4 Kunci dalam Berinovasi Menurut Arsjad Rasjid


Inovasi sangat penting keberadaannya dalam menjalankan sebuah bisnis. Hal ini karena inovasi dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis itu sendiri, pelanggan, dan masyarakat secara umum. Nah, beberapa waktu lalu saya membaca tentang tips inovasi di website http://arsjadrasjid.com.


pentingnya inovasi dalam bisnis
Source: pixabay.com

Namun sebelum menceritakan kembali isi tulisan di website tersebut, teman-teman pasti sudah mengetahui bahwa setiap waktu ada inovasi di berbagai bidang kehidupan, bukan? Termasuk dalam bidang bisnis.

Contohnya saat musim wisuda beberapa waktu yang lalu. Aneka buket spesial sebagai hadiah bagi para wisudawan wujudnya enggak itu-itu saja. Sekarang ini isi buket bukan hanya berupa bunga atau snack saja, melainkan ada yang berisi boneka wisuda, lembaran-lembaran uang yang ditata sedemikian menarik, ada ucapan spesial, dan lain-lain, atau perpaduan dari beberapa diantaranya.

Kehadiran buket dengan aneka rupa yang menarik tersebut tentu membuat masyarakat tergoda untuk membelinya. Bisnis ini pun semakin ramai, bukan hanya untuk acara wisuda namun juga untuk acara ulang tahun dan hadiah atas pencapaian tertentu. Dan, bisnis buket pun untung banyak!

Demikianlah contoh kecil dari adanya inovasi bisnis. Ya, dalam berbisnis diperlukan inovasi yang terus-menerus agar bisnis kita dapat tetap bersaing dan berkembang di pasar yang semakin kompetitif.


4 Hal yang Perlu Diingat dalam Inovasi Menurut Arsjad Rasjid

Teman-teman sudah tahu siapa Arsjad Rasjid? Ya, beliau adalah salah seorang pengusaha, pebisnis, mentor, dan tokoh masyarakat terkemuka Indonesia. Tokoh yang lahir di Jakarta ini saat ini menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Selain itu beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Indika Energy Tbk., perusahaan energi terintegrasi terkemuka di Indonesia.

Nah, menurut Arsjad Rasjid di website-nya http://arsjadrasjid.com bahwa dalam inovasi perlu diingat hal-hal tertentu agar sebuah inovasi dapat berjalan lancar. Menurut beliau ada empat hal yang perlu diingat, yaitu:

👉 Inovasi bukan hanya soal ide keren

Bahwa dalam berinovasi kita tidak hanya memikirkan tentang ide keren yang dapat memberikan solusi atas sebuah masalah, namun juga harus memikirkan bagaimana inovasi tersebut dapat memberikan dampak yang luas bagi kehidupan masyarakat. Selain itu akan lebih bagus lagi jika inovasi itu dapat berjalan beriringan atau bersinergi dengan ide-ide lain sehingga dapat memberikan solusi yang berkesinambungan.

👉 Inovasi membutuhkan kolaborasi

Sebuah ide atau inovasi akan dapat berjalan dengan lebih baik jika mendapatkan ide-ide atau masukan dari orang lain, terutama mengenai dampak dari inovasi buatan kita. Karena sebagaimana kita yang hidup tidak bisa hidup seorang diri di dunia ini, begitupun inovasi, perlu didampingi oleh ide-ide lain. Sehingga kolaborasi ide tersebut disempurnakan dengan gagasan-gagasan dari pihak lain.

Untuk menciptakan inovasi yang lebih baik, diperlukan kolaborasi dengan orang-orang terbaik sehingga inovasi tersebut dapat menjadi solusi dan prosesnya berjalan lancar dan lebih efisien.

👉 Perluas ruang untuk inovasi yang suportif dan inklusif

Dalam berinovasi, menurut Arsjad Rasjid sebaiknya jangan terjebak dalam satu inovasi. Kita harus menekan egoisme dan memfasilitasi ruang inovasi yang lebih suportif dan inklusif. Karena dengan adanya dorongan dan keterbukaan terhadap inovasi merupakan kunci untuk sebuah kolaborasi yang baik, sehingga semua pihak yang terlibat bisa mendapatkan senses of empowerment

👉 Terus berusaha, meski inovasi nyaris terhenti

Dalam proses berinovasi, seringkali tidak berjalan lancar karena mungkin ide kita terbentur dengan pemikiran orang lain. Namun kita tidak boleh berhenti mengembangkan ide tersebut atau menemukan celah agar gagasan tersebut dapat mengalir lagi.

Supaya terus berjalan, sebaiknya kita memberikan ruang yang seluas mungkin pada inovasi. Kita bekerja secara tim untuk mewujudkan inovasi tersebut, dengan menanamkan pemahaman bahwa kita harus memberi dukungan untuk setiap ide dan gagasan. Dengan proses seperti ini, mereka yang berkolaborasi dengan kita akan lebih mudah dalam menelurkan serta mendiskusikan apa yang ada di pikirannya.

Dengan proses seperti itu, diharapkan akan ada solusi yang sangat dibutuhkan agar inovasi dapat terwujud dan terus berjalan.

Demikianlah empat tips dari Arsjad Rasjid dalam berinovasi. Dalam bisnis kita harus selalu berusaha untuk mengembangkan inovasi secara terus-menerus agar dapat tetap bersaing dan berkembang di pasar yang semakin kompetitif, namun perlu diperhatikan empat hal di atas. Semoga bermanfaat.


*****

Sumber:
https://arsjadrasjid.com/inovasi-adalah/


20 comments

  1. Saya baru tahu sosok bapak Arsjad Rasjid setelah baca artikel ini, kudet amat ya saya. Rupanya beliau ketua KADIN, kalau selevel beliau mengutarakan tentang inovasi, itu pasti sudah beliau praktikkan maka pantas sekali kita percaya dan bisa juga diikuti sarannya.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalau ketua Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sekarang ini adalah Arsyad Rasyid. Memang ide-ide beliau tentang inovasi perlu diacungi jempol dan bisa juga diaplikasikan untuk bisnis dan kehidupan kita. Setidaknya kita sudah melihat contoh bahwa itu berhasil yang bisa dilihat dari sosok pengusaha sukses ini

    ReplyDelete
  3. innovate or die!!

    kalo ga kliru, dulu steve jobs atau bill gates pernah bilang gt.

    Hamdalah kita dpt tips inovasi yg practical yah

    ReplyDelete
  4. Makasih mbaa tipsnya. Aku yg suka stuck walau belum berbisnis, tipsnya bermanfaat banget buat akuuu. Ide juga bisa muncul saat kita kolaborasi yaa

    ReplyDelete
  5. Inovasi dalam suatu usaha itu perlu sekali, apalagi dengan persaingan yang ada sekarang ini. Termasuk kita juga sebenarnya para blogger juga harus memiliki inovasi-inovasi untuk terus memberikan informasi yang baik dan kreatif.

    ReplyDelete
  6. Aku juga baru ngeh kalau Bapak Arsjad itu ketua Kadin yang sekarang. Betul, inovasi dibutuhkan dalam perkembangan dari berbagai bidang. Buket bunga untuk acara tasyakuran atau wisuda bisa dikembangkan dengan isi boneka, cokelat dan sebagainya.

    ReplyDelete
  7. Biar gak bosen dan pembeli makin sering membeli. Akhirnya cuan mendekat . Tips inovasi sangat bermanfaat bagi penjual

    ReplyDelete
  8. Memang demikian untuk mencapai inovasi yang penting untuk kita semua di masa seperti sekarang. Bisa dapat banyak manfaat dari kisah beliau yaa

    ReplyDelete
  9. ih aku setuju pisan sih di bagian inovasi bukan hanya soal ide keren tapi juga bisa diaplikasikan ya

    ReplyDelete
  10. Ide ini gak semua orang punya yaa..
    Kaya "kelebihan" yang diberikan Allah.
    Tapi selalu percaya bahwa selalu Allah beri jalan kalau memang ada niat, senantiasa berdoa dan selalu mengarah ke tujuan yang dinginkan.

    Misalnya ingin berwirausaha, maka dipastikan selalu mencari ide, kolaborasi dan memperbesar circle pertemanan di bidang tersebut. Sehingga membuka peluang-peluang bisnis.

    ReplyDelete
  11. Bagus banget insight dan motivasinya mba. Apalagi sekarang makin tumbuh banyak IKM dan UMKM jadi emang butuh banyak inovasi bisnisn

    ReplyDelete
  12. Bener banget butuh selalu inovasi, tak lupa sebagai seorang wirausaha juga butuh feeling n waktu yang tepat untuk menghadirkan produk2 yg bakal.diminati konsumen.

    ReplyDelete
  13. Masya Allah ya berinovasi itu penting..tq for sharing mba. Bp Arsjad Rasjid menginsirasi sekali.. semoga berkah selalu

    ReplyDelete
  14. Wah iya, waktu musim wisuda sekolah buket beraneka..senang lihatnya inovatif pelaku usaha ini ya...Setuju dengan tips Arsjad Rasjid dalam berinovasi yang sebaiknya secara terus-menerus agar dapat tetap bersaing dan berkembang di pasar yang semakin kompetitif.

    ReplyDelete
  15. Bener, Mbak, dalam bisnis kita harus selalu berusaha untuk mengembangkan inovasi secara terus-menerus supaya bisa tetap bersaing dan berkembang di pasar yang semakin kompetitif.

    ReplyDelete
  16. Inovasi itu memang kunci keberlangsungan suatu usaha yaa. Kayanya kalau mau bertahan terus memang harus selalu melakukan inovasi dan gak takut dengan ide-ide baru yang muncul.

    ReplyDelete
  17. Di zaman yang kompetitif kayak sekarang, bisnis memang harus banget inovatif ya. Gak bisa deh ngotot dengan produk yang sama setiap saat. Dari waktu ke waktu harus ada inovasi. Supaya bisa tetap eksis. Keren deh kunci inovasi dari Arsjad Rasyid ini. Cek ke website-nya ah. Kepengen belajar juga.

    ReplyDelete
  18. Kalau punya bisnis memang musti punya inovasi biar gak kalah saing dengan kompetitor dan inovasi Arsjad Rasyid udah mencakup semuanya ya

    ReplyDelete
  19. kalau berinovasi emang perlu banget mencari ide terus agar menjadi sebuah karya yang bagus. Baca ini jadi makin semangat untuk produktif.

    ReplyDelete
  20. Terima kasih mba, Tips yang bermanfaat. Dari dulu masih stag terkain inovasi produk. Cukup memberikan pencerahan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.