Prokes Ekstra 2021: Pakai Double Masker, Yuk!

 

Pasien positif Covid-19 kian hari kian melonjak, kabar duka atas meninggalnya para korban akibat keganasan virus corona inipun datang silih berganti. Begitulah yang terjadi di Indonesia pada tengah tahun 2021 ini. Sedihhh pastinya, ya 😭


pakai-double-masker


Namun, kita yang masih diberi nikmat kesehatan tak boleh larut dalam kesedihan demi kesedihan itu. Kita harus berusaha untuk kuat dan tetap semangat menjalani hari. Karena semangatnya kita juga akan berpengaruh pada imunitas tubuh kita. Jika kita semangat beraktivitas, maka imun akan ikut naik. Demikian pula sebaliknya.

Baca juga: Daftar Syukur Ketika Harus #DiRumahAja Saat Pandemi Covid-19 Melanda.


Protokol Kesehatan Ekstra di 2021

Di tahun 2021 ini, ternyata varian Covid-19 makin berkembang dan lebih ganas lagi menyerang manusia. Konon yang saat ini paling ganas adalah varian Delta. Penyebarannya cepat, efek pada korban pun cepat menyerang ke seluruh tubuh.

Maka tak heran anjuran menegakkan protokol kesehatan semakin digalakkan. Bukan saja 5M seperti sebelumya, beberapa instansi kesehatan menambah beberapa poin penting lainnya. Seperti yang digalakkan oleh RSCM (Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo - Jakarta), ada 10 poin protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh masyarakat saat ini, yaitu:

  1. Melakukan kebersihan tangan. Cuci tangan 6 langkah dan sesuai indikasi 5 moment selama 20-30 detik dengan handrub atau 40-60 detik dengan air mengalir. 
  2. Menggunakan masker. Pastikan masker menutup mulut, hidung dan dagu serta tidak ada celah. Jangan lupa untuk mengganti masker bedah setiap 4-6 jam sekali atau segera ketika sudah kotor. Juga tidak menyentuh bagian depan masker dan wajah. 
  3. Menjaga jarak. Jaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain. 
  4. Menghindari kerumunan. Hindari kerumunan terutama saat makan dan minum di ruang makan, di kafe, ruang ganti, dll. 
  5. Mengurangi mobilisasi. Mobilisasi atau bepergian hanya dalam kondisi darurat atau ada keperluan mendesak.
  6. Menjaga sirkulasi. Buka jendela minimal 3x sehari atau menghidupkan exhaust fan.
  7. Melakukan pembersihan lingkungan. Lakukan penyemprotan ruangan dan lingkungan dengan isoprofil alkohol 70% atau Clorine 500 ppm (1 liter air ditambahkan Clorine 10 cc).
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh. Makan bergizi dan istirahat teratur, yaitu dengan tidur selama 5-7 jam per hari.
  9. Mengganti baju. Baju kerja segera diganti selesai dinas atau saat meninggalkan rumah sakit.
  10. Meningkatkan imun. Jaga imunitas tubuh dengan hati yang bersih, selalu bersyukur, dan gembira.

Baca juga: Deteksi Dini Covid-19 dengan Cek Kesehatan Mandiri.


Selain itu, akhir-akhir ini kita sangat dianjurkan menggunakan double masker alias dua masker dipakai bersamaan. Ya, karena kondisi kita saat ini sudah darurat. Indonesia memasuki gelombang Covid-19 yang kedua. Makanya penggunaan masker 2 lapis ini sangat disarankan sebagai antisipasi terhadap virus corona dan sebagai perlindungan ekstra terhadap varian-varian baru dari virus ini.


Manfaat Double Masker

Namun apa, sih, sebenarnya manfaat dari memakai double masker? Ternyata, memakai dua masker lebih aman dan lebih optimal untuk pencegahan Covid-19. Mengapa?

❤️ Karena menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penggunaan dua lapis masker dapat menyaring virus Covid-19 sampai dengan 90%.
❤️ Efektif dalam mengantisipasi varian baru Covid-19 yang lebih mudah menular. Sehingga dengan double masker kita harapkan mendapatkan perlindungan ekstra dari virus corona.

Oh ya, penggunaan double masker dilakukan dengan memakai masker medis dan masker kain, ya. Jadi di bagian dalam adalah masker medis, lalu bagian luarnya adalah masker kain.

Baca juga: Bagaimana Menyikapi Godaan-godaan di Masa New Normal.


cara-menggunakan-double-masker
Gunakan double masker, ya!


Cara Menggunakan Double Masker yang Benar

Lalu bagaimana cara menggunakan dua masker yang benar? Berikut ini beberapa panduan atau cara memakainya:

👉 Pertama, pakai masker medis dahulu (di sisi dalam).
👉 Ikat tali masker medis dengan simpul tali, untuk meminimalisir celah pada masker.
👉 Cara membuat simpul tali masker adalah dengan mengikat bagian tali masker dan usahakan ikatan mendekati ujung terdekat masker.
👉 Selipkan kedua ujung masker ke arah dalam untuk meminimalkan rongga masker.
👉 Pastikan tidak ada rongga/celah pada masker ketika pemakaian (baik pada bagian atas (hidung), bagian samping, maupun bagian bawah).
👉 Setelah masker medis terpasang dengan benar, kemudian pakai masker kain di sisi luar.
👉 Jangan memakai dua masker yang sejenis (2 masker medis atau 2 masker kain), ya.. karena kurang efektif untuk mencegah virus masuk. Jadi harus satu masker medis dan satu masker kain.

Baca juga: Bentuk-bentuk Empati Saat Pandemi Covid-19 Melanda.


penggunaan-masker-medis


Yap, demikianlah cara menggunakan double masker. Mari kita berikhtiar mencegah kemudharatan#PakaiDoubleMasker sebagai perlindungan ekstra. Agar kita dan orang lain sama-sama aman. Kita saling melindungi, ya.. ❤️

Salam sehat! Semoga pandemi segera berakhir, ya. Aamiin. 


***


Referensi:

@mucovid19 ( https://www.instagram.com/p/CQulvuhJjn0/ )



1 comment

  1. Siap Melaksanakan Prokes Covid 19. Terima kasih untuk sharing pemakaian Double Masker. Sesuai dengan anjuran dan semoga selalu sehat. Salam Sehat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.