Mengelola Keuangan Toko Lebih Mudah dengan Bantuan Aplikasi Kasir


Zaman now, urusan pekerjaan bisa dipermudah dengan bantuan teknologi. Misalnya untuk menangani penjualan barang di toko, agar lebih mudah bisa menggunakan aplikasi kasir.


aplikasi kasir


Sedikit cerita, kemarin sepulang dari sekolah anak-anak minta dibelikan es krim dan nugget. Jadilah kami mampir ke toko frozen food. Kami membeli beberapa buah es krim dan dua bungkus nugget.

Namun pada saat kami hendak membayar, bapak penjual rupanya kebingungan soal harga dari salah satu nugget. Di daftar harga barang belum tercantum, sedangkan dia belum hafal harga item tersebut karena merupakan barang baru.

Dia sampai menelepon istrinya untuk menanyakan harga nugget tersebut. Dan istrinya pun ternyata enggak tahu (belum hafal) juga harganya. Daripada menunggu lama dan enggak jelas, saya dan anak-anak pun memutuskan untuk ganti barang.

Hemm.. melihat kejadian seperti itu saya jadi mikir, menurut saya sistem penjualan (dan keuangan) di toko frozen food itu kurang efektif. Daftar harga ditulis manual, menghitung penjualan hanya dengan bantuan kalkulator sederhana, kemudian barang-barang yang terjual ditulis secara manual pula.

Padahal, barang-barang yang dijual enggak sedikit, itemnya pun banyak. Sementara sistem penjualan dan keuangannya masih sangat konvensional. Padahal, saat ini untuk mengelola keuangan toko bisa dengan bantuan aplikasi kasir. Bisa menggunakan PC/laptop, atau bisa juga menggunakan smartphone.

kasir toko
Kasir toko konvensional (menggunakan kalkulator dan dicatat manual).


Apa dan Bagaimana Aplikasi Kasir Itu?

Nah, ngomong-ngomong soal aplikasi kasir, sebenarnya seperti apa, sih, aplikasi kasir itu? Seberapa besar manfaatnya untuk mengelola keuangan toko?

Dalam sebuah usaha khususnya toko, selain harus punya modal awal, kita juga mesti cermat mengelola keuangan. Mengatur keuangan bertujuan agar kita tahu pasti pendapatan dan pengeluaran operasional per hari, sehingga akan membantu kita menyeimbangkan usaha agar enggak bangkrut. 

Untuk mengelola keuangan dengan baik, zaman dulu orang-orang hanya menggunakan kalkulator sederhana untuk menghitung penjualan, stok barang, dan lain-lain. Kemudian setelahnya muncul mesin kasir untuk kasir toko. Mesin kasir memang cukup membantu, namun harganya cukup mahal juga. Nah, seiring perkembangan teknologi, ada alat yang lebih memudahkan pengelolaan keuangan pada sebuah usaha, yaitu aplikasi kasir.

Pemanfaatan aplikasi kasir terbaik atau POS (Point of Sale) dalam menjalankan usaha toko akan sangat meningkatkan efektifitas juga efisiensi kerja. Saat ini banyak sekali aplikasi kasir gratis yang bisa kita unduh di smartphone ataupun PC/laptop. Pada smartphone, ada aplikasi kasir gratis iOS juga aplikasi kasir gratis Android. Kemudian ada aplikasi gratis selamanya alias aplikasi kasir gratis full version, aplikasi kasir gratis offline, dan aplikasi kasir gratis online.

Untuk kita yang masih merupakan pebisnis pemula atau pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), bisa menjadikan aplikasi kasir atau aplikasi POS gratis sebagai solusi bisnis toko kita. Karena meskipun gratis, sudah banyak pelaku usaha yang membuktikan manfaat aplikasi tersebut dalam membantu menjalankan dan mengembangkan usaha.

Namun, kita harus memilih aplikasi yang memang sesuai kebutuhan (sesuai dengan bidang usaha yang tengah dijalankan), juga terpercaya serta terbukti kualitasnya. Sehingga aplikasi tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal dan sesuai rencana juga harapan. 

Dengan menggunakan aplikasi kasir, pelaku usaha dapat terbantu dalam hal pencatatan pemasukan, pengeluaran, dan inventori sehingga akan lebih terpantau dengan baik. Jadi data barang-barang yang dijual dapat tersusun rapi, menghitung barang terjual dengan lebih mudah, barang keluar masuk dapat otomatis di-update oleh sistem, dapat melihat laporan keuangan secara otomatis, dan sebagainya. 

Jadi pengelolaan keuangan toko bisa lebih rapi, efektif, dan efisien. Pekerjaan kita pun akan menjadi lebih ringan.


Macam-macam Aplikasi Kasir

Nah, seperti disinggung di atas, dalam memilih aplikasi kasir seharusnya kita sesuaikan dengan kebutuhan usaha kita. Saya ada beberapa rekomendasi aplikasi kasir atau aplikasi POS (Point of Sale), nih. Siapa tahu teman-teman pembaca yang punya usaha barang (misalnya toko, resto, dll) maupun jasa (seperti salon, bengkel, dll) membutuhkan aplikasi kasir yang sesuai untuk usahanya.

Oke, berikut ini beberapa aplikasi kasir berbasis smartphone yang bisa saya rekomendasikan:

💰 iReap POS

FYI, iReap merupakan singkatan dari Integrated Retail Application. iReap POS merupakan suatu aplikasi yang dirancang untuk membantu kita dalam mengatur dan menjalankan toko, yang terdiri dari Point Of Sales atau sistem kasir dan sistem pengelola barang. Aplikasi ini cocok digunakan untuk usaha barang (seperti warung makan, toko baju, toko sepatu, dll) maupun usaha jasa (seperti salon, bengkel, dll).

Aplikasi kasir iReap ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Untuk yang gratis adalah iReap POS LITE, yang bisa digunakan oleh pebisnis pemula atau pelaku UMKM. Sedangkan yang berbayar adalah iReap POS PRO, yang bisa digunakan oleh perusahaan yang lebih besar. Karena berbayar, fitur-fitur pada iReap POS PRO lebih lengkap.

aplikasi kasir iReap


Di sini saya merekomendasikan iReap POS Lite yang bisa digunakan oleh teman-teman pelaku UMKM. Aplikasi kasir ini tampilannya sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja. Meskipun sederhana, namun fitur-fiturnya pasti akan sangat membantu pengelolaan keuangan toko. Ada fitur pengaturan sistem, master data, transaksi penerimaan, transaksi pengeluaran, transaksi penjualan/pengembalian, hingga laporan usaha. 

Kelebihan Aplikasi

iReap POS Lite ini selain aplikasinya sederhana dan mudah digunakan, kelebihan lainnya adalah: 

  • Tanpa biaya instalasi alias bisa diunduh secara gratis.
  • Tanpa batasan master data.
  • Tanpa batasan transaksi.
  • Tanpa iklan.
  • Fitur cukup lengkap termasuk adanya laporan dengan berbagai pilihan setting.
  • Bisa dijalankan secara offline (tanpa perlu internet), sehingga enggak ada data yang disimpan di server mereka.

Untuk menggunakan aplikasi ini, temans dapat mengunduh aplikasi kasir iReap POS di Play Store, ya.

Sementara itu mengenai iReap POS PRO, seperti yang telah saya singgung di atas, bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang lebih besar baik secara online maupun offline. Teman-teman bisa memonitor banyak toko atau multi outlet secara real time.

Karena iReap POS PRO ini untuk usaha berskala besar, maka berjalannya secara multiple. Jadi bisa digunakan oleh banyak user. Mulai dari admin, supervisor, kasir, dan manager. Kemudian bisa diakses dari banyak toko.

Oh ya, meskipun aplikasi ini berbayar, ada masa percobaan selama 14 hari, kok. Jadi teman-teman bisa mempelajari dan mencobanya terlebih dahulu. Jika nanti sudah cocok, biaya langganannya Rp.41.666,00 per bulan per perangkat, jika dibayar tahunan.


💰 Kasir Toko Pintar Portable

Ini adalah aplikasi kasir gratis portable, POS (Point of Sales) toko dan persediaan barang. Aplikasi ini merupakan sistem kasir toko pintar yang dapat membantu mencatat penjualan, stok dan monitor profit per barang untuk toko.

Aplikasi ini juga full gratis, tanpa batasan data dan transaksi, tanpa iklan, dan bisa berjalan offline tanpa perlu internet kecuali backup data. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dapat mencatat penjualan lebih cepat dengan barcode scanner, dan mendukung barcode scanner dari kamera pada perangkat android.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Kasir Toko ini, silakan unduh di Play Store juga, ya.

💰 Moka POS

Moka POS merupakan aplikasi kasir yang memberi kemudahan bagi pelaku bisnis dengan beragam fitur digitalnya. Beberapa fitur unggulannya adalah fitur back office yang memungkinkan kita mengetahui seluruh transaksi dari kasir, kemudian fitur real time yang dapat mengakses data transaksi secara langsung, juga adanya fitur sistem pembayaran digital dan invois digital yang bisa langsung dicetak lewat printer. Kemudian keunggulan lain dari aplikasi ini adalah memudahkan penggunanya untuk mendata dan menganalisis kondisi keuangan usaha pengguna. 

Aplikasi Moka POS tersedia di platform iOS dan Android. Tetapi aplikasi kasir yang satu ini versi gratisnya hanya berlaku 14 hari, ya, temans. Karena untuk full version-nya berbayar.

💰 Qasir 

Qasir adalah aplikasi gratis yang memiliki fitur premium yang beragam. Fitur-fiturnya sederhana dengan tampilan yang simple, namun dapat membantu kita menganalisa untung rugi sampai pendataan karyawan. Aplikasi gratis satu ini sangat cocok digunakan untuk beragam jenis usaha baik usaha barang maupun jasa. 

Beberapa fitur unggulan dari Qasir antara lain pencatatan transaksi, pencatatan tipe pembayaran, kasbon, deadline, penyimpanan dan transaksi tertunda serta sistem pembayaran digital. Selain itu ada juga punya fitur yang digunakan untuk keperluan di luar transaksi seperti fitur pendataan produk dan stok, pendataan outlet dan karyawan. 

Dengan melihat berbagai fitur serta kelebihan (dan mungkin kekurangan) dari masing-masing aplikasi kasir, kita bisa menganalisa sendiri mana yang paling bagus dan sesuai untuk kebutuhan usaha kita. Nah, semoga bisnis teman-teman makin terkelola dengan baik dan semakin maju berkat aplikasi kasir terbaik, ya 😊



31 comments

  1. Aplikasi ini bisa jadi rekomendasi buat dipakai ketika hendak merekap penjualan buku atau penjualan mendoan dan rujak kangkung ini. ternyata sangat membantu, belum pernah mencobanya, mungkin ke depannya bisa menggunakan aplikasi ini untuk merekap segala penjualan

    ReplyDelete
  2. Praktis sekali jika kita berjualan menggunakan apliakasi kasir ini. Dengan berbagai fitur unggulan di masing-masing aplikasi tersebut, kita jadi lebih mudah mengelola keuangan. Bagaimana memonotir stok barang, invoice dan pembayaran digital dan sebagainya. All in 1 sudah jadi andalan deh Jangans ampai tidak dimanfaatkan nih.

    ReplyDelete
  3. Ngitung pakai kalkulator dan pencatatan manual pastinya ribet ya mba...Sekarang, pelaku usaha banyak dimudahkan oleh berbagai aplikasi pendukung, salah satunya apk kasir. Ada yg gratis pula utk pemula. Beneran harus berterima kasih pada para developer apk itu yaaa..Kalau nanti punya usaha penjualan, bisa nih balik ke tulisan mbak Diah ini.

    ReplyDelete
  4. Jadi lebih dimudahkan lagi ya mak dengan adanya aplikasi kasir ini. Gak perlu lagi mencatat secara manual, tinggal buka aja aplikasi kasirnya ini. Apalagi menjelang akhir tahun yang butuh pembukuan, tinggal buka deh appsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya zaman sekarang serba dimudahkan dengan aplikasi jadi catatan keuangan khususnya buat usaha bisa lebih rapi. Jadi lebih tahu keuntungan dan kira2 barang yang gak terlalu diminati yang mana.

      Delete
  5. Aplikasinya mudah digunakan dan tentu akan mempermudah dalam hal penjualan.dan pencatatan. Jadi mempermudah pekerjaan juga nih dalam hal akutansi ya kak. beneran bisa diandalkan

    ReplyDelete
  6. Aduh kasian amat si bapak. Susahlah mau jualan tapi gak inget harga2nya. Memang sdh tiba saatnya menggunakan teknologi ya, demi lancar menjalankan usaha.

    ReplyDelete
  7. Suamiku udah pake salah satunya, tapi mungkin karena terbiasa pakai manual ya, jadinya sekarang udah ditinggalkan lagi aplikasi kasirnya. Tapi mungkin kalau aku sih bakal pilih aplikasi kasir :D

    ReplyDelete
  8. Aku suka gemas kalau yang punya toko gak tahu harga barangnya dan pakai lama buat nanya ke pegawainya. Kaya kurang sat set gitu. Ini karena kebiasaan belanja yang tinggal scan aja sih. Well mereka memang baiknya dibantu teknologi juga apalagi warung besar. Jadi bisa tetap melayani pelanggan dengan baik

    ReplyDelete
  9. Oh jadi bentuknya cuma aplikasi ya, gak perlu alat-alat lagi utk di meja kasir. Kalau berbayar berapa ya mbak? Kali ada bocoran harga bagi yg butuh info

    ReplyDelete
  10. Saya pun pernah mengalami mbak, batal beli karena yang jaga di warung nggak hapal harga barangnya, daripada keliru dan males nunggu lama dia nelpon nanya-nanya dulu ke pemilik yang saat itu nggak ada di tempat.

    Padahal ada aplikasi kasir yang bisa membantu mempermudah ya, nggak harus pakai laptop juga, dari hp pun bisa

    ReplyDelete
  11. Aku sadari dan sering jumpai banyak pe jual yang kurang terkait perhitungan secara detail. Padahal sayang kan kalau rugi. Tapi kalau rekrut karyawan khusus juga memberatkan secara keuangan. Solusi aplikasi ini adalah pilihan terbaik

    ReplyDelete
  12. di era digital seperti sekarang ini memang mau gak mau harus bisa terbiasa menggunakan aplikasi terutama untuk melakukan bisnisa usaha ya

    ReplyDelete
  13. Ini si pebuat aplikasi ngerti banget cara membuat si pelanggak apk nya connected ya

    macam-macam fitur unggulan Qasir seperti pencatatan transaksi, pencatatan tipe pembayaran, kasbon, deadline, penyimpanan dan transaksi tertunda serta sistem pembayaran digital. plus fitur pendataan produk dan stok, pendataan outlet dan karyawan itu sangat dibutuhkan soalnya

    ReplyDelete
  14. Keberhasilan sebuah bisnis tergantu bagaimana manajemen keuangannya ya mbak
    kalau pakai aplikasi kasir seperti ini, urusan keuangan bisnis akan lebih mudah

    ReplyDelete
  15. Lebih mudah mengelola keuangan jadinya ya mba berminat deh menggunakan salah satu aplikasi yg diatas buat warung takoyaki aku nih.. biar gak ada yg keselip plus bisa atur cash flow.juga

    ReplyDelete
  16. Kalau bingung dengan harga barang, report juga yaa.. aslinya ada barang yang keluar dan berganti atok, jadi kudu tertahan. Pentingnya menejemen stock barang yang baik agar memudahkan dan menguntungkan juga dengann menggunakan apps POS terbaik masa kini.

    ReplyDelete
  17. Definisi praktis dan membantu ya mbak dengan adanya aplikasi kasir yang macamnya beragam ini. Dari manual para pemilik UMKM jadi terbantu dengan kepraktisannya sehingga bisa meningkatkan penjualannya. Sholawat dulu aja lah biar bs pakai aplikasi kasir ibi di usaha yg akan datang aamiin

    ReplyDelete
  18. Aplikasi kasir kyk gini memudahkan pengusaha atau online seller buat menghitung keuntungan dan menganalisa kira2 produk mana yang cukup diminati oleh pasar yaa.
    Apalagi fitur2nya juga cukup lengkap sehingga bisa memudahkan aktivitas bisnis.

    ReplyDelete
  19. Buat yang punya usaha atau bisnis memang kalau pencatatan keuangan masih manual dengan kalkulator dan ditulis tangan bisa jadi banyak missnya. Untung sekarang ada aplikasi kasir ireap pastinya lebih memudahkan buat yang punya usaha

    ReplyDelete
  20. Sangat menolong banget ini, apalagi yang nggak pinter keuangan kan, ada aplikasinya jadi bisa diandalkan dan mempercepat dalam pengelolaan

    ReplyDelete
  21. Aplikasi kasir itu sangat memudahkan sekali, penjual tidak perlu menghafal harga dan pembeli juga bisa membayar pakai berbagai metode. Selain itu, pencatatan penjualan juga bakalan lebih rapi.

    ReplyDelete
  22. Usaha makin maju dengan pencatatan pembukuan lewat aplikasi kasir digital

    ReplyDelete
  23. Saya ga punya toko, baru punya rencana kelak pada saatnya. Tapi senang banget kalau baca rekomendasi gini karena saya setuju banget. Di sekitar saya ada beberapa toko rumahan yang tutup karena besar hutang daripada pendapatan sehinga akhirnya jadi TKW ke Arab untuk menutup hutang. Ya karena seleder dalam mengelola cashflow-nya.

    ReplyDelete
  24. Wah, padahal ada yang gratis gini lho, ya.... kirain semua berbayar, meskipun menurut saya layak tebus untuk dapat manfaatnya. Aplikasi kasir jadi salah satu pondasi penting keuangan toko, kalau menurut saya.

    ReplyDelete
  25. lumayan banyak rekomendasinya ya. nti saya infokan ke sodara yang ada usaha kecil. biar dia lebih profesional dalam menjalankan usahanya dengan aplikasi ini

    ReplyDelete
  26. Uda langsung jatuh cinta sama iReap POS aja nih..
    Karena banyak keunggulan fitur yang digunakan meski belum premium.
    Rasanya kalau baru memulai usaha, penting banget memilih aplikasi kasir yang mendukung dan user friendly.

    ReplyDelete
  27. Dunia digital ini memang membantu kita banget ya. Terutama buat para pelaku umkm.

    ReplyDelete
  28. Iya banget, dengan aplikasi Kasir begini, segalanya jadi mudah ya. Yang asalnya segala macam pencatatan itu ribet, jadi simpel. Tinggal input, dan klak-klik aja. Kudu nih yang punya bisnis pake aplikasi kasir begini.

    ReplyDelete
  29. kalau punya bisnis memang penting punya aplikasi kasir ini mak, soalnya bisa ngetrack kita barang, stok, pembelian dan penjualan lengkap jadi tahu bagaimana cash flow bisnis lebih mudah

    ReplyDelete
  30. Diriku pake aplikasi POST, untuk transaksi jual beli. Mudah digunakan mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.