Saturday, 2 July 2016

Lebaran ala Anak Panti Asuhan



http://www.dekamuslim.com/2016/07/lebaran-ala-anak-panti-asuhan.html
credit (dengan editing).


"Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar. Laa ilaaha illallaahu Allaahu Akbar, Allaahu Akbar wa lillah ilham." 
Gema takbir berkumandang di malam Idul Fitri, terdengar syahdu dan menyejukkan hati. Di malam seperti itu, biasanya ada banyak kenangan yang terlintas di benak saya. Tentang momen-momen Idul Fitri yang telah lalu. Tentang kenangan lebaran pada waktu kecil, saat-saat berkumpul bersama keluarga, ataupun ketika berada bersama orang-orang terkasih selain keluarga. Seperti cerita saya pada saat lebaran bersama anak-anak panti asuhan berikut ini.

Ya, saya memang pernah berada di panti asuhan khusus untuk anak-anak yatim/yatim piatu dan kurang mampu selama kurang lebih satu tahun. Saya yang waktu itu masih kuliah, menjadi sukarelawan di sana. Saya membantu aktivitas-aktivitas pengasuh panti seperti menemani belajar dan mengaji adik-adik, hingga memasak di dapur. Nah, biasanya, adik-adik panti melaksanakan sholat Ied di panti asuhan. Saya pun saat itu ikut menemani mereka ber-Hari Raya di panti. 

Idul Fitri di panti asuhan itu seru, lho. Keseruan lebaran tersebut tentu saja dimulai sejak Ramadhan. Ramadhan dan Idul Fitri memang benar-benar terasa sebagai saat-saat penuh keberkahan untuk warga panti asuhan. Hampir setiap hari di bulan Ramadhan, ada saja menu-menu berbuka dan sahur yang datang dari para donatur atau pihak-pihak lain. Sering juga ada tamu yang memberikan uang saku lebaran untuk adik-adik panti. Selain itu, adik-adik juga sering diundang untuk berbuka puasa bersama di berbagai tempat. Tentu saja bukan semata-mata buka puasa bersama, tetapi biasanya adik-adik juga diberi bingkisan plus amplop uang saku. Alhamdulillah

Sebagai sukarelawan atau “kakak panti”, saya pun tak ketinggalan sering ikut menemani adik-adik dalam acara undangan buka puasa bersama. Masih teringat dengan jelas, kami sering diundang ke rumah-rumah donatur, ke sebuah perusahaan, hingga ke balaikota. Saat itu, sampai malam Idul Fitri pun panti kami masih menghadiri undangan buka puasa bersama. 

Undangan terakhir itu bertempat di balaikota. Acaranya berskala besar. Selain panti kami, ada juga beberapa panti asuhan lain yang diundang. Adik-adik pun masing-masing mendapat “angpao” yang lumayan besar. Mereka senang sekali :). Karena malam Idul Fitri, kami pun pulang bersamaan dengan rombongan mobil-mobil yang melakukan takbir keliling. Ramainya jalanan waktu itu mengiringi kegembiraan kami semua. Suasananya ramai tetapi syahdu. Ah, tak terlukiskan. 

Di malam Idul Fitri itu semua warga panti terlihat bahagia. Adik-adik sibuk menghitung uang saku yang didapat. Ada yang dimasukkan tabungan, ada pula yang ingin sebagiannya dibawa pulang untuk berlebaran di rumah. Adik-adik pun sudah punya baju baru semua, yang juga atas pemberian donatur. Mereka pun sibuk mempersiapkan pakaian dan alat sholat yang akan dipakai esok hari. 

Esoknya, kami melaksanakan sholat Ied di dekat panti. Semua tampak khidmat melaksanakannya. Meski kerinduan mereka pada saudara-saudara di rumah (bagi yang masih memiliki saudara, karena ada yang tak pulang karena tak memiliki saudara) harus tertahan sebentar, namun mereka terlihat bahagia ber-Hari Raya bersama teman-teman panti asuhan. Mereka baru akan pulang setelah sholat Ied. 

Saya pun ikut bahagia menyaksikan kebahagiaan mereka. Sekali-kali, berlebaran bersama orang-orang terkasih selain keluarga itu juga membahagiakan. Ikut bersimpati dan berempati terhadap kondisi mereka, menimbulkan kebahagiaan tersendiri dan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan.


#500kata




6 comments:

  1. semoga menang ikut GA nya ya mbak ;)

    ReplyDelete
  2. Indahnya momen bar bagi dan merayakan sama anak dan orang yg kurang beruntung.Semoga lebih di mudah kan dan mendapat Berkah pahala berlimpah☺
    Selamat idul fitri mbak, sukses untuk GAnya

    ReplyDelete
  3. ahhh...suka melow kalo bukber bareng anak2 panti ya hiks
    alhamdulillah ,semoga selalu diberikan keberkahan buat mereka
    ahh aku lupa DL nya semalem yaa, hiks

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah jika anak-anak bahagia.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah mereka senang tapi tetep mikir ya mbak, kasihan anak2 itu :((

    ReplyDelete
  6. paling seneng kalo tiap puasa, kantorku ngadain acara Corporate social responsibilitynya dengan mengundang panti asuhan untuk berbuka bersama.. kdg kita sbg staff diksh tugas utk membeli goodie bag buat anak2nya mbak.. itu nyenengin banget milih barang2nya :D.. trs disusun ke tas2 lucu.. apalagi saat dikasih ke anak2.. duuuh, liat ekspresi wajah mereka yg senyum dan ketawa2 aja udh bikin happy :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law