Cara Mengasah Keterampilan Otak Melalui Pekan Olahraga Otak di ZenCore


Belajar itu bisa dari mana saja. Setuju enggak, sih? Apalagi di zaman yang serba menggunakan teknologi seperti saat ini. Materi pelajaran, ilmu pengetahuan, wawasan, bisa didapatkan dari internet dengan berbagai sumber. Belajar juga enggak melulu di sekolah, melainkan bisa di rumah dan lingkungan sekitar maupun dari dunia maya. Yes, zaman now sumber ilmu pengetahuan tak terbatas dan mudah didapatkan! Alhamdulillah.


pemanasan otak melalui pekan olahraga otak


Anak-anak saya pun saat ini enggak hanya belajar dari sekolahnya saja. Kadang mereka belajar dari YouTube, baca tulisan-tulisan di Google, ikut kelas-kelas online, atau belajar lewat aplikasi belajar. Salah satu aplikasi belajar yang digunakan anak saya saat ini adalah Zenius. Melalui aplikasi ini, anak-anak saya bisa belajar sesuai dengan jenjang kelasnya.

Tapi yang sedang rajin diutak-atik sama si nomor dua saya saat ini di Zenius adalah platform ZenCore. Dia asyik banget mengerjakan soal-soal di sana bareng saya. Meski soal-soalnya banyak yang belum dia pahami, tapi tetap saja dia mencoba mengerjakan. Hihi. Dia jadi ganti cara belajar dengan lebih mengasyikkan, sih. 

Btw, teman-teman sudah tahu ZenCore belum, nih? Kalau belum, yuk, saya kasih tahu. Baca tulisan ini sampai selesai, ya 😊

Baca juga: Dilema PTM, Momen Saat Pandemi yang Tak Terlupakan.


Apa Itu ZenCore?

ZenCore adalah suatu platform yang dimiliki oleh Zenius yang berfungsi untuk melatih keterampilan fundamental di 3 bidang, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Menariknya ZenCore ini dirancang dengan pendekatan adaptive learning, yaitu metode pembelajaran yang mengedepankan efektivitas dan efisiensi, menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sehingga dengan metode ini user bisa belajar menggunakan ZenCore sesuai dengan level pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki. 

Dengan metode adaptive learning ini, ZenCore yang tersedia di aplikasi Zenius secara gratis ini cocok untuk segala usia, baik untuk persiapan AKM, UTBK, Ujian Mandiri universitas dan sekolah kedinasan, tes CPNS, hingga rekruitmen pekerjaan.

Melalui soal-soal yang disajikan oleh ZenCore, skill dan knowledge bisa dikuasai oleh semua orang terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang kerjaannya. Secara garis besar skills dan knowledge yang bisa dikuasai dari ZenCore adalah sebagai berikut:

  • Fundamental Skills, yang berguna untuk melatih cara berpikir agar semakin bagus dan cerdas. Kita bisa melatih fundamental skills di ZenCore bagian CorePractice.
  • Insightful Knowledge, yaitu berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history, dan lain-lain. Sehingga kita bisa melihat dunia dengan berbagai perspektif atau sudut pandang. Kita bisa mendapatkan pengetahuan ini di ZenCore bagian CoreInsight (saat ini masih dalam tahap pengembangan).

ganti cara belajar dengan ZenCore

Kategori Belajar di ZenCore

Nah, saat ini melalui ZenCore kita bisa melatih fundamental skills atau keterampilan fundamental di bagian CorePractice, yaitu kuis untuk meng-upgrade keterampilan fundamental kita. Ada 3 kemampuan utama yang dilatih sekaligus sebagai fondasi dalam berpikir yaitu Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris. Apa pentingnya ketiga kategori tersebut?

Matematika

Keterampilan Matematika penting dikuasai sebagai kemampuan dasar seseorang. Karena dalam kehidupan sehari-hari kita pasti berhadapan dengan persoalan matematis, seperti perhitungan mata uang, penjumlahan dan pengurangan barang, dan lain-lain. Jika kita terbiasa berlatih soal Matematika, maka otak akan terbiasa pula berpikir cepat secara matematis.

Verbal Logic

Keterampilan Verbal Logic melibatkan kemampuan berbahasa atau berkata-kata secara logis. Dalam kategori Verbal Logic di ZenCore ini, ada banyak latihan soal yang membutuhkan kemampuan berpikir logis atas sebuah kalimat atau beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia. Dengan sering berlatih soal seperti ini, kita akan terbiasa berpikir logis dalam mencerna kata-kata atau kalimat. Tenang, jika jawaban kita salah dan kita bingung kenapa salah, ada pembahasan lengkapnya, kok!

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, yang akan menjadi modal kita dalam berkomunikasi secara global. Maka menguasai bahasa ini sangat penting, agar kita mudah berkomunikasi dengan orang asing di seluruh dunia. Dengan menguasai bahasa ini, kelak akan sangat bermanfaat baik dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan, hingga pekerjaan. Di ZenCore, ada banyak latihan soal Bahasa Inggris yang dapat membantu kita menguasai bahasa tersebut.


Nah, jika ketiga keterampilan fundamental tersebut kita kuasai, cara berpikir sudah ter-upgrade, maka kita bisa menangkap informasi dengan lebih cepat dan berpikir lebih kritis dan rasional. Hal ini penting, karena bisa meningkatkan kualitas hidup kita secara umum. Lalu, lebih jauh dan dalam lingkup yang lebih luas, jika masyarakat makin kritis dan rasional, maka masyarakat enggak akan gampang terjebak dengan berita-berita hoaks dan sesat pikir sehingga kita bisa memiliki demokrasi yang lebih sehat.

Jadi, penting banget nih cara mengasah keterampilan otak melalui ZenCore ini. Dan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ZenCore ini didesain menggunakan sistem adaptive learning, sehingga soal-soalnya akan otomatis disesuaikan dengan level kemampuan kita dan akan bertahap naik sesuai dengan apa yang kita kerjakan. Jadi latihan soal-soal di sini cocok untuk siapa saja yang ingin meningkatkan kecerdasannya.

Makanya anak saya juga suka belajar melalui ZenCore ini sebagai ajang pemanasan otak sekaligus ganti cara belajar. Asyiknya, kalau ada jawaban yang salah, bisa dilihat jawaban yang benar bagaimana/seperti apa, lengkap dengan pembahasan secara rinci. So, jika rutin menggunakan ZenCore ini saya rasa akan baik untuk mengasah otak atau untuk seru-seruan 😊.

Baca juga: Enjoy Mengerjakan Tugas Sekolah Anak-Anak di Tengah Pandemi Covid-19.


Pemanasan Otak di Pekan Olahraga Otak x Fiesta Primagama 40th Anniversary

Ngomong-ngomong soal Zenius dan ZenCore, ada kabar gembira, nih, dari Zenius. Saat ini, Zenius sedang mengadakan lomba berhadiah. Nama programnya adalah Pekan Olahraga Otak x Fiesta Primagama 40th Anniversary. Ya, program tersebut merupakan salah satu event Zenius dalam rangka merayakan ulang tahun Primagama yang ke-40 tahun sebagai bimbel offline, dan telah resmi bergabung dengan Zenius sejak bulan Maret lalu.

pekan olahraga otak ZenCore ganti cara belajar


Pekan Olahraga Otak x Fiesta Primagama punya tujuan untuk para pengguna Zenius, baik pengguna baru maupun pengguna lama. Bagi user baru, event ini menjadi special campaign yang bertujuan untuk memberikan first experience karena belum pernah mencoba ZenCore. Sedangkan bagi para user yang sudah pernah atau bahkan rutin menggunakan ZenCore sebagai pemanasan otak, event ini dapat memfasilitasi more experience bagi mereka. 

Ke depannya, Zenius akan terus kita untuk terus melatih keterampilan otak melalui ZenCore dengan mengadakan Pekan Olahraga Otak setiap dua minggu sekali disertai berbagai hadiah menarik dari Zenius.

Periode lomba

Event Pekan Olahraga Otak ini digelar mulai dari tanggal 28 Maret 2022 hingga 24 April 2022 dan pemenangnya akan diumumkan melalui akun Instagram @zeniuseducation dan @primagama_id di minggu selanjutnya.

Cara untuk ikutan join

Bagaimana cara untuk ikutan bergabung di Pekan Olahraga Otak? Caranya bisa dilihat di artikel blog Zenius, yaitu di sini: https://www.zenius.net/blog/pekan-olahraga-otak-zenius-primagama 
Atau ringkasnya seperti ini:
  1. Klik dan pilih satu grup ZenCore sesuai dengan region asal kalian.
  2. Lakukan pemanasan otak terus dengan ZenCore tiap hari selama satu minggu, dan jadi Jagoan Adu Otak di Top 3 Leaderboard! (Periode: 28 Maret- 24 April 2022)
  3. Pemenang akan diumumkan di Instagram @zeniuseducation dan @primagama_id

Baca juga: Memahami Masalah Belajar Anak dan Cara Mengatasinya.

Hadiah Pekan Olahraga Otak

Apa saja hadiah lomba Pekan Olahraga Otak tersebut? Berikut hadiah-hadiahnya:

  • Juara 1 Antar Region: iPad 9 (64 GB)
  • Juara 2 dan 3 Antar Region: Samsung smart watch 4 (40mm)
  • Top 3 Masing-masing Subjek (Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris): Xiaomi Haylou Solar LS05
  • Top 3 Masing-masing Region: Xiaomi Haylou Solar LS05
  • Lucky Winner: Headphone JBL T450

Penentuan pemenangnya nanti adalah berdasarkan skor total dari masing-masing kategori subjek. Kemudian penentuan ini juga akan dihitung dari total praktik dan latihan yang dilakukan oleh semua peserta. Jadi kita sebagai peserta dapat mekakukan sebanyak mungkin praktik dan latihan tersebut  selama periode lomba, dan semuanya masuk hitungan lomba.

Selanjutnya kalau ada yang menang lebih dari 1 kategori pemenang, akan mendapatkan hadiah sesuai dengan kategorinya, walaupun menang lebih dari 1 kategori (Contoh: menjadi juara 1 Leaderboard universal dan juga juara 1 per-region, maka akan mendapatkan 2 hadiah). Wah, asyik banget, kan?


jagoan adu otak ZenCore
Saya dan si nomor dua sedang pemanasan otak dengan ZenCore.


Nah, itulah temans sekilas info mengenai ZenCore dan Pekan Olahraga Otak. Menyenangkan sekali belajar dengan cara baru ini. Kalian pastinya juga ingin mencoba belajar layaknya main game ini, dong? Jangan tunggu lama, segera saja unduh aplikasi ZenCore untuk iOS jika kalian pengguna iOS, atau unduh aplikasi ZenCore untuk Android jika kalian pengguna smartphone Android. 

Sebuah tips, nih, untuk meningkatkan skill secara efektif dan memenangkan lomba, ya harus latihan terus-terusan, sih. Hehe. Kalau ada jawaban yang salah, segera pelajari dan kuasai materinya. Begitu berulang terus-menerus. Karena dengan sering berlatih, maka otak kita akan terbiasa berpikir cepat dan cerdas. Jadi enggak mustahil jika nantinya kita bisa jadi jagoan adu otak di Pekan Olahraga Otak 😊. So, selamat ganti cara belajar dan mengasah keterampilan otak melalui Pekan Olahraga Otak di ZenCore!



18 comments

  1. nanti aku coba ikutan ah,, sudah lama otak ini gak dilatih dengan menjawab soal2 yang menantang.. hehehe

    ReplyDelete
  2. Dulu anakku pernah belajar di aplikasi Zenius. Oh, sekarang beda lagi ada yach ada yang baru untuk asah otak melalui Zencore. Asik nih belajar dengan cara yang menyenangkan :) Bisa adu otak games juga kan? Menjawab soal2 mata pelajaran juga oke nih. Ada hadiah2nya yang menarik pula, mau ah ikutan. Orang dewasa juga bisa yeyeye :D

    ReplyDelete
  3. Waaahhhh... Itu hadiahnya keren-keren banget ya mbak, jadi pengen coba ikutan juga deh. Bisa gak sih? Atau ini hanya untuk kelas tertentu gitu mbak?

    ReplyDelete
  4. Mpo suka latihan otak biar gak pikun pas tua. Makanya suka main tts. Untung sekarang sudah bisa main secara online

    ReplyDelete
  5. Seru banget ada pekan olahraga otak..Hadiahnya juga keren tuh... Jadi pengen ikutan..hehe Boleh juga nih zencore bikin otak kita olahraga dengan cara menyenangkan..

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau ada pekan olahraga otak lho mba, keren sih zencore nih apalagi ada hadiahnya jadi makin menarik peminat.

    ReplyDelete
  7. lombanya udah lewat tapi gak masalah sih, tetap suka aplikasinya walau baru tau juga dengan zencore. Mau ta' rekomendasikan buat keponakan-keponakan yang masih sekolah nih, biar ngerasain belajar layaknya main game.

    ReplyDelete
  8. Menggunakan aplikasi ZenCore ini bisa jadi alernatif belajar dengan cara baru ya. Anak-anak juga jadi senang belajar dengan cara menyenangkan.

    ReplyDelete
  9. Wow .. masya Allah .. yang ikut adu otak ini luar biasa kemampuan, hadiahnya pun kereen. Mereka yang mampu ikut adu otak sudah terbiasa mengasah keterampilan otaknya dengan ZenCore ya.

    ReplyDelete
  10. Ikutan challenge dengan lomba asah otak bersama Zencore ini menantang banget yaah..
    Hehhee...aku cuma baca pelajaran anak-anakku aja, apa bisa ikutan?

    ReplyDelete
  11. Senangnya selain anak bisa bisa belajar, kita orang tua nya juga bisa ikutan challenge asah otak ini. Jadi malah bisa saja nih orang tua kalah sama anaknya hehee

    ReplyDelete
  12. Event Pekan Olahraga Otaknya ternyata udah selesai ya. Kemarin belum sempat ikutan, tapi mau banget coba ZenCore ini. Lumayan buat belajar meski sekarang udah gak sekolah. Biar otaknya jalan gitu

    ReplyDelete
  13. Wahhh, asik banget KLO Ikutan pekan olahraga otak dari ZenCore ini ya mbak
    Nggak hanya seru , hadiahnya juga sangat menggiurkan

    ReplyDelete
  14. setuju kak, kalau belajar bisa darimana saja!! apalagi kalau ada aplikasi canggih seperti ZenCore yang bisa didownload gratis sih ngebantu banget buat anak-anak belajar dari mana saja

    ReplyDelete
  15. Asyik juga nih kompetisinya. Menantang anak-anak agar semangat belajar. Pengen cobain juga buat anak-anakku deh.

    ReplyDelete
  16. Kemampuan Bahasa Inggrisku sangat minim, hanya bisa YES atau NO saja hahaha. Bisa nih belajar di ZenCore.

    ReplyDelete
  17. Jujur aja aku tertarik sama hadiah untuk juara pertamanya mba... pengen bisa upgrade ipad ya Allah, hehehe....

    ReplyDelete
  18. Bayangin aja dah semangat senam otak haha.. memang kalau kita dituntut berpikir cepat tu kayak terus mudah mikir apa apa gitu ya mbak, biar nggak lemot. Pengen nyobain Zencore juga nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.