5+ Manfaat Berendam Air Hangat


 

Pasti rasanya menenangkan jika bisa mandi air hangat setelah melalui hari yang melelahkan. Menariknya lagi, mandi air hangat bukan hanya sekadar untuk membersihkan tubuh, lo. Ada berbagai macam manfaat mandi air hangat yang juga memberikan dampak positif pada kondisi mental dan emosional.

Berendam air hangat dapat memanjakan diri, apalagi disertai dengan pijatan agar terasa lebih nyaman setelah hari yang melelahkan, juga bisa mengubah perawatan diri yang sederhana menjadi sebuah spa yang mewah. Berikut akan dijelaskan apa saja manfaat dari berendam air hangat. Simak penjelasannya lebih lanjut pada artikel ini.

Manfaat Berendam Air Hangat  


Apakah teman-teman telah melewati hari-hari yang melelahkan? Tentu sangat menyenangkan, ya, kalau kita bisa meremajakan diri saat lelah. Salah satu kegiatan yang mungkin bisa dilakukan ketika ingin refreshing yaitu dengan berendam air hangat.

Berendam air hangat merupakan salah satu kegiatan sederhana yang bisa memberikan manfaat besar untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Sebab, berendam air hangat dapat merelaksasi otot sampai mengurangi stres. Mari kita pelajari lebih dalam mengenai manfaat yang bisa kita dapat dari berendam dalam air hangat. Berikut beberapa manfaat berendam air hangat:

1. Mengurangi Ketegangan Otot dan Mengatasi Nyeri

Berendam air hangat bisa menjadi cara paling ampuh ketika tubuh merasa tegang setelah seharian beraktivitas. Air hangat bisa membuat otot yang tegang menjadi rileks serta memudahkan aliran darah ke area yang kaku. Berendam air hangat juga bisa meredakan rasa nyeri pada tubuh, apalagi pada bagian punggung, leher, dan bahu.

2. Memperlancar Peredaran Darah

Peredaran darah yang baik merupakan kunci untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berendam air hangat bisa melebarkan pembuluh darah dan juga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Setiap organ vital mendapatkan cadangan oksigen dan nutrisi yang cukup sehingga tubuh bisa lebih bertenaga dan berfungsi dengan normal.

3. Meredakan Gangguan Pernafasan

Manfaat lainnya dari berendam air hangat juga bisa meredakan gejala gangguan pernafasan seperti pilek, flu, hidung tersumbat dan sinusitis. Uap yang keluar dari air hangat bisa membersihkan dan melembabkan saluran pernapasan sehingga dapat memberikan kelegaan.

4. Mengurangi Stres

Berendam dengan air hangat yang disertai dengan pijatan nan rileks bisa menjadi pelarian yang menenangkan dari segala kesibukan sehari-hari. Saat kamu berendam di air hangat, maka dapat merenggangkan otot-otot dan menenangkan pikiran.

Kecemasan dan stres akan ikut ‘mengalir’ saat pancuran airnya membasuh seluruh tubuh. Suasana yang tenang dapat membuatmu rileks dan meremajakan mental. Kehangatan dari air hangat menciptakan kenyamanan. Stres akan hilang dan berganti dengan sensasi yang tenang di kolam air panas, sehingga membuatmu menjadi lebih segar dan siap untuk menghadapi hari.

5. Membersihkan Kulit

Berendam air hangat dapat merangsang munculnya keringat. Kondisi ini bisa membantu pembersihan dan detoksifikasi kulit, juga bisa membuka pori-pori yang tersumbat. Proses ini memudahkan pengangkatan sel-sel kulit mati, sehingga kulit kita akan terlihat lebih segar dan hidup kembali.

Berendam air hangat merupakan salah satu cara yang membuat kita tetap sehat dan bisa membuat kulit menjadi bersinar. Penelitian juga menyebutkan manfaat air hangat dalam menyembuhkan masalah kulit kronis tertentu, dengan meningkatkan peredaran darah dan membersihkan pori-pori kulit.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Air hangat dapat membuat aliran darah terbuka dan memicu tubuh mengeluarkan hormon yang membuat perasaan nyaman dan senang. Karena itulah, berendam air hangat sebaiknya dilakukan di malam hari sebelum kita beristirahat karena dapat menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan demikian, saat terbangun keesokan harinya, tubuh kita akan terasa lebih segar.

7. Meredakan Sakit Kepala

Berendam air hangat juga berguna untuk mengatasi sakit kepala yang mengganggu terus-menerus. Selain itu, berendam air hangat bisa meredakan otot-otot yang tegang, termasuk penyebab dari sakit kepala.

Air hangat dapat mengurangi tekanan di area kepala dan leher, juga mengurangi ketegangan, serta menjadi alternatif relaksasi otot. Selain itu, hangatnya air bisa melancarkan peredaran darah, yang bisa mengurangi peradangan, dan mendorong oksigen dan nutrisi ke otak, yang berpotensi meredakan sakit kepala. Apabila sakit kepala tidak kunjung sembuh, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter  sebelum mencoba berendam kolam air hangat.


Itulah beberapa manfaat berendam air hangat yang bisa bermanfaat ketika kita sedang kelelahan. Selain manfaat, kita juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat dan berapa lama waktu yang digunakan untuk berendam di air hangat.

Waktu yang Tepat untuk Berendam Air Hangat


Tidur nyenyak dan berkualitas adalah salah satu kebutuhan dasar yang paling penting dan sangat dibutuhkan oleh siapapun. Agar bisa mendapatkan tidur berkualitas, salah satu cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan berendam air hangat. Nah, saat kita cukup istirahat di malam hari, kita akan bisa melakukan berbagai aktivitas secara maksimal pada hari esok.

Fakta menyampaikan bahwa berendam air hangat saat malam hari bisa menghasilkan perasaan tenang dan membuat suhu tubuh lebih rendah. Seperti dikatakan oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, berendam air hangat juga terbukti bisa meredakan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal saat berendam air hangat, kita bisa melakukan tips berikut ini:

  1. Suhu air sekitar 33-37° C, maksimal 40° C. Sesekali harap bergerak selama berendam.
  2. Gunakan pemanas air heatpump dari Elterra. Dengan menggunakan Elterra water heater heatpump, kita tidak perlu khawatir jika suhu airnya terlalu panas. Sebab, Elterra water heater heatpump sudah disertai pengatur suhu yang bisa kita atur sesuai kebutuhan.
  3. Lama berendam 10-15 menit. Apabila terlalu lama, maka yang didapat bukan manfaat melainkan dampak buruk, misalnya kulit menjadi kering, kulit terasa terbakar, sampai menjadi penyebab tekanan darah tiba-tiba menurun. Jadi, pastikan berendam sesuai waktu yang ditentukan, ya, dan hindari berendam air hangat terlalu lama karena bisa menjadi dampak yang berbahaya.

Kesimpulan

Penting untuk diketahui bahwa waktu yang tepat untuk berendam air hangat adalah pada malam hari sebelum tidur. Berendam air hangat dapat memberikan perasaan tenang dan suhu tubuh yang lebih rendah. Namun, perlu diingat untuk tidak berendam terlalu lama, karena dapat menyebabkan kulit kering dan penurunan tekanan darah.

Dalam berendam air hangat, disarankan untuk menggunakan air dengan suhu sekitar 33-37° C dan tidak melebihi suhu 40° C. Selama berendam, disarankan juga untuk sesekali bergerak dan berendam selama 10-15 menit. Hindari berendam terlalu lama agar tidak terjadi dampak yang berbahaya bagi tubuh.

Jadi, berendam air hangat merupakan kegiatan sederhana namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Dengan melakukan berendam air hangat sesuai waktu yang ditentukan, kita bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dan merasa lebih segar serta siap menghadapi aktivitas pada hari berikutnya.

Apakah teman-teman capek kerja seharian, jadi pengen merefreshing diri? Berendam air hangat mungkin bisa jadi solusinya. Apalagi, jika kita menggunakan produk heatpump swimming pool dari Elterra water heater, tidak perlu repot-repot memasak air terlebih, lo. Tertarik memilikinya? Hubungi dealer Elterra water heater terlengkap dan terbesar, PT Air Hangat Indonesia, dan dapatkan diskon menarik lainnya.


15 comments

  1. aku suka banget mandi dengan air hangat bisa sekalian mengatasi masuk angin yang entah kapan bisa keluar hehehe, apalagi bisa mandi berendam dengan air hangat lalu ditambah dengan garam

    ReplyDelete
  2. Bener banget ini, karena aku suka banget berendem air hangat, apalagi kalau aku tambahkan aroma therapi, entah oil atau berupa garam. Kelar mandi berasa fresh bangetttt

    ReplyDelete
  3. Kalau lagi capek seharain di luar rumah dan pulangnya kemaleman, satu2nya hal yang aku nantikan adalah berendam air hangat. Rasanya ketegangan otot dan beban hidup ikutan terangkat wkwkwk. Bikin bobo makin nyenyak. Apalagi kalo pake heatpump swimming pool dari Elterra water heater. Ga usah repot masak aer.

    ReplyDelete
  4. Memang paling enak tuh berendam dengan air hangat ya, karena berasa lebih relax juga badannya. Biasanya habis pijat dulu baru deh berendam agar semakin nyaman dan enak nanti kalau dibawa tidur.

    ReplyDelete
  5. Mau banget punya water heater.
    Beneran, ka Di.. air hangat ini terapi Ibukku pas kena vertigo.
    Jadi dikompreeess dengan panas tertentu.
    Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  6. Banyak banget ya manfaat berendam di air hangat
    Bikin rileks pastinya ya
    Apalagi klo ditambah aroma terapi, makin nyaman deh

    ReplyDelete
  7. Pas baca ini kondisi hidungku lagi tersumbat kak. Maklum deh faktor cuaca yang lagu mendung dan hujan di sii, jadinya daku pun pilek. Boleh dicoba nih resepnya buat berendam air hangat

    ReplyDelete
  8. oh ternyata mandi berendam air hangat bagusnya di malam hari ya. memang sih kalau berendam air hangat tuh bikin relax jadi hilang stress dan sakit kepala

    ReplyDelete
  9. Aku seneng banget nih berendam air hangat. Biasanya ama suamiku airnya dikasih rempah kayak secang, serai, ama jahe. Asli beneran bikin rilex dan enak di badan.

    ReplyDelete
  10. Aku kalau ke hotel selalu manfaatin berendam air hangat
    Soalnya di rumah jarang sebab anak anak masih suka gak tahan kalau ibunya lama di kamar mandi

    ReplyDelete
  11. Pengen sih bisa berendam air hangat kaya gini, tapi sehubung nggak punya bak mandinya. Jadi mandi air hangat cukup heheh. Emang bikin rileks kalo udah mandi berendam air hangat

    ReplyDelete
  12. Mandi air hangat sering sih, tapi berendam di air hangat belum pernah karena ngak ada fasilitasnya. Ternyata banyak banget manfaatnya bagi kesehatan ya..

    ReplyDelete
  13. Yups, berendam air hangat banyak banget manfaatnya. Apalagi pas lagi capek-capeknya. Aku berendam kalau pas staycation di hotel yang ada bathtub nya aja nih, hahaha. Semoga nanti ada rejekinya punya kamar mandi di rumah yang ada bathtub biar bisa berendam terus.

    ReplyDelete
  14. Aku gak punya bath up mbak. Jadi gak bisa berendam air hangat. Tapi kalau pakai water heater sudah 15 tahunan. Jadi mandi air hangat pakai shower. Biasanya rasa capek langsung hilang kalau mandi air hangat.

    ReplyDelete
  15. Paling kalo aku buat mandi, itu juga harus masak air dulu hehe jadinya kadang-kadang aja klo lagi pengin 😃

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.