Vina Muliana, Menyebarkan Konten Positif dan Solutif Seputar Dunia Kerja

Ada yang enggak tahu Vina Muliana? Kaum milenial sampai Gen Z sepertinya sudah banyak yang tahu kan, ya? Tapi kalau ada yang belum tahu, sini sini.. saya kenalkan sama sosok yang "sangat positif" ini!


vina muliana tiktokers


Yap, sejak pertama kali tahu tentang Vina ini, satu kata yang terlintas di benak saya adalah: positif! Masya Allah.. ini orang bikin positive vibes bangetttt… gitu lah kesan otomatis saya. Dari gaya bicaranya, caranya menyampaikan sesuatu, hingga isi dari apa-apa yang disampaikannya itu sangat positif.

Nah, buat yang belum tahu, Vina Muliana ini adalah seorang content creator khususnya yang aktif di Tiktok (atau disebut Tiktokers). Dia perempuan muda (kelahiran 1994) yang bekerja di sebuah BUMN di bagian HR (Human Resoure atau Sumber Daya Manusia), dan suka membagikan konten-konten seputar dunia kerja di akun Tiktoknya.

Oh ya, prestasi yang telah diraihnya hingga saat ini antara lain adalah Pemenang Kategori Best of Learning & Education di Tiktok Awards Indonesia 2021, dan masuk Forbes 30 Under 30 Class of 2022! Wow, keren banget, ya!


Konten Bermanfaat dari Vina Muliana

Menurut cerita Vina di YouTube Arsjad Rasjid, awalnya tuh Vina iseng bikin video karena melihat seorang fresh graduate yang nangis-nangis di Tiktok karena dia kesulitan mendapatkan pekerjaan di masa pandemi. Dari situ Vina sebagai seorang HR di kantornya, mencoba membuat video berisi solusi atas permasalahan si fresh graduate.

Vina bisa relate dengan permasalahan si fresh graduate tersebut karena dia sendiri antara pendidikan dan pekerjaannya enggak linear. Kuliah jurusan pertanian, kerjanya di jurnalistik kemudian switch karier ke HR.

Nah, video pertama tersebut ternyata jadi FYP di Tiktok. Hal ini jadi memacu Vina untuk terus membuat konten seputar dunia kerja. Juara 1 None Jakarta tahun 2014 ini merasa kontennya di Tiktok memberikan manfaat bagi banyak orang di luar sana.

Maka Vina yang public speaking-nya bagus banget ini pun terus membuat konten seputar dunia kerja secara konsisten di Tiktok. Nah, selain orangnya positif banget, Vina ini tentu saja juga solutif banget! Banyak sekali netizen yang nonton videonya lalu mengajukan pertanyaan, dan Vina dengan senang hati menjawabnya dengan membuat video-video baru.

Hingga di akun Tiktoknya (@vmuliana) tersebut ada banyak kategori video, seperti “Bantu Review CV Netizen”, “Tips Masuk BUMN”, “Vinu Tanya Vina”, “Tutorial LinkedIn”, dan lain-lain. Hampir semuanya adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan netizen yang banyakkk banget. Oh ya, followers Tiktoknya sekarang sudah mencapai 7,7 juta!

vina muliana di tiktok awards 2021

Yuk, Bikin Konten yang Bermanfaat Seperti Vina!

Dari Vina Muliana kita sebagai content creator pastinya bisa belajar, bahwa, yuk, kita bikin konten-konten yang positif saja! Baik dari segi isi maupun kemasannya.

Vina sebagai seorang muslimah juga menjaga penampilannya. Si cantik ini berpakaian dan bermake-up sewajarnya sesuai keadaan/kondisi. Dan fokusnya memang di kontennya, sih, yaitu memberikan informasi atau solusi kepada netizen.

Kalau kontennya bermanfaat dan dikemas secara menarik dalam arti positif, insyaa Allah akan disukai netizen dan mungkin banget bisa jadi viral. Jangan bikin konten viral tapi viralnya negatif, ya. Kayak seseembak itu tuh, pakai jilbab tapi jatuhnya jilboob atau mengumbar aurat dan kontennya enggak jelas. Big no lah ya..

Oh ya, saya menulis artikel ini selain hasil dari menyimak Tiktok dan Instagram Vina, juga hasil dari membaca di Beranda.co.id, lo. Beranda.co.id adalah sebuah portal berita online yang menyajikan berita terkini tentang dunia bisnis dan wirausaha untuk para milenial dan Gen Z.

Di website ini banyak tersedia berita dan informasi yang relevan bagi pembacanya untuk mengembangkan diri, baik dalam karir maupun bisnis. Ada kategori berita bisnis, ekonomi, gaya hidup, dan inspirasi. Buat teman-teman milenial dan Gen Z, cocok banget tuh baca-baca di Beranda 😊

Dan buat teman-teman content creator, yuk, terus bikin konten-konten yang bermanfaat dan menarik. Seperti kata Vina Muliana: 

Mari bersama kita ciptakan ekosistem media sosial yang lebih positif!



6 comments

  1. MasyaAllah selalu salut kepada mereka yang visoner begini, dan bisa membaca peluang di setiap saat

    ReplyDelete
  2. Kudet deh saya soal Tiktok dan sosmed lainnya. Suka bingung juga sih mau buat konten apa? hehe. Keren ya, masih muda sudah punya prestasi. Saya pun baru tahu kalau tiktok ternyata punya ajang penghargaan buat para tiktoker yang kontennya bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Aku salah satu yg sering nyimak videonya sih dan memang semenarik dan seedukatif itu kontennya. Inspiratif

    ReplyDelete
  4. Seneng banget ada konten creator yang berbobot dan menginspirasi seperti Vina Muliana. Karena gak semua orang bisa memiliki ide yang demikian. Apalagi, kini banyak konten video. Suka makin aneh, tapi makin disukai.

    ReplyDelete
  5. Wah.. aku sering nih noton tipsnya Mbak Vina ini di explore Instagram ku.. kontennya memang bermanfaat banget! Apalagi buat fresh graduate ataupun yang lagi cari kerja.

    ReplyDelete
  6. Inspiratif! Vina Muliana, Menginspirasi dengan Konten Positif tentang Dunia Kerja.πŸ‘πŸ’ΌπŸŒŸ

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.