malah jadi gak kepake saat lebaran. Belanja online biasanya di bulan-bulan biasa aja. :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law