Tips Memilih Baju Atasan Wanita Lengan Panjang bagi Muslimah

Mencari baju atasan wanita lengan panjang tuh seringkali saya lakukan. Ya gimana, sebagai seorang muslimah saya kadang juga ingin mengenakan baju atasan lengan panjang dipadu dengan rok. Karena kadang bosan juga kalau memakai gamis terus. Hehe.


baju atasan wanita muslimah


Seperti halnya dalam memilih gamis atau model pakaian lainnya, buat saya pribadi (sebagai muslimah) syarat yang utama baju atasan wanita tersebut harus syar'i atau sesuai syariat (aturan agama Islam) tentunya, ya. Seperti menutup aurat, bahan tidak menerawang, dan lain-lain.


Tips Memilih Baju Atasan Wanita bagi Muslimah

Nah, menurut hasil belajar saya dari dulu hingga sekarang dan dari berbagai sumber (baik tertulis maupun tak tertulis 😊), berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan tips dalam memilih baju atasan wanita lengan panjang bagi muslimah:

💖 Pilih Model yang Tetap Syar'i

Baju atasan wanita tuh modelnya kan banyak, ya. Khusus untuk muslimah pastinya yang lengan panjang. Atau, kalau mau memilih yang lengan pendek juga bisa, nanti tinggal memakai dalaman (biasanya kaos) lengan panjang atau manset. Tapi yang lebih praktis, ya, biasanya pilih baju atasan lengan panjang sekalian.

baju atasan wanita tunic
Bohemia Tunic Shirt by Benang Jarum.


Nah, untuk baju atasan wanita lengan panjang, pilih yang modelnya tetap syar'i. Misalnya panjang bajunya di bawah pinggul atau bisa menutupi pantat, atau modelnya tidak ketat sehingga lekuk tubuh terlihat jelas.

Model atasan tunik seperti pada gambar di atas itu cocok banget buat muslimah. Karena panjang bajunya sudah aman, panjang lengannya biasanya juga penuh (sampai pergelangan tangan).

Baca juga: Memilih Baju Tunik untuk Penampilan Muslimah yang Syar'i.

💖 Sesuaikan Ukuran Baju

Memakai baju yang kekecilan atau terlalu besar tentunya enggak enak. Pilih yang sesuai dengan ukuran tubuh saja. Namun untuk seorang muslimah sebaiknya memilih ukuran baju yang lebih longgar di badan, agar lekuk tubuh tidak terlihat.
baju atasan wanita blus
Emma Smock Shirt by Benang Jarum.


Atasan blus seperti pada gambar ini cocok juga bagi muslimah. Panjang bajunya memang tidak terlalu panjang, tapi masih aman karena ukurannya longgar, ya. Panjang lengannya juga aman.

💖 Pilih Bahan yang Nyaman Dipakai

Memilih bahan pakaian tentu alasannya untuk kenyamanan saat dipakai. Misalnya baju atasan tersebut akan dipakai untuk acara-acara kasual, tentu pilih yang bahannya adem, dan seterusnya.

baju atasan hara blouse
Hara Blouse by Benang Jarum.


Nah, bagi muslimah memilih bahan pakaian juga harus memperhatikan tebal tipisnya bahan, atau lebih tepatnya bahan tersebut sebaiknya tidak menerawang, agar lekuk tubuh tidak terlihat dari luar.

Baju atasan seperti pada gambar di atas bahannya terlihat tidak tipis, sehingga bisa dijadikan pilihan bagi muslimah.

💖 Pilih Warna dan Corak yang Tidak Mencolok

Pakaian muslimah sebaiknya warna dan coraknya tidak mencolok, agar tidak menjadi pusat perhatian terutama bagi lawan jenis. Jadi jika memilih atasan wanita lengan panjang yang bercorak, sebaiknya pilih yang coraknya tidak mencolok.


baju atasan wanita shirt tunic
Dinara Striped Tunic Shirt by Benang Jarum.


Atasan shirt tunic di atas meskipun warnanya agak terang dan bercorak tetapi tidak begitu mencolok, sehingga masih aman bagi muslimah.

Baca juga: Pilihan Baju yang Nyaman untuk Ibu Hamil dan Menyusui.


Rekomendasi Baju Atasan Wanita Lengan Panjang di Benang Jarum

Temans, beberapa contoh foto baju atasan wanita di atas saya ambil dari Benang Jarum, lo. Ada yang sudah tahu apa itu Benang Jarum? Buat yang belum tahu, nih, jadi Benang Jarum ini tuh merupakan salah satu brand fashion lokal wanita di Indonesia yang mengedepankan baju atasan wanita yang berkualitas dan stylish.

Ada banyak pakaian atasan wanita yang tersedia di sana dengan beragam varian model, mulai dari blouse, kaos, kemeja, tunik, sweater, cardigan, hingga model baju atasan wanita lainnya. Ada baju lengan panjang, juga lengan pendek. Jadi Benang Jarum ini tuh bisa banget sebagai referensi baju atasan wanita kekinian, dan tentunya bisa juga bagi muslimah.

Berbagai macam model baju atasan di Benang Jarum ini terbuat dari material berkualitas dan desain stylish, modis dan nyaman untuk digunakan. Sehingga koleksi baju atasan wanita di sana cocok untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari, casual, jalan-jalan hingga acara formal.

Memora Puffy Shirt by Benang Jarum (kalau panjang lengan kurang, bisa pakai manset 😊).


Oh ya, FYI, Benang Jarum ini adalah bagian dari brand Buttonscarves (yang menyediakan berbagai kebutuhan wanita mulai dari scarf (jilbab), sepatu, tas, aksesoris, dan masih banyak lagi). Koleksinya juga bagus-bagusss banget.

Nah, itulah temans tips memilih baju atasan wanita lengan panjang bagi muslimah yang saya ketahui. Dan, kalau teman-teman sedang mencari atau ingin membeli baju atasan wanita lengan panjang, bisa ceki-ceki di Benang Jarum, ya. Dengan bahan-bahan yang berkualitas dan berbagai desain yang elegan, insyaa Allah akan nyaman dipakai. Happy hunting!


No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.