Manfaat Mengikuti Kursus Data Science di Masa Kini


kursus data science
Source: pexels.com.

Saat ini banyak profesi baru yang berhubungan dengan teknologi informasi atau IT dan dibutuhkan banyak perusahaan. Salah satunya adalah data scientist. Maka tak heran jika saat ini kursus data science juga semakin banyak peminatnya.


Apa Itu Data Scientist?

Sebelum membahas mengenai manfaat mengikuti kursus data science, mungkin ada yang belum paham apa itu data scientist dan data science, ya?

Jadi data scientist adalah salah satu profesi yang tugas utamanya mengolah dan menganalisis data. Biasanya perusahaan membutuhkan seorang data scientist untuk menerjemahkan data secara akurat. Sehingga pengambilan keputusan bisnis bisa dilakukan dengan tepat sesuai hasil akhir dari data-data yang telah dikumpulkan.

Beberapa tahun belakangan ini, peluang kerja sebagai data scientist terbuka lebar. Mengambil data dari situs California University of Pennsylvania, ternyata pertumbuhan karier data scientist tumbuh 650% sejak tahun 2012 yang artinya peluang karier data scientist sangatlah besar. Bahkan presentase tersebut akan semakin tinggi pada 2026 dengan estimasi 11,5 juta pekerjaan baru di bidang data scientist.


Apa Itu Data Science?

Skills yang dibutuhkan oleh data scientist adalah yang berhubungan dengan bidang data science atau sains data. Apa itu data science?

Data science adalah sebuah bidang ilmu terapan yang mempelajari sifat dan karakteristik data numerik dari tiga pendekatan yaitu statistik, bisnis dan ilmu komputer. Karena merupakan kombinasi dari tiga bidang ilmu sekaligus maka data science juga disebut sebagai bidang ilmu multidisipliner.

Mengapa menggabungkan tiga ilmu sekaligus? Karena data yang dikelola dalam data science biasanya berskala besar. Dengan banyaknya data yang dianalisis, maka metode yang lebih maju dan modern dibutuhkan agar efektif dan efisien.

Dalam ilmu ini kita akan mempelajari pengolahan data yang bersifat numerik atau kuantitatif, baik yang teratur atau tidak teratur. Kemudian data tersebut diolah untuk melihat kecenderungan dari hal yang sedang dianalisis, misalnya kecenderungan tren pasar, daya beli dan lain-lain.

Lalu mengapa bidang data science saat ini punya prospek yang bagus? Karena salah satu strategi bisnis yang banyak dikembangkan saat ini adalah dengan melihat tren yang berdasarkan data valid, bukan perkiraan. Data yang digunakan juga berskala besar sehingga dibutuhkan manajemen yang lebih baik dan detail.

Baca juga: Belajar Interaktif Berbasis Internet dengan e-Learning


Manfaat Mengikuti Kursus Data Science

Setelah mengetahui apa itu data scientist dan data science, kiranya sudah sedikit ada gambaran mengenai manfaat belajar data science, ya. Ilmu ini dapat dipelajari secara formal yaitu di bangku sekolah atau kuliah, namun juga bisa dipelajari di kursus-kursus informal.

Karena ternyata semua orang punya kesempatan untuk mempelajari data science, bukan hanya mereka yang bergerak di bidang sains, teknologi, atau ilmu-ilmu murni saja.

Nah, berikut ini manfaat mengikuti kursus data science di masa kini:

1. Peluang Kerja Data Scientist Sangat Menjanjikan

Selain data dari situs California University of Pennsylvania di atas, berdasarkan salah satu laporan media bisnis terkemuka di Amerika Serikat, pekerjaan di bidang sains data merupakan salah satu profesi terbaik di abad ke-21. Hal ini tentu menunjukkan peluang yang sangat besar untuk masa depan.

Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini pun biasanya cukup besar. Di beberapa negara, gaji profesi yang ada pada lingkup sains data ini bisa mencapai belasan juta rupiah per bulannya.

2. Profesi Data Scientist Menjadi Prioritas Kebutuhan Perusahaan

Sebagai salah satu profesi yang menjanjikan, profesi di bidang sains data memang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Karena profesi ini sangat penting dan berpengaruh terhadap pengembangan kebijakan hingga strategi pemasaran sebuah perusahaan.

Pengolahan dan analisis data yang dilakukan data scientist nantinya akan menjadi dasar untuk mendapatkan insight untuk kemudian diimplementasikan menjadi strategi atau rekomendasi pengembangan bisnis. Sehingga data science bermanfaat untuk pengambilan suatu kesimpulan dan tindakan sebagai strategi bisnis.

3. Kesempatan Berkarir Lebih Luas

Jika tidak ingin menjadi karyawan, data scientist dapat memanfaatkan ilmunya untuk mengembangkan bisnis sendiri. Ilmu yang kita dapatkan mengenai data science akan sangat berguna untuk menentukan strategi bisnis kita. Dengan mahir mengolah data menggunakan ilmu dari data science, kita akan bisa melihat karakteristik data tersebut dan melihat kecenderungannya, untuk kemudian menentukan strategi bisnis seperti apa yang cocok bisnis kita sendiri.

Disamping itu banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan kemampuan manajemen data yang bagus. Ada banyak jenis perusahaan yang membutuhkan keahlian ini. Mulai perusahaan fashion hingga IT semua membutuhkan pengelolaan data yang bagus apalagi jika bergerak di ranah global.

Kita juga bisa masuk ke bidang statistika, perusahaan multinasional, atau bahkan ke dunia pendidikan atau sebagai konsultan perusahaan. Karena semua ini membutuhkan data besar untuk diolah dan diterjemahkan ke dalam bentuk yang lebih praktis dan efisien. Sehingga kemampuan analisis data seperti itu membuat prospek karir di masa depan lebih luas dan menjanjikan.

Baca juga: Pengalaman Ikut Kelas Coding for Kids Games.

4. Bersiap Menyambut Tren Masa Depan

Saat ini, hampir semua lini kehidupan sudah menggunakan teknologi. Maka mulai saat ini dan di masa yang akan datang pekerjaan di bidang sains dan teknologi tentu akan semakin berkembang dan selalu ada dalam berbagai aspek kehidupan.

Dengan belajar ilmu data science, tentunya kita akan memiliki berbagai keterampilan yang dibutuhkan di masa mendatang. Kita juga bisa lebih mudah beradaptasi dan memiliki berbagai kompetensi seperti analisis, pemecahan masalah, kemampuan di bidang statistika, matematika, hingga teknologi komputer. Dengan demikian maka kita akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

5. Mendukung Transformasi Digital

Transformasi digital pada perusahaan-perusahaan telah terjadi saat ini. Bahkan tidak sedikit dari perusahaan tersebut yang sudah memanfaatkan berbagai data di sejumlah divisi ataupun dalam proses berbisnis. Maka akan ada banyak ahli data yang dibutuhkan dalam menyederhanakan serta meningkatkan proses pemecahan masalah menggunakan pengolahan data-data tersebut.

Baca juga: Keuntungan Kerja dari Rumah.


Kursus Data Science di GreatNusa

Untuk teman-teman yang ingin belajar mengenai data science, bisa banget mengambil kursusnya di GreatNusa. Teman-teman sudah pernah mendengar nama ini?

Yap, buat yang belum tahu, GreatNusa adalah sebuah portal pembelajaran online dengan visi mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang berani menjadi pribadi HEBAT dengan materi pembelajaran berkualitas.


kursus di greatnusa
Website greatnusa.com.

GreatNusa menyediakan beragam materi pembelajaran praktis, berkualitas, aplikatif dari praktisi yang berpengalaman di bidangnya dan akademisi dari institusi pendidikan terkemuka.

Akses pembelajaran di GreatNusa ini bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, yang tersedia dalam bentuk kursus gratis maupun kursus berbayar, dan dapat dilakukan melalui website maupun aplikasi GreatNusa.

Di GreatNusa kita bisa menemukan kursus data science baik yang gratis maupun berbayar. Contoh kursus gratisnya adalah seperti yang saya screenshot fotonya berikut ini. Dalam kursus gratis ini kita bisa menyimak obrolan bareng GreatExpert data scientist, dengan fasilitas dapat mengakses kursus tersebut selama satu tahun.

kursus gratis di greatnusa
Source: greatnusa.com.

Kursus gratis lainnya tentang data science masih banyak tersedia di GreatNusa. Demikian pula kursus berbayar, ada banyak sekali kursus data science yang bisa dipilih. Tinggal kita siapkan dana dan waktu untuk belajar.

Demikianlah sedikit informasi mengenai data science dan manfaat mengikuti kursus data science di masa kini. Insyaa Allah eggak akan sia-sia jika kita kursus ilmu ini, karena prospeknya sangat bagus untuk masa kini dan masa depan.


*****

Referensi:

https://www.niagahoster.co.id/blog/data-scientist-adalah/



18 comments

  1. Ini tuh salah satu peluang profesi di masa depan ya kan. Bisa dipelajari dengan basis ilmu apa pun ya asalkan ada minat sama ilmu ini sih bisa dipelajari ya

    ReplyDelete
  2. Aku tu kemarin baru aja bahas sama temen kalau pengen kuliah lagi tapi yang nggak terlalu mikir berat, haha.
    Tapi bingung juga karena punya bayi di rumah yang maunya nemplok ibunnya terus.
    Kayaknya mendingan coba kursus online di Great Nusa aja deh. Opsinya banyak banget dan terjangkau. Atau coba versi gratisannya dulu juga lumayan nih buat cari yang sesuai materinya.

    ReplyDelete
  3. " ... peluang karier data scientist sangatlah besar ..." ... membaca tulisan ini saya lantas berpikir, menjanjikan sekali ya profesi data scientist itu tetapi apakah negara kita mampu mengambil peluang itu sebesar2nya? Nah untungnya bisa menambah kompetensi dengan kursus di GreatNusa ya.

    ReplyDelete
  4. Lumayan juga ini ya ada kursus data science secara gratis, jadi membuka juga kesempatan yang ingin mencoba terjun ke dunia tersebut.

    ReplyDelete
  5. Sepertinya karena gaji pekerjaan para Data Scientist ini termasuk tinggi, berarti ilmunya juga gak se-simple itu ya.. Hihihi..kebayang pusingnya, tapi pastinya gak boleh mneyerah. Dan alhamdulillah, ada solusinya dengan mengikuti kursus di GreatNusa.

    ReplyDelete
  6. Pengen nih ikutan kursus data scientist biar makin paham dan bisa memanfaatkan peluang karirnya kian terbuka.

    ReplyDelete
  7. wuah menarik banget nih mba, kursus data science yang bisa menambah kompetensi diri yang nantinya bisa bermanfaat untuk pekerjaan

    ReplyDelete
  8. wah ada kursus gratis nya juga, lumayan nih buat tahu lebih jauh tentang science siapa tahu bisa mendapatkan pekerjaan

    ReplyDelete
  9. Bagus lho ini tu, soalnya sekarang era digital dimana emang banyak dibutuhkan data scientist. Tidak ada ruginya mempelajari ini di GreatNusa

    ReplyDelete
  10. Wihhh kok asik ya di GreatNusa ada kursus Data Scientist gratis, sampai setahun pula. Aku rekomendasi ke si sulung deh mba, dia sempat ngobrol kemarin kalo pengen kursus apa gitu. Coba aku kasih lihat, siapa tahu dia tertarik karena based pendidikan nya itu IT

    ReplyDelete
  11. Data science bisa dibilang punya Peluang kerja cukup besar lantaran saat ini Big data mendatangkan informasi dan insight yang berguna bagi perusahaan oleh karenanya perlu diolah dengan baik serta menggunakan metode yang tepat. Untuk memiliki skill Data science bisa mengambil kursus di GreatNusa ya..

    ReplyDelete
  12. Adikku baru kemarin ini ngebahas ini, katanya pengen banget belajar tentang data science, boleh banget nih nanti kursus di Greatnusa ini ya.

    ReplyDelete
  13. Ternyata manfaat data scientist banyak ya, pas benar ada kursusnya di GreatNusa, sebuah portal pembelajaran online dengan visi mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang berani menjadi pribadi hebat dengan materi pembelajaran berkualitas. Menarik ini!

    ReplyDelete
  14. Nah iya, salah satu profesi yang menjanjikan yaitu data scientist. Karena profesi di bidang sains data memang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

    ReplyDelete
  15. Saat ini makin banyak freelancer yang mendalami bidang data science ini. Prospeknya di masa depan bagus ya, sesuai data yang ditulis di artikel ini, peningkatannya luar biasa hingga berkali2 lipat dari tahun2 sebelumnya

    ReplyDelete
  16. Kayanya prospek profesi ini sangat menjanjikan ya, karena sekarang ini semua hal sekarang selalu berhubungan dengan dunia digital yang pastinta data sangatlah dibutuhkan.

    ReplyDelete
  17. Waah ternyata selain kursus digital marketing ada juga ya kursus data science di Great Nusa

    ReplyDelete
  18. Kalau kursus spt ngolah data gini harus paham statistik ga ya pengalaman pas kuliah ambil matkul statistik kepakenya buat ngolah data data gitu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.