Monday, 7 March 2016

My JNE, Solusi Baru untuk Pengiriman Lebih Mudah, Aman dan Nyaman

Kemarin waktu baca tautan dari Mami Ubii di Facebook tentang “Giveaway Review Aplikasi My JNE” di blognya, saya langsung meluncur ke sana (karena saya penggemar giveaway :D ). Tapi sebenarnya dari awal baca judul blogpostnya kurang tertarik, karena berbau-bau review tentang jasa pengiriman. Lhah, secara saya, kan, bukan pebisnis yang punya online shop, atau orang yang sering kirim-kirim barang? Trus nanti apa yang bisa saya jadikan bahan buat blogpost saya? Hemm… 

Tapi tunggu, itu soal review saja. Dan ternyata setelah saya coba unduh aplikasinya, akhirnya saya dapet manfaat pentingnya juga! Apa itu? Tunggu, yaa… baca aja sampai akhir. Hehehe… 

Ya, ini tentang aplikasi baru dari JNE, sebuah jasa pengiriman yang ada di Indonesia. Mari simak… 

Jadi, pada tanggal 29 Februari 2016 kemarin JNE (PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir) sebagai perusahaan jasa pengiriman di Indonesia yang telah berusia lebih dari seperempat abad (berdiri pada 26 November 1990) meluncurkan program barunya, yaitu JNE 7 Magnificent. JNE 7 Magnificent atau “7 yang Mengagumkan dari JNE” adalah program atau produk layanan yang meliputi Aplikasi MyJNE, JNE-PopBox, @box prepaid, Promo JNE Super Speed, JNE International Shipment, Layanan CD Music, dan JNE Trucking. Ketujuh program tersebut merupakan perwujudan dari rencana pengembangan bisnis JNE yang fokus pada pengembangan di bidang Information Technology (IT) dan infrastruktur. Untuk tahu selengkapnya tentang JNE 7 Magnificent ini silakan teman-teman buka di website JNE atau googling saja, ya. Soalnya di sini saya mau bahas aplikasi My JNE saja :). 


http://www.dekamuslim.com/2016/03/my-jne-solusi-baru-untuk-pengiriman.html
Tampilan My JNE.


Oke. My JNE sebagai salah satu program yang termasuk dalam JNE 7 Magnificent sendiri adalah sebuah aplikasi JNE berbasis android yang menghubungkan nomor telepon kita dengan seluruh kiriman yang kita kirim (atau kiriman dari orang lain) melalui JNE. 

Pertama kali saya mau mengunduh apps JNE Mobile ini di android saya, saya lumayan galau. Karena memori di smartphone saya sudah hampir penuh. Beberapa kali pengin mengunduh aplikasi-aplikasi lain gagal, karena sudah tidak cukup memorinya. Kalau mau menghapus apps lain yang sudah terlanjur berguna, eman rasanya. Tapi… waktu saya coba untuk unduh My JNE ini, ternyata memorinya masih muat, lho! Iya, itu karena My JNE cuma butuh ukuran 7,21 MB untuk dapat nongkrong di smartphone kita. Mengunduhnya pun enggak butuh waktu lama jadinya. Yey, akhirnya saya bisa menggunakan apps ini :). 

Bagi teman-teman yang juga ingin menggunakan aplikasi My JNE, begini nih caranya...
Pertama, buka Play Store di android. Lalu ketik My JNE di kotak pencarian. Pilih apps yang muncul paling atas. Lalu akan muncul seperti ini:



Kedua, setelah aplikasi tersebut terpasang di android kita, klik "Let's Go!" yang terletak pada bagian slide terakhir. Ini sebagai pintu masuk kita agar bisa mengoperasikan My JNE. 




Ketiga, kita lakukan langkah Sign Up atau registrasi, dengan mengisikan nama, alamat email yang aktif, nomor telepon, dan password. Klik Sign Up.

Selain konfirmasi yang kita terima di aplikasi ini, kita juga akan menerima konfirmasi di email kita.




Nah, setelah itu kita sudah bisa, deh, menggunakan My JNE. Dengan satu nomor telepon yang terdaftar di My JNE, kita bisa menikmati fitur-fitur sebagai berikut: 




MY TARIFF
Yaitu fitur untuk mengecek tarif pengiriman JNE di seluruh Indonesia. Kita tinggal tuliskan kota asal pengiriman dan kota penerima. Jika barang yang kita kirim menggunakan kardus, masukkan ukuran panjang x tinggi x lebar. Setelah itu dengan cepat akan kita ketahui ongkos kirim (ongkir)nya. Ada beberapa macam ongkir yang ditawarkan JNE, yaitu:
  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) yaitu 2-3 hari pengiriman. 
  • REG (Regular) yaitu 1-2 hari pengiriman. 
  • YES (Yakin Esok Sampai) yaitu 1 hari pengiriman (paket sampai tujuan sehari setelah dikirim). Layanan ini hanya berlaku di kota-kota besar dan alamat yang dekat dengan jalan raya. 
  • SPS (Super Speed Service), yaitu paket sampai tujuan di hari yang sama. Ini jika kita melakukan pembayaran di pagi hari, dan berlaku untuk kota-kota besar dan alamat yang dekat dengan jalan raya. 
Contoh ongkir dari Jakarta ke daerah saya ;).


MY SHIPMENT
Untuk mengecek status pengiriman kita sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat. Fitur ini berisi riwayat pengiriman kita, baik yang sudah terkirim dan sedang dikirim. Untuk barang yang sedang dikirim, kita bisa mengecek sampai di mana barang yang kita kirim atau pesan itu dengan cara memasukkan nomor resi. Klik “search” dan akan terlihat data perjalanan paket tersebut secara detail.


Ini paket pesanan saya yang masih dalam perjalanan pada tanggal 02 Maret 2016 kemarin.

Contoh riwayat pengiriman saya.


MY LOCATION
Yaitu untuk mengecek lokasi pengiriman JNE (agen) yang terdekat dengan posisi kita saat itu. Jika posisi kita di pedalaman yang jauh dari kota (seperti saya :D ), tinggal perkecil peta, maka akan terlihat di mana agen terdekat JNE (yang jarak sebenarnya berkilo-kilo :D ). 


Itu sudah saya perkecil :D.


MY COD (Cash On Digital)
Adalah fitur untuk membuat order dari toko online kita dan menggunakan JNE sebagai mediasi pembayaran. Jadi kita cukup menggunakan JNE sebagai perantara transaksi online kita, dan JNE yang akan mengontrol pembayaran kita (antara penjual dan pembeli). Jadi My COD ini akan membuat transaksi online kita lebih aman.





MY COD WALLET
adalah fitur yang berisi data pribadi kita seperti nama akun, nomor virtual akun, nama online shop kita, dan lain-lain. Kita bisa mengedit profil kita seperti foto diri dan password di sini. Riwayat transaksi kita juga akan terekam di sini. 





Oh iya, My JNE ini easy user atau user friendly banget, lho. Cara pengoperasiannya mudah banget, dan cepet loadingnya. Seperti waktu saya ngecek tarif ongkir, langsung deh ketahuan ongkir yang saya cari. Waktu ngecek status pengiriman juga demikian. Jadi saya bisa tahu paket pesanan saya sudah sampai mana, dan itu realtime banget, enggak nipu. 

Nah… itulah manfaat My JNE yang saya peroleh. Meski saya enggak/belum punya online shop, tapi karena saya kadang-kadang belanja online atau dapet kiriman dari teman-teman/saudara, jadi aplikasi ini lumayan membantu juga. Lebih mudah, aman dan nyaman aja.
Untuk pengalaman saya menggunakan aplikasi My JNE ini secara lengkap, insya Allah akan saya tulis di lain blogpost, yaa :).

Dan… keunggulan utama My JNE ini, ya, jelas banget karena bisa dengan mudah digunakan di mana saja. Ya iyalah, kan semua info pengiriman ada dalam genggaman tangan. Kita cuma butuh android dan akses internet. Jadi enggak perlu buka laptop atau PC kalau ingin ngecek tarif ongkir atau status pengiriman kita :). So, My JNE Solusi Baru untuk Pengiriman Lebih Mudah, Aman dan Nyaman, emang bener. Ini merupakan salah satu JNE Revolution yang keren banget!



24 comments:

  1. JNE memang top Mbak :)
    barang yang kita kirim/pesan cepat banget nyampenya kalo pake JNE :)

    ReplyDelete
  2. sayangnya pelayanan pada kantor2 cabang kurang memuaskan mba. kalo ada masalah musti ngadu ke pusat dulu

    ReplyDelete
  3. cucok buat pebisnis online garis keras nih :D

    ReplyDelete
  4. Jadi mempermudah bagi para online store ya mba, biar ga ribet jalan ke cabang terdekat :)

    ReplyDelete
  5. sering dapat kiriman melalui JNE. kjadi pengen juga unduh aplikasinya, buat ngirim-mngirim juga :)
    makasih nih reviewnya Mbak. Moga sukses

    ReplyDelete
  6. Cucok nih ada cod jg skrg. Biar no tipu2 lg yg mau Shopping online yaa

    ReplyDelete
  7. Praktis seperti ini, mba. Mau nyoba ah :)

    ReplyDelete
  8. Tambah keren, ada app My JNE sekarang. Memang rasanya nyaman kalo mengirim barang memakai jasa pengiriman JNE ini ya :)

    ReplyDelete
  9. Mudah yah mba, user friendly..JNE inovasinya wokeeh iniii :) klo kirim paket udah termindset JNE terus hehe

    ReplyDelete
  10. Dulu waktu di jakarta saya sering kirim barang dan surat penting lewat JNE, dan menurut penilaian saya JNE emang TOP! makasih JNE.

    ReplyDelete
  11. Nanti nyoba dunlud aplikasinya ah tfs :)

    ReplyDelete
  12. banyak bgt t4 JNE di lokasi mba deka :) Nice application anyway

    ReplyDelete
  13. JNE turut membantu putaran ekonomi masyrakat umum mas mbak, pengiriman lokal non lokal mudah cepat praktis....

    ReplyDelete
  14. Saya baru tau ada appsnya, coba install deh. Alhamdulillah selama pake JNE gak ada masalah, kalo ada telat dan komplen ke CS langsung ditanggapi dengan cepat :)

    ReplyDelete
  15. bagus nih, sebagai pelaku online store, aplikasi jne ini akan sangat membantu buat tracking

    ReplyDelete
  16. Keren! Sebagai partner setia online shop JNE semakin mempermudah pengecekan tarif dengan aplikasi mobile :D

    ReplyDelete
  17. jika butuh jasa pengiriman buat kirim barang keseluruh indonesia dengan harga bersaing. hubungi kami
    "Lintas Armada Express"
    a.n Hamdan Lubis
    HP 0821-1203-3650
    E. laecargo@gmail.com
    http://laecargo.wix.com/mysite

    ReplyDelete
  18. COD itu kepanjangannya bukannya Cash on Delivery ya, apa memang di JNE namanya Cash on Digital?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau di My JNE kepanjangannya Cash on Digital, Mbak Vindy :)

      Delete
  19. Wah, berarti apps nya sdh d upgrade dong, aseeekkkk

    ReplyDelete
  20. weehhh super skali artikelnya mbak hee

    ReplyDelete
  21. Terima kasih atas partisipasi nya, Mba Diah :)

    ReplyDelete
  22. JNE emang pilihan nomor 1. barang dikirim aman dan cepet

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law