Servis Motor Rasa Baru untuk Keamanan dan Kenyamanan Berkendara


Libur lebaran Idulfitri 1444 H sudah usai, lalu apa? Ya, kembali ke rutinitas sebelumnya lagi, dong! Hihi. Kembali kerja, kuliah, sekolah, atau yang lainnya. Nah, bagi yang biasa beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor, jangan lupa persiapkan performa terbaik sepeda motornya. Jangan lupa service sepeda motor sebelum beraktivitas seperti biasa, ya.

motor matic
Sepeda motor matic (source: pexels.com)

Sebelum dan selama lebaran, mungkin sepeda motornya belum diservice karena enggak digunakan. Atau, justru sepeda motornya dipakai untuk mudik (karena jarak mudiknya dekat) atau untuk bersilaturahim ke sanak saudara yang lokasi rumahnya di dekat rumah?

Nah, selain tubuh kita yang dijaga kesehatannya, sepeda motor juga enggak kalah penting dijaga kesehatannya, dong. Karena kalau sepeda motor enggak sehat, bisa membahayakan keselamatan kita juga, kan..

Lalu kita juga mesti tahu apa saja yang harus diperhatikan saat servis sepeda motor. Hal ini agar jika terjadi sesuatu yang kurang pas pada sepeda motor kita, kita paham apa yang harus dilakukan.


Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Servis Sepeda Motor

FYI, servis sepeda motor merupakan aktivitas pengecekan sepeda motor yang seharusnya dilakukan secara rutin agar motor selalu sehat atau dalam kondisi yang baik. Servis motor ini biasanya juga dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat servis sepeda motor, yaitu:

1. Ganti Oli

Oli mesin penting sekali untuk diganti jika jarak tempuh sudah mencapai batas tertentu. Karena oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itulah mengapa kita perlu mengganti oli secara rutin.

Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 km. Namun, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km/2x lebih lama dari oli biasa. Hal ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Dan memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Untuk ganti oli, biasanya kita perlu membayar biaya yang meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

2. Ganti Oli Gardan

Ganti oli gardan secara rutin juga sangat penting dilakukan, khususnya untuk motor matic. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Penggantian oli gardan ini perbandingannya 2:1 dengan penggantian oli mesin.

Jadi jika oli mesin sudah ganti 2x, kemudian harus dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

servis sepeda motor
Servis sepeda motor rutin penting dilakukan.


3. Cek Kampas Rem, Depan Maupun Belakang

Sistem pengereman wajib diperhatikan karena juga sangat berpengaruh pada keamanan dan keselamatan berkendara. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan hal ini bisa menyebabkan kecelakaan. Tentu kondisi seperti ini sangat membahayakan.

Maka kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

4. Tune up

Tune up sepeda motor merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa sepeda motor ke performa standarnya. Hal ini penting untuk dilakukan karena penggunaan motor yang dipakai setiap hari dapat mengakibatkan beberapa perubahan.

Service motor tune up meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. Kadang disertai juga dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart.

5. Pemeriksaan Aki (Accu)

Saat servis sepeda motor, penting dilakukan pemeriksaan aki, aus atau tidak. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Jika tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, mungkin ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat. Maka mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar sepeda motor nyaman digunakan kembali.

6. Pemeriksaan Busi

usi adalah bagian dari sepeda motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Jika kondisinya demikian, maka busi harus diganti.

7. Ganti Ban

Pmeriksaan ban juga penting dilakukan secara berkala Namun di bengkel servis sepeda motor, selain pengecekan mandiri tiap kali kita akan menggunakan sepeda motor.

Saat service sepeda motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Pemeriksaan Filter Udara

Biasanya, pemeriksaan filter udara akan dilakukan terlebih dahulu sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

Filter udara perlu dilakukan pemeriksaan karena fungsinya untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.


Servis Sepeda Motor di Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik

Setelah kita tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat servis sepeda motor, maka kita juga perlu tahu bengkel servis motor yang bagus. Karena dengan memilih bengkel motor terbaik maka servis sepeda motor juga akan memuaskan.

Salah satu bengkel servis motor yang bisa diandalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kita bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.

FYI, servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis servis motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat.

Servis motor rasa baru ini berfokus pada pemeriksaan dan perbaikan pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk yang jarang dicek dan disetel rutin.

Planet Ban Kepadangan Sidoarjo
Planet Ban di Kepadangan, Sidoarjo.


Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

Nah, lebih spesifik manfaat melakukan servis motor di Planet Ban adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Dengan demikian mesin jadi lebih awet ( arang rusak).
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Biaya servis lebih hemat karena ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kita tidak perlu sering ke bengkel.
  • Dengan menyervis sepeda motor menjadi bersih, maka kita turut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Selain melihat manfaat dari melakukan servis motor di Planet Ban seperti di atas, ada keunggulan lain dari servis motor di bengkel terbaik tersebut dibandingkan dengan servis motor di tempat lain.

Diantaranya, jika kita servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Namun jika kita melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Dengan servis menyeluruh tersebut, maka tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Mengenai biaya servis, harga service motor di Planet Ban sangat terjangkau. Misalnya untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan saat servis sepeda motor. Teman-teman sudah diservis belum sepeda motornya? Kalau belum, servis ke Planet Ban saja, yuk! Dan dapatkan layanan terbaik servis motor rasa baru untuk keamanan dan kenyamanan berkendara ☺️




20 comments

  1. Memang wajib cek hal tersebut ya, Mbak. Btw, service motor rasa baru hanya ada di Planet Ban, sih. Habis service motor, jadi seperti baru lagi. Wus wus jadi lancar....

    ReplyDelete
  2. Beneran deh mbak, servis sepeda emang kudu rutin biar awet mesinnya

    ReplyDelete
  3. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    ReplyDelete
  4. di rungkut adaaaaaa planet ban.
    horraayyy aku gembira buangetttt, bs service motor dgn harga terjangkaauuuu

    ReplyDelete
  5. Banyak banget juga ya mbak perawatan untuk motor
    Tapi, kalau step by steps tersebut tidak dilakukan, bisa bikin mesin ato onderdil motor ga bisa tahan lama nih pasti
    Alhamdulillah udah kenal planet ban
    Jadi kalau udah waktunya service motor, segera meluncur ke sana
    Apalagi dekat rumah juga

    ReplyDelete
  6. Aku sendiri pengguna kendaraan bermotor aktif dan memang harus banget sih melakukan perawatan dan service rutin supaya kendaraannya bisa digunakan sebaik mungkin. Motor jadi optimal dan jadi lama pemakaiannya

    ReplyDelete
  7. Banyak ya keuntungan service di Planet Ban. Tentu dengan perawatan rutin, kendaraan bisa maksimal digunakan dan kondisi mesin selalu prima. Jangan sampai kelupaan buat service tiap bulan sih ya

    ReplyDelete
  8. Kalau saya sih paling enggak ganti oli. Karena kalau gak diganti, pistonnya bisa kena. Dulu pernah ngalamin dan habis banyak jadinya.

    ReplyDelete
  9. Bagian pak suami kalau soal service motor itu hehehe...
    Pak suami memang rajin meriksa oli, keadaan ban, rem, lampu-lampu dan lainnya.
    Kebetulan di dekat rumah ada Planet Ban, kalau mau service tinggal ke sana aja..

    ReplyDelete
  10. Waaah, banyak pula ya yang jadi PR untuk cek kesehatan si motor, hee
    Aku kira selain dengan isi bensin jangan sampai kehabisan, tambah angin, ganti oli, juga banyak hal lain yang perlu diperhatikan
    Beruntungnya jadi langganan di Planet Ban, jadi sekali service bisa tanya apa saja yang perlu dirawat dari mesin motor, hehee

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah kalau kendaraan performanya andal berkat service rutin ya Mbak. Yang paling sering kelupaan itu ganti oli, sepele tapi ngaruh ke tarikan mesin. Aku jadi ingat sebulan lalu ganti ban belakang, ban luar di Planet Ban. Harganya bersaing, dan pelayanan memuaskan. Cepat, satset langsung beres. Gara2 bocor ban dalam, eh ternyata itu gara2 ban luar yg udah aus. Pas ada info ban terjangkau di Planet Ban, langsung cus deh.

    ReplyDelete
  12. Dulu aku ngiranya di Planet Ban cuman bisa ganti ban aja mbak, ternyata salah. Malahan servis keseluruhan juga bisa ya di Planet Ban
    Aku termasuk yang agak cuek sama kendaraan, baru kalau udah ngerasa nggak enak, nah baru berangkat ke Bengkel, padahal aku sendiri kerjaannya di otomotif
    Pernah kejadian kampas rem sampe abis, motor jadi ga enak banget dipakenya. Memang ya perlu banget namanya merhatiin kondisi motor kita

    ReplyDelete
  13. Banyak yang merekomendasikan Planet Ban, tapi aku belum ngecek di tempatku ada atau gak. Mau sevis juga nih. Kayanya olinya harus ganti juga

    ReplyDelete
  14. penting pol yang punya motor buat service begini, karena biar awet terus motornya ya kan dinaikin juga asik nyaman

    ReplyDelete
  15. Bener juga sih, perangkat orisinil akan lebih bagus performa nya apabila dirawat oleh teknisi yang tepat. Apalagi kalo harganya terjangkau jd pengen rajin2 terus ngerawatnya

    ReplyDelete
  16. Deket rumahku juga ada nih bengkel Planet Ban kyknya rame bener org ngecekin motor di sana. Kalau mau punya kendaraan awet emang kudu rajin2 mengecek bagian mesinnya ya mbak. Terutama bagian2 yang dalemannya. Ganti oli juga wajib banget biar gak gampang soak motornya :D

    ReplyDelete
  17. Aku perna banget mengalami motor mogok gak mau di stater.
    Ini akibat kalau service gak jeli dan teliti di tempat service yang asal-asalan. Kudu di Planet ban sekarang mah.. Supaya lebih paham mengenai kebutuhan service motor agar weswes pas dipakainya.

    ReplyDelete
  18. Service motor dan rutin ganti oli itu wajib, apalagi kalau mau bepergian jauh. Aku kemarin juga habis ganti oli di Planet Ban.

    ReplyDelete
  19. Merawat motor itu harus dilakukan sesering mungkin sih demi menjaga kondisi kendaraan yang kita miliki

    ReplyDelete
  20. Saat servis motor banyak yang perlu dicek dan diperhatikan ya. Jangan sampai kendaraan jadi tidak nyaman dipakai dan ga aman

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.